Ciri-ciri Desain Poster Minimalis: Meningkatkan Efektivitas Pesan

Desain poster memiliki peran penting untuk menyampaikan pesan dengan efektif melalui desain visual yang memikat. Poster dirancang untuk berbagai kebutuhan, sehingga desainnya akan menyesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan poster. Setiap desain poster memiliki gaya desain tersendiri yang memiliki ciri-ciri tersendiri, salah satunya desain poster minimalis.

Ciri-ciri Desain Poster Minimalis Meningkatkan Efektivitas Pesan

Desain poster minimalis memiliki ciri-ciri yang sederhana, tidak menggunakan banyak elemen dan warna. Biasanya gaya desain ini dipilih karena efektif menyampaikan pesan dengan desain yang sederhana. Terkadang beberapa desain poster ada yang menggunakan terlalu banyak elemen dan efek visual sehingga sulit untuk fokus pada pesan utama.

Poster biasanya memiliki tujuan desain yang jelas, entah untuk mempromosikan acara, kampanye lingkungan, hingga mempromosikan event tertentu. Desain poster minimalis juga dibuat sesuai dengan tujuan desainnya dan fokus menonjolkan elemen penting. Untuk lebih jelas mengetahui ciri-ciri desain poster minimalis untuk dijadikan inspirasi gaya desain poster, perhatikan pembahasan dalam artikel ini.

Read More

CIRI-CIRI DESAIN POSTER MINIMALIS

Untuk menciptakan desain poster minimalis perlu mengetahui ciri-ciri dari desain ini, agar menciptakan desain yang efektif. Berikut beberapa ciri-ciri desain poster minimalis:

Sederhana

Sesuai dengan namanya poster minimalis ini memiliki ciri utama yaitu sederhana. Desain poster minimalis dirancang dengan memastikan tampilannya sederhana. Kesederhanaan dalam desain poster minimalis ini melibatkan penggunaan elemen yang minimalis, seperti warna, jenis font, dan gambar.

Poster minimalis mengutamakan untuk menciptakan tampilan yang minimalis dengan menggunakan elemen yang minimalis pula. Desainnya dibuat dengan sederhana dengan menggunakan sedikit warna, elemen dan tulisan. Biasanya fontnya pun hanya menggunakan satu jenis saja. Poster ini juga tidak banyak menggunakan gambar atau foto. Biasanya desain menyisakan ruang negatif yang cukup pada ruang desain.

Desain poster ini tidak menggunakan elemen dengan bentuk rumit, agar tampilan poster tetap sederhana. Seringkali menggunakan gambar siluet untuk mendekorasi poster untuk meminimalkan tampilan poster yang berlebihan. Tampilan desain yang sederhana akan membantu untuk audiens fokus pada pesan utama.

Ruangan Kosong yang Luas

Ciri-ciri Desain Poster Minimalis Meningkatkan Efektivitas Pesan

Dalam sebuah desain ruang kosong atau ruang negatif berperan penting untuk membuat audiens fokus pada elemen-elemen desain. Ruang negatif merupakan ruang kosong yang tidak ditempati oleh elemen desain. Dalam desain poster minimalis ini biasanya menyisakan ruang kosong yang cukup luas.

Ruang kosong biasanya akan menciptakan jarak antar elemen dengan cukup, sehingga elemen mudah dibaca dan dipahami. Dalam poster minimalis ruang kosong ini merupakan salah satu elemen penting dalam poster ini untuk menciptakan kesederhanaan. Penggunaan ruang kosong yang cukup dapat memberikan fokus audiens pada pesan utama. Desain poster juga terlihat lebih elegan dengan adanya ruang kosong yang cukup.

Baca juga: Mengatur Tata Letak Desain Menarik dengan Rules of Thirds 

Tipografi Bersih

Ciri-ciri Desain Poster Minimalis Meningkatkan Efektivitas Pesan

Ciri lain dari desain poster minimalis ini biasanya menggunakan tipografi yang bersih. Jenis huruf yang digunakan dalam gaya desain poster ini harus sederhana, terbaca dengan jelas dan memberikan tampilan yang bersih. Desain poster minimalis biasanya menggunakan jenis font yang tidak memiliki dekorasi atau ornamen pada hurufnya.

