Gaya Tipografi Minuman Berdasarkan Kategori Minuman

Teks dalam desain brand minuman yang digunakan pada logo atau kemasan memiliki berbagai gaya tipografi yang sesuai dengan kategori minuman. Tipografi untuk brand minuman harus memilih font dan gaya yang menarik untuk mencerminkan identitas merek. Gaya tipografi brand minuman yang digunakan harus mencerminkan kategori minuman, target pasar dan pesan brand. 

Font dalam brand minuman bisa mencerminkan karakter dan pesan brand sekaligus mencerminkan citra brand yang ingin dibuat. Beda kategori minuman dan target pasar akan memiliki gaya font yang berbeda agar tampil unik dan menarik. Berikut beberapa gaya tipografi yang dibedakan sesuai kategori minuman, target pasar dan pesan brand. 

GAYA TIPOGRAFI BERDASARKAN KATEGORI MINUMAN

Dalam bisnis minuman, jenis-jenis minuman dapat memiliki citra dan kesan yang berbeda, sehingga harus memiliki tipografi yang relevan. Gaya huruf bisa menciptakan kesan menyenangkan, premium hingga energik, dari berbagai jenis minuman berbeda. Berikut beberapa kategori minuman yang memiliki gaya tipografi yang berbeda:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Minuman Berkarbonasi (soft drinks) 

Brand minuman bersoda memiliki kesan minuman yang segar, fresh dan menyenangkan. Sehingga memiliki gaya font yang ramah dan memiliki teks yang mudah dibaca. 

  • Ciri font: Tipografi untuk minuman ini memiliki gaya font yang tebal, playful, dan dinamis, cocok dengan font sans serif tebal yang bulat. 
  • Alasan: Font tersebut bisa menciptakan kesan yang energik, segar dan memiliki daya tarik yang menyenangkan sesuai citra minuman bersoda. 

Contohnya pada minuman pepsi yang memiliki tipografi sederhana dan bersih sehingga menciptakan kesan fresh dan menyenangkan. Minuman bersoda juga harus memiliki huruf tebal tetapi tidak kaku agar ramah. 

Minuman Energi

Gaya Tipografi Minuman Berdasarkan Kategori Minuman

Jenis minuman memiliki khasiat untuk membuat orang lebih berenergi dalam berkegiatan atau berolahraga. Untuk merepresentasikan minuman energi yang berenergi maka tipografi harus tampil energik, tajam dan menonjol. 

  • Ciri font: Font yang relevan dengan minuman energi memiliki ciri khas yang tebal, sudut tajam, dan bergaya edgy. Terkadang memiliki efek distorsi atau grunge yang menciptakan kesan modern. 
  • Alasan: Gaya font tersebut bisa menciptakan kesan teks yang tajam, menonjol dan merepresentasikan energi. Teks yang tebal dan tajam akan mencerminkan kesan brand yang lebih bersemangat. 

Contohnya pada logo Red Bull yang menggunakan font serif tebal sehingga tampil tajam dan menonjol. Cocok untuk mencerminkan minuman energi tersebut.
 

Minuman Kopi

Tipografi pada jenis minuman kopi akan cocok menggunakan gaya yang tampil estetik, sederhana dan elegan. Bisnis coffee ini bisa berupa cafe atau minuman cepat saji. 

  • Ciri font: Gaya tipografi untuk minuman coffee biasanya memiliki ciri seperti font serif klasik, handwriting, atau sans serif sederhana. Gaya font terkadang tampil elegan dan lebih estetik jika tidak terlalu tebal. 
  • Alasan: Font tersebut bisa membuat brand coffee memiliki kesan brand yang premium baik pada kemasan kaleng atau cup. Gaya hurufnya juga bisa mencerminkan kesan brand yang hangat dan elegan. 

Contohnya pada font logo janji jiwa dengan gaya font handwriting yang alami dan tampil estetik. Font serif dan script yang tipis sering digunakan mencerminkan brand coffee yang premium dan elegan. 

Baca juga: Tren Gaya Font untuk Jenis-jenis Logo Fashion

Minuman Alkohol

Jenis minuman alkohol seperti bir, anggur, whisky memiliki gaya tipografi yang juga berbeda dengan yang lainnya. Brand minuman ini seringkali ingin tampil premium, eksklusif dan vintage. Untuk itu font yang bergaya vintage dan retro banyak digunakan. 

  • Ciri font: Serif tradisional, vintage, atau handwriting elegan. Gaya tipografi minuman yang elegan dan klasik relevan dengan citra brand minuman tersebut. 
  • Alasan: Gaya font klasik dan vintage akan menciptakan kesan brand minuman yang terpercaya dan berkualitas. Font klasik bisa menonjolkan sejarah minuman, kesan eksklusif dan keaslian produk. 

Contoh font serif klasik pada brand minuman Heineken. Gaya serif klasik juga mudah terbaca dengan baik meski tampil ikonik. 

Minuman Sehat

Gaya Tipografi Minuman Berdasarkan Kategori Minuman

Kategori minuman yang sehat seperti jus, smoothie, dan air mineral akan memiliki gaya tipografi yang sederhana tetapi unik. Gaya tipografi yang sederhana akan mencerminkan kualitas minuman sehat yang dalam dipercaya dan berkualitas. Minuman sehat mengutamakan gaya desain yang menciptakan kesan terpercaya. 

  • Ciri font: Bersih, Minimalis, dan sering menggunakan jenis font sans serif atau handwriting yang halus. Font handwriting akan mencerminkan kesan alami dari minuman yang sehat. 
  • Alasan: Tujuan menggunakan gaya font yang bersih, sederhana dan berkesan alami adalah untuk menunjukkan kesan minuman yang segar, alami dan sehat. 

TIPOGRAFI MINUMAN BERDASARKAN TARGET PASAR

Untuk gaya tipografi desain brand minuman juga dipilih berdasarkan target pasar agar bisa menjangkau konsumen yang relevan. Target pasar ini mempertimbangkan usia, preferensi  hingga demografi audiens. 

Target Anak-anak

Produk minuman untuk anak-anak umumnya akan memiliki desain yang penuh warna, gambar lucu dan menyenangkan. Termasuk juga tipografi yang digunakan memiliki gaya menyenangkan dan ceria. 

  • Ciri font: Gaya huruf pada brand minuman biasanya memiliki gaya bulat, ceria dan menggunakan warna cerah. Jenis font yang memiliki gaya playful dan handwriting yang bulat dan tebal akan cocok untuk brand minuman anak-anak. 
  • Alasan: Penggunaan tipografi yang bulat dan ramah bertujuan untuk mencerminkan desain visual yang menyenangkan. Style desain yang fresh dan menyenangkan disukai oleh anak-anak. Contohnya pada tipografi logo Milo yang menggunakan font sans serif bold. 

Baca juga: Rekomendasi Tipografi dan Warna untuk Tema Desain Halloween

Remaja dan Dewasa Muda

Gaya Tipografi Minuman Berdasarkan Kategori Minuman

Untuk brand minuman yang menargetkan anak remaja dan dewasa muda seperti minuman cepat saji, biasanya memiliki style sederhana dan trendy. Gaya tipografi yang sedang tren akan menarik perhatian anak muda yang suka hal-hal populer. 

  • Ciri font: Desain brand minuman untuk target pasar ini memiliki ciri font yang modern, dinamis dan populer menggunakan sans serif. Terkadang juga menggunakan serif yang memiliki gaya modern dan tampil elegan. 
  • Alasan: Gaya tipografi tersebut akan menciptakan tampilan brand yang trendy, estetik dan relevan dengan style hidup urban. Nama brand juga mudah untuk dibaca dengan jelas sehingga mudah dikenali oleh audiens. 

Contohnya pada font untuk brand minuman seperti fanta yang menggunakan font sans serif tebal tetapi ramah. Rounded sans serif yang digunakan berguna untuk tampil dinamis dan modern. 

Dewasa dan Profesional

Brand minuman yang menargetkan orang dewasa seringkali memiliki style desain yang sederhana. Hal tersebut agar memudahkan dibaca orang dewasa tanpa terganggu visual tidak penting. 

  • Ciri font: Gaya font minimalis dan elegan akan relevan dengan target pasar orang dewasa dan profesional. Font serif dan sans serif modern akan menciptakan gaya tipografi minuman yang minimalis dan menarik. 
  • Alasan: Gata tipografi modern dipilih karena orang dewasa akan suka dengan font yang menciptakan kesan profesional dan premium. 

Baca juga: Rekomendasi Tipografi Untuk Brand Teknologi yang Modern

TIPS MEMILIH TIPOGRAFI UNTUK LOGO BRAND MINUMAN

Gaya tipografi logo minuman harus tampil sesuai dengan identitas brand, entah disesuaikan kategori minuman, target pasar atau gaya desain akan tampil menyenangkan. Berikut beberapa tips dalam memilih tipografi brand minuman yang relevan:

  • Memahami dan menyesuaikan identitas merek
  • Sesuaikan dengan target pasar dan preferensi konsumen
  • Fokuskan keterbacaan agar mudah dikenali
  • Kombinasi font yang harmonis dan relevan
  • Gunakan tren desain agar tampil menarik

KESIMPULAN

Gaya tipografi brand minuman akan memiliki tampilan yang bervariasi menyesuaikan jenis minuman dan target pasar. Tipografi untuk brand minuman ada yang tampil elegan, modern, playful hingga tajam. Setiap jenis minuman dan target pasar berbeda sebaiknya menggunakan gaya yang berbeda agar unik. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.