Untuk meningkatkan daya tarik visual, penting untuk menggunakan palet warna yang harmonis dan menarik. Ada banyak cara menggunakan palet warna seperti kombinasi warna komplementer, warna analog hingga warna monoksida. Palet warna monokrom dalam desain brand akan menciptakan visual yang harmonis, menarik serta mencerminkan identitas brand dengan baik.
Pemilihan kombinasi warna dalam sebuah palet warna perlu memastikan agar semua warna saling harmonis dan tentu saja merepresentasikan identitas brand. Warna desain brand akan digunakan untuk beberapa jenis desain mulai dari logo, konten, kemasan hingga poster. Pastikan palet warna monokrom yang digunakan bisa fleksibel dan relevan dengan jenis brand.
WARNA MONOKROM
Warna monokrom adalah warna yang terdiri dari susunan satu warna yang sama dengan variasi kecerahan yang berbeda. Kombinasi warna hitam dan putih juga seringkali disebut monokrom. Selain itu, istilah monokrom juga berarti kombinasi warna dari satu warna yang sama seperti warna biru pastel, biru muda dan biru tua.
Perbedaan tingkat kecerahan tersebut membantu menciptakan kontras tetapi juga visual yang harmonis karena dari warna yang sama. Palet warna monokrom bisa digunakan untuk warna brand termasuk logo, kemasan dan desain konten. Pastikan memilih warna yang relevan dengan kebutuhan dan pesan dalam desain.
MENGAPA MEMILIH WARNA MONOKROM?
Ada banyak cara dalam mengkombinasikan warna-warna agar harmonis dan menarik. Dalam desain brand kesederhanaan dan konsistensi warna diutamakan, untuk itu warna monokrom akan relevan. Warna monokrom biasanya dipilih karena mempertimbangkan beberapa hal seperti:
Menciptakan Kombinasi yang Halus dan Lembut
Dengan menggunakan kombinasi warna yang monokrom, desain akan memiliki visual yang terlihat halus. Daripada kontras yang mencolok, warna monokrom akan menciptakan visual yang halus dan terlihat alami. Desain brand dengan warna monokrom akan menciptakan desain visual yang lembut.
Warna yang sama dengan tingkat kecerahan yang berbeda akan menciptakan desain visual yang halus. Desain warna monokrom akan lebih efektif jika ingin menciptakan visual yang halus. Biasanya cocok untuk brand yang ingin tampil elegan dan sederhana.
Dapat Menciptakan Efek Nyata
Penggunaan warna desain yang monokrom juga berguna menciptakan efek nyata. Kombinasi warna yang sama dengan kecerahan berbeda jika dikombinasikan akan terlihat memiliki efek nyata dan bayangan. Dengan mengaturnya dengan baik, kombinasi warna monokrom bisa diciptakan untuk menciptakan efek 3D.
Ketika digradasikan warna monokrom juga bisa tampil halus dan menciptakan efek nyata sehingga desain akan menarik. Jika ingin menciptakan efek 3D pada logo, seringkali memanfaatkan gradasi warna monokrom. Dengan warna ini desain akan terlihat menarik dan tampak lebih hidup.
Menciptakan Visual yang Harmonis
Beberapa kombinasi warna terkadang bisa tampil kurang harmonis, untuk itu perlu memilih warna yang tepat. Style kombinasi analog dan komplementer akan menciptakan visual yang mencolok, beberapa dengan warna monokrom. Palet warna monokrom akan menciptakan desain brand yang tampil lebih harmonis.
Desain brand akan tampil lebih harmonis jika menggunakan palet warna monokrom daripada yang lain. Tidak hanya harmonis desain juga akan berkesan profesional karena tidak ada warna yang terlihat mencolok.
Desain Tampil Minimalis atau Sederhana
Penggunaan warna monokrom juga berguna untuk menciptakan desain yang tampil minimalis. Jika brand ingin memiliki desain yang sederhana tetapi menarik, gunakan kombinasi warna monokrom. Meski mengkombinasikan beberapa variasi warna yang sama tetapi desain visualnya akan tetap sederhana.
Pada jenis brand yang ingin tampil sederhana, gunakan kombinasi warna monokrom daripada warna kontras. Brand yang sederhana akan menggunakan warna monokrom untuk menciptakan desain yang bersih. Biasanya style desain modern akan relevan menggunakan warna monokrom seperti biru atau warna abu-abu.
Baca juga: Warna Era Modern: Preferensi Warna Minimalis dan Netral
PALET WARNA MONOKROM DALAM DESAIN BRAND
Setiap warna monokrom yang mengambil dari warna tertentu akan relevan untuk jenis brand yang berbeda.
Monokrom Hijau Untuk Brand Organik

Desain logo warna monokrom yang mengambil dari warna utama hijau tersebut tampil fresh, segar dan tenang. Palet tersebut terdiri dari warna hijau gelap, hijau tua, hijau teal hingga hijau muda. Kombinasi warna-warna hijau menciptakan desain yang tampil harmonis dan berkesan segar.
Penggunaan palet warna monokrom tersebut akan relevan untuk jenis brand organik atau bisnis terkait lingkungan dan alam. Palet tersebut juga bisa digunakan untuk jenis brand skincare organik. Sebagai warna brand kesehatan, warna hijau akan mencerminkan kesan aman dan sehat.
Monokrom Merah untuk Brand Kosmetik

Palet warna monokrom yang menggunakan warna merah akan menciptakan visual yang mencolok dan menarik perhatian. Warna merah seringkali digunakan untuk mencerminkan brand makanan karena akan mencolok. Tetapi warna merah monokrom akan memiliki visual yang lebih halus sehingga akan lebih cocok untuk brand kosmetik.
Palet warna merah yang dibuat monokrom dan gradasi akan menciptakan visual yang halus dan harmonis. Palet monokrom yang terdiri dari kombinasi beberapa warna merah tersebut akan relevan mencerminkan brand kosmetik yang elegan dan feminim. Desain brand kosmetik dapat memanfaatkan warna monokrom untuk menciptakan desain produk dan kosmetik yang menarik.
Baca juga: Kombinasi Warna Desain Logo Perusahaan Formal
Monokrom Ungu untuk Brand Mewah dan Feminim

Warna ungu jika digunakan dalam desain logo biasanya cocok untuk mencerminkan brand yang elegan atau mewah. Sering juga dimanfaatkan untuk mencerminkan brand skincare atau kosmetik yang mewah. Warna ungu juga bisa menciptakan tampilan visual brand yang feminim.
Palet warna monokrom ungu yang terdiri dari warna ungu gelap hingga terang yang lembut akan menciptakan visual yang harmonis dan mewah. Biasanya warna ungu gelap akan efektif menciptakan kesan brand yang mewah tetapi feminim untuk brand fashion dan kosmetik.
Monokrom Biru untuk Brand Teknologi

Sementara jika menggunakan warna monokrom dari warna utama biru akan tampil canggih dan modern. Penggunaan palet warna monokrom akan relevan untuk desain brand seperti teknologi dan perusahaan. Desain brand teknologi yang menggunakan warna biru akan tampil canggih.
Biasanya gradasi warna biru muda, biru pastel dan biru tua akan menciptakan kesan canggih dan bergaya modern. Gradasi warna biru sering digunakan untuk menciptakan brand yang canggih. Warna biru yang halus akan mencerminkan kesan brand teknologi yang canggih, modern dan profesional.
Monokrom Kuning untuk Brand Anak-anak dan Agensi Kreatif

Sementara itu palet warna kuning akan terdiri juga dari warna kuning terang, kuning cerah hingga kuning tua yang harmonis. Kombinasi warna kuning akan menciptakan kesan yang cerah dan ceria. Untuk itu akan relevan mencerminkan desain brand anak-anak atau agensi kreatif.
Pada desain logo agensi kreatif, warna kuning akan mencerminkan kreativitas, ide dan kesan yang ceria. Pada logo anak-anak, warna kuning akan mencerminkan brand anak-anak yang sesuai karakter anak-anak. Gunakan palet warna monokrom kuning untuk menciptakan desain yang mencolok dan berkesan ceria.
Baca juga: 5 Palet Warna untuk Desain Logo Sesuai Bisnis
Monokrom Merah Muda untuk Brand Fashion

Kombinasi warna merah mungkin akan tampil lebih mencolok, sementara kombinasi monokrom merah muda akan tampil lebih elegan dan feminim. Biasanya akan cocok digunakan untuk brand yang memiliki target pasar perempuan. Banyak ditemui untuk penggunaan pada desain brand fashion elegan seperti hijab atau dress.
Warna merah muda yang disusun kedalam palet warna monokrom akan menciptakan desain yang halus. Desain brand fashion akan memiliki citra brand yang elegan dan feminim. Kombinasi warna merah muda akan relevan juga untuk jenis brand kosmetik dan skincare.
Monokrom Coklat untuk Brand Bakery

Sementara itu warna monokrom dari berbagai kombinasi warna coklat akan menciptakan kesan hangat. Palet warna monokrom coklat akan relevan untuk digunakan sebagai desain brand seperti bakery.
Warna coklat akan merepresentasikan jenis bisnis dengan baik dan relevan. Selain brand bakery warna monokrom coklat akan relevan untuk jenis brand interior dan home decor.
Monokrom Abu-abu untuk Brand Parfum

Ada juga warna monokrom yang terdiri dari variasi-variasi warna abu-abu dari yang terang hingga ke gelap. Kombinasi warna abu-abu akan menciptakan kesan yang kalem, sederhana dan minimalis.
Palet warna monokrom ini bisa digunakan untuk mencerminkan brand yang profesional untuk brand parfum atau fashion. Desain dengan monokrom abu-abu akan menciptakan visual yang sederhana, elegan dan mewah.
KESIMPULAN
Palet warna monokrom yang tersusun dari satu warna yang divariasikan kecerahannya akan tampil harmonis. Penggunaan warna monokrom akan menciptakan desain brand yang lebih harmonis dan menarik. Warna monokrom bisa menciptakan desain visual yang memiliki efek nyata dan tampil lebih halus.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.