Jenis font yang sederhana dapat digunakan untuk menciptakan tampilan yang minimalis. Font yang sederhana akan mendukung tampilan desain poster minimalis untuk menciptakan tampilan desain yang bersih. Biasanya desain poster minimalis tidak menggunakan banyak jenis font untuk mempertahankan tampilan minimalis.

Tulisannya hanya akan diatur ukurannya untuk menciptakan keunikan da dimensi yang unik. Namun jika ingin menggunakan dua font yang berbeda fokuskan pada judul tetapi tetap kedua font yang digunakan memiliki tampilan bersih.

Warna Terbatas

Desain poster yang minimalis biasanya juga menggunakan warna terbatas, terlalu banyak warna akan membuat desain tidak terlihat sederhana. Warna untuk desain poster minimalis biasanya menggunakan tidak lebih dari tiga warna. Hal ini untuk menghindari tampilan desain berlebihan dan tidak terlihat sederhana.

Padukan dua warna atau tidak warna yang berbeda untuk memastikan tampilan desain tetap sederhana. Menggunakan satu atau dua warna dominan sebagai latar belakang, warna teks dan warna gambar akan menciptakan kesederhanaan. Warna terbatas dapat menciptakan desain poster memiliki kesatuan dan konsistensi visual yang menarik.

Baca juga: Tips Menggabungkan Warna Desain untuk Menciptakan Harmoni

Elemen Visual Sederhana

Ciri-ciri Desain Poster Minimalis Meningkatkan Efektivitas Pesan

Untuk mendekorasi desain poster minimalis gunakan elemen visual seperti gambar atau ikon yang sederhana. Untuk desain dengan konsep minimalis hindari penggunaan gambar ilustrasi yang mendetail atau ikon yang berwarna-warni. Jika ingin menggunakan gambar atau ilustrasi, pastikan desainnya sederhana dan tidak rumit, agar tampilan poster tetap sederhana.

Biasanya dalam poster minimalis banyak ikon atau gambar yang digunakan hanya berupa siluet untuk menciptakan kesan sederhana. Gambar yang sederhana cenderung lebih mudah dikenali audiens, sehingga akan memudahkan pemahaman audiens pada pesan atau informasi dalam poster. Gambar yang sederhana juga memungkinkan untuk tidak menggunakan warna desain yang berlebihan.

Fokus pada Pesan

Desain poster minimalis lebih fokus untuk menyampaikan informasi atau pesan utama. Sehingga tampilan poster seringkali menyoroti teks daripada gambar, teks atau judul utama akan dibuat mencolok. Biasanya menggunakan font berukuran besar dan berbeda dengan deskripsi. Sementara elemen lainnya akan diatur sedemikian rupa agar bisa mendukung dan memperkuat pesan.

Baca juga: Elemen-elemen untuk Merancang Visualisasi dengan Menarik

Estetika Modern

Untuk poster minimalis kerap kali desainnya ingin memberikan tampilan estetika modern yang mengikuti tren kontemporer. Gaya desain ini menampilkan tampilan poster yang minimalis, elegan dan sederhana. Desain poster yang merepresentasikan estetika modern biasanya fokus pada pemberian penekanan kejelasan elemen dan keterbacaan teks.

Keseimbangan Visual

Desain poster yang minimalis juga mengutamakan untuk menciptakan keseimbangan visual melalui tata letak elemen, warna dan teks. Tampilan poster yang sederhana harus bisa menciptakan keseimbangan visual agar desain terlihat rapi dan nyaman untuk dilihat. Elemen-elemen dalam desain poster akan diatur posisinya dengan seimbang dan terorganisir untuk menciptakan harmoni dan estetika.

KESIMPULAN

Dalam merancang desain poster yang efektif penting untuk memilih gaya desain yang tepat, salah satunya poster minimalis yang menekankan kesederhanaan. Desain poster minimalis ini memiliki ciri-ciri seperti sederhana, penggunaan elemen minimalis, dan memiliki kesan modern. Desain poster yang sederhana mungkin bisa mencolok di antara keramaian informasi dan bisa menarik perhatian karena lebih mudah untuk dipahami.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts