Branding yang kuat akan membantu menciptakan ingatan dan yang kuat dimata audiens. Seperti halnya dalam brand fashion yang menggunakan warna hitam putih untuk menciptakan kesan fashion stylish dan high-end. Dalam logo fashion, dominasi warna hitam putih menciptakan logo minimalis, sederhana dan berkesan mewah.
Kesederhanaan desain logo akan menciptakan brand yang profesional, fleksibel dan mudah beradaptasi dengan tren. Untuk membangun identitas visual dalam waktu yang lama, gunakan warna atau ikon logo yang sederhana. Kebanyakan brand fashion akan memiliki desain sederhana, termasuk dengan memilih warna yang solid.
ALASAN SERING MEMILIH HITAM PUTIH
Secara umum desain logo akan memiliki tampilan yang sederhana, mewah dan fleksibel, sehingga mudah digunakan dan dikenali. Beberapa alasan mengapa dominasi warna hitam putih cukup kuat dalam desain logo fashion seperti:
Menciptakan Logo Fashion Sederhana
Warna hitam dan putih akan membuat logo tampil sederhana dan memudahkan bentuk logo tampak jelas. Tipografi dalam desain logo juga akan lebih mudah dibaca sehingga memudahkan untuk nama brand diingat. Desain logo sederhana juga efektif untuk memastikan konsistensi bentuk logo dalam berbagai penggunaan.
Logo Timeless
Warna hitam putih akan mendukung logo untuk tampil timeless terutama pada desain yang sederhana. Logo yang timeless memungkinkan untuk tetap relevan meski tren desain terus berganti. Desain logo akan tetap relevan dalam waktu yang lama dengan menggunakan desain sederhana.
Merepresentasikan High-end Brand
Penggunaan warna hitam putih ini seringkali dipilih agar desain logo memiliki kesan high-end brand. Jika logo berkesan mewah, ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada kualitas produk atau layanan. Dari melihat logonya, konsumen akan menduga jika brand merepresentasikan kesan yang mewah.
KESAN YANG DICIPTAKAN WARNA HITAM PUTIH
Warna hitam dan putih termasuk dalam warna netral yang bisa menciptakan visual yang sederhana. Pemilihan warna ini juga karena kesan yang diciptakan oleh kedua warna netral tersebut.
- Hitam: Warna hitam bisa menunjukkan brand yang tegas, mewah, dan memiliki tampilan yang klasik. Hitam akan membantu relevan dari waktu ke waktu karena bukan warna tren.
- Putih: Warna putih biasanya digunakan sebagai pasangan hitam yang kontras. Putih bisa merepresentasikan kesan desain yang bersih, minimalis dan mudah dipadukan dengan berbagai konsep.
Baca juga: Palet Warna Brand Fashion Sesuai Jenis Fashionnya
DOMINASI WARNA HITAM PUTIH DESAIN LOGO FASHION
Logo fashion yang menggunakan warna hitam putih berguna memberikan kesan stylish, elegan dan timeless. Warna hitam putih sering digunakan oleh brand fashion kelas atas karena menciptakan kesederhanaan yang mewah. Tidak heran bila sebagian besar brand fashion memiliki dominasi warna logo hitam putih dibandingkan warna lainnya seperti pink atau emas.
Logo Noid

Desain brand fashion tersebut memiliki desain logo minimalis, sederhana dan tampil bersih. Warna hitam dan putih mendukung desain logo untuk menciptakan kesan mewah dan stylish. Jenis logo tersebut memiliki jenis logo inisial berbentuk geometris yang bersih dan sederhana.
Warna logo tersebut menciptakan desain yang bersih dan bergaya timeless, serta menciptakan kontras keterbacaan yang jelas. Desain logo fashion tampak memiliki kesan high-end dan premium karena memiliki warna hitam putih yang bersih.
Logo Ghaziyarabic

Desain logo untuk bisnis fashion Muslim tersebut juga memiliki desain yang tampak minimalis dan sederhana. Ikon logo huruf Arab dan font elegan tersebut menciptakan kesan mewah. Ditambah lagi desain logo memiliki kombinasi warna hitam dan putih yang menciptakan kesan mewah.
Warna hitam dan putih yang kontras dapat meningkatkan keterbacaan tipografi logo yang tebal tersebut. Style logo yang elegan terlihat harmonis dengan penggunaan warna hitam putih pada logo fashion tersebut.
Baca juga: 6 Kombinasi Warna Logo Mencolok dan Kontras
Logo Lepas Logis

Penggunaan style logo geometris yang bersih dan sederhana cukup sering ditemui dalam desain logo fashion. Bentuk geometris akan menciptakan kesan stylish, modern dan bergaya tegas. Logo tersebut memiliki ikon geometris yang bersih dan sederhana.
Bentuk logo tampak jelas dan berkesan mewah dengan menggunakan warna hitam putih yang kontras. Pada jenis logo geometris, warna hitam putih akan mendukung brand tampil profesional.
Logo Alfariz

Tidak hanya menggunakan style logo inisial dan geometris, bentuk abstrak yang sederhana juga banyak digunakan. Desain logo fashion tersebut menggunakan bentuk abstrak geometris yang sederhana dan bersih.
Bentuk logo terlihat jelas dan menciptakan kesan mewah karena menggunakan warna hitam dan putih. Ikon abstrak juga tampak harmonis dengan gaya font geometris yang digunakan. Style logo abstrak yang sederhana tersebut menciptakan logo fashion yang unik.
Logo Kulambikito Fashion

Alasan utama mengapa dominasi warna hitam putih cukup kuat dalam branding logo fashion karena bisa menciptakan desain yang sederhana. Tipografi pada logo fashion juga akan mudah dibaca sehingga mudah pula nama brand diingat oleh audiens.
Logo tersebut memiliki ikon berupa gambar gantungan baju dan lingkaran yang sederhana. Desain ikon yang sederhana dan bersih dikombinasikan dengan tipografi sans serif yang sederhana pula. Warna hitam putih pada logo tersebut mendukung brand untuk tampil mewah dan minimalis.
Baca juga: Rekomendasi Gaya Font untuk Brand Parfum
JENIS LOGO FASHION YANG SESUAI
Gunakan warna hitam dan putih dengan efektif pada jenis logo yang tepat sehingga berguna membangun logo yang kuat. Meski ada banyak jenis logo, gunakan style logo sederhana untuk mendukung fashion yang mewah dan stylish.
Wordmark (Logo Teks Murni)
Jenis logo yang hanya menggunakan teks saja ini tanpa ikon atau gambar akan memiliki desain yang lebih sederhana. Perhatikan contohnya pada logo balenciaga, prada dan chanel. Warna hitam putih akan memberikan karakter yang unik dan menciptakan tipografi yang bersih.
Lettermark (Inisial Nama Brand)
Desain logo ini hanya menggunakan huruf sebagai ikon logo, meski terkadang dikombinasikan dengan gambar tertentu. Contohnya pada logo fashion Louis Vuitton (LV) dan Yves Laurent (YSL) yang menggunakan hitam putih. Dominasi hitam putih pada logo fashion akan mendukung brand untuk tampil mewah dan profesional.
Monogram
Tidak hanya menggunakan huruf inisial dari singkatan nama brand, beberapa brand fashion menggunakan satu huruf inisial saja disebut monogram. Contohnya pada logo fashion Gucci (GG) dan Fendi (FF) desain logo ini juga tampil mewah. Warna hitam putih membuat logo terlihat tegas karena memiliki desain ikon minimalis.
Minimalis Abstrak
Beberapa brand fashion juga ada yang memiliki style logo minimalis dari bentuk abstrak atau geometris sederhana. Contohnya pada desain logo Nike, Adidas dan Off White yang memiliki bentuk sederhana dan unik. Bentuk geometris abstrak akan menciptakan logo bersih dan sederhana serta tampil lebih unik.
KESIMPULAN
Kombinasi warna hitam dan putih memang populer untuk digunakan dalam desain logo termasuk untuk brand fashion. Branding brand fashion akan menciptakan kesan mewah, elegan dan high-end. Dominasi warna hitam putih juga berguna menciptakan logo timeless dan konsisten dalam berbagai penggunaan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.