Bisnis fashion salah satu bisnis dengan pasar yang ramai, banyak pesaing terus bermunculan, untuk harus membangun identitas yang kuat. Identitas visual brand fashion akan direpresentasikan dalam desain logo yang sederhana. Kombinasi warna desain logo fashion harus memiliki warna yang harmonis dan mencerminkan nilai dan citra brand.
Pemilihan warna untuk desain logo biasanya mempertimbangkan makna psikologisnya untuk merepresentasikan karakter atau citra brand. Biasanya logo fashion akan relevan dengan warna yang mencerminkan kesan elegan, mewah dan premium. Logo fashion cenderung memiliki warna minimalis agar desain tampak sederhana dan tampil menarik.
TIPS KOMBINASI WARNA UNTUK DESAIN LOGO
Berbicara soal kombinasi warna yang tepat untuk desain logo fashion, biasanya perlu mengutamakan kesederhanaan dan kesesuaian dengan jenis fashion. Kombinasi warna tidak hanya sederhana tetapi juga sesuai dengan jenis fashion. Terkadang warna dipilih untuk mencerminkan jenis fashion.
Untuk digunakan dalam desain logo, gunakan binasi yang tepat dan kontras agar bentuk logo terlihat jelas. Beberapa tips untuk mengkombinasikan logo fashion seperti:
Kontras Warna Latar dan Logo
Hal ini bertujuan agar bentuk logo terlihat jelas dan nama brand terbaca dengan baik, sehingga bisa membangun identitas yang kuat. Hindari memilih warna latar dan logo yang mirip karena bisa membuat logo kurang jelas. Biasanya latar belakang akan memiliki warna netral agar desain logo mudah terbaca. Selain itu pastikan warna latar belakang dan warna logo memiliki kecerahan yang kontras.
Memiliki Saturasi Rendah
Untuk brand fashion, kombinasi warna yang harus sederhana, termasuk menggunakan variasi warna yang lembut. Saturasi yang rendah akan efektif mencerminkan brand fashion yang elegan dan mewah. Biasanya warna lembut banyak digunakan untuk logo fashion dengan target audiens perempuan. Biasanya sering mengkombinasikan dua warna lembut agar tampil elegan dan feminim.
Warna Gelap dan Warna Netral
Kombinasi warna gelap dan netral juga banyak digunakan dalam desain logo karena bisa menciptakan visual yang mewah. Selain variasi warna lembut, logo fashion juga kerap memiliki kombinasi warna gelap dan netral seperti putih. Warna cerah mencolok jarang digunakan karena kurang sesuai dengan citra brand fashion. Desain logo dengan warna gelap lebih dipilih karena bisa mencerminkan kesan mewah dan sederhana.
Batasi Jumlah Warna
Style desain logo untuk brand fashion kebanyakan menggunakan desain yang minimalis, bersih dan sederhana. Untuk itu tidak heran jika memiliki jumlah warna yang terbatas, sebagian besar hanya memiliki satu warna saja. Logo fashion sangat jarang memiliki warna logo lebih dari tiga warna, dua warna saja jarang ditemui. Jumlah kombinasi warna terbatas karena desainnya juga sederhana, sehingga mempertahankan kesederhanaan.
Baca juga: Style Tipografi Desain Logo Brand Parfum
7 KOMBINASI WARNA LOGO FASHION SEDERHANA
Dalam memilih kombinasi warna untuk logo fashion sebaiknya menggunakan warna yang minimalis dan sederhana. Desain logo yang sederhana akan relevan dengan menggunakan warna minimalis dengan variasi warna yang lembut. Berikut beberapa kombinasi warna yang sering ditemui dalam logo fashion, seperti:
Hitam dan Putih
Kombinasi warna hitam dan putih, termasuk yang paling banyak ditemui untuk logo fashion. Selain karena warna memiliki kontras yang baik, sehingga logo jelas dan mudah terbaca, warna juga menciptakan kesan minimalis dan elegan. Logo fashion bisa memiliki kesan high-end brand dan berkesan mewah.
Warna logo yang menggunakan warna hitam memiliki desain sederhana dan membuat desain terlihat jelas, berkat latar berwarna putih. Kombinasi membuat brand fashion akan konsisten dalam berbagai desain karena memiliki warna yang kontras dan jelas.
Pink dan Putih
Untuk jenis fashion hijab, warna merah muda akan menciptakan kesan elegan dan feminim. Warna merah muda cocok untuk menarik perhatian target pasar perempuan, terutama untuk fashion hijab. Warna merah muda akan memiliki kontras dan tampil harmonis dengan kombinasi warna putih.
Kombinasi warna merah muda dan putih dalam logo fashion kebanyakan untuk mencerminkan brand fashion perempuan seperti hijab atau dress. Desain logo tersebut juga memiliki style desain yang lembut dan minimalis, sehingga warna merah muda mendukung kesan yang elegan. Warna merah muda tampil lembut tetapi tidak mencolok sehingga masih berkesan elegan.
Baca juga: 4 Desain Logo Warna Merah dan Biru yang Kontras
Merah Muda dan Hitam
Selain dengan putih, warna merah muda dalam brand fashion juga dikombinasikan dengan warna hitam. Warna hitam juga efektif menciptakan kontras sehingga terlihat perbedaan yang jelas. Warna merah muda dalam logo fashion tersebut tampil lebih lembut karena termasuk variasi warna pastel.
Kombinasi warna dalam logo tersebut menciptakan kontras teks nama brand dan jenis fashion. Perbedaan warna dan kontras yang diciptakan berguna juga untuk menciptakan hirarki visual. Warna kontras untuk tipografi dalam logo membuat desain logo tampil menarik juga mencerminkan kesan elegan.
Emas dan Hitam
Brand fashion juga sering memiliki kombinasi warna yang menciptakan tampilan mewah dan premium. Kombinasi warna emas dan hitam dalam desain logo akan efektif menciptakan kesan mewah termasuk untuk fashion hijab. Warna emas dapat merepresentasikan kesan brand yang mewah dan terpercaya.
Logo fashion hijab tersebut memiliki warna emas yang membuat logo tampak berkilau dan bergaya mewah. Warna emas akan terlihat mencolok dan berkilau jika dikombinasikan dengan warna emas. Logo yang sederhana juga efektif membuat warna emas mencerminkan brand fashion high-end dan mewah.
Baca juga: 6 Kombinasi Warna Logo Mencolok dan Kontras
Hijau dan Putih
Warna hijau yang menciptakan kesan tenang dan damai juga akan relevan dengan citra brand fashion yang elegan. Penggunaan warna hijau dalam brand fashion akan mencerminkan brand fashion yang tenang dan elegan. Warna hijau dalam desain logo memiliki variasi warna hijau yang lembut.
Logo fashion hijab tersebut memiliki visual yang lembut sehingga akan harmonis dengan kombinasi warna putih. Desain logo tersebut memiliki huruf inisial sederhana dan ikon bunga sehingga tampil elegan. Warna hijau yang lembut berhasil membuat logo fashion terlihat elegan dan sederhana.
Abu-abu dan Putih
Selain warna hitam, desain logo fashion juga akan cocok menggunakan warna abu-abu karena tampil sederhana dan minimalis. Warna abu-abu tersebut tampil lembut dan kontras dengan warna putih. Kombinasi warna abu-abu dan putih untuk logo fashion mencerminkan kesan mewah dan trendy.
Warna abu-abu akan mencerminkan brand fashion yang trendy, elegan dan high-end. Hindari menggunakan warna abu-abu dengan warna hitam karena akan kurang kontras. Logo fashion dengan ikon logo inisial terlihat mewah dan harmonis dengan warna abu-abu yang lembut.
Warna Gradasi Ungu, Merah dan Oranye
Meski jarang, ada juga brand fashion yang mengkombinasikan warna gradasi untuk membuat logo tampak unik. Desain logo tersebut memiliki warna gradasi ungu, merah dan oranye yang menciptakan kesan halus. Gradasi warna terlihat halus dan berkesan hangat karena mengkombinasikan warna yang mirip.
Gradasi warna membuat logo terlihat memiliki efek visual nyata dan berkesan unik, ini juga memudahkan logo tampil beda. Kombinasi warna gradasi dan hitam pada teks logo menciptakan kontras dan tampil harmonis. Warna logo fashion tersebut akan efektif membuat logo fashion menonjol dibandingkan brand fashion lain yang tampil minimalis.
KESIMPULAN
Dalam memilih warna logo fashion yang tepat, pastikan memilih warna sesuai dengan identitas merek. Kombinasi warna untuk logo fashion umumnya akan minimalis, warna kontras dan warna yang mewah. Pemilihan warna yang terkesan mewah dan elegan bertujuan untuk meningkatkan kesan brand yang high-end. Desain yang sederhana akan relevan dengan kombinasi warna yang sederhana juga.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo profesional dan terpercaya, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.