Warna desain logo dipilih untuk merepresentasikan brand atau identitas merek dengan baik. Pemilihan warna seperti merah didasarkan makna psikologi dan pesan yang ingin disampaikan oleh merek ada audiens. Desain logo dengan warna merah dapat mencerminkan kesan berani, menarik perhatian dan kekuatan.
Warna merah kerap kali diasosiasikan dengan warna hati, mawar dan api yang mana merepresentasikan kehangatan, kecantikan dan inspiratif. Penggunaan warna merah dalam desain logo kerap digunakan untuk menggambarkan keberanian dan kekuatan. Dalam dunia desain grafis pemilihan warna merah sering ditemui karena efektif menarik perhatian dibandingkan warna cerah lainnya, termasuk untuk desain logo.
Untuk desain logo penggunaan warna merah kerap ditemui untuk logo perusahaan dan logo brand makanan atau restoran. Dengan banyaknya variasi warna merah dari gelap hingga terang, penggunaan warna merah untuk logo dapat ditemui dalam berbagai jenis bisnis.
WARNA MERAH DALAM DESAIN LOGO DAN BRANDING
Desain logo dengan warna merah dipilih kren memepertimbangkan beberpa alasan dan efektivitas makna dari warna merah itu sendiri. Warna merah dalam desain logo bisa merepresentasikan energi, kehangatan dan kekuatan (Brea, 2016)1. Kemudahan warna merah dalam menarik perhatian membuat warna merah juga sering dipilih untuk desain logo.
Untuk Merepresentasikan Kehangatan
Beberapa industri menggunakan warna merah untuk membuat logo menggambarkan kehangatan dengan shade warna merah yang hangat. Warna merah yang hangat biasanya memiliki tampilan lebih mencolok dengan perpaduan merah dan oranye. Biasanya warna merah yang menggambarkan kehangatan sering dipilih untuk logo makanan atau dalam bisnis energi.
Brand yang ingin memiliki kesan ramah dan hangat bisa menggunakan warna merah. Warna merah yang menyala secara otomatis membuat audiens merasa jika warna merah diasosiasikan dengan kehangatan. Brand makanan akan sangat cocok dengan kesan hangat dari warna merah karena membuat produknya terkesan hangat.
Baca juga: Ciri Desain Logo untuk Bisnis Cafe dan Coffee Shop
Untuk Menarik perhatian
Dalam desain grafis warna merah paling umum digunakan untuk menarik perhatian dalam berbagai aspek atau proyek desain tidak hanya desain logo. Warna merah sebagai warna aksen dapat menyoroti informasi atau elemen penting dalam desain grafis. Desain dengan warna merah juga lebih efektif menarik perhatian audiens diantara warna mencolok lainnya.
Warna merah yang mencolok akan efektif untuk brand dikenal dan diingat oleh audiens dengan cepat. Tidak hanya untuk merepresentasikan makna psikologi tertentu, warna merah bisa membantu merek membangun branding yang kuat. Dalam desain logo warna merah akan lebih efektif jika warna dalam bisnis yang sama menggunakan warna yang berbeda.
Untuk Brand Makanan
Desain dengan warna merah juga banyak ditemui untuk brand makanan, termasuk untuk desain logo, kemasan dan pemasaran. Warna merah bisa merepresentasikan brand makanan dengan baik dan membuatnya efektif menarik perhatian. Banyak brand makanan yang menggunakan warna merah karena merepresentasikan kehangatan.
Warna merah dalam makanan juga seringkali merepresentaikan bahan makanan seperti cabai, saus dan tomat. Banyak brand fast food yang menggunakan warna merah untuk menarik perhatian dengan cepat sepert brand pizza hut dan KFC. Mitosnya warna merah dapat mensugestikan rasa lapar dan meningkatkan perhatian terhadap makanan dengan warna merah yang menggoda.
Untuk Mencerminkan Energi dan Kekuatan
Tidak hanya populer untuk brand makanan, warna merah juga banyak digunakan untuk logo perusahaan atau bisnis yang terkait dengan energi atau sumber daya. Warna merah bisa membuat logo perusahaan tampil mencolok dan efektif menarik perhatian. Brand atau perusahaan akan tampak kuat dengan warna merah menyala.
Warna merah pada logo Netflix, Coca-cola hingga Marvel dipilih untuk merepresentasikan kekuatan, energi dan kesan yang aktif. Brand-brand tersebut tidak mengambil warna merah berdasarkan warna darah, hati atau warna makanan, tetapi makna psikologi yang diciptakan ari warna merah. Kemampuan warna merah untuk mencerminkan keberanian dan kekuatan sering dipilih untuk warna brand dari berbagai bidang bisnis.
Baca juga: 7 Desain Logo Keren dengan Warna Kuning
7 DESAIN LOGO WARNA MERAH TERBAIK
Ketika ingin memilih warna merah untuk desain visual brand pastikan makna psikologi dan tujuan brand sesuai dengan warna merah. Berikut 7 desain logo dengan penggunaan warna merah terbaik yang merepresentasikan merek dengan baik:
Desain Logo PT Solusi Utama Abadi

