Dalam era modern ini desain banyak yang diciptakan minimalis dan mengutamakan kesederhanaan termasuk pada desain logo. Era ini desain logo minimalis telah mengalami kenaikan popularitas. Hal ini membuat desain lainnya pada desain grafis juga banyak terpengaruh.
Orang modern cenderung memiliki kehidupan yang aktif dan sibuk. Ditambah lagi masyarakat harus menyesuaikan kecepatan teknologi yang terus berkembang. Teknologi yang semakin canggih juga semakin memudahkan dalam proses penciptaan desain.
Logo minimalis biasanya lebih sederhana namun mampu menyampaikan pesan merek yang kuat dan memberikan daya tarik visual dalam jangka panjang. Bisa dibilang logo yang minimalis akan tetap relevan dengan perubahan tren dan waktu.
Desain logo minimalis banyak dipilih untuk memberikan kesan merek profesional. Selain itu desain yang sederhana juga mudah diingat dan mudah diaplikasikan pada berbagai media.
Dalam rangka memahami desain logo minimalis, artikel ini akan membahas mulai dari popularitas desain logo minimalis, perannya, contoh logo minimalis hingga kekuatan pesan dari desain logo minimalis.
PESONA DESAIN LOGO MINIMALIS
Jelas dan Mudah Diingat
Desain minimalis biasanya mengutamakan untuk menonjolkan kejelasan logo dan memberikan kemudahan untuk dikenali. Logo minimalis akan lebih jelas karena desainnya tidak rumit, audiens akan dengan mudah memahami makna atau bentuk.
Desain logo minimalis dibuat dengan menggunakan perpaduan elemen-elemen yang mudah diingat dan sederhana. Misalnya pada logo perusahaan dengan menggabungkan inisial perusahaan, yang dibentuk dan diatur sedemikian rupa.
Desain perusahaan biasanyanya sederhana untuk mencerminkan kesederhanaan dan profesionalisme. Ini memudahkan bagi audiens atau pengguna mengenali logo merek dan mudah mengingat logo perusahaan.
Kesederhanaan yang Elegan
Desain minimalis sangat mengutamakan kesederhanaan yang bisa memberikan kesan elegan dan profesionalisme pada merek. Dalam proses pembuatan desain biasanya akan menggunakan elemen yang penting saja untuk membuat desain yang sederhana.
Logo minimalis biasanya menggambarkan kompleksitas dari merek dengan memberikan tampilan logo yang bersih, rapi dan sederhana. Desain minimalis berfokus menciptakan desain yang sederhana, namun berkesan elegan. Dalam prosesnya akan mengabaikan elemen-elemen yang tidak penting.
Fleksibilitas Dan Konsisten Pada Berbagai Media
Salah satu tujuan dari logo minimalis adalah untuk memberikan fleksibilitas pada logo untuk mudah diterapkan pada berbagai media. Logo yang rumit terkadang sulit untuk tetap terlihat konsisten pada media yang berbeda. Sementara logo minimalis cukup konsisten pada perubahan media dan perangkat.
Desain logo minimalis dibuat dengan mempertimbangkan kemudahan adaptasi pada berbagai media dan platform. Ini termasuk media cetak, digital ataupun aplikasi smartphone. Fleksibilitas pada desain minimalis memungkinkan logo tetap konsisten baik secara warna, bentuk, dan tulisan tanpa mengurangi daya tarik visualnya.
CONTOH LOGO MINIMALIS TERKENAL
Apple
Salah satu contoh klasik dari desain logo minimalis adalah logo Apple. Logo yang terinspirasi dari sebuah apel yang digigit tersebut, berhasil bertahan lama tanpa perlu melakukan branding logo baru. Desain tersebut cukup sederhana namun kuat dalam menyampaikan identitas merek yang inovatif.
Orang yang melihat bentuk logo tersebut langsung jika itu adalah logo merek Apple. Logo tersebut juga mudah untuk diingat.
Nike
Logo merek Nike juga termasuk logo minimalis yang berbentuk garis sederhana itu sering dikenal sebagai “swoosh”. Bentuk gerakan garis yang sedikit melengkung tersebut memberikan kesan kecepatan, dinamis dan energik. Meskipun sederhana logo Nike bisa terkenal karena mudah dikenali di tengah banyak logo lainnya.
Adidas
Logo sederhana yang berupa tiga garis garis diagonal milik merek Adidas adalah logo minimalis. Ini merupakan salah satu contoh logo yang memiliki desain sederhana namun kuat dan mudah diingat. Penggunaan elemen sederhana pada desain ini mencerminkan identitas merek yang kuat namun cukup ikonik.
KEKUATAN PESAN DALAM KESEDERHANAAN
Fokus pada Nilai Inti Merek
Desain logo yang sederhana memiliki kekuatan untuk menyampaikan pesan dari merek atau perusahaan. Logo yang minimalis memungkinkan merek untuk menonjolkan nilai inti perusahaan, tanpa tambahan elemen yang tidak penting.
Desain yang sederhana akan membuat audiens bisa fokus memahami makna dari logo tersebut. Logo sederhana juga memberikan ruang untuk pesan dan identitas merek bisa tersampaikan dengan jelas.
Memperhatikan Kesempurnaan dalam Detail Sederhana
Logo sederhana cenderung membutuhkan ketelitian agar bisa menciptakan desain yang sempurna. Dalam proses pembuatannya harus memperhatikan detail pada setiap elemen.
Penting untuk memastikan setiap elemen memiliki makna yang kuat yang mewakili merek. Setiap elemen juga harus memiliki kontribusi dalam menyampaikan pesan. Dengan memperhatikan setiap detail sederhana elemen akan menciptakan logo minimalis yang sempurna.
Meningkatkan Keterbacaan
Dalam menyampaikan pesan, desain minimalis dapat dengan mudah menyampaikan pesan yang jelas dan mudah diingat audiens atau pengguna. Hal ini ada hubungannya dengan pemilihan warna dan tulisan untuk meningkatkan keterbacaan.
Penting memilih warna dan model tulisan yang tepat dalam desain. Ini bisa membangun identitas yang kuat. Jika desain rumit dengan tulisan yang sulit dibaca, ini akan menyulitkan untuk menyampaikan pesan dengan benar.
KESIMPULAN
Pemilihan desain logo minimalis bukan semata-mata untuk mengikuti tren, namun pemilihan desain minimalis biasanya mengutamakan esensi. Desain minimalis berfokus dalam menciptakan desain sederhana namun memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan baik. Desain logo minimalis juga dapat membuat dapat bertahan lama di tengah perubahan zaman yang pesat. Dapat kita lihat bagaimana logo terkenal memiliki desain yang berhasil membentuk identitas merek tersebut dan memiliki daya tarik tersendiri.
Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.