Warna desain logo dapat mencerminkan karakter brand dan mencerminkan kesan tertentu bergantung, jenis warna dan variasi warna. Perbedaan jenis warna hangat dan dingin akan menciptakan kesan yang cukup berbeda. Desain logo warna hangat akan digunakan untuk berbagai brand untuk menarik perhatian dan menciptakan kesan hangat.
Penggunaan warna hangat dan dingin dapat disesuaikan dengan berbagai jenis brand. Warna hangat cenderung lebih banyak digunakan untuk menarik perhatian, sedangkan warna dingin efektif menciptakan kesan profesional. Penting untuk memilih penggunaan warna hangat pada jenis brand dan sesuai karakter merek.
WARNA HANGAT
Warna hangat adalah warna-warna yang bisa menciptakan kesan hangat, energik dan bersahabat. Jenis warna ini biasanya mengambil inspirasi warna yang menyerupai elemen panas atau terang seperti matahari dan api. Contoh warna hangat adalah:
- Merah : Mencerminkan kesan energi, semangat dan berani.
- Oranye: Memberikan kesan kreativitas, kehangatan dan keceriaan.
- Kuning: Merepresentasikan Kebahagiaan, optimisme dan kegembiraan.
- Merah Muda: Warna bisa menciptakan kesan lembut, romantis dan kasih sayang.
- Coklat: Warna ini bisa menciptakan kesan hangat, klasik dan autentik.
Dari beberapa warna tersebut, dapat divariasikan kecerahan warna sehingga bisa menciptakan visual yang menarik.
KELEBIHAN MENGGUNAKAN WARNA HANGAT
Dalam membangun identitas merek yang kuat, penggunaan warna hangat banyak dipilih karena efektif menarik perhatian. Warna hangat bisa digunakan dengan cara gradasi, warna solid atau bahkan dikombinasikan dengan warna dingin. Beberapa kelebihan dalam menggunakan warna hangat seperti:
Meningkatkan Daya Tarik Visual
Berbeda dengan warna dingin, warna hangat memiliki warna seperti merah, oranye dan kuning yang lebih mudah mencolok. Untuk itu penggunaan warna hangat untuk desain logo akan efektif menarik perhatian audiens dengan cepat. Logo yang mencolok dengan warna ini akan mudah untuk diingat sehingga bisa membangun identitas yang kuat.
Memberikan Kesan Brand yang Berenergi dan Semangat
Kemampuan warna hangat untuk mencerminkan kesan yang energik dan semangat berguna mencerminkan brand yang juga energik. Untuk itu warna hangat akan cocok mencerminkan brand minuman energi, logo sport hingga makanan. Bagi yang merek yang ingin merepresentasikan brand yang aktif dan bersemangat akan cocok dengan warna hangat yang energik, dinamis dan bersemangat.
Membangkitkan Emosi Positif
Warna hangat pada desain brand cenderung efektif merepresentasikan emosi dan kesan yang positif. Hal ini karena mencolok dan bisa memancarkan kesan energik dan bersemangat. Ini akan berguna untuk merek membangun hubungan yang positif dengan pelanggan.
Cocok Untuk Berbagai Industri
Dalam berbagai jenis brand, warna hangat bisa digunakan untuk mencerminkan brand seperti makanan, minuman, sport, travel, hingga hiburan. Warna hangat akan efektif menarik perhatian audiens sehingga banyak digunakan untuk desain logo. Warna juga berguna mencerminkan brand yang ceria sehingga cocok untuk brand seperti makanan, minuman dan anak-anak.
Mudah Dikombinasikan
Selain digunakan dengan warna yang solid, kombinasi warna hangat dengan warna dingin dan netral akan harmonis. Warna hangat bisa menciptakan kontras yang menarik sehingga desain lebih menarik. Dengan warna netral, warna hangat akan memiliki keseimbangan visual dan tampil harmonis.
Memancarkan Kehangatan dan Keterbukaan
Dalam membangun branding yang positif dan ramah pelanggan, warna hangat akan relevan. Warna hangat yang menciptakan kesan hangat akan membuat desain brand mencerminkan citra hangat dan terbuka dengan pelanggan. Cocok untuk digunakan merepresentasikan brand yang ramah dan terbuka dengan pelanggan.
Baca juga: Rekomendasi Gaya Tipografi untuk Desain Brand Parfum
7 DESAIN LOGO WARNA HANGAT
Warna hangat termasuk warna-warna yang populer dalam desain logo untuk menarik perhatian. Penggunaan warna hangat akan efektif mencerminkan kesan hangat, ramah, dan energik. Warna hangat bisa digunakan merepresentasikan berbagai jenis brand, seperti:
Warna Oranye pada Logo Laundry Jethro

Oranye termasuk warna hangat yang bisa memberikan kesan ramah, bahagia dan ceria. Yang mana cocok mencerminkan karakter brand yang ramah dan ingin membangun hubungan positif dengan pelanggan. Logo tersebut memiliki desain yang sederhana sehingga harmonis dengan warna oranye yang solid.
Bentuk logo geometris terlihat berkesan modern, bersih dan profesional karena style logo yang kaku. Font logo yang tebal juga relevan dengan bentuk geometris logo yang kaku. Warna oranye yang solid membuat desain sederhana terlihat lebih menonjol dan bisa menarik perhatian.
Warna Coklat Mocca pada Logo Skincare

Variasi warna coklat bisa mencerminkan kesan elegan jika memiliki variasi warna yang lembut. Pada logo skincare atau brand kecantikan, warna coklat yang lembut bisa membuat desain logo tampil mewah. Logo tersebut memiliki desain logo yang elegan dengan warna coklat lembut yang klasik.
Brand kecantikan tidak hanya mencerminkan kesan hangat tetapi juga memiliki kesan elegan dan tampilan yang klasik. Kombinasi gaya font dan dekorasi bunga terlihat elegan dan bisa mencerminkan brand skincare yang mewah.
Baca juga: 7 Kombinasi Warna untuk Desain Memiliki Tampilan Mewah
Warna Merah pada Logo Rumah Makan Padang

Penggunaan paling populer untuk warna hangat adalah untuk desain logo makanan baik restoran, rumah makan, cafe hingga snack. Warna merah tidak hanya efektif membuat logo makanan menonjol tetapi juga efektif menggugah selera. Logo makanan dengan warna merah menyala akan terlihat lebih menggugah selera dan berkesan hangat.
Logo tersebut memiliki desain kombinasi tipografi dan gambar atap rumah padang dalam style line art sederhana. Warna merah menyala membuat logo akan lebih mudah menonjol dan menggugah selera. Desain logo tersebut memiliki desain yang unik dan terlihat tajam ditambah warna merah yang menyala.
Warna Coklat pada Brand Fashion

Meski penggunaan warna hangat populer untuk brand coffee atau bakery, ada juga yang digunakan untuk brand fashion. Variasi warna coklat yang digunakan biasanya menggunakan variasi warna yang lembut. Pada logo fashion tersebut logo menggunakan style logo inisial yang sederhana dan elegan.
Warna coklat yang digunakan terlihat cocok dan berguna mencerminkan brand fashion yang elegan. Terlihat warna logo memiliki aksen coklat keemasan sehingga bisa menciptakan kesan elegan dan mewah.
Baca juga: Ciri Khas Warna Desain Logo Emblem
Warna Kuning pada Brand Cafe

Selain warna coklat atau hitam, desain logo bisnis cafe dan coffee juga kerap menggunakan warna hangat lainnya. Desain brand cafe dengan warna hangat akan mencerminkan bisnis nyaman dan hangat. Ini bisa mencerminkan nuansa, menu dan identitas bisnis tersebut.
Warna kuning pada logo terlihat memiliki gaya desain yang lembut dan tidak terlalu mencolok. Desain logo yang memiliki tipografi elegan dengan dekorasi daun sederhana cocok dengan penggunaan warna kuning yang lembut. Logo tersebut bisa mencerminkan kesan bisnis yang hangat, ceria dan energik.
Warna Oranye Aplikasi Digital

Pada era modern yang serba minimalis, banyak desain logo yang menggunakan warna netral. Untuk itu penggunaan warna hangat akan mampu membuat desain logo menarik perhatian dan tampil beda. Pada desain logo aplikasi digital penggunaan warna yang mencolok akan efektif membantu aplikasi mudah ditemukan.
Warna oranye pada aplikasi digital tersebut akan membuat logo mencolok dan mudah ditemukan. Penggunaan warna oranye juga bisa menggambarkan kesan hangat dan brand yang ramah.
Warna Emas pada Logo Art Creative Jaya

Warna emas juga termasuk warna hangat karena bagian dari variasi warna kuning yang tampil berkilau. Logo berwarna emas akan terlihat mewah, menarik perhatian dan bisa mencerminkan kesan premium. Biasanya desain logo harus sederhana agar warna emas bisa dibuat untuk terlihat berkilau.
Logo dengan warna emas akan berkesan hangat dan biasanya mencerminkan brand yang premium. Desain logo inisial geometris sederhana tersebut terlihat lebih mencolok dan berkesan mewah dengan warna emas.
KESIMPULAN
Warna hangat terdiri dari warna merah, kuning, oranye hingga coklat yang bisa memberikan kesan hangat dan energik. Penggunaan warna hangat dalam desain logo akan mencerminkan brand yang hangat, ceria, bahagia dan ramah. Biasanya beberapa brand yang sering menggunakan warna hangat adalah makanan, minuman, sport, hingga cafe.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.