Berbicara soal logo yang ideal untuk mencerminkan identitas merek dengan baik, maka berkaitan dengan penggunaan style logo yang relevan. Gaya desain logo untuk bisnis interior dan arsitektur bisanya cukup sederhana dan jelas. Desain logo untuk bisnis interior seringkali memiliki gaya sederhana agar mencerminkan kesana profesional dan handal.
Logo untuk bisnis interior cenderung sederhana dan tampil modern, dibandingkan logo bisnis lainnya. Namun logo interior tidak dibuat sekaku logo perusahaan, tetapi masih menciptakan kesan profesional. Desain logo interior memiliki peran untuk memiliki style yang bisa langsung dikenali oleh audiens.
CIRI DESAIN LOGO BISNIS INTERIOR DAN ARSITEKTUR
Seringkali desain logo interior ingin merepresentasikan filosofi dan estetika desain interior dan arsitektur. Style logo yang bersih, minimalis dan modern sering ditemui dalam logo interior. Berikut beberapa ciri khas gaya desain logo bisnis interior dan arsitektur:
Memiliki Tampilan Minimalis
Desain logo interior dan arsitektur seringkali memiliki tampilan minimalis dan sederhana, yang mana tidak rumit atau memiliki dekorasi berlebihan. Style minimalis identik dengan penggunaan elemen visual seminim mungkin, dengan bentuk yang sederhana dan bersih. Elemen sederhana dan bersih akan efektif menciptakan kesan profesional dan handal.
Desain logo minimalis biasanya memiliki ruang negatif yang luas, karena bentuk logo bersih tanpa efek visual, tekstur atau dekorasi. Jarak antar elemen juga diatur agar menciptakan kesan bersih dan minimalis. Style logo minimalis salah satunya terlihat adanya ruang negatif yang luas.
Menggunakan Bentuk Ikon Rumah atau Interior
Dalam desain logonya, ikon logo yang digunakan untuk mencerminkan bisnis interior dan arsitektur perlu menggunakan ikon yang relevan. Ikon logo yang bisa langsung merepresentasikan interior adalah gambar gedung, rumah dan perabot interior. Gambar ikon harus sederhana sehingga logo tampil minimalis dan berkesan handal.
Daripada menggunakan bentuk abstrak, gambar gedung atau rumah akan efektif mencerminkan jenis bisnis. Terkadang ikon logo menggunakan bentuk geometris yang dibentuk dari inisial agar berkesan profesional. Bentuk ikon logo harus sederhana dan jelas sehingga relevan dengan ciri khas logo interior.
Baca juga: 7 Desain Logo Geometris dan Makna Psikologisnya
Menggunakan Gaya Font Sans Serif
Desain logo interior seringkali memiliki gaya font yang juga bergaya sederhana untuk menciptakan kesan handal. Style font yang sering digunakan adalah menggunakan font sans serif karena sederhana dan bersih. Font sans serif yang tebal akan membuat logo interior bergaya tegas dan formal.
Font sans serif geometris juga cocok digunakan untuk font logo bisnis interior dan arsitektur. Terkadang font yang digunakan untuk logo interior menggunakan gaya font serif. Baik serif maupun sans serif yang tampil bersih akan dan sederhana akan relevan dengan identitas merek.
Menggunakan Warna Netral atau Warna Solid
Untuk warna yang digunakan dalam desain logo interior dan arsitektur, sering menggunakan satu atau dua warna solid. Cukup jarang ditemui logo interior yang menggunakan warna gradien karena agak kurang cocok dengan citra profesional bisnis interior. Warna yang umum dalam bisnis interior adalah warna biru, kuning, oranye, coklat, hijau dan hitam.
Penggunaan warna biru efektif untuk menciptakan brand yang handal dan profesional. Sementara penggunaan warna solid dari alam dapat mencerminkan brand interior yang menggunakan bahan alam. Warna coklat dan hijau misalnya mencerminkan kesan tenang dan hangat khas alam.
