Desain Label: Elemen Umum Dalam Desain Label

0
(0)

Dalam desain kemasan ada yang namanya desain label, yang terkait dengan informasi produk atau merek. Desain label ini merujuk pada proses membuat tampilan visual yang berisi pada kemasan. Proses pembuatan desain label ini melibatkan beberapa elemen umum pada desain pada umumnya.

Namun desain label kemasan perlu memperhitungkan antara keseimbangan visual dan informasi. Informasi sangatlah penting dalam desain label dan harus diutamakan. Penting memastikan desain label bisa menonjolkan informasi tanpa mengurangi tampilan visual yang menarik.

Label sendiri berisi informasi penting dari kemasan yang memberikan informasi berupa identitas merek, informasi produk, dan pesan komunikasi pada konsumen. Informasi penting dalam label ditujukan untuk klien melihat spesifikasi dari produk.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Desain label pada kemasan bukan hanya untuk menyampaikan informasi tetapi juga didesain untuk menarik perhatian konsumen. Selain itu, desain label juga digunakan untuk membangun citra merek dan branding pada produk atau merek. Dengan menggabungkan elemen dalam desain label, maka tujuan desain label dapat terwujud.

Beberapa Elemen Umum dalam Desain Label

Ada beberapa elemen umum yang untuk menciptakan desain label yang efektif menyampaikan pesan dan menarik secara visual. Berikut beberapa elemen yang umum dalam desain label:

Nama Merek dan Logo

Salah satu elemen kunci yang harus ada dalam desain label adalah nama merek dan logo. Keduannya merupakan identitas merek yang digunakan pada label sebagai penanda merek. Penggunaan identitas merek untuk siapa yang merilis produk tersebut.

Adanya identitas logo dan nama merek ini akan memudahkan audiens mengenali produk, dan membangun kesadaran merek yang kuat. Desain logo harus ditempatkan agar mudah dilihat namun tidak mengganggu tampilan visual. Menggunakan nama merek dan logo secara konsisten pada desain label akan membangun branding yang kuat.

Informasi Produk

Pada desain label penempatan informasi tentang produk sangatlah penting. Informasi terkait produk sering dijadikan pertimbangan konsumen ketika memilih produk. Informasi pada desain label sendiri menyangkut banyak hal.

Beberapa informasi yang biasanya harus terdapat pada label adalah nama produk, deskripsi singkat, ukuran kandungan bahan, dan petunjuk penggunaan. Selain itu tidak boleh dilewatkan adalah informasi terkait tanggal kadaluarsa. Informasi harus mendetail meskipun dibuat secara singkat.

Penggunaan jenis huruf dan ukurannya dapat memengaruhi keterbacaan. Penting juga memberikan ketebalan dan ukuran lebih besar pada teks yang berisi informasi penting. Memberikan sorotan dan penataan teks yang telat dapat menciptakan hirarki informasi pada label.

Gambar atau Ilustrasi

Penggunaan gambar atau ilustrasi akan mempercantik tampilan desain label. Ilustrasi juga akan membuat desain label lebih interaktif dan menarik perhatian. Adanya gambar, ilustrasi, atau grafis akan memudahkan untuk menyampaikan pesan merek dan produk pada konsumen.

Biasanya gambar atau ilustrasi relevan dengan produk dan bisa mencerminkan pesan produk. Ilustrasi pada label digunakan pula untuk menjelaskan langkah atau prosedur penggunaan produk.

Gambar dari bahan atau bentuk isi produk juga ditempatkan pada desain label. Hal ini bisa menarik perhatian konsumen.

Barcode dan Nomor Serial

Pada desain label juga terdapat barcode atau nomor serial yang digunakan untuk memudahkan proses inventaris. Nomor serial ini juga memudahkan dalam proses penjualan.

Saat penjualan menggunakan scan barcode otomatis sehingga efektif untuk mempercepat proses transaksi. Penting memastikan desain barcode dan tulisan nomor serial terlihat jelas, agar memudahkan proses transaksi penjualan.

Label Khusus (Misalnya, Organik, Non-GMO, Halal)

Dalam desain label biasanya juga terdapat label khusus sebagai penanda untuk produk, seperti label organik, Non-GMO dan label halal. Ini berguna menjadi penanda tentang produk yang bisa memudahkan konsumen.

Label pada desain label ini berguna untuk menunjukkan karakteristik unik atau sertifikasi tertentu pada produk tersebut. Misal pada label organik ini menunjukkan bahwa produk dibuat dengan bahan alami.

Sementara label non-GMO untuk menandai bahwa produk atau bahan tidak dibuat dengan rekayasa genetik. Untuk label halal digunakan untuk menunjukkan bahwa produk aman dikonsumsi oleh muslim. Ini menunjukkan bahwa produk atau bahannya tidak dibuat dari bahan haram seperti minyak babi atau alkohol.

Informasi Hukum atau Regulasi

Desain label biasanya terdapat aturan hukum atau regulasi tertentu yang harus ditaati. Ini termasuk informasi yang ditampilkan pada label terkait produk baik dari bahan atau informasi keamanan.

Penting untuk memberikan informasi nutrisi dengan jujur, termasuk peringatan kesehatan seperti pada label produk rokok. Informasi penting ini berguna untuk memberikan peringatan pada konsumen tentang nutrisi dan bahan produk yang mungkin tidak cocok dengan konsumen.

Pemilihan Warna, Tipografi, dan Tata Letak

Untuk memastikan tampilan visual label menarik dan mudah untuk dibaca sehingga menarik perhatian. Penting untuk menggunakan warna yang menarik, tipografi yang jelas hingga mengatur tata letak.

Pemilihan elemen desain yang sesuai dengan jenis produk atau merek akan membangun branding visual yang kuat. Tata letak pada desain dapat memberikan kemudahan pembacaan dan tampilan yang menarik. Elemen-elemen tersebut dapat membuat label terlihat profesional dan dapat dipercaya.

Kesesuaian dengan Kemasan Produk

Ketika membuat label penting memastikan desain memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran kemasan. Penting untuk menyesuaikan ukuran label dengan kemasan agar informasi pada label terlihat jelas. Ukuran label dapat memengaruhi tampilan visual desain.

KESIMPULAN

Untuk mendesain dengan menarik dapat memperhatikan beberapa elemen umum pada desain label. Dengan memadukan elemen desain seperti warna, tipografi hingga tata letak akan menciptakan label yang menarik. Penting juga memastikan desain label dapat menyampaikan informasi penting secara efektif. Beberapa elemen diatas tidak boleh ada yang dilewatkan.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts