Perbedaan Gaya Desain Logo Minuman yang Sesuai Jenis Produk

Berbicara soal desain untuk logo minuman ini terkait dengan tampilan logo yang unik dan mencerminkan bisnis dengan baik. Terkadang logo bisnis minuman menggunakan ikon yang relevan dengan jenis bisnis, namun ada juga yang berfokus pada teks nama merek saja. Variasi gaya desain logo minuman cukup beragam dan menyesuaikan dengan identitas merek serta jenis produk. 

Brand minuman tak hanya tampil segar dan menyenangkan tetapi juga ada yang terlihat estetik, sederhana dan berkesan hangat. Desain logo untuk bisnis minuman akan lebih efektif memiliki bentuk logo yang merepresentasikan jenis bisnis. Hal ini karena efektif untuk logo dikenali oleh konsumen dan tidak membingungkan. 

BRAND MINUMAN SEGAR

Desain logo untuk bisnis minuman yang segar dan fresh akan memiliki ikon style elemen visual yang relevan. Biasanya gaya desain akan cukup berbeda dengan desain brand minuman hangat. Perbedaan keduanya bertujuan untuk memudahkan audiens sehingga tidak menyebabkan kesalahpahaman. Berikut beberapa ciri brand minuman yang segar:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Memiliki Citra Fresh dan Ramah

Jika diperhatikan brand minuman yang memiliki produk minuman segar akan memiliki tampilan visual logo yang tampak segar. Citra yang fresh ini akan terlihat dari pemilihan elemen visual yang relevan. Dari melihat desain logonya audiens akan tahu jika brand menjual minuman segar sehingga tidak disalahpahami. 

Tak hanya memiliki citra visual yang fresh, desain logo minuman segar biasanya memiliki pula kesan ramah dan menyenangkan. Kesan ramah akan membuat merek bisa menciptakan kesan positif sesuai identitas brand minuman segar. Tampilan fresh dan ramah bisa diciptakan dengan memilih elemen visual seperti font bulat, warna cerah dan ikon yang berkesan fresh. 

Menggunakan Warna Cerah dan Fresh

desain logo minuman es teh

Untuk menciptakan desain logo yang fresh, warna menjadi elemen penting yang bisa mendukung kesan segar. Warna yang identik dengan minuman segar seringkali adalah warna hijau, kuning dan biru. Ketiga warna tersebut ketika dikombinasikan bisa menciptakan kesan fresh dan ramah. 

Biasanya warna cerah dan fresh tersebut akan dikombinasikan pula dengan warna hitam atau coklat untuk lebih netral. Warna hijau masih menjadi favorit digunakan dalam gaya desain logo minuman, karena menciptakan kesan fresh dan alami. Kombinasi warna hijau dan kuning juga sering kali ditemui seperti pada logo Tongji. Beberapa brand terkenal yang menggunakan warna hijau seperti Tong Tji, Fore dan Starbucks. 

Baca juga: Desain Logo Minuman Coklat untuk Chocolique

Bentuk Ikon yang Unik dan Relevan

Tak hanya menggunakan warna yang menciptakan kesan segar, ada ikon-ikon yang bisa menciptakan kesan segar pada brand minuman. Beberapa logo minuman kerap menggunakan desain logo kombinasi sehingga bisa lebih relevan dengan jenis bisnis. Berikut beberapa ikon yang populer digunakan:

Daun

Gambar daun termasuk jenis ikon yang paling banyak digunakan pada desain logo minuman. Ikon daun bisa merepresentasikan minuman yang segar dan alami, biasanya dikombinasikan dengan teks nama merek atau ikon cup plastik. 

Es atau Efek Dingin

Terkadang penggunaan ikon es batu menjadi  tambahan dekorasi yang bisa menciptakan kesan segar dan dingin. Ikon gambar es seringkali disandingkan dengan ikon cup sehingga mencerminkan bisnis minuman segar dengan baik. 

Teh Celup

Beberapa brand minuman segar dengan produk utama seperti es teh, penggunaan ikon teh celup cukup efektif menarik perhatian. Desain logo akan merepresentasikan jenis bisnis dengan baik, serta logo tampil menarik. 

Cup

Untuk jenis logo bisnis minuman segar, penggunaan cup plastik sebagai ikon logo kerap ditemui. Biasanya minuman segar akan diberi wadah cup plastik sehingga akan relevan dan menarik jika menggunakan ikon logo cup plastik. 

Menggunakan Font Ramah

Gaya Desain Logo Minuman yang Sesuai Jenis Minuman

Gaya desain logo minuman segar akan tampil semakin menarik, jika font yang digunakan juga relevan dan cocok dengan kesan fresh. Untuk mendukung tampilan visual yang fresh, penggunaan font bulat yang ramah seringkali dipilih. Selain font bulat, gaya huruf yang memiliki sudut melengkung juga akan menciptakan kesan ramah. 

Jenis font sans serif yang bersih, sederhana dan ramah akan cocok digunakan untuk font logo minuman. Terkadang juga ada yang menggunakan gaya font brush atau handwritten yang tebal. Sudut melengkung dan ujung huruf yang bulat akan menciptakan logo minuman yang ramah dan menyenangkan. Pastikan pemilihan gaya font sesuai dengan citra brand minuman segar. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Warna untuk Desain Brand Coffee

BRAND MINUMAN HANGAT

Berbeda lagi dengan gaya desain logo minuman hangat seperti kopi atau teh hangat, termasuk juga untuk logo cafe. Gaya desainnya seringkali tampil estetik, sederhana dan minimalis agar terlihat estetik. Berikut beberapa ciri khas logo minuman hangat:

Menggunakan Ikon Cangkir dan Asap

Desain Logo Kopi Elcafe
Desain Logo Kopi Elcafe

Dalam menciptakan kesan hangat, biasanya ikon logo yang digunakan akan menggunakan gambar cangkir. Berbeda dengan minuman segar yang menggunakan cup, cangkir akan efektif merepresentasikan bisnis minuman hangat. Kerap kali penggunaan ikon cangkir identik dengan logo bisnis kopi, cafe, hingga angkringan. 

Untuk menciptakan kesan hangat logo ikon kopi sering dikombinasikan pula dengan gambar asap sederhana. Tak hanya asap tambahan dekorasi biji kopi akan membuat ikon logo semakin relevan dengan bisnis minuman hangat. Ikon logo berupa cangkir banyak ditemui dan dikombinasikan dengan berbagai ikon pada logo bisnis minuman yang hangat. 

Menggunakan Warna Hangat atau Netral

Untuk warna yang digunakan juga seringkali berbeda dengan logo minuman segar yang bergaya fresh dan cerah. Brand minuman hangat lebih sering menggunakan warna hangat dan netral seperti hitam dan coklat atau kuning. Terkadang ada juga yang mengkombinasikan warna netral dengan warna hijau yang gelap. 

Kombinasi warna coklat dan hitam termasuk yang paling banyak ditemui pada logo bisnis kopi, cafe dan produk minuman hangat lainnya. Penggunaan warna coklat akan cocok digunakan sebagai warna cangkir, biji kopi dan nama merek. Desain logo bisnis kopi memang paling umum menggunakan kombinasi warna hitam dan coklat karena bisa merepresentasikan warna kopi dan menciptakan kesan hangat. 

Baca juga: 7 Contoh Logo Kopi Kekinian, Keren dan Kreatif

Memilih Font Sederhana dan Bersih

Untuk font yang cocok pada desain logo minuman hangat biasanya yang bersih, sederhana dan estetik. Jika font minuman segar lebih ramah, font minuman hangat biasanya lebih elegan dan sederhana, tak jarang tampil mewah dan premium. Gaya font elegan dan tajam namun tidak terlalu tebal akan menciptakan kesan estetik dan elegan. 

Jenis font sans serif dan serif yang elegan dan bersih sering dipilih untuk font brand minuman hangat. Penggunaan font elegan akan cocok dengan citra brand minuman hangat serta menciptakan estetika. Terkadang font handwritten dan script yang tipis juga digunakan pada logo bisnis kopi. 

Memiliki Desain Sederhana dan Minimalis

Jika tampilan visual logo minuman segar lebih ceria, ekspresif dan menyenangkan, logo brand minuman hangat seringkali tampil minimalis dan sederhana. Gaya ikon yang dibuat sederhana, garis tipis serta visual yang bersih akan menciptakan brand yang estetik. Gaya desain yang minimalis membuat brand minuman hangat tampil elegan. 

Tak heran banyak logo cafe yang memiliki tampilan estetik dan sederhana agar tampil menarik ketika difoto. Sering kali gaya desain yang sederhana ini akan menggunakan warna coklat atau hitam yang solid untuk mendukung tampilan sederhana. Tampilan yang sederhana membuat desain logo mencerminkan identitas brand minuman dengan sangat baik dan relevan dengan minat audiens. 

KESIMPULAN

Logo untuk bisnis minuman terkadang seperti brand makanan yang menggunakan ikon produk utama agar mudah dikenali. Ikon logo berupa gambar yang relevan tak hanya lebih menarik tetapi memudahkan logo dikenali dan diingat audiens. Namun desain logo minuman untuk jenis minuman hangat dan segar memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda. Terutama dalam style elemen visual yang digunakan seperti beberapa ciri khas yang dibahas tersebut. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.