Perbedaan Desain Banner dan Poster dalam Promosi Bisnis

Dalam dunia desain grafis untuk kebutuhan promosi biasanya yang sering digunakan adalah desain banner dan poster. Keduanya memiliki peran penting untuk mempromosikan sesuatu dalam bentuk visual yang menarik.

Tidak hanya untuk mempromosikan bisnis, banner dan poster juga memiliki peran dalam membentuk citra merek. Melalui tampilan visual banner dan poster dapat menarik perhatian audiens. Penting menciptakan desain yang menarik agar mudah diingat dan dipahami.

Dalam membuat desain banner dan poster penting untuk memperhatikan banyak hal seperti tampilan visual dan penyampaian informasi. Jika desainnya untuk promosi merek biasanya menggunakan warna yang identitas merek untuk menciptakan konsistensi.

Read More

Perlu dipahami bahwa desain poster dan banner memiliki tujuan utama menyampaikan informasi dan pesan dalam tampilan visual yang menarik. Penting juga menempatkan identitas merek dalam desain poster atau banner.

Artikel ini akan membahas tentang desain poster dan banner mulai dari definisi, perbedaan, faktor penting dalam proses merancang kedua desain tersebut.

DEFINISI DESAIN BANNER DAN POSTER

Desain Banner

Ini merupakan desain visual yang berisi informasi penting untuk disampaikan pada audiens. Biasanya digunakan secara online maupun offline untuk berbagai kepentingan. Tidak hanya cetak banner juga digunakan untuk desain pada situs web, media sosial dan pameran.

Untuk media cetak banner biasanya berupa gambar statis berukuran besar, sementara media online lebih fleksibel terkadang ada yang dalam bentuk animasi. Desain banner dibuat semarik mungkin untuk menarik perhatian dan mempromosikan dengan cepat.

Banner sering dipasang ditempat terbuka dan berukuran cukup besar, terkadang banner dipasang di depan gedung tinggi dan papan reklame pinggir jalan.

Desain Poster

Proses pembuatan poster melibatkan elemen visual yang menyampaikan informasi dan pesan, untuk keperluan promosi. Isi dari desain banner dan poster terkadang cenderung mirip yang membedakan hanya segi ukuran dan penempatannya.

Namun biasanya informasi dalam desain poster lebih spesifik daripada desain banner yang fokus utama untuk menarik perhatian. Poster digunakan pada media cetak dan digital yang berisi informasi acara, produk atau layanan yang lebih spesifik.

Ukuran poster yang dicetak biasanya lebih kecil yang sering ditempelkan pada tempat strategis yang mudah dibaca seperti tembok atau papan pengumuman.

Perbedaan Antara Desain Banner Dan Poster

Meskipun sama menyampaikan informasi untuk mempromosikan merek atau bisnis, namun keduanya berbeda. Perbedaannya terletak pada ukuran, bahan, tujuan, hingga lokasi.

UKURAN DAN DIMENSI

Poster: Poster cetak biasanya berukuran kecil mulai dari A4 hingga A1, penataan elemen harus difokuskan sesuai ukuran. Penting untuk mengatur tata letak informasi yang pas agar mudah dibaca pada ukuran tersebut. Ukuran yang lebih kecil juga membuat poster lebih murah dalam biaya cetaknya.

Untuk poster digital ukurannya disesuaikan dengan preferensi pribadi dan ukuran pada platform untuk menampilkan poster. Misalnya untuk poster pada feeds instagram menggunakan ukuran persegi, sementara story instagram menggunakan bentuk potret.

Penting untuk menciptakan desain poster yang fleksibel pada berbagai ukuran, agar desain tetap terlihat jelas. Saat mendesain poster penting untuk menyesuaikan ukuran dengan kebutuhan, termasuk ukuran digital dan cetak.

Banner: Sementara banner memiliki ukuran yang lebih besar, bahkan terkadang puluhan meter untuk yang dipasang diatas gedung. Ini karena tujuan banner agar bisa menarik perhatian bahkan dari kejauhan sehingga menggunakan ukuran yang besar.

Untuk banner digital ukurannya fleksibel sesuai ukuran platform atau perangkat dimana banner akan ditampilkan.

BAHAN

Poster: Untuk poster cetak biasanya menggunakan bahan kertas atau bahan yang lebih tipis, karena digunakan untuk ukuran yang lebih kecil dan ditempelkan pada tembok. Namun jika ingin ditempelkan pada tempat terbuka gunakan bahan tahan air agar tidak mudah rusak bila terkena hujan.

Kenapa bahan poster dipilih yang tipis? Karena agar mudah ditempelkan pada dinding atau tembok tidak seperti banner yang digantung dengan tali. Untuk digital tidak perlu memikirkan bahannya.

Banner: Sementara banner biasanya terbuat dari bahan yang tahan lama karena dipasang di ruang terbuka. Bahan banner biasanya dipilih yang bisa tahan air dan terik matahari.

Umumnya bahan yang kerap digunakan adalah vinyl atau kanvas. Ini karena bahannya kuat dan dapat tahan pada berbagai cuaca dan kondisi ruang terbuka.

TUJUAN

Poster: Meskipun sama-sama menyampaikan informasi tapi keduanya memiliki tujuan yang sedikit berbeda. Terkadang informasi pada poster lebih mendetail dan spesifik. Informasinya lebih lengkap daripada banner.

Umumnya poster digunakan untuk mempromosikan acara atau produk tertentu seperti acara konser, pembukaan bisnis, hingga promosi diskon. Informasi dalam poster pun lebih mendetail dan jelas.

Banner : Sementara informasi pada banner lebih sedikit dan fokus pada topik utama yang bisa menarik perhatian. Tujuan utama untuk menarik perhatian dengan menggunakan ukuran yang besar.

Biasanya kerap digunakan untuk membangun identitas merek atau menyampaikan pesan yang lebih umum, tidak seperti poster yang memuat banyak informasi detail. Banner sering menggunakan gambar dan slogan sederhana untuk menarik perhatian dan meninggalkan kesan yang kuat.

LOKASI

Poster: Sementara untuk lokasi pemasangan poster, biasanya ditempelkan di dinding dalam ruangan seperti di dalam toko, gedung atau papan pengumuman. Terkadang juga ditempelkan di luar seperti tiang listrik atau pohon.

Ukuran poster yang lebih kecil cocok dipasang pada ketinggian atau tempat yang mudah dibaca. Untuk poster digital biasanya ditampilkan pada akun sosial media atau situs web.

Banner: Untuk banner biasanya dipasang pada luar ruangan, seperti di depan gedung tinggi, pinggir jalan dan sekitar acara-acara besar. Ukuran banner yang besar akan tahan pada berbagai cuaca dan kondisi luar ruangan.

Ukuran banner yang besar membuatnya mudah dilihat dari kejauhan. Di pilih ukuran yang besar, agar mudah terlihat.

KESIMPULAN

Desain poster dan banner sering digunakan untuk mempromosikan sesuatu. Dengan tampilan visual yang menarik perhatian kedua desain ini dapat pula membangun identitas merek. Meskipun sama-sama mempromosikan sesuatu, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan ini mencakup tujuan, bahan, ukuran dan lokasi pemasangan. Desain poster dan banner dapat dimanfaatkan bisnis sebagai elemen visual untuk melakukan promosi bisnis.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts