5 Style Palet Warna Desain yang Trendy

0
(0)

Pemilihan warna untuk desain logo terkadang mempertimbangkan style atau tema desain agar tampil relevan. Kombinasi beberapa warna yang berbeda akan menciptakan style dan mood yang berbeda sehingga perlu diperhatikan kesesuaian dengan tema desain. Palet warna yang memiliki style trendy dan stylish berdasarkan tema desain akan menarik perhatian. 

Mengkombinasikan warna dalam palet tidak boleh asal tetapi juga menyesuaikan dengan mood dan pesan yang ingin diciptakan dalam desain. Seringkali pemilihan warna dalam palet menyesuaikan dengan style desain yang ingin diciptakan. Beberapa desain grafis memiliki kombinasi palet warna yang memiliki tema seperti fun, bold, funk, life, hingga old. 

5 STYLE PALET WARNA 

Pertimbangan untuk menyesuaikan kombinasi warna dengan tema desain, warna tidak hanya memiliki makna yang mirip tetapi juga harus harmonis. Setiap kombinasi warna ini memiliki mood dan style yang berbeda ketika digunakan. Berikut style palet warna yang trendi:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Bold

5 Style Palet Warna Desain yang Trendy

Kombinasi warna hangat yang berdekatan dalam roda warna ini menciptakan tampilan yang bold. Warna hangat tersebut memiliki variasi warna yang pucat dan gelap sehingga menciptakan tampilan warna yang tajam. Kombinasi palet warna ini bisa juga disebut kombinasi warna analog karena memiliki warna mirip.

Penggunaan kombinasi warna merah dan variasi yang gelap ini bisa menciptakan kesan dramatis dan kekuatan. Palet warna yang bold ini juga bisa menciptakan tampilan yang elegan dan mewah pada desain kemasan atau poster. Palet warna ini akan cocok untuk digunakan merepresentasikan kekuatan, ambisi dan semangat.

Fun

5 Style Palet Warna Desain yang Trendy

Palet warna yang terdiri dari warna-warna cerah ini akan menciptakan tampilan yang ceria, menyenangkan dan membahagiakan. Style palet warna fun ini cocok untuk digunakan pada desain logo brand anak-anak, poster event anak-anak hingga poster untuk festival musim panas yang menyenangkan. Warna dengan saturasi yang cerah akan terlihat segar dan menyenangkan, gunakan kombinasi warna cerah yang harmonis sesuai kebutuhan.

Fun color palette ini memiliki warna warna yang terdiri dari warna oranye terang, kuning terang dan biru terang. Kombinasi warna ini akan terlihat harmonis jika digunakan dengan bijak. Terkadang kombinasi ini akan cocok untuk logo brand mainan dan fashion anak-anak. Sering juga digunakan untuk mewarnai desain bertema musim panas yang terkadang ditambah warna hijau terang.

Baca juga: 7 Kombinasi Warna Cerah Untuk Desain Grafis

Old

5 Style Palet Warna Desain yang Trendy

Kombinasi palet warna old memiliki tampilan klasik, retro dan vintage yang hangat dan estetik. Warna bertema klasik ini memiliki kombinasi warna coklat gelap, oranye pucat dan kuning pucat. Bukan warna terang yang mencolok tetapi mengkombinasikan warna terang dalam saturasi yang pucat.

Penggunaan warna yang menciptakan kesan retro ini sering digunakan pada poster bertema event tradisional atau festival budaya. Palet warna ini juga cocok untuk menciptakan gaya retro pada desain logo untuk brand yang berdiri sejak lama. Desain grafis yang menggunakan palet warna old ini akan menciptakan desain retro yang nostalgia. 

Life

Kombinasi palet warna juga ada yang memiliki tampilan visual yang merepresentasikan kehidupan. Palet warna ini akan cocok untuk digunakan pada desain yang bertema alam atau kehidupan. Warna dalam palet life ini terdiri dari warna hijau, dark blue dan teal. kombinasi warna biru dan hijau dalam palet ini terlihat segar dan menenangkan. 

Palet warna yang melambangkan kehidupan ini diambil dari warna-warna alam yang segar dan damai. Penggunaan dari palet ini bisa digunakan untuk desain logo perusahaan, komunitas hingga logo brand minuman. Warna yang bertema alam ini juga cocok untuk desain poster tentang lingkungan atau desain bertema musim panas akan terlihat segar. 

Funk

Palet warna funk ini memiliki kombinasi warna violet, merah muda dan magenta. Kombinasi warna ini terlihat trendy dan merepresentasikan tema futuristik, seringkali palet warna ini juga ditambahkan warna hitam. Warna-warna ini terlihat funky karena memiliki kombinasi warna neon dengan warna gelap yang mirip.

Gunakan palet warna ini untuk menciptakan desain bertema futuristik yang canggih dan modern. Warna pink neon dan violet akan terlihat mencolok dengan kombinasi warna magenta gelap dan hitam. Desain poster untuk festival musik akan terlihat canggih, menarik dan trendy, hal ini karena palet warna ini mudah menarik perhatian. 

Baca juga: Inspirasi Desain Poster pada Era Modern

TIPS MEMILIH STYLE DESAIN DENGAN WARNA YANG TEPAT

Ketika membicarakan penciptaan desain grafis yang menarik perhatian penting untuk memiliki tampilan visual yang memikat. Visual ini umumnya terkait dengan elemen visual seperti teks, gambar dan warna desain. 

Warna desain grafis harus disesuaikan dengan tema desain agar merepresentasikan pesan dengan baik1. Berikut ini beberapa tips memilih palet warna berdasarkan style design:

Pilih Warna Terbatas dan Netral untuk Gaya Minimali dan Modern

Jika desain memiliki style minimalis yang sederhana, penggunaan warna juga harus terbatas dan tidak boleh terlalu banyak. Kombinasi dua atau tiga warna akan cukup mempertahankan bentuk desain yang sederhana. Biasanya style ini akan memiliki jumlah elemen terbatas dengan bentuk elemen yang sederhana sehingga pilih warna terbatas. 

Kombinasi warna netral dan warna monokrom sering dipilih dalam gaya desain minimalis. Jika ingin menggunakan warna cerah, pastikan untuk ditambahkan warna netral untuk mempertahankan kesederhanaan desain. Penggunaan warna solid juga akan mendukung tampilan desain minimalis. 

Kombinasikan Banyak Warna dan Kontras untuk Desain Maksimalisme

Desain grafis juga akan memiliki kombinasi palet warna berbeda jika style desain menggunakan elemen yang kompleks. Gaya desain maksimalism ini kebalikan dari minimalism yang membatasi jumlah warna. Style ini memiliki elemen visual yang memenuhi halaman desain, sehingga warnanya pun akan memiliki kombinasi yang banyak dan kontras.

Sesuai dengan namanya, gaya desain ini akan cocok bila memiliki kombinasi warna kontras dan mencolok. Elemen visual yang disusun abstrak, unik dan bertabrakan ini akan cocok dengan warna yang kontras satu sama lain. 

Palet Warna Cerah Pucat untuk Gaya Retro

Untuk desain retro pastikan memilih kombinasi warna yang sesuai dengan mood emosi yang ingin diciptakan dalam desain. Desain retro yang ingin menarik perhatian seringkali memilih kombinasi palet warna cerah yang sedikit pucat seperti merah, oranye dan kuning. Warna yang digunakan dibuat sedikit pucat agar cocok dengan suasana retro.

Sementara untuk menciptakan gaya desain retro yang memiliki tampilan klasik dan elegan, gunakan kombinasi warna coklat, krem dan oranye. Biasanya palet warna ini untuk menciptakan visual klasik dengan elemen visual ornamen-ornamen klasik dan tipografi serif klasik yang elegan. 

Baca juga: Inspirasi Tipografi Serif Untuk Desain Logo

Inspirasi Warna Alam untuk Style Organik

Warna dengan palet earth tone, palet hutan, dan palet warna laut akan menciptakan nuansa alami yang menyegarkan. Tema desain grafis alam ini bisa digunakan untuk desain poster, kemasan dan logo. Palet warna alam seringkali didominasi warna hijau, biru, kuning dan coklat. 

Palet warna hijau sering dipilih dalam desain grafis untuk memberikan kenyamanan mata dalam melihat desain. Kombinasi warna hijau dan biru yang kalem dapat merepresentasikan pertumbuhan, ketenangan dan damai. Selain untuk mencerminkan brand organik, warna hijau juga banyak digunakan untuk palet warna desain website yang nyaman. 

Palet Warna Monokrom untuk Flat Design Style

Desain dengan style gambar yang datar tanpa dimensi atau tekstur ini akan memiliki tampilan sederhana. Gaya desain ini populer akhir-akhir ini karena tampilan sederhana yang mudah dipahami. Kombinasi palet warna monokrom pada style flat design akan mempertahankan visual sederhana namun menarik. 

Warna monokrom untuk flat design akan mengkombinasikan variasi kecerahan dan kegelapan dari satu warna yang sama. Tampilan gambar atau ilustrasi yang datar akan cocok dengan warna monokrom yang sederhana. 

KESIMPULAN

Desain grafis dengan tampilan yang menarik harus memiliki kombinasi warna yang sesuai style agar menarik. Ketika memilih warna yang tepat, pertimbangkan memilih palet warna yang trendy dan stylish. Beberapa contoh palet warna yang trendy tersebut akan menciptakan tampilan yang memikat, perhatikan pula tips memilih warnanya. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini

  1. 17 Graphic Design Styles: A Visual Guide. (2024, Apr 6). The Noun Project. https://blog.thenounproject.com/graphic-design-styles/ ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.