Jenis Ikon Berdasarkan Konteks Penggunaan dan Gaya Visual

Spread the love

Untuk memperindah visual desain, penggunaan elemen desain harus dipilih dengan bijak sehingga bisa mengkomunikasikan pesan dengan baik. Ikon berbeda dengan gambar, bentuk ikon lebih kecil dan memiliki gambar sederhana. Jenis-jenis ikon sendiri cukup beragam dikelompokkan berdasarkan penggunaan dan gaya visualnya.

Ikon-ikon yang digunakan dalam desain grafis dapat membantu mengkomunikasikan pesan atau informasi dengan lebih menarik. Pemilihan ikon harus disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan dan pastikan ikon memiliki bentuk familiar. Berikut beberapa alasan penggunaan ikon dalam desain grafis:

  • Untuk menjelaskan informasi atau pesan dengan menarik. Audiens secara umum lebih suka gambar visual seperti ikon daripada teks saja.
  • Mempersingkat pesan ke dalam bentuk ikon, informasi berupa teks mungkin akan membuat desain terlihat kurang efektif. Untuk informasi atau pesan bisa disederhanakan dengan menggantinya dengan ikon sederhana.
  • Membangun branding merek yang kuat, ikon yang digunakan sebagai desain logo biasanya juga digunakan dalam jenis desain lainnya. Untuk membangu branding yang kuat, gunakan ikon logo sebagai pola dalam kemasan, desain pemasaran dan watermark berbagai produk merek.

Ketika ingin membuat desain grafis tampil lebih efektif dan menarik, memanfaatkan elemen visual seperti ikon untuk mempermudah audiens memahami pesan. Terkadang desain yang penuh dengan teks akan terlihat membosankan. Pilih ikon yang tepat untuk branding atau kebutuhan lainnya agar pesan tersampaikan dengan efektif.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

JENIS-JENIS IKON BERDASARKAN PENGGUNAANNYA

Dalam dunia desain grafis, ikon-ikon digunakan dalam banyak hal termasuk untuk branding, packaging, website dan lainnya. Setiap penggunaan mungkin akan membutuhkan jenis ikon berbeda yang disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan. berikut jenis-jenis ikon-ikon yang digunakan secara umum1:

Desain Logo dan Branding

Untuk digunakan sebagai branding icons harus dibuat unik dan mencerminkan merek dengan baik. Ikon yang digunakan sebagai logo biasanya mencerminkan nilai dan karakter merek, sehingga bisa membangun kesadaran merek yang kuat. Untuk itu ikon logo harus digunakan dengan konsisten agar mudah dikenali dan diingat oleh audiens.

Ikon logo akan digunakan dalam berbagai hal seperti kemasan, desain pemasaran, website dan media sosial untuk mencerminkan merek dengan baik. Penggunaan ikon akan dapat mencerminkan merek dengan baik, sehingga memudahkan audiens mengenali merek. Ikon logo biasanya memiliki beberapa jenis untuk penggunaan berbeda agar bisa mudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Desain Pemasaran

Jenis Ikon Berdasarkan Konteks Penggunaan dan Gaya Visual

Dalam desain grafis penggunaan ikon-ikon juga digunakan dalam desain pemasaran. Ikon seperti bentuk kalender, lokasi, kontak dan lainnya digunakan untuk menunjukkan informasi tersebut. Audiens akan mudah paham dengan adanya ikon yang jelas, desain juga akan lebih menarik.

Ikon dalam desain pemasaran akan membantu audiens mudah menemukan informasi yang dicari. Jenis-jenis ikon dalam desain pemasaran akan membantu menunjukkan informasi kontak, lokasi acara hingga waktu acara diadakan. Banyak juga ditemui penggunaan ikon seperti keranjang belanja, uang, box, dan lainnya.

Baca juga: Ikon-ikon yang Digunakan dalam Desain Grafis Pemasaran

Desain UI/UX

Sementara itu untuk penggunaan dalam desain platform digital, penting untuk menggunakan ikon-ikon yang familiar. Ikon yang digunakan harus mudah untuk dikenali oleh audiens sehingga memudahkan navigasi. Penting untuk memilih bentuk ikon yang memiliki fungsi sesuai yang dipahami audiens.

Secara umum antar satu aplikasi satu dan lainnya akan memiliki ikon yang sama hanya saja gayanya akan berbeda. Ikon yang menunjukkan home, pengaturan, search bar, menu hingga akun umumnya akan sama dalam semua platform. Hal ini karena bentuk ikon sudah familiar bagi audiens sehingga akan memudahkan navigasi.

Desain Signage

Jenis Ikon Berdasarkan Konteks Penggunaan dan Gaya Visual

Dalam keseharian, ikon-ikon juga ditemukan dalam desain lingkungan, penggunaannya akn membantu pengunjung menemukan tempat yang mereka cari. Ikon-ikon dalam desain signage juga akan menggunakan gambar ikon yang familiar dan umum. Desain ikon yang umum digunakan untuk menunjukkan lokasi tertentu akan membantu memudahkan menemukan tempat yang dicari.

Pada tempat umum yang luas, signage memiliki peran penting agar pengunjung tidak tersesat. Ikon signage akan memiliki bentuk sederhana agar mudah terlihat jelas, biasanya hanya berupa outline. Beberapa ikon signage yang umum seperti tanda panah, ikon toilet, parkir dan tempat makan.

Desain Infografis

Ikon juga banyak digunakan dalam desain infografis untuk membantu menjelaskan informasi atau data dengan menarik. Penggunaan ikon akan menyesuaikan dengan isi pesan yang disampaikan. Misalnya untuk infografis lingkungan, biasanya akan menggunakan ikon terkait daur ulang, pohon, hewan dan ikon cuaca.

Gambar ikon yang digunakan harus sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan, sehingga ikon mendukung pesan dengan baik. Bentuk ikon dalam desain infografis seringkali menggunakan ikon berwarna agar desain infografis terlihat menarik. Ikon dalam desain infografis harus dipilih dengan bijak agar bisa mewakili pesan dengan menarik.

Baca juga: Jenis-jenis Layout Desain Infografis Berdasarkan Jenis Konten

Packaging

Sementara itu untuk desain packaging, ikon-ikon yang digunakan biasanya seperti ikon umbrella, handle with care, warning dan fragile. Penggunaan ikon dalam packaging ini memberikan informasi kepada kurir atau pengirim tentang cara membawa paket dengan benar. Isi produk terkadang harus diberi peringatan agar pengirim lebih berhati-hati karena beberapa produk harus diperhatikan khusus.

Penggunaan ikon dalam packaging harus dipilih yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga membantu pengirim tahu cara menyimpan produk dengan aman. Tidak hanya dalam kemasan paket, kemasan produk juga akan memiliki ikon jenis-jenis ikon recycle yang disesuaikan dengan bahan kemasan. Konsumen akan mudah membedakan mana kemana yang bisa didaur ulang dan tidak dengan melihat ikon yang tertera.

JENIS-JENIS GAYA IKON

Jenis ikon-ikon yang digunakan dalam berbagai desain grafis juga dibedakan kedalam gaya visual ikonnya. Ikon memiliki beberapa gaya desain yang berbeda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, berikut diantaranya:

Ikon Berwarna

Gaya ikon ada yang memiliki warna, biasanya semua ikon akan memiliki warna yang sama agar menciptakan seragam dan harmonis. Ikon yang berwarna akan membuat tampilan desain terlihat lebih hidup dan menarik. Gambar ikon yang berwarna seringkali ditemui dalam desain infografis agar bisa menarik perhatian.

Warna-warna ikon terkadang juga dipilih berdasarkan tema desain sehingga bisa menciptakan tampilan yang harmonis. Agar bentuk ikon tetap sederhana, pastikan untuk memilih satu atau dua warna saja. Dalam desain platform digital warna ikon akan menyesuaikan dengan warna identitas merek sehingga bisa membangun branding visual yang menarik.

Ikon Outline

Jenis Ikon Berdasarkan Konteks Penggunaan dan Gaya Visual

Ada juga ikon yang memiliki tampilan berupa outline atau garis luar saja, biasanya ini akan membuat ikon terlihat sederhana. Penggunaan jenis ikon outline ini akan membantu ikon terlihat harmonis dalam latar belakang apapun. Bentuk ikon juga mudah untuk dikenali karena terlihat jelas.

Jenis ikon outline ini akan cocok digunakan dalam desain grafis pada desain modern yang ingin menciptakan tampilan bersih. Ikon outline akan mempertahankan kesederhanaan dalam desain grafis. Untuk warnanya ikon outline akan menggunakan warna netral seperti hitam atau putih agar tetap sederhana.

Baca juga: Desain Ikon Aplikasi yang Efektif dan Mudah Ditemukan

Ikon dengan Background

Selain ikon berwarna atau outline ada juga jenis ikon yang memiliki background. Jenis ikon ini akan memiliki bentuk background geometris seperti lingkaran atau kotak. Ikon dengan background akan membantu ikon tersebut terlihat jelas dan mencolok. Seringkali penggunaan ikon tersebut agar memudahkan audiens mengidentifikasi ikon.

Glyphicons

Ada juga jenis ikon glyph yang memiliki warna monokrom, bentuk ikon hadir dalam bentuk siluet dengan warna hitam. Jenis ikon ini menciptakan tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan. Tampilan icons yang flat dan gelap ini cocok untuk desain yang ingin memiliki gaya sederhana tanpa gradien atau shading2.

3D Icons

Selain bentuk ikon datar atau outline, ada juga gaya icons yang memiliki tampilan 3D. Biasanya jenis ikon ini digunakan untuk kebutuhan desain infografis atau desain UI/UX karena memberikan kesan modern. Ikon akan terlihat memiliki efek nyata dan mudah menarik perhatian audiens karena terlihat unik.

KESIMPULAN

Ketika menggunakan ikon dalam desain grafis perhatikan untuk memilih jenis ikon yang tepat sesuai konteks penggunaan. Gambar ikon juga harus familiar agar mudah dikenali dan diidentifikasi. Penting juga untuk memilih gaya visual ikon yang tepat sesuai tema atau gaya desain yang ingin diciptakan.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. How icons enhance your graphic design projects. (2024). Streamline. https://blog.streamlinehq.com/how-icons-enhance-your-graphic-design-projects/ ↩︎
  2. Understanding glyph icons. (2024, Apr 20). Icons8. https://icons8.medium.com/understanding-glyph-icons-4c55b0c20dd0 ↩︎