Logo akan tampil kurang menarik jika pemilihan style fontnya tidak begitu diperhatikan dan asal dipilih. Tipografi pada logo minuman tidak sekedar mudah dibaca, tetapi juga harus menarik dan merepresentasikan brand dengan baik. Variasi tipografi dalam logo minuman akan bervariasi menyesuaikan jenis brand minuman.
STYLE LOGO MINUMAN YANG POPULER
Desain logo minuman tidak seperti logo makanan yang akan dibuat mencolok dan mendetail. Logo minuman sering memiliki style desain logo dengan gambar dan tipografi yang sederhana. Tak hanya itu warna yang digunakan juga tidak terlalu banyak sehingga logo minuman tetap sederhana.
Menggunakan Ikon Cup atau Cangkir
Banyak desain logo minuman yang menggunakan ikon logo berupa gambar cup atau cangkir. Gambar cup akan mudah dikenali untuk merepresentasikan brand minuman segar. Sementara gambar cangkir akan mewakili brand kopi atau teh. Gunakan gambar ikon logo yang memudahkan audiens mengenali logo minuman.
Gambar Ikon Buah
Ikon logo bisnis minuman juga kerap menggunakan gambar buah yang mewakili produk andalan. Gambar buah sering digunakan untuk merepresentasikan brand minuman segar, sehat atau brand minuman energi. Gambar nuan tertentu tidak hanya untuk mewakili rasa tetapi juga menciptakan kesan segar dan sehat. Biasanya gambar buah akan memiliki desain sederhana agar fleksibel dan logo mudah diingat.
Warna Hijau dan Merah
Sementara itu variasi warna yang sering digunakan merepresentasikan brand minuman adalah warna hijau. Bukan biru, tetapi hijau akan lebih efektif merepresentasikan brand minuman segar dan sehat dari bahan alami.
Untuk beberapa brand minuman warna merah juga sering digunakan, terutama untuk brand minuman energi. Sementara itu ada juga yang menggunakan warna coklat dan hitam untuk kopi, serta warna kuning dan oranye untuk brand minuman segar.
Style Logo Wordmark
Variasi gaya tipografi logo minuman sering menggunakan font yang sederhana untuk menciptakan logo sederhana yang hanya menggunakan tipografi. Style logo wordmark banyak digunakan untuk memudahkan nama brand minuman diingat dan dikenali.
Biasanya logo akan fokus pada penggunaan tipografi saja, terkadang ditambahkan dekorasi ikon yang kecil di antara hurufnya. Tipografi harus diatur agar mudah dibaca tetapi juga unik sehingga menjadi logo yang menarik.
Kombinasi Tipografi dan Ikon
Banyak juga yang memiliki style logo dengan komposisi ikon dan tipografi yang seimbang. Berbeda dengan logo wordmark yang membuat tipografi lebih menonjol, logo kombinasi akan memiliki komposisi yang seimbang. Kombinasi ikon dan style tipografi harus harmonis sehingga berkesan profesional. Misalnya menggunakan ikon bulat maka tipografi bulat akan cocok.
Baca juga: Rekomendasi Gaya Tipografi untuk Desain Brand Parfum
5 VARIASI TIPOGRAFI LOGO MINUMAN
Variasi tipografi pada desain logo minuman akan memiliki variasi ketebalan huruf, bentuk huruf, dan jenis font yang beragam. Pilih gaya tipografi yang bisa merepresentasikan brand minuman dengan baik dan unik. Tipografi juga bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan agar menciptakan logo yang lebih menarik dan ikonik.
Geometris
Gaya font geometris akan memiliki bentuk huruf yang seperti persegi, lingkaran atau segitiga sehingga terkadang hurufnya tajam dan kaku. Bentuk font geometris pada logo minuman akan menciptakan kesan modern, handal dan profesional. Tipografi geometris pada logo wordmark tersebut memiliki bentuk huruf seperti persegi sehingga kaku.
Font geometris yang digunakan pada logo minuman kopi tersebut tampil lebih menarik dengan modifikasi hurufnya. Kombinasi huruf G yang digabung menciptakan tipografi logo yang unik. Variasi tipografi logo geometris memudahkan logo untuk dibaca dan tampil konsisten dalam berbagai kebutuhan.
Script Bulat
Font script yang memiliki tampilan seperti tulisan tangan akan menciptakan kesan tipografi yang alami. Logo untuk brand minuman yang segar tersebut memiliki style tipografi yang ramah. Style font script tersebut memiliki gaya huruf yang tebal, sudut melengkung dan garis yang halus.
Tipografi script agak tebal tebal tersebut dikombinasikan dengan ikon gambar cup dan daun. Tampilan logo terlihat fresh, sederhana dan mencerminkan jenis brand dengan baik. Warna hijau mendukung logo untuk tampil segar dan merepresentasikan brand minuman yang mudah dikenali.
Baca juga: 4 Desain Logo Warna Merah dan Biru yang Kontras
Handwritten Tipis
Jika tampilan huruf script seperti tulisan tangan yang rapi, font handwritten tampil seperti tulisan tangan yang agak berantakan dan tidak rapi. Gaya huruf akan tampil lebih alami seperti tulisan tangan, bentuk huruf yang tidak konsisten justru menciptakan keunikan tersendiri. Variasi tipografi handwritten pada logo minuman akan menciptakan kesan alami, elegan dan unik.
Font handwritten pada logo wine tersebut memiliki font tipis sehingga menciptakan kesan elegan. Gaya huruf tipis tersebut cocok juga mencerminkan brand minuman premium atau mewah. Font tipis tersebut juga terlihat cocok dikombinasikan dengan style ikon line art yang bersih.
Display
Gaya font display seringkali memiliki gaya huruf yang juga tidak rapi dan konsisten, style huruf terkadang memiliki gaya modern. Font display yang unik akan menciptakan desain logo yang menarik perhatian. Variasi tipografi logo minuman tersebut menggunakan style font display modern yang sederhana.
Gaya font membuat logo minuman memiliki tipografi menarik dan berkesan menyenangkan. Font memiliki huruf sederhana mudah dibaca dan bisa merepresentasikan brand minuman energi tersebut. Style font tebal memudahkan pula untuk nama brand dibaca dan menarik perhatian.
Bulat
Logo minuman juga kerap menggunakan tipografi bulat agar tampil ramah dan menyenangkan. Terutama untuk jenis brand minuman segar dan sehat, agar menciptakan kesan menyenangkan. Logo minuman tersebut menggunakan variasi tipografi sederhana yang bergaya bulat.
Font tebal tersebut memiliki sudut bulat sehingga tampil ramah dan mudah dibaca. Gaya font bulat cocok dikombinasikan dengan style ikon logo yang memiliki ujung garis bulat. Font bulat dan tebal mudah dibaca berkesan ramah dan cocok merepresentasikan brand minuman segar tersebut.
Baca juga: Variasi Logo Warna Hijau dalam Jenis Brand Berbeda
TIPS MEMILIH GAYA TIPOGRAFI BRAND MINUMAN
Pada umumnya pemilihan gaya tipografi dalam desain logo akan menyesuaikan jenis brand dan kesan yang diciptakan. Namun dalam beberapa konteks tipografi harus konsisten dan mudah dibaca. Untuk itu tak hanya memilih font tetapi juga mengatur jarak, ukuran dan style hurufnya.
Pilih Font Sesuai Karakter Brand
Jika brand ingin membangun kesan premium atau mewah, maka gaya font modern yang tipis, elegan dan bersih akan relevan. Karakter brand yang ramah akan berbeda lagi, gunakan font yang sederhana dan bulat. Variasi tipografi logo minuman yang berbeda ini termasuk dalam membangun branding yang kuat.
Perhatikan Keterbacaan dalam Berbagai Media
Pilih font untuk logo minuman yang konsisten terbaca dengan baik dalam berbagai media dan format. Terutama pada desain kemasan sehingga nama brand akan mudah diingat dan dikenali. Kesederhanaan bentuk huruf logo harus diutamakan agar terbaca dengan mudah tetapi masih ikonik.
Sesuaikan Jenis Produk Minuman
Penting untuk memilih font yang sesuai dengan jenis produk minuman sehingga tampil menarik. Misalnya untuk logo produk minuman segar akan berbeda dengan produk minuman premium seperti wine. Gaya tipografi ini tak hanya mewakili karakter brand tetapi juga disesuaikan jenis produk minuman.
KESIMPULAN
Variasi tipografi pada logo minuman tercipta karena perbedaan jenis brand minuman untuk merepresentasikan brand tersebut. Logo brand minuman bisa menggunakan tipografi tipis, tebal, geometris hingga bulat sesuai kebutuhan logo. Pemilihan tipografi akan disesuaikan karakter brand, jenis brand dan kesan yang ingin diciptakan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.