Setiap desain logo memiliki cirinya tersendiri, karakter yang dimiliki setiap desain logo mencerminkan identitas merek dan jenis produk atau layanan. Begitu pula dalam logo untuk merek fashion cenderung memberikan kesan elegan dan minimalis. Desain logo fashion juga mencerminkan identitas merek seperti desain logo lainnya.
Merek fashion cenderung ingin membangun identitas yang kuat melalui nama mereka, identitas yang kuat membantu merek lebih dikenal dan memiliki kesan mewah seperti merek terkenal dunia. Desain logo merek fashion juga mencerminkan produk yang mereka jual, jika logonya penuh warna, biasanya ini menggambarkan merek fashion terkenal dunia.
Ikon untuk logo fashion cenderung sederhana agar mudah dibaca dan dikenali oleh para konsumen. Pemilihan logo unik namun sederhana akan mudah diingat, sebagai contoh merek fashion terkenal dunia memiliki logo merek yang sederhana. Meskipun sederhana logo terkenal dunia memiliki identitas visual yang kuat mewakili identitas merek.
Artikel ini akan membahas tentang ciri-ciri logo fashion yang bisa menarik perhatian dan meninggalkan kesan yang kuat pada ingatan konsumen.
CIRI-CIRI DESAIN LOGO MEREK FASHION
Menggunakan Nama Merek Sebagai Ikon
Logo merek fashion kebanyakan menggunakan nama merek sebagai ikon logo utama, untuk membuatnya lebih menarik biasanya menggunakan berbagai jenis tipografi yang dimodifikasi atau terkadang diciptakan khusus untuk logo tersebut. Penggunaan nama merek ini bertujuan agar merek mudah dikenali dan diingat oleh pelanggan.
Tipografi yang kerap digunakan untuk desain logo merek fashion cenderung yang sederhana, mudah dibaca dan elegan. Kamu bisa melihat logo terkenal dunia memiliki desain logo berupa nama merek dengan berbagai tipografi unik, namun dapat meninggalkan kesan yang kuat.
Penggunaan Ornamen-Ornamen Unik dan Khas
Beberapa merek fashion juga menambahkan ornamen unik pada logonya untuk memberikan kesan tertentu. Misalnya pada logo merek adidas yaitu tiga garis diagonal,membuat logo adidas berbeda dan unik, atau ciri khas merek burberry menggunakan motif tartan pada desainnya.
Penggunaan ornamen unik pada merek fashion menambahkan keunikan tersendiri yang membuat merek berbeda dari yang lain. Kebanyakan ornamen yang dipilih biasanya mewakili identitas merek seperti ikon medusa pada merek versace.
Ornamen unik pada desain akan membuat desain sulit ditiru, namun harus memperhatikan pula agar ornamen tidak terlalu rumit. Ornamen harus sederhana namun berdampak jika terlalu rumit hanya akan membingungkan.
Tidak Memiliki Banyak Warna
Warna dalam desain logo merek fashion cenderung monoton untuk memberikan kesan sederhana dan elegan. Terlalu banyak akan membuat desain merek fashion tidak terlihat elegan. Warna yang monoton juga lebih mudah diterapkan pada berbagai media baik cetak maupun online.
Sebagian besar merek terkenal dunia menggunakan satu warna saja dengan latar belakang putih. Kebanyakan merek terkenal dunia menggunakan warna hitam dengan memfokuskan pada tipografi yang unik. Ada juga yang menggunakan warna cerah seperti H&M dengan merah ikonnya.
Warna yang monoton akan memberikan kesan bersih dan mudah diingat, juga untuk menekankan identitas merek mereka. Pemilihan warna monoton dapat meningkatkan daya tarik visual tanpa membuat logo terlihat ramai.
Desain Logo Mencerminkan Jenis Fashion
Logo terkadang tidak hanya mencerminkan identitas merek, terkadang juga menggambarkan jenis fashion dari merek tersebut. Ada yang logonya tampak elegan, ada juga yang mencerminkan keceriaan atau sportivitas.
Logo Fashion Sporty: Untuk logo fashion sporty biasanya lebih minimalis dan sederhana bukan elegan. Biasanya menggunakan ikon tertentu seperti pada logo nike dan adidas yang memiliki ikon unik.
Logo Fashion Dress Atau Kebaya: Logo untuk merek fashion dress atau kebaya cenderung menggunakan ikon yang elegan. Menggambarkan jenis pakaian yang memberikan kesan elegan dan anggun. Terkadang logo merek kebaya ada yang diberi ornamen bunga. Sementara untuk logo fashion yang menjual pakaian secara umum, logonya akan lebih sederhana yang memberikan kesan modern.
Logo Fashion Menggunakan Inisial Nama Merek
Selain menggunakan nama merek, logo fashion sering menggunakan inisial dari nama panjang merek. Penggunaan logo inisial pada merek fashion untuk memberikan logo yang unik dan sederhana, namun dapat digunakan juga sebagai motif dalam pakaian seperti logo YSL, LV, dan D&G untuk Dolce & Gabbana.
Logo inisial akan lebih mudah diingat dan unik, ini akan memudahkan dalam membangun branding dan merek yang kuat. Meskipun sederhana logo inisial lebih terkesan profesional dan mewah.
Desain Logo Minimalis yang Menawan
Tren logo minimalis semakin populer bukan hanya karena terinspirasi dari logo mewah, namun logo minimalis tampak sederhana dan menawan. Usaha fashion yang baru merintis pun banyak terinspirasi menggunakan logo sederhana untuk merek fashion mereka.
Logo yang minimalis memberikan kesan sederhana, bersih, jelas dan modern, ada banyak merek dunia sebagai contohnya Calvin Klein dan Zara. Dua logo merek fashion terkenal tersebut, sederhana namun tampil modern yang memberikan kesan fashion era modern.
Manfaat dari penggunaan logo yang sederhana adalah tidak mudah lekang oleh waktu. Biasanya logo minimalis penggunaan warna terbatas, tipografi sederhana dan jelas, serta elemen desain secukupnya namun efisien. Hal ini membuat logo minimalis mudah dikenali dan diingat oleh konsumen contohnya logo-logo merek fashion.
Desain yang Elegan
Logo fashion kebanyakan menciptakan kesan elegan terkadang juga memberikan kesan mewah dan anggun. Merek seperti Chanel dan Dior terkenal karena memiliki kesan mewah pada logonya. Ini menimbulkan persepsi pada masyarakat bahwa produk merek tersebut anggun dan elegan.
Untuk memberikan kesan kemewahan pada desain logo menggunakan warna hitam, emas, atau perak, terkadang juga campuran seperti hitam dan emas. Warna ini digunakan untuk memberikan sentuhan mewah pada desain logo fashion.
KESIMPULAN
Desain logo dalam industri fashion merupakan elemen kunci dalam membangun identitas merek dan citra merek. Logo merek juga berperan untuk menarik perhatian konsumen. Desain Logo tidak hanya berperan untuk mencerminkan gaya fashion dan visi merek, tetapi juga menarik perhatian pelanggan untuk membeli.
Logo merek fashion memiliki beberapa ciri seperti minimalis, elegan, unik, warna yang monoton, hingga menggunakan ornamen yang unik. Dalam merancang desain logo penting untuk memperhatikan elemen-elemen tersebut untuk menyampaikan nilai merek pada audiens serta memberikan daya tarik visual yang unik.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi jasalogo.id dan dapatkan tawaran menarik.