Baca juga: Rekomendasi Warna untuk Merepresentasikan Sesuai Jenis Bisnis
STYLE DESAIN LOGO BISNIS INTERIOR
Untuk mencerminkan brand interior dengan baik, penting untuk mengamati bagaimana sebagian besar logo desain interior tampil sederhana dan minimalis. Identitas visual bisnis interior yang tampil kuat, tajam dan relevan memiliki penting untuk menyampaikan pesan merek. Berikut beberapa style desain logo bisnis interior yang kerap digunakan dan relevan dengan identitas brand, yaitu:
Logo Monogram yang Elegan dan Sederhana
Desain logo monogram ini memiliki logo inisial nama bisnis yang dibuat sederhana dan menciptakan kesan profesional. Logo inisial tampil sederhana sehingga menciptakan brand yang profesional dan handal. Logo perusahaan desain interior menggunakan bentuk inisial huruf nama bisnis yang sederhana dan bersih.
Font yang digunakan biasanya bersih dan terkadang dibentuk geometris agar mencerminkan bisnis interior dengan baik. Terkadang huruf inisial akan dikombinasikan dengan bentuk geometris yang bersih dan sederhana. Logo monogram lebih cocok dengan citra bisnis interior terutama jika dikaitkan dengan kesan profesional.
Logo Wordmark yang Berkualitas
Selain menggunakan inisial nama bisnis saja, desain logo interior dan arsitektur juga bisa menggunakan wordmark. Dengan menggunakan tipografi berkualitas tinggi, sederhana dan bergaya modern akan cocok mencerminkan perusahaan interior. Penggunaan nama merek lengkap tidak hanya inisial huruf akan memudahkan nama merek dikenal dan diingat oleh audiens.
Untuk bisnis interior dan arsitektur biasanya menggunakan jenis font yang sederhana dan bersih. Gaya font sans serif baik yang tebal dan tipis akan cocok untuk desain bisnis interior. Tipografi dalam logo wordmark akan dikustomisasi dengan unik tetapi masih bisa terbaca dengan baik.
Baca juga: Kesalahan Memilih Style Font dalam Desain Grafis
Logo Minimalis dengan Ikon Rumah atau Gedung
Style logo untuk bisnis interior dan arsitektur sering tampil minimalis sehingga bentuk ikon sederhana dan font yang bersih. Gaya minimalis akan mencerminkan interior khas modern, sehingga bisa mencerminkan interior khas brand modern. Simbol atau ikon yang digunakan harus merepresentasikan identitas brand dan tampil sederhana.
Style logo minimalis biasanya akan memiliki ikon logo sederhana seperti gambar rumah atau interior rumah. Gambar ikon seringkali berupa siluet atau berupa garis luar saja. Ikon logo dengan style ini akan cocok jika disandingkan dengan font bersih dan sederhana.
Style Logo Geometris
Gaya desain logo untuk bisnis interior memang mengutamakan gaya minimalis agar terlihat profesional. Sering juga bentuk logonya bergaya geometris baik font maupun ikon logo. Hal ini karena bentuk geometris akan mampu menciptakan logo yang bersih dan sederhana, sehingga berkesan profesional.
Terkadang logo monogram akan dibentuk geometris sehingga tampil handal dan profesional. Pembentukan logo yang tampak handal akan membangun identitas brand interior yang terpercaya dan berkualitas. Bentuk geometris juga bisa terbentuk dari ikon gambar bangunan, style ikon geometris akan membuat logo relevan dengan bisnis interior.
KESIMPULAN
Desain logo untuk bisnis interior seringkali memiliki tampilan minimalis, modern dan sederhana, dengan menggunakan style monogram, wordmark dan kombinasi sederhana. Gaya elemen visual yang digunakan dalam desain logo bisnis interior harus bisa mencerminkan identitas brand dengan baik. Pilih elemen dan style yang mencerminkan langsung jenis bisnis agar mudah dikenali oleh audiens. Pertimbangkan untuk memilih style logo yang relevan dengan nilai dan karakter perusahaan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.