Elemen visual seperti bentuk geometris sering dipilih karena mampu menciptakan sederhana dan mencerminkan style modern. Bentuk geometris yang sering digunakan pada desain logo seperti lingkaran, segitiga dan kotak. Desain logo yang menggunakan geometris lingkaran bisa tampil sederhana, modern dan simetris.
Logo yang memiliki bentuk geometris akan efektif untuk tampil sederhana dan berkesan profesional. Bentuk geometris yang bersih akan ku dah dikombinasikan dengan ikon lainnya. Ada beberapa alasan yang membuat bentuk geometris lingkaran digunakan pada desain logo, yaitu:
Mampu Membuat Logo Tampil Sederhana
Kelebihan dari menggunakan shapes geometris lingkaran adalah karena bentuknya sederhana dan bersih. Logo akan lebih mudah diingat dan digunakan pada berbagai kebutuhan karena sederhana.
Bentuk lingkaran sering digunakan dalam bentuk garis luar saja sehingga logo akan terlihat sederhana. Logo yang sederhana akan efektif membangun identitas yang kuat karena mudah diingat.
Logo Tampil Proporsional
Bentuk lingkaran memiliki garis bersih dan sederhana, serta simetris dari semua sisi sehingga logo akan lebih proporsional. Shapes ini kerap dipilih karena mampu membuat desain logo lebih proporsional.
Beberapa diantaranya menggunakan lingkaran sebagai frame sehingga ikon lainnya lebih rapi. Desain logo yang menggunakan bentuk ikon yang tidak simetris dapat tampak kurang proporsional. Untuk itu shapes lingkaran sering ditambahkan.
Membuat Logo Fleksibel pada Media Digital
Logo pada era digital perlu memiliki desain yang sederhana agar relevan dengan media digital sehingga logo mudah beradaptasi. Desain logo yang menggunakan bentuk geometris akan tampil sederhana dan mudah untuk beradaptasi pada berbagai media digital.
Bentuk lingkaran seringkali mudah untuk digunakan sebagai foto profil karena banyak media sosial menggunakan bentuk lingkaran. Desain logo lingkaran akan mudah fleksibel dan tampak proporsional pada media sosial.
Mencerminkan Makna Kesatuan dan Kekuatan
Penggunaan bentuk lingkaran dalam desain logo sering dipilih karena mempertimbangkan juga makna psikologi yang diciptakan. Dalam logo sekian menciptakan desain yang sederhana, bentuk lingkaran juga dapat mencerminkan makna kesatuan dan kekuatan.
Seringkali logo perusahaan akan menggunakan bentuk lingkaran agar tampil sederhana, profesional dan mencerminkan makna yang relevan. Makna psikologi bentuk geometris akan mencerminkan nilai atau karakter dari bisnis atau brand.
Baca juga: 6 Desain Logo Lettermark Geometris untuk Berbagai Bisnis
7 DESAIN LOGO GEOMETRIS LINGKARAN
Shapes geometris lingkaran adalah elemen visual yang umum digunakan pada desain logo, termasuk 20% brand terkenal dunia seperti NASA, Google Chrome, dan Pepsi. Logo lingkaran lebih mudah terlihat harmonis, proporsional dan sederhana, sehingga kerap dipilih pada era digital. Perhatikan penggunaan bentuk geometris lingkaran dalam berbagai desain logo jenis bisnis berbeda, berikut:
Logo Kecantikan Gyobee

Pada logo untuk kecantikan tersebut penggunaan shapes lingkaran sederhana membuat logo juga tampil sederhana dan elegan. Bentuk lingkaran tipis dengan garis dan bersih, menciptakan desain visual logo yang tampak elegan. Brand kecantikan tampil mewah dan profesional berkat bentuk lingkaran sederhana dengan style elegan.
Shapes geometris lingkaran dikombinasikan dengan inisial huruf nama merek beserta ikon gambar daun sederhana. Inisial huruf G terlihat menyatu dengan harmonis dengan bentuk lingkaran. Garis tipis yang elegan dan warna emas membuat logo kecantikan berkesan mewah dan high-end.
Logo Toko Gadgetto Store

Penggunaan bentuk lingkaran dalam logo sering juga dikaitkan makna kesatuan, komunitas dan kekuatan pada untuk logo perusahaan atau bisnis. Banyak logo bisnis modern yang mengkombinasikan ikon inisial dan bentuk geometris seperti logo tersebut. Style logo untuk toko gadget tersebut tampil sederhana dan profesional karena menggunakan lingkaran yang tebal.
Huruf inisial nama bisnis dibentuk agar cocok dengan bentuk geometris, logo bisnis gadget tersebut terlihat proporsional dan profesional. Gaya huruf yang kaku cocok dengan bentuk lingkaran yang tebal. Style garis tebal membuat logo tampak kaku dan tegas, seolah ingin merepresentasikan bisnis terpercaya dan modern.
Baca juga: 9 Style Desain Logo Modern yang Unik
Logo Supplier Ayam Mr. Broiler

Bentuk geometris memang banyak digunakan pada desain logo bahkan termasuk yang populer. Shapes lingkaran terlihat bersih, proporsional dan sederhana, sehingga cocok dikombinasikan dengan berbagai elemen seperti gambar ikon ayam tersebut. Desain logo untuk supplier ayam tersebut mengkombinasikan ikon ayam dan bentuk lingkaran.
Terkadang penggunaan lingkaran, sering digunakan sebagai frame atau bingkai ikon tertentu agar lebih proporsional. Ikon gambar ayam yang sederhana, dikombinasikan dengan bentuk lingkaran tipis sederhana. Tambahan bentuk lingkaran membuat desain logo tampil lebih menarik.
Logo Fashion Serenite Outfit

Shapes geometris juga banyak digunakan pada desain logo fashion untuk menciptakan kesan elegan dan sederhana. Bentuk lingkaran akan menyederhanakan desain logo sehingga bisa berkesan high-end dan mewah. Pada logo fashion Serenite tersebut penggunaan lingkaran dikombinasikan dengan inisial nama bisnis.
Kombinasi inisial huruf yang dibuat kaku dan menyatu dengan lingkaran menciptakan brand fashion yang berkesan elegan dan stylish. Garis lingkaran agak tebal sehingga bisa menciptakan stylish dan mudah untuk tampil jelas. Bentuk logo tersebut cukup sederhana tapi stylish sehingga mudah untuk digunakan dalam berbagai media dan ukuran.
Logo Brand Resto Makanan Benoite

Bentuk lingkaran bisa dibuat kedalam berbagai bentuk untuk menciptakan logo menarik yang mencerminkan brand dengan baik. Pada desain logo makanan shapes geometris sering dikaitkan dengan bentuk mangkok atau piring. Terkadang juga digunakan sebagai frame agar desain brand lebih harmonis dan proporsional.
Desain logo tersebut menggunakan lingkaran sebagai bentuk dari wajan atau panci, yang bertujuan untuk merepresentasikan brand makanan. Logo tersebut memiliki elemen gambar panci lingkaran, sendok, garpu dan bumbu. Bentuk geometris digunakan untuk mencerminkan jenis bisnis dengan sederhana.
Baca juga: 7 Desain Logo Geometris dan Makna Psikologisnya
Logo Law Firm Ako & Partners

Gaya desain yang menggunakan bentuk lingkaran seringkali menciptakan tampilan formal dan profesional. Untuk itu banyak digunakan sebagai logo perusahaan yang ingin tampil profesional seperti pada logo hukum tersebut. Penggunaan bentuk lingkaran pada logo hukum menciptakan kesan formal, handal dan profesional.
Bentuk lingkaran yang digunakan pada logo tersebut hanya tipis dan digunakan sebagai frame. Shapes lingkaran membuat ikon timbangan tampil lebih simetris dan seimbang. Logo tak hanya formal tetapi lebih fleksibel karena bentuk lingkaran menciptakan keseimbangan visual logo.
Logo Parfum Hagga

Desain untuk brand parfum juga cocok menggunakan shapes geometris lingkaran sehingga logo elegan. Bentuk geometris lingkaran dengan garis tipis akan efektif menciptakan brand yang mewah. Logo parfum tersebut terlihat mewah dan berkesan high-end karena menggunakan garis yang tidak tebal.
Desain logo brand parfum tersebut memiliki kombinasi geometris lingkaran dan inisial nama brand. Style ini cukup populer pada logo fashion dan parfum karena membuat identitas merek tampil mewah dan relevan. Logo tersebut terlihat sederhana dan profesional sehingga bisa membangun kepercayaan audiens pada brand.
KESIMPULAN
Desain logo yang menggunakan shapes geometris lingkaran bertujuan untuk tampil profesional, seimbang dan sederhana. Bentuk geometris yang sederhana akan membuat logo lebih mudah digunakan dan diingat. Penggunaan bentuk geometris bisa digunakan untuk berbagai jenis brand termasuk fashion, parfum hingga makanan. Setiap jenis brand akan memiliki penggunaan dan style geometris tersendiri.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.