Logo untuk brand fashion biasanya memiliki berbagai variasi gaya desain bergantung jenis fashionnya. Brand fashion untuk target pasar laki-laki atau brand fashion sport akan memiliki desain yang maskulin, sementara fashion untuk dress akan relevan dengan gaya feminim. Sama halnya dengan brand fashion muslim akan memiliki style berbeda dari brand fashion umumnya.
Logo fashion muslim terkadang memiliki unsur religi, elegan, dan memiliki nilai budaya. Penggunaan gaya elegan akan memberi kesan premium dan berkelas, biasanya dengan warna emas, font tipis, dan style logo minimalis. Gaya desain ini akan mencerminkan identitas fashion muslim yang stylish, premium, dan mewah.
Karakteristik Umum dalam Logo Fashion Muslim
Kesederhanaan logo brand fashion modern termasuk jenis fashion muslim juga didominasi oleh desain logo sederhana. Gaya desain yang sederhana akan memudahkan nama brand diingat dan membangun ingatan yang kuat. Berikut beberapa karakteristik umum logo fashion muslim dan muslimah:
Nuansa Elegan dan Halus
Brand fashion untuk target pasar muslim dan muslimah sering memiliki desain dengan gaya visual elegan. Desain logo elegan akan memiliki visual yang halus, bersih dan tidak terlihat ramai.
Logo akan memiliki bentuk ikon dan tipografi yang lembut, garis tipis, dan bersih, gaya visual ini akan mencerminkan kesopanan dan kebersihan.
Gaya desain yang tidak mencolok melainkan lembut dan elegan ini akan menciptakan kesan berwibawa dan berkelas.
Dominasi Bentuk Geometris dan Simetris
Logo fashion muslim yang memiliki gaya desain modern akan banyak menggunakan bentuk geometris.
Ikon geometris dapat berupa huruf inisial atau pola ornamental islami yang terinspirasi dari arsitektur islam. Misalnya bentuk kubah, lengkungan atau pola arabesque.
Bentuk simetris dari geometris yang digunakan sebagai ikon logo akan memberi kesan harmonis, rapi, dan teratur. Ini akan mencerminkan konsep keteraturan d\n keindahan budaya islam.
Baca juga: 7 Desain Logo Geometris Lingkaran Modern dan Minimalis
Tipografi Anggun atau Script
Gaya tipografi untuk logo fashion muslim yang minimalis dan elegan juga harus memiliki font elegan dan sederhana. Biasanya logo fashion muslim sering menggunakan font serif, script, atau sans serif yang tipis, terkadang juga menggunakan gaya tipografi arabic.
Penggunaan font serif atau script yang halus dan tipis akan memberi kesan feminim, lembut, dan mewah.
Ada juga yang menggunakan gaya kaligrafi ringan atau gaya huruf arabic tanpa memiliki huruf arab ini akan berkesan religius dan islami.
Palet Warna yang Lembut dan Mewah
Jika brand fashion umumnya memiliki warna netral seperti hitam atau abu-abu, brand fashion juga begitu. Namun selain warna netral. Brand fashion muslim juga memiliki warna nude, beige, dusty rose, olive atau cream.
Selain warna lembut, penggunaan warna metalik seperti rose gold dan emas juga sering digunakan dalam logo fashion muslim.
Palet warna pastel akan mencerminkan kesederhanaan yang indah, cocok dengan konsep modest fashion. Sementara warna metalik seperti emas akan mencerminkan fashion premium atau high-end brand.
Sentuhan Cultural Modern
Logo fashion muslim jarang menggunakan simbol agama, melainkan hanya ornamen arabic atau penggunaan tipografi arabic.
Brand fashion muslim lebih menampilkan reinterpretasi nilai budaya dalam bentuk modern minimalis. Sehingga logo fashion muslim tetap relevan untuk pasar global.
Gaya visualnya logo modern untuk brand fashion ini sering mengkombinasikan gaya fashion high-end dengan identitas lokal atau timur tengah.
Baca juga: Mengapa Style Logo Brand Fashion Memilih Tipografi daripada Simbol?
Contoh Gaya Desain Logo Muslim dan Muslimah
Pada logo fashion, desain logonya sering dibuat agar menonjolkan nama brand sehingga fokus pada tipografi bukan ikon logo. Termasuk juga untuk brand fashion muslim sehingga kerap memiliki style logo inisial dan gaya huruf elegan. Perhatikan karakteristik dari beberapa desain logo fashion muslim yang menarik ini.
Logo Andra Gamis

Ikon: Desain logo untuk fashion gamis muslim memiliki style logo inisial yang minimalis dan bersih. Ikon logonya berupa huruf inisial A dengan gaya huruf script elegan.
Tipografi: Logo ini memiliki gaya tipografi tebal dan modern untuk nama brand “Andra” sehingga berkesan bold. Sementara tipografi “Gamis” memiliki gaya huruf tipis dengan font sans serif sederhana, sehingga kontras dengan tipografi utama.
Kesan Visual:
Style logo inisial ini akan menciptakan kesan brand fashion muslim bergaya modern dan premium. Gaya ini cocok untuk brand fashion gamis yang ingin tampil profesional.
Desain logo inisial dengan gaya huruf sederhana dan ikon elegan ini akan menciptakan kesan minimalis elegan. Gaya desain tidak terlalu feminim namun tetap berkelas. Cocok target pasar dewasa muda atau profesional muslimah.
Logo Doha Store

Ikon: Desain logo fashion ini memiliki style logo wordmark sehingga hanya memiliki tipografi saja. Bentuk visual pada logo ini memiliki tampilan seperti kaligrafi geometris arabic, terlihat modern, dan islami secara identitas dan budaya.
Gaya Tipografi: Gaya huruf dalam logo wordmark ini memiliki bentuk huruf kotak dan padat ini akan memberi kesan kontemporer dan mewakili identitas muslim yang kuat.
Kesan Visual:
Gaya ini disebut cultural modern karena mengkombinasikan nuansa arab klasik dan gaya minimalis.
Tipografi geometris dengan gaya huruf arabic ini memberi citra autentik muslim lifestyle brand. Cocok untuk mencerminkan pakaian syar’i, modest fashion, dan butik online dengan sentuhan etnik modern.
Baca juga: Logo dengan Font Script Tipis: Kesan Manis, Halus, dan Profesional
Logo Nafaza

Ikon: Desain logo ini juga menonjolkan tipografi agar nama brand mudah diingat. Namun logo ini memiliki ikon hijab disamping huruf pertama, siluet hijab terlihat jelas dan mencerminkan produk fashion muslim seperti hijab.
Tipografi: Pada logo yang hanya memiliki satu kata untuk namanya ini gaya tipografinya menggunakan font bergaya arabic. Font tebal dan dekoratif ini bergaya kaligrafi lembu dengan lengkungan feminim. Gaya hurufnya bersih sehingga mudah dibaca.
Kesan Visual:
Kombinasi tipografi arabic elegan dan warna emas mencerminkan visual yang etnik elegan. Nuansa logo fashion terlihat anggun khas brand muslimah yang berfokus pada kain, hijab premium, dan desain berornamen.
Style logo fashion muslimah dengan ikon hijab dan warna emas menciptakan kesan feminim dan artistik. Cocok untuk mencerminkan brand yang menjual hijab motif, kain premium, atau produk eksklusif dengan sentuhan artistik.
Logo Finara Scraft

Ikon: Style logo hijab ini juga menggunakan logo inisial dengan ikon huruf F dan R yang harmonis. Gaya huruf yang melengkung ini memiliki detail tambahan mahkota, kombinasi ini mempertegas kesan elegan.
Tipografi: Untuk tipografi utama pada nama brand ini memiliki font sans serif dengan gaya huruf modern yang sederhana dan bersih.
Kesan Visual:
Logo fashion hijab dengan font sans serif dan warna pink ini akan tampil girly dan chic dengan sentuhan eksklusif. Warna pink dalam logo fashion hijab ini akan menekankan pasar muslimah muda yang modis.
Style logo inisial yang bersih akan menciptakan visual yang trendy dan fashionable. Gaya ini identik dengan brand yang ingin tampil lebih ringan, ceria, dan mengikuti tren mode hijab kekinian.
Kesimpulan
Dapat disimpulkan jika logo fashion untuk muslim dan muslimah kebanyakan memiliki gaya desain elegan dan minimalis. Elemen visualnya sering memiliki garis dan bentuk bersih sehingga tampil sopan dan bergaya modern. Penggunaan gaya tipografinya juga elegan dan halus seperti font script atau serif tipis. Sementara warna yang sering digunakan adalah warna lembut, warna netral, dan warna metalik.
Cek portofolio kami di Instagram @jasalogoid, atau langsung hubungi kami via WhatsApp di 087784907560. Kamu juga bisa cek konten kreatif kami di TikTok @jasalogo.id.












