Desain logo brand terkenal dunia yang memiliki kesan high-end brand banyak yang menggunakan warna logo hitam dan putih. Warna