Desain logo tersebut memiliki ikon berwarna merah yang hangat dan membuat logo menarik perhatian. Logo untuk perusahaan yang berbasis PT tersebut memiliki tampilan yang strong dan tajam dengan ikon inisial nama perusahaan. Ikon yang terdiri dari huruf S, L dan A tersebut memiliki font tebal dengan warna merah mencolok yang cocok.
Warna merah terlihat harmonis dengan warna logo huruf yang tebal dan menciptakan kesan kuat dan tajam. Kombinasi ikon dengan inisial nama perusahaan terlihat cocok dengan image perusahaan yang profesional. Tampilan ikon memiliki warna merah yang tajam dengan jenis font yang bersih dan terlihat profesional.
Desain Logo Nakata Indonesia

Tidak hanya cocok untuk desain logo formal untuk perusahaan, warna merah juga akan harmonis untuk menciptakan kesan ramah. Warna merah akan berpadu dengan baik dengan jenis font tebal yang ramah seperti pada logo tersebut. Desain logo untuk Nakata tersebut menggunakan warna merah pada desain logotype dengan warna merah yang tajam.
Warna merah pada logo tersebut terlihat menarik perhatian dan memberikan kesan hangat dan ramah. Bentuk huruf yang tebal dengan sudut yang melengkung membuat desain logo tampak ramah. Warna merah yang sedikit lebih gelap dalam logo tersebut membuat logo tampak lebih tajam dan strong.
Desain Logo Sartanjung

Warna merah yang mencolok dan memberikan kesan hangat sering dipilih untuk logo makanan atau bisnis terkait makanan. Sama halnya seperti pada logo tersebut, warna merah dipilih untuk logo bisnis oleh-oleh karena mencerminkan kehangatan. Penggunaan warna merah pada desain logo tersebut efektif untuk menarik perhatian konsumen pada merek.
Warna merah menyala yang dikombinasikan dengan warna putih pada logo tersebut membuat logo terlihat mencolok. Bentuk logo dan nama merek terbaca dengan baik dengan komposisi warna merah dan putih yang tepat. Meskipun detail logo tidak terlihat jelas dalam ukuran yang kecil, teks nama merek masih mudah terbaca dengan baik.
Desain Logo Ha Yo 24H Dimsum

Warna merah memang cukup populer untuk desain logo bisnis makanan karena mensugestikan warna makanan yang menggoda. Desain logo brand makanan berwarna merah lebih cocok untuk mempresentasikan makanan karena kesan hangat yang diciptakan. Warna merah pada logo tersebut dikombinasikan dengan warna putih dan hitam sehingga menciptakan tampilan harmonis.
Penggunaan warna merah dapat mengasosiasikan kesan hangat dari produk makanan tersebut. Audiens juga lebih mudah menemukan bisnis makanan dengan warna merah mencolok daripada warna netral lainnya. Warna merah tersebut dapat menjadi warna aksen yang menarik perhatian mata konsumen dengan cepat ketika mencari logo bisnis tersebut di keramaian.
Baca juga: 7 Desain Logo Gaya Ikon Line yang Estetik
Desain Logo Byntari

Brand fashion juga banyak yang menggunakan warna merah karena tidak hanya mudah menarik perhatian juga tampil memikat. Logo fashion dengan warna merah dapat merepresentasikan kesan glamor. Brand fashion dengan ikon huruf B yang unik tersebut memiliki warna merah yang menyala untuk menarik perhatian.
Dalam logo byntari tersebut, warna merah dapat mengekspresikan kesan stylish yang menarik. Seringkali warna merah dalam desain logo dikombinasikan dengan warna netral akan menciptakan tampilan yang harmonis. Warna merah terang sulit terlihat harmonis dengan semua warna warna, sehingga sering digunakan dengan kombinasi warna netral.
Desain Logo Navtoys

Warna merah dalam desain grafis juga kerap dipilih karena bisa merepresentasikan kebahagiaan atau keceriaan. Tidak heran warna merah sering digunakan untuk brand fashion atau mainan anak-anak seperti warna kuning. Warna-warna cerah memang identik dengan kebahagiaan termasuk warna merah terang.
Logo Navtoys tersebut menggunakan warna desain logo merah untuk menarik perhatian dan merepresentasikan keceriaan khas anak-anak. Ikon logo dengan kombinasi nama merek yang membentuk simbol unik ini terlihat memukau dengan warna merah terang.
Desain Logo Roda Hora Hore

Warna merah sering digunakan untuk mencerminkan energi dan kekuatan termasuk dalam logo yang terkait olahraga. Tidak hanya untuk logo perusahaan dalam bidang energi, warna merah dapat mencerminkan bisnis terkait olahraga atau komunitas olahraga. Dalam logo tersebut warna merah dapat mencerminkan energi dan kekuatan.
Kombinasi warna merah merah dan hitam dalam logo Roda tersebut menciptakan kesan energik dan kesan yang kuat. Warna merah digunakan pada ikon orang yang mengendarai sepeda terlihat merepresentasikan energi dan kegiatan dengan baik.
KESIMPULAN
Penggunaan warna merah dalam desain logo akan tampil menarik pehatian dan membuat merek lebih mudah membangn branding yang kuat. Warna merah bisa merepresentasikan kekuatan, energi, amarah dan kehangatan. Desain logo berwarna merah bisa digunakan untuk berbagai jenis bisnis termasuk yang paling populer untuk brand makanan dan logo perusahaan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.
- Weinreb, Brea. (2016). 34 red logos that are red hot. 99designs. https://99designs.com/blog/creative-inspiration/red-logos/ ↩︎