Warna yang dipilih dalam desain memiliki tujuan agar menarik perhatian dan merepresentasikan pesan atau identitas dengan baik. Ketika membicarakan jenis warna sendiri ada beberapa varian warna salah satunya warna neon yang mencolok. Penggunaan warna neon dalam desain grafis sendiri sering digunakan dalam beberapa jenis desain.
Pemilihan warna desain grafis biasanya menyesuaikan dengan tema, konsep atau pesan yang ingin disampaikan. Setiap warna akan mewakili emosi atau makna tertentu, untuk itu pilih warna desain yang tepat. Umumnya penggunaan warna cerah seperti neon ingin merepresentasikan pesan ceria, energik dan teknologi.
Warna neon cukup efektif untuk membuat desain atau elemen tertentu dalam desain terlihat menonjol. Tampilan desain akan semakin menarik perhatian dan memberikan kesan yang bersemangat. Jika ingin menggunakan warna neon dalam desain grafis, pastikan untuk menggunakannya dengan bijak sehingga efektif menarik perhatian.
BERAGAM JENIS DESAIN YANG MENGGUNAKAN WARNA NEON
Dalam membuat tampilan desain grafis yang menarik perhatian penggunaan warna neon bisa dipilih terutama untuk desain modern. Warna-warna neon seperti pink neon, hijau neon dan kuning neon dapat membuat elemen desain tampil lebih mencolok. Berikut beberapa penggunaan warna neon dalam desain grafis:
Promosi Acara
Desain grafis yang digunakan untuk promosi acara seperti festival, musik dan pameran dapat menggunakan warna neon untuk menarik perhatian. Acara-acara tersebut terkadang memberikan kesan nyentrik atau artistik, sehingga cocok menggunakan warna neon akan cocok. Warna neon dapat digunakan untuk membuat desain promosi acara mudah menarik perhatian audiens.
Beberapa desain promosi biasanya berupa desain poster, pamflet, atau spanduk untuk mempromosikan acara-acara. Penggunaan warna neon akan membantu menarik perhatian orang untuk melihat desain. Warna neon juga bisa digunakan untuk memberikan sorotan pada elemen penting dalam desain pemasaran seperti pada CTA, diskon dan teks judul.
Pada desain poster warna neon akan cocok digunakan untuk mempromosikan poster musik atau festival. Warna neon cocok untuk tema party dan seni dalam desain pemasaran.
Bisnis dan Penjualan
Dalam dunia bisnis warna neon bisa digunakan untuk beragam hal termasuk warna etalase toko, desain iklan, tanda toko, brosur dan desain lainnya yang bisa membuat toko terlihat muda ditemukan. Warna neon secara umum akan efektif membuat berbagai desain untuk kebutuhan bisnis dapat menarik perhatian.
Desain yang terkait dengan bisnis biasanya yang dapat menunjukkan informasi penawaran khusus, diskon dan produk dengan baik. Untuk itu penggunaan warna neon akan efektif untuk menarik perhatian audiens untuk membaca informasi tersebut. Warna neon dapat digunakan untuk membuat desain logo, pemasaran, atau kemasan yang mencolok.
Baca juga: Warna yang Memiliki Kesan Profesional dalam Desain Grafis
Industri Hiburan
Warna-warna neon cerah yang mencolok cukup identik dengan industri hiburan yang terkesan nyentrik dan identik dengan seni. Untuk desain yang terkait dengan industri hiburan biasanya berupa poster film, desain cover album musik, atau desain konten media sosialnya. Penggunaan warna neon yang mencolok akan cocok untuk menggambar industri hiburan.
Seringkali warna neon juga digunakan sebagai warna untuk desain logo bar atau tempat hiburan seperti karaoke. Warna neon untuk desain promosi tempat hiburan atau industri hiburan sering digunakan pada latar belakang. Ini akan membuat warna elemen terlihat menyala dan bisa memberikan efek cahaya.
Fashion dan Lifestyle
Warna neon yang cerah jug cocok dengan desain grafis terkait fashion dan lifestyle, terutama untuk gaya hidup modern. Desain materi promosi yang menggunakan warna neon akan tampil lebih mencolok dan menarik perhatian. Tampilan desain untuk iklan, kampanye branding dan logo bisa menggunakan warna neon untuk menciptakan kesan modern dan trendi.
Warna-warna cerah yang digunakan untuk desain promosi fashion ini cocok untuk desain fashion yang bertema modern atau futuristik. Sesuai dengan desain fashion tampilan desain pemasaran, website atau konten media sosial akan mudah menarik perhatian dan tampil trendi. Desain modern yang didominasi warna netral, penggunaan warna neon akan efektif untuk membuat desain tampak lebih mengesankan dan berbeda.
Baca juga: Warna Pastel: Contoh Penggunaan dan Ragam Jenisnya
Branding Merek Bisnis Teknologi dan Fashion
Desain logo untuk merek fashion dan teknologi dapat dimanfaatkan untuk menciptakan kesan modern dan trendi. Warna neon untuk desain logo akan cocok digunakan untuk merek bisnis terkait teknologi atau fashion. Sebagai warna branding gunakan warna neon untuk semua kebutuhan desain tidak hanya untuk desain logo.
Warna neon dapat menciptakan tampilan yang mengesankan dan unik, meski terkadang kurang fleksibel untuk semua media. Penggunaan warna neon untuk desain logo bisa digunakan untuk mencerminkan kesan merek ceria, energik, bersemangat dan trendi. Warna neon juga cocok untuk menciptakan kesan teknologi canggih dan inovatif.
Desain Web dan Media Sosial
Warna yang bisa membuat orang mengarahkan pandangan ke desain karena menarik perhatian ini dapat desain efektif menyampaikan pesan. Gunakan warna neon untuk desain website dan media sosial yang bisa menarik perhatian. Perlu diingat jika penggunaan warna yang tidak bijak bisa membuat tampilan desain malah mengganggu kenyamanan mata audiens.
Gunakan warna neon pada latar belakang gelap seperti hitam untuk memastikan warna terlihat jelas dan meningkatkan keterbacaan. Tema desain yang terkait teknologi atau modern akan cocok dengan menggunakan palet warna neon untuk desain tampilan media sosial.
Baca juga: Contoh Kombinasi Palet Warna Sesuai Tema Desain
Ilustrasi Teknologi
Untuk kebutuhan desain bertema teknologi atau futuristik manfaatkan warna neon pada ilustrasi untuk desain futuristik. Warna neon yang mencolok cocok dengan kesan teknologi canggih. Ilustrasi akan tampak trendi dan unik, terutama untuk desain bertema seni dan artistik.
Tema Retro atau Vintage
Beberapa desain retro dengan konsep cerah juga banyak memadukan warna neon yang cukup kontras pada berbagai elemen desain. Desain grafis bertema retro pop banyak menggunakan palet warna neon seperti pink neon, hijau neon, atau kuning neon. Warna ini akan memberikan sentuhan berani dan modern yang menciptakan estetika unik.
KESIMPULAN
Desain grafis yang menggunakan warna neon dapat memberikan kesan yang unik dan artistik. Warna neon sering dipilih karena dapat memberikan sentuhan desain yang menarik perhatian, berani dan kuat. Pemilihan warna neon juga dapat efektif untuk menarik perhatian sehingga desain grafis efektif menyampaikan pesan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.