Dalam branding untuk bisnis fashion dapat memiliki beragam variasi style yang sesuai dengan jenis brand. Setiap jenis brand fashion bisa menggunakan kombinasi warna berbeda. Palet warna brand fashion dapat dibedakan berdasarkan jenis fashion seperti fashion sport, dress, atau kasual dapat direpresentasikan dengan warna bervariasi.
Warna brand fashion umumnya palet warna sederhana dan netral, tetapi agar tampil beda, gunakan kombinasi warna yang menarik. Kombinasikan warna yang disesuaikan jenis brand fashion agar relevan dan lebih menarik. Palet warna brand fashion dapat digunakan sebagai warna branding untuk berbagai desain seperti konten, poster, dan website.
PALET WARNA SESUAI JENIS BRAND FASHION
Desain brand fashion seringkali menggunakan warna yang elegan atau menyesuaikan jenis fashion. Beberapa jenis fashion memiliki warna yang khas untuk mencerminkan jenis fashion dengan baik. Berikut beberapa rekomendasi palet warna yang sesuai jenis brand fashion seperti:
Warna Brand Sleepwear
Desain branding untuk bisnis fashion dapat memiliki ragam warna yang mencerminkan fashion untuk sleepwear. Brand fashion sleepwear cenderung identik dengan warna yang memberikan kesan nyaman. Warna netral akan merepresentasikan fashion sleepwear yang nyaman dan hangat.
Desain brand sleepwear yang digunakan saat tidur dan beristirahat sebaiknya menggunakan warna netral seperti abu-abu, hitam, biru dan putih. Kombinasi warna netral untuk digunakan pada desain branding seperti konten brand fashion sleepwear akan relevan. Warna netral akan memberikan kesan nyaman dan tenang sehingga bisa mencerminkan identitas brand dengan baik.
Warna Brand Streetwear
Dalam desain branding biasanya palet warna brand fashion digunakan untuk desain konten, banner dan website. Palet warna yang disesuaikan jenis brand akan efektif merepresentasikan jenis fashion. Hal ini juga memudahkan brand fashion mudah dikenali dan diingat oleh audiens.
Fashion streetwear identitas dengan fashion yang mencerminkan kehidupan kota yang dinamis dengan pakaian yang stylish, trendy dan nyaman. Untuk merepresentasikan hal tersebut kombinasi warna netral dan warna cerah akan relevan. Palet warna untuk fashion streetwear bisa terdiri dari kombinasi warna seperti merah, putih, hitam dan abu-abu.
Baca juga: Kombinasi Warna Analog yang Harmonis dalam Desain Grafis
Warna Brand Fashion Sportwear
Brand fashion ini adalah fashion yang digunakan untuk olahraga sehingga cenderung tampil sporty. Biasanya gaya desain logo sportswear tampil sporty, tajam dan sederhana. Biasanya palet warna sportswear akan cocok menggunakan palet warna yang mencerminkan kesan energik, kekuatan, dan semangat.
Palet warna neon dan warna cerah sering digunakan untuk merepresentasikan desain konten sportswear agar berkesan energik. Kombinasi warna yang cocok untuk brand sportswear seperti warna putih, oranye, hitam dan hijau neon. Kombinasi warna cerah atau neon dengan warna netral akan membantu menciptakan desain yang menarik.
Warna Brand Fashion Boutique
Desain konten untuk brand fashion yang menggunakan warna relevan dengan jenis fashion akan mudah dikenali. Palet warna untuk brand fashion butik biasanya identik warna elegan dan feminim. Warna yang elegan biasanya dapat diciptakan dengan menggunakan warna pastel yang lembut.
Untuk fashion toko butik biasanya dapat menggunakan kombinasi warna seperti warna krem, merah muda, peach dan coklat muda. Desain grafis brand fashion butik dengan warna merah muda biasanya menargetkan konsumen perempuan. Warna pastel juga digunakan untuk mencerminkan produk fashion dengan warna-warna pastel.
Baca juga: 8 Rekomendasi Warna untuk Desain Brand Coffee
MAKNA UMUM WARNA UNTUK BRAND FASHION
Palet warna untuk mencerminkan brand fashion yang digunakan pada desain grafis biasanya cukup beragam. Warna desain dapat dipilih berdasarkan beberapa hal seperti:
Sesuai Jenis Fashion:
Pada jenis fashion yang berbeda maka perlu direpresentasikan oleh warna yang berbeda, karena memiliki citra yang berbeda. Brand sportswear identik dengan citra yang sehat dan bugar, berbeda dengan fashion dress yang memiliki citra elegan. Setiap jenis fashion dapat diwakili warna yang bisa mencerminkan citra tersebut sehingga menarik dan membangun identitas yang kuat.
Menyesuaikan Karakter Brand:
Meski umumnya brand fashion memilih warna yang sederhana dan berkesan profesional, tetapi perlu mempertimbangkan makna setiap warna. Makna psikologi warna dapat berguna mencerminkan karakter atau pesan merek pada audiens dan bisa menjadi karakter yang khas. Untuk palet warna brand fashion, gunakan beberapa warna mirip karena sering memiliki makna yang mirip juga.
Berdasarkan Target Konsumen:
Pemilihan warna untuk brand fashion juga harus berdasarkan target konsumen agar mereka sukai. Palet warna toko, banner, logo dan warna desain lainnya harus relevan dan konsisten. Untuk itu tentukan warna-warna yang disukai target audiens dari jenis fashion.
Fashion dress memiliki target perempuan sehingga bisa menggunakan warna pastel atau pnk. Berbeda dengan jenis fashion untuk laki-laki seperti leather jaket dan denim yang lebih cocok dengan warna hitam.
Baca juga: Kombinasi Warna Desain Logo Perusahaan Formal
Sementara warna-warna brand fashion dapat memiliki makna yang berbeda, umumnya beberapa warna populer dipilih karena bertujuan mencerminkan kesan seperti:
- Gold dan Rose Gold: Fashion yang mewah elegan, premium dan high-end, seperti pada logo fashion dress dan kemeja.
- Hitam dan Putih: Kombinasi warna yang digunakan oleh brand fashion dunia ini mencerminkan kesan high-end, profesional dan mewah.
- Merah Muda atau Ungu Pastel: Sering digunakan untuk warna toko butik dan logonya untuk mencerminkan kesan feminim dan elegan.
- Kuning dan Oranye: Kedua warna ini sering mewakili logo brand fashion untuk anak-anak agar berkesan ceria, bahagia dan menyenangkan.
Pastikan untuk memilih warna desain logo fashion atau brand fashion yang sesuai dengan jenis fashion dan makna yang diciptakan warna tersebut. Hal ini bertujuan agar warna mudah dikenali dan mencerminkan brand dengan baik.
KESIMPULAN
Untuk merepresentasikan suatu brand fashion, desain konten dan brandingnya peru menggunakan warna yang relevan. Perhatikan kombinasi warna yang sesuai jenis fashion, karakter brand dan identitas brand yang ingin diciptakan. Palet warna untuk mencerminkan bisnis fashion kebanyakan tampil sederhana, energik, dan elegan, termasuk warna yang bisa menciptakan kesan fashion high-end.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.