Ketika melihat desain logo, warna logo yang digunakan harus menciptakan visual yang memikat. Warna logo harus sesuai dengan jenis brand agar mencerminkan identitas brand dengan baik dan mudah dikenali. Hal ini juga penting untuk menciptakan desain yang relevan sesuai identitas brand.
Jika menggunakan warna logo yang tidak sesuai dengan jenis brand, ini memang tampil kuning, tapi akan kurang relevan. Setiap jenis brand bisa memiliki banyak variasi warna yang bisa mencerminkan jenis brand atau karakter brand. Pemilihan warna yang sesuai brand ini sering dilakukan agar memudahkan logo dikenali dan diingat.
MENGAPA MEMILIH WARNA BRAND PERLU SESUAI BRAND
Warna dalam desain logo bisa dipilih dengan bebas tetapi harus menciptakan desain yang menarik dan unik. Logo bisa menggunakan satu warna solid atau kombinasi warna sesuai kebutuhan logo. Ada beberapa alasan mengapa penting untuk memilih warna logo yang sesuai jenis brand yaitu:
Untuk Membangun Identitas yang Kuat
Warna desain logo bisa berguna untuk mencerminkan identitas yang kuat. Untuk itu perlu dipilih yang bisa mencerminkan nilai atau karakter brand. Setiap warna desain logo bisa menciptakan kesan tertentu yang sesuai dengan karakter brand. Warna bisa digunakan sebagai identitas yang kuat jika mewakili kesan atau makna tertentu.
Mencerminkan Jenis Brand dengan Baik
Pemilihan warna logo yang sesuai dengan jenis brand akan merepresentasikan jenis brand dengan baik. Warna bisa mewakili jenis brand, karena beberapa brand memiliki warna yang identik. Misalnya brand kopi dengan warna coklat, brand organik dengan warna hijau akan mencerminkan jenis brand dengan baik.
Jika logo tidak menggunakan bentuk ikon yang relevan dengan jenis brand, gunakan warna yang mewakili jenis brand agar efektif. Warna yang sesuai brand akan menciptakan logo yang membangun identitas brand dengan baik.
Tampil Profesional
Penggunaan warna yang sesuai jenis brand seringkali digunakan dengan solid dan hanya satu warna sehingga bisa menciptakan desain sederhana. Desain logo yang sederhana akan efektif membangun kesan brand yang profesional.
Warna logo yang sesuai dengan jenis brand akan mendukung kesan profesional. Pastikan menggunakan warna logo dengan sederhana sehingga logo mencerminkan jenis brand dan menciptakan kesan profesional.
Mudah Dikenali oleh Audiens
Penggunaan warna yang sesuai jenis brand memiliki tujuan utama agar desain logo mudah dikenali. Audiens akan mudah paham dan mengenali jenis brand dari warna yang digunakan.
Meski tidak secara langsung kombinasi warna sesuai jenis brand dan nama brand yang merujuk akan menciptakan brand yang mudah dikenali. Misalnya gambar daun dan warna hijau bisa mencerminkan brand organik atau bisnis alami.
Baca juga: Psikologi Warna pada Desain Logo Fashion Modern
WARNA LOGO SESUAI JENIS BRAND
Sebenarnya setiap jenis brand bisa memiliki lebih dari satu warna yang mencerminkan brand organik. Pemilihan warna logo yang sesuai jenis brand akan membantu mencerminkan identitas brand serta membangun identitas yang mudah dikenali. Berikut beberapa contoh warna logo sesuai jenis brand:
Merah Muda untuk Logo MUA

Warna merah muda dalam desain logo sering dikaitkan dengan kesan elegan, feminim dan terkait dengan perempuan. Penggunaan warna merah muda dalam logo make up artist tersebut bisa menciptakan kesan elegan dan feminim. Logo tersebut memiliki desain logo yang tampak elegan dengan style logo inisial.
Tipografi serif yang elegan pada logo mendukung kesan elegan dan mewah sesuai citra bisnis tersebut. Warna merah muda membuat desain logo minimalis tersebut tampil elegan dan feminim. Variasi warna merah muda pastel yang digunakan menciptakan desain yang lembut.
Coklat untuk Logo Bisnis Kopi

Penggunaan warna coklat untuk mencerminkan bisnis kopi cukup populer karena efektif merepresentasikan kopi. Biasanya bisnis kopi seperti kedai kopi atau cafe sering menggunakan warna coklat. Variasi warna coklat yang bisa digunakan juga beragam seperti coklat gelap, coklat tua dan coklat muda.
Logo tersebut memiliki ikon logo berupa biji kopi sehingga efektif menggunakan warna coklat. Warna coklat tua atau gelap pada logo mendukung untuk merepresentasikan bisnis kopi. Desain logo minimalis yang bersih dan sederhana tersebut harmonis dengan menggunakan warna coklat yang solid.
Baca juga: 6 Kombinasi Warna Logo Mencolok dan Kontras
Hijau untuk Logo Minuman Segar

Untuk penggunaan warna hijau sendiri cukup populer untuk berbagai kebutuhan. Seringkali digunakan untuk brand organik, kesehatan hingga minuman yang segar. Pada logo minuman tersebut, warna hijau bisa mencerminkan kesan segar dan alami.
Logo untuk bisnis minuman teh segar tersebut memiliki warna hijau tua untuk mencerminkan minuman yang segar. Desain logo memiliki ikon berupa botol minuman yang memiliki warna hijau relevan menciptakan kesan segar dan alami.
Biru untuk Logo Skincare

Untuk jenis brand skincare penggunaan warna logo yang sesuai jenis brand harus tampil segar, aman dan tenang. Warna logo skincare tersebut menggunakan warna biru tua untuk mencerminkan kesan aman dan segar. Warna biru relevan dengan tujuan skincare untuk merawat dan menciptakan kesegaran.
Penggunaan warna biru pada logo skincare tersebut tampil segar dan mempertanyakan bentuk logo sederhana. Pada brand tersebut warna biru digunakan dengan gradasi agar tampil lebih menarik.
Baca juga: Variasi Warna Desain Logo Kecantikan yang Elegan
Hitam dan Putih untuk Logo Fashion

Kombinasi warna hitam dan putih pada desain logo memang populer digunakan. Warna hitam putih bisa menciptakan desain logo yang sederhana, minimalis dan profesional. Salah satu penggunaan warna hitam putih yang sesuai jenis brand adalah pada logo fashion.
Warna hitam dan putih bisa mencerminkan brand fashion high end yang mewah, elegan dan stylish. Logo dengan warna hitam putih juga akan fleksibel dan tampil konsisten pada berbagai penggunaan. Brand fashion terlihat relevan dengan menggunakan warna hitam putih dan mudah untuk dikenali.
Oranye untuk Logo Makanan

Untuk brand makanan, penggunaan warna hangat seperti merah, oranye dan kuning akan relevan. Warna hangat bisa mencerminkan jenis brand dengan baik, penting untuk dipilih sesuai kebutuhan. Logo bisnis makanan tersebut menggunakan warna oranye tersebut mencerminkan bisnis makanan dengan baik.
Penggunaan warna oranye lebih efektif mencerminkan jenis bisnis makanan daripada menggunakan warna lainnya. Logo tersebut memiliki warna oranye yang solid sehingga menciptakan desain logo sederhana. Bentuk logo sederhana dan warna solid menciptakan logo yang mudah dikenali.
Emas untuk Logo Salon Kecantikan

Untuk jenis brand kecantikan, warna yang relevan sesuai jenis brand akan memudahkan dikenali oleh audiens. Biasanya brand kecantikan menggunakan warna yang kalem dan lembut. Selain itu penggunaan warna mewah seperti emas akan mencerminkan kesan bisnis yang terpercaya.
Logo salon kecantikan tersebut memiliki desain minimalis dengan ikon logo siluet perempuan. Ikon logo mencerminkan jenis bisnis dengan baik yang akan memudahkan dikenali oleh audiens. Warna emas tampil membuat logo mencolok dan berkesan terpercaya dan dapat dipercaya.
KESIMPULAN
Untuk menciptakan desain logo yang relevan penting untuk memilih warna sesuai jenis brand. Pemilihan warna yang sesuai jenis brand akan membangun identitas yang kuat dan memudahkan jenis brand dikenali. Setiap brand bisa memiliki beberapa warna yang mencerminkan jenis brand, pilih yang paling relevan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.