Warna cerah membuat logo terlihat lebih menyenangkan dan ceria sehingga merek lebih menarik perhatian dengan cepat. Warna merah muda contohnya bisa membuat tampilan logo terlihat elegan, ceria dan menyenangkan. Penggunaan warna merah muda untuk desain logo mempertimbangkan makna romantis, elegan dan ceria.
Dalam desain grafis warna pink sering digunakan untuk menciptakan desain bertema romantis seperti tema valentine. Warna pink juga seringkali digunakan untuk brand fashion, anak-anak, makanan dessert hingga kosmetik. Pemilihan warna mempertimbangkan citra dan pesan yang ingin disampaikan merek.
Pemilihan warna pink untuk desain identitas visual harus mempertimbangkan jenis bisnis, karakter merek dan konsumen. Sehingga penggunaan warna merah muda ini dapat membangun branding yang kuat. Gunakan warna merah muda untuk desain logo dengan bijak dan sesuai dengan karakter merek.
BRAND YANG SERING MENGGUNAKAN WARNA PINK
Warna merah muda dalam desain seringkali diasosiasikan dengan feminim dan masa muda, yang bisa digunakan untuk menyimbolkan beberapa hal. Penggunaan warna pink dapat mencerminkan visual yang menyenangkan dan menarik perhatian audien dengan efektif. Banyak brand yang menggunakan warna pink untuk mencerminkan citra merek feminim dan elegan seperti beberapa brand ini:
Brand Fashion Perempuan
Warna merah muda seringkali identik sebagai warna perempuan, meskipun begitu warna ini bisa digunakan secara universal untuk desain apapun. Desain logo dengan warna pink sangat cocok dengan citra brand fashion untuk perempuan. Warna pink yang pastel atau cerah akan efektif merepresentasikan tampilan yang elegan dan feminim.
Brand fashion yang memiliki produk dress atau pakaian yang elegan akan cocok dengan warna merah muda. Desain logo fashion berwarna pink dapat mencerminkan elegan, feminim dan kasih sayang. Warna merah muda akan terlihat elegan jika dipadukan dengan tipografi logo yang elegan seperti serif modern.
Baca juga: Cara Menciptakan Desain Logo Fashion yang Ikonik
Brand Kosmetik
Warna pink yang diasosiasikan dengan kesan feminim dan elegan ini juga banyak digunakan untuk brand kosmetik. Logo kosmetik seringkali memiliki tampilan elegan dan feminim dengan tipografi elegan dan ikon sederhana. Gaya huruf elegan yang tipis akan cocok menggunakan warna pink untuk brand kosmetik seperti logo emina.
Warna pink dapat menciptakan kesan girly dan feminin pada produk kosmetik untuk perempuan. Pemilihan warna ini untuk brand kosmetik dapat menarik perhatian anak muda dan perempuan. Shade warna pink yang digunakan juga bisa divariasikan untuk menciptakan warna monokrom agar semakin menarik.
Brand Dessert
Tidak hanya diasosiasikan warna ceria dan feminim, warna merah muda juga seringkali diasosiasikan dengan makanan manis1. Banyak brand dessert atau makanan manis menggunakan warna pink untuk memberikan kesan manis. Beberapa brand dessert untuk ice cream, cookies dan donut sering menggunakan warna logo pink.
Warna pink untuk brand dessert dapat dikombinasikan dengan warna biru pastel atau ungu hingga warna netral untuk menciptakan tampilan harmonis. Logo dengan warna merah muda akan terlihat cocok dan merepresentasikan kesan dari brand dessert itu sendiri. Audiens akan mudah mengenali brand dessert dengan kombinasi warna merah muda dan coklat yang berkesan manis.
Brand Anak-anak
Warna pink adalah bagian dari warna cerah yang merepresentasikan kesan menyenangkan dan ceria sehingga juga cocok untuk brand anak-anak. Warna logo brand yang terkait anak-anak seperti brand mainan dan pakaian juga ada yang menggunakan warna pink. Brand fashion dan mainan warna pink seringkali diasosiasikan untuk anak perempuan.
Pada logo Barbie warna pink menunjukkan tampilan feminim dan menyenangkan. Warna merah muda akan efektif menarik perhatian anak-anak perempuan yang suka warna pink. Logo dengan warna pink akan efektif menciptakan kesan ceria dan menyenangkan yang disukai oleh anak-anak.
Baca juga: Tips Membuat Desain Brand yang Menarik Perhatian Anak-anak
MAKNA DAN KESAN DARI WARNA PINK
Warna merah muda sering dipilih untuk membuat desain logo lebih mudah menarik perhatian. Warna ini tidak hanya dipilih untuk menciptakan tampilan feminim tetapi juga memiliki beberapa makna dan kesan tertentu2, seperti berikut ini:
Kreatif dan Inovatif
Brand dengan warna pink bisa digunakan untuk mencerminkan merek yang kreatif dan inovatif. Warna merah muda bisa digunakan untuk logo perusahaan, brand fashion hingga logo kesenian untuk merepresentasikan kreativitas. Merek dapat mengkomunikasikan citra merek yang imajinatif, kreatif dan inovatif dalam berbisnis.
Untuk merepresentasikan kreativitas warna merah mudah sering digunakan untuk desain brand fashion. Penggunaan warna yang mencerminkan kreativitas ini bisa dikombinasikan dengan warna putih atau emas, untuk menciptakan citra elegan dan mewah. Sementara warna pink akan cocok mencerminkan citra kreatif dan inovatif dengan tipografi modern yang bersih dan tipis.
Menyenangkan dan Masa Muda
Penggunaan warna pink juga bisa digunakan untuk merek yang ingin menciptakan karakter menyenangkan dan ceria. Warna logo dengan warna pink cerah akan efektif mencerminkan keceriaan pada brand anak-anak. Logo berwarna merah muda akan berkesan lebih ramah daripada merah biasa.
Sering juga warna pink ini digunakan oleh brand tertentu untuk merepresentasikan masa muda yang cerah dan ceria. Logo organisasi atau komunitas anak muda bisa menggunakan warna pink ini. Untuk menggambarkan kesan menyenangkan dan masa muda pilih variasi pink yang cerah dan mencolok.
Baca juga: 7 Desain Logo Warna Merah yang Mencolok
Elegan dan Feminim
Warna merah pastel biasanya digunakan untuk menciptakan desain brand yang elegan feminim. Pastel pink bisa membuat logo terlihat elegan dan mewah. Bentuk logo yang dibuat elegan, sederhana dengan tipografi elegan akan terlihat mewah.
Logo akan tampil elegan dengan mengkombinasikan warna pink dengan warna putih dan emas. Tampilan elegan dan feminim dari warna pink ini dimanfaatkan untuk mencerminkan karakter dari brand fashion dan kosmetik. Kombinasi warna merah muda dengan tipografi elegan seperti serif dan warna emas akan menciptakan brand fashion yang mewah.
Manis dan Ceria
Warna merah muda juga bisa digunakan pada desain brand makanan dan minuman untuk mencerminkan kesan manis. Brand makanan yang bergerak dalam bidang dessert sering menggunakan warna pink seperti Baskin Robbins. Biasanya brand makanan ice cream, kue hingga dessert lainnya mengkombinasikan warna pink dengan coklat untuk desain logo.
Pada brand minuman penggunaan warna pink seringkali ditemui pada kemasan, tetapi juga bisa digunakan untuk desain logo. Warna merah muda bisa memberikan kesan manis dan segar pada brand tersebut.
KESIMPULAN
Desain grafis untuk identitas merek dapat menggunakan warna cerah seperti merah muda untuk menciptakan tampilan menarik dan kreatif. Warna merah muda sering diasosiasikan dengan citra bran yang kreatif, inovatif, elegan dan menyenangkan. Biasanya brand yang sering menggunakan warna merah muda adalah brand fashion, desert dan brand untuk kosmetik.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.
- David. (2023, July 31). Pink Logos: Embracing the Playful and Vibrant in Branding. https://graphicsprings.com/blog/view/pink-logos/ ↩︎
- The Hidden Meanings Behind Famous Logo Colors. (2024). Webfx. https://www.webfx.com/logo-colors/#:~:text=The%20color%20pink%20is%20associated,evoke%20a%20sense%20of%20playfulness. ↩︎