Gaya huruf yang miring, tebal, tipis dan lurus biasa juga bisa menciptakan mood desain yang berbeda. Penting untuk paham dengan baik karakter dan mood yang bisa diciptakan setiap jenis font agar memilih yang paling cocok dengan karakter yang ingin dibangun oleh merek. Dekorasi serif, ketebalan huruf hingga jarak antar huruf bisa memengaruhi mood atau karakter font. Jenis font sendiri memiliki banyak gaya, yang mana akan dipilih sesuai mood dan karakter berbeda untuk desain brand.
Identitas dan karakter merek akan dicerminkan dalam bentuk desain visual yang menarik melalui pemilihan elemen visual yang tepat. Setiap elemen visual seperti font, warna dan ikon dalam desain identitas merek akan dipilih untuk mencerminkan karakter merek. Jenis font sendiri memiliki banyak gaya, yang mana akan merepresentasikan mood dan karakter berbeda untuk desain brand.
Desainer tidak hanya harus paham gaya dan variasi font tetapi juga termasuk mood dan karakter yang diciptakan dari setiap style font. Umumnya font akan dibedakan berdasarkan jenis font, karakter huruf, hingga tebal dan tipis jenis fontnya. Setiap karakter dan identitas brand akan membutuhkan jenis font yang berbeda agar bisa merepresentasikan karakter brand dengan baik pada desain grafisnya.
TIPS MEMILIH JENIS FONT BERDASARKAN KARAKTER BRAND
Desain grafis yang digunakan untuk membangun branding harus memiliki elemen visual yang bisa merepresentasikan kepribadian dan karakter merek dengan baik. Jenis font yang beragam belum lagi ditambah style huruf yang bervariasi bisa menciptakan ragam variasi mood dan karakter brand yang unik. Perhatikan beberapa tips memilih font berdasarkan karakter brand:
Pahami Karakter dan Mood yang Diciptakan
Perlu diingat jika setiap jenis font dan variasi style gaya hurufnya dapat menciptakan mood dan karakter yang berbeda. Tentukan dan pahami karakter atau pesan yang ingin dibangun merek, pilih karakter font yang sesuai dengan kepribadian merek. Beberapa font bisa menciptakan karakter brand yang kuat dan tajam, sementara beberapa font lain bisa menciptakan tampilan brand yang ramah.
Kombinasikan Font yang Kontras dan Harmonis
Untuk digunakan sebagai elemen identitas visual merek, biasanya akan memilih beberapa font untuk dikombinasikan agar mudah digunakan dalam berbagai kebutuhan. Kombinasikan dua atau tiga font untuk digunakan dalam desain branding merk. Kombinasi font harus tampil harmonis serta cocok dengan identitas merek.
Terkadang kombinasi font juga bisa menciptakan kontras untuk membuat desain tampak lebih menarik dan mudah membedakan jenis informasi. Kombinasi font sans serif yang tebal dan bersih dengan script yang tipis pada desain logo bisa menciptakan kontras dan hirarki visual. Pertimbangkan juga untuk memilih jenis font yang bisa tampil sederhana dan mudah terbaca pada berbagai ukuran termasuk kecil untuk teks paragraf.
Sesuaikan Gaya Font dengan Bidang Bisnis
Dalam menciptakan desain brand yang relevan dengan bidang bisnis penting untuk memilih jenis font yang bisa merepresentasikan bisnis tersebut. Hal ini untuk memudahkan pengenalan dan membangun branding yang kuat. Berikut ini beberapa ciri setiap jenis font untuk bidang bisnis yang berbeda:
Fashion: identik dengan gaya font yang tampil elegan, bersih dan stylish untuk mencerminkan bisnis fashion yang trendy dan stylish. Brand fashion juga kerap kali menggunakan jenis font yang tampil elegan dan feminim, terkadang jenis font menyesuaikan jenis fashion. Fashion anak-anak akan menggunakan font ramah, sementara fashion perempuan seringkali memiliki jenis font elegan dan feminim seperti script tipis.
Makanan: Untuk desain brand makanan jika diperhatikan kebanyakan style font yang digunakan menggunakan gaya font yang tebal. Font tebal yang digunakan akan efektif menarik perhatian, seringkali font tebal yang digunakan memiliki gaya huruf bulat atau tajam menyesuaikan karakter merek.
Skincare dan Kosmetik: Gaya font yang digunakan dalam brand kecantikan juga seringkali memilih font sans serif modern yang bersih dan elegan. Desain logo untuk brand kecantikan banyak yang menggunakan font bersih, elegan dan tipis untuk menciptakan brand kecantikan dengan baik.
Tetap Utamakan Keterbacaan Font
Font yang dipilih sebagai elemen identitas merek harus memiliki keterbacaan yang baik dalam berbagai penggunaan, ukuran dan media sehingga bisa membangun branding dengan baik. Penggunaan font yang sulit dibaca akan menyulitkan audiens untuk mengenali dan mengingat nama brand. Meskipun ingin tampil unik, keterbacaan harus diutamakan agar desain efektif.
Pilih font yang merepresentasikan karakter dan kepribadian merek serta yang memiliki keterbacaan yang baik. Jika font akan digunakan pula dalam desain pemasaran dan desain kemasan, maka penting untuk memilih font yang mudah untuk dibaca.
Baca juga: Rekomendasi Font yang Dapat Digunakan untuk Commercial Use
JENIS FONT BERDASARKAN MOOD DAN KARAKTER YANG DICIPTAKAN
Untuk bisa memilih jenis font yang tepat perhatikan identitas merek, penggunaan font dan karakter yang ingin dibangun. Setiap font akan menciptakan mood dan karakter berbeda, untuk bisa merepresentasikan merek dengan baik, perhatikan gaya dan style setiap font. Berikut jenis font dan style font berdasarkan karakter dan kepribadian yang diciptakan dari gaya font ini:
Serif
Jenis font yang memiliki dekorasi berupa serif yang memiliki beragam style ini bisa digunakan untuk menciptakan tampilan brand yang klasik, mewah dan timeless. Font ini memiliki banyak variasi bentuk serif, ada yang lancip, melengkung, dan geometris yang kaku. Setiap style serif bisa menciptakan mood yang berbeda, serif yang menciptakan gaya klasik biasanya memiliki bentuk serif geometris atau kotak.
Sementara serif yang lancip dan tidak terlalu tajam menciptakan tampilan font yang elegan. Gaya serif modern yang tipis dan menciptakan tampilan elegan akan efektif untuk menciptakan brand yang elegan dan mewah. Font serif biasanya juga tampil bersih dan mudah dibaca sehingga ring dipilih untuk menciptakan desain timeless.
Sans Serif
Ada banyak desain brand yang menggunakan font sans serif karena bisa menciptakan tampilan bersih dan sederhana. Font serif untuk dapat digunakan untuk merepresentasikan kesan modern, minimalis dan sederhana. Logo dengan font sans serif akan tampak profesional meski minimalis dan mudah untuk dibaca.
Font ini tidak memiliki dekorasi serif atau lainnya sehingga tampil bersih, sans serif yang tebal dan kaku akan tampil kuat dan tegas. Sementara jenis sans serif uang tipis dapat merepresentasikan karakter brand yang elegan dan sederhana. Pilih jenis font sans serif ini untuk desain logo perusahaan, fashion dan lainnya yang ingin menciptakan karakter brand yang modern, minimalis dan sederhana.
Baca juga: Rekomendasi Gaya Font Serif Modern untuk Desain Grafis
Slab Serif
Untuk brand yang ingin memiliki kesan bold, percaya diri, dan impactful dalam desain logo atau desain grafis lainnya gunakan jenis font slab serif ini. Font ini memiliki dekorasi serif yang tebal, termasuk guratan hurufnya. Serif dan font yang tebal dan kaku menciptakan tampilan klasik.
Jenis font ini juga cocok digunakan untuk brand yang ingin tampil vintage dan premium. Penggunaan jenis font slab serif ini cocok untuk desain brand tradisional dan vintage, jenis font ini juga bisa menciptakan tampilan yang mewah.
Italic Font
Tidak jenis font seperti serif atau sans serif, karakter yang diciptakan dari setiap style font juga harus diperhatikan. Font style umumnya terdiri dari reguler, bold dan italic, teks bisa dikreasikan dengan menggunakan style font tersebut yang menciptakan karakter berbeda-beda. Font dengan style huruf miring atau italic bisa menciptakan mood teks yang sopan, menyenangkan, menarik perhatian.
Huruf yang miring biasanya efektif untuk menarik perhatian, Jika ingin menggunakan style font ini perhatian gaya fontnya. Tidak semua jenis font akan cocok menggunakan style italic. Biasanya style font italic ini akan cocok digunakan untuk jenis font yang tipis dan bersih, font script latin juga cocok dengan font style italic.
Script
Untuk jenis font yang memiliki gaya huruf yang meniru tulisan tangan ini dapat menciptakan tampilan desain yang formal, feminim dan elegan. Kebanyakan jenis font script ini memiliki style huruf latin atau bersambung dengan guratan huruf yang tipis sehingga terlihat elegan.
Gaya font yang juga tampil feminim ini cocok digunakan untuk desain brand fashion dan kecantikan. Gaya font ini beberapa ada yang memiliki huruf tebal, jika ingin menggunakan jenis font ini untuk desain identitas merek, pilih yang memiliki keterbacaan yang baik.
Baca juga: 7 Rekomendasi Font Untuk Brand Kecantikan
Light
Style font yang digunakan untuk desain brand juga memiliki variasi huruf dengan ketebalan yang berbeda. Menggunakan font dengan style light atau tipis ini menciptakan desain brand yang tampak halus, terbuka, dan lembut. Font dengan style huruf yang tipis akan cocok untuk menciptakan tampilan desain yang elegan dan halus. Penggunaan font tipis ini akan cocok untuk desain brand fashion dan kecantikan.
Medium
Selain tebal dan tipis, jenis huruf yang umum digunakan biasanya bergaya medium atau reguler. Gaya huruf ini termasuk yang paling pas tidak terlalu tebal dan tipis, penggunaan font ini lebih fleksibel. Font medium ini jika digunakan sebagai font identitas merek akan merepresentasikan brand yang renyah, seimbang dan serbaguna. Font dengan ketebalan yang normal ini akan fleksibel untuk digunakan dalam berbagai ukuran.
Bold
Penggunaan font bold yang tebal dan tegas akan menciptakan brand dengan kesan kuat dan powerful. Jenis font yang tebal ini efektif untuk menarik perhatian serta menciptakan kesan profesional. Seringkali font tebal dipilih untuk brand makanan dan logo perusahaan untuk menciptakan brand yang menonjol.
Berikut ini beberapa style font dan mood atau karakter yang diciptakan dari gaya hurufnya:
Condensed: ceria, modern, dan licin atau halus
Extended: Mencolok, berwibawa, dan halus
Lowercase: informal atau ramah, dan santai
Uppercase: Dewasa, profesional, dan tebal
High Contrast: Unik, ekspresif, dan kreatif
Low Contrast: Indah, elegan dan stylish
Pilihlah font yang paling cocok dengan kepribadian yang ingin dibangun merek, sehingga font tidak hanya berguna mengenalkan nama merek tetapi juga mendukung karakter merek. Gaya font tidak bleh dipilih yang sembarangan tanpa mempertimbangkan kepribadian merek
KESIMPULAN
Beberapa jenis font dan karakter yang diciptakan dapat dijadikan pertimbangan saat memilih gaya font yang sesuai dengan brand. Setiap jenis font dengan style huruf yang berbeda bisa menciptakan mood dan karakter yang berbeda. Pilih yang paling cocok dengan bidang bisnis dan karakter yang ingin dibangun oleh merek.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.