Warna memiliki makna psikologis sehingga bisa mencerminkan karakter, nuansa dan kesan suatu brand. Dalam brand minuman, warna banyak dipilih untuk mencerminkan jenis minuman dan identitas merek. Style warna dalam logo minuman sering memiliki warna yang berkesan segar, mencolok dan estetik.
Warna desain logo minuman tidak terlalu mencolok seperti logo makanan tetapi memiliki ciri khas tersendiri. Jika brand makanan menggunakan warna hangat yang menggugah selera, warna logo minuman akan fokus menciptakan kesan dingin atau segar. Sebenarnya warna juga akan disesuaikan dengan jenis minuman agar relevan.
PSIKOLOGI WARNA DALAM LOGO MINUMAN
Warna desain logo dipilih untuk mencerminkan kesan atau nuansa tertentu yang sesuai dengan citra brand, termasuk disesuaikan dengan jenis minumannya. Hal ini berguna untuk menarik perhatian konsumen, kombinasi warna harus sederhana tetapi juga menarik. Beberapa makna psikologi yang ingin diciptakan pada logo minuman seperti:
Kesan Segar
Logo brand minuman seringkali memiliki style warna yang ingin menciptakan kesan segar. Biasanya jenis brand yang memiliki produk minuman segar akan menciptakan style desain yang terlihat fresh. Melalui pemilihan warna yang tepat, serta penggunaan style desain yang minimalis dan bersih.
- Warna: Biasanya warna yang sering digunakan adalah warna biru muda, hijau dan putih. Kombinasi warna hijau dan biru dengan warna netral seperti putih dan hitam akan efektif menciptakan kesegaran.
- Bentuk: Sementara bentuk logo akan memiliki gambar tetesan air, daun, gelombang, dan es. Elemen visual ini akan memberikan kesan brand minuman yang segar dan dingin.
Gaya desain dengan style warna yang segar digunakan untuk menarik konsumen yang mencari minuman segar dan dingin. Biasanya seperti jenis minuman es teh atau es kopi yang banyak memiliki warna logo hijau.
Baca juga: Style Warna Minimalis: Kelebihan, Penggunaan dan Contohnya
Organik dan Sehat
Brand minuman yang menjual minuman sehat atau dari bahan organik biasanya ingin mencerminkan kesan organik melalui desain logonya. Logo yang memiliki kesan organik seringkali menggunakan warna dari alam atau warna bahan minuman tersebut. Brand organik akan relevan pula dengan style desain yang bersih dan sederhana.
- Warna: Untuk merepresentasikan brand minuman organik, maka logo seringkali menggunakan style warna hijau yang mencerminkan kesan alami. Selain hijau, warna lain yang bisa digunakan seperti warna pastel dan coklat yang lembut untuk menonjolkan unsur alami dan sehat.
- Bentuk: Untuk simbol ikon yang digunakan biasanya akan menggunakan gambar seperti daun, pohon, dan lingkaran. Daun akan melambangkan alam dan brand yang organik, sementara lingkaran akan melangkan harmoni.
Penggunaan kombinasi warna alam dan simbol alam akan memberikan kesan minuman yang sehat dari bahan alami. Warna yang digunakan akan efektif membantu kesan brand yang sehat dan dapat dipercaya.
Energi
Penggunaan style warna hangat juga terkadang ditemui dalam desain logo minuman untuk menarik perhatian. Warna hangat yang cerah akan mencerminkan jenis brand minuman energi. Style warna yang cerah akan dikombinasikan dengan warna netral agar harmonis dan mencolok.
- Warna: Warna cerah yang bisa digunakan untuk merepresentasikan energi seperti warna merah, kuning dan oranye. Biasanya warna ini digunakan untuk warna minuman energi atau minuman jus.
- Bentuk: Logo minuman dengan warna cerah seringkali memiliki style logo yang unik seperti gambar karakter. Gambar yang lucu atau bentuk garis dinamis dan font tebal akan tampil menonjol dan cocok dengan warna cerah.
Minuman energi, vitamin, jus hingga kafein akan relevan dengan warna cerah karena akan mencerminkan semangat dan energik. Pada logo karakter, kombinasi warna dapat terdiri dari berbagai warna cerah.
Baca juga: Tren Gaya Font untuk Jenis-jenis Logo Fashion
Mewah dan Estetik
Ada juga desain logo untuk brand minuman yang menggunakan style warna mewah dan berkesan estetik. Logo yang memiliki warna mewah akan membuat brand minuman tampil premium. Biasanya ini digunakan pada style desain minimalis dan yang memiliki visual yang bersih.
- Warna: Untuk menciptakan desain logo minuman dengan kesan mewah dapat menggunakan warna emas, hitam dan warna gelap. Beberapa logo yang memiliki warna aksen metalik akan mencerminkan brand minuman yang premium.
- Bentuk: Style warna mewah biasanya digunakan pada style desain logo yang elegan dan minimalis. Gambar ikon bisa memiliki style line art, tipografi minimalis dan gambar siluet.
Beberapa diantaranya juga ada desain logo yang memiliki bentuk tipografi dan elemen geometris dengan warna mewah. Warna mewah banyak ditemui untuk logo brand champagne, wine, hingga minuman soda.
Ceria dan Berani
Warna cerah tak hanya efektif menarik perhatian dan berkesan energik tetapi juga mencerminkan brand yang ceria. Beberapa brand yang memiliki target anak-anak dan ingin menciptakan kesan ceria juga menggunakan warna cerah mencolok.
- Warna: Logo yang berkesan ceria akan cocok dengan kombinasi warna cerah seperti kuning, merah muda, dan oranye. Warna ini akan memancarkan kebahagian terutama pada desain gambar karakter yang lucu.
- Bentuk: Untuk mencerminkan brand minuman yang ceria, gunakan gambar ikon logo berupa ilustrasi kartun, wajah tersenyum atau gambar hewan lucu. Ada yang memiliki desain kompleks dan detail tetapi ada juga yang sederhana.
Style warna logo minuman yang ceria biasanya untuk menarik perhatian konsumen anak-anak. Biasanya untuk minuman susu anak atau minuman ringan yang berkesan penuh warna.
Baca juga: Kombinasi Warna Desain Logo Perusahaan Formal
STYLE WARNA DALAM BEBERAPA LOGO MINUMAN
Ada banyak variasi style logo minuman yang bisa digunakan untuk menciptakan desain brand minuman yang unik. Style kombinasi warna yang menarik untuk brand minuman biasanya tetap mengutamakan kesederhanaan, terutama untuk brand minuman seperti coffee. Beberapa style warna logo minuman yang sering ditemui memiliki kombinasi warna seperti:
Kombinasi Warna Hijau dan Netral
Style kombinasi warna ini membuat desain logo tampak sederhana, segar dan tampil minimalis. Pada brand coffee dan minuman segar warna hijau gelap atau cerah akan menciptakan kesan alami. Warna hitam juga cukup kontras dengan warna hijau sehingga tampil efektif tetapi juga harmonis.
Kombinasi Warna Biru dan Merah
Warna biru juga termasuk banyak digunakan untuk brand minuman selain warna hijau yang segar. Penggunaan warna biru berguna merepresentasikan air minum yang segar dan alami, sehingga banyak ditemui untuk warna logo air minum. Warna biru muda biasanya paling relevan untuk mencerminkan brand minuman yang segar.
Warna Merah dan Hitam
Kombinasi warna cerah yang mencolok dalam logo minuman bisa digunakan sebagai warna aksen dan membuat desain tampil lebih menarik. Desain logo minuman dengan kombinasi warna merah dan hitam bisa menciptakan style yang mewah. Terutama dengan garis tipis dan halus akan membuat desain terlihat lebih mewah, cocok untuk logo wine.
Warna Merah dan Beberapa Warna Cerah
Ada desain logo minuman yang menggunakan logo karakter lucu dengan desain yang mendetail. Penggunaan logo karakter dengan desain yang mendetail akan memengaruhi kombinasi warna yang digunakan. Warna merah dan warna cerah lainnya bisa dikombinasikan dengan harmonis untuk menciptakan logo minuman energi yang mencolok.
KESIMPULAN
Desain logo untuk brand minuman akan memiliki style warna yang berbeda untuk jenis brand minuman yang berbeda. Beberapa brand minuman segar akan relevan dengan warna segar seperti hijau dan biru. Warna brand minuman bisa mencerminkan brand yang mewah, estetik, ceria hingga segar. Bergantung pada pemilihan warna yang paling cocok untuk mencerminkan jenis brand minuman.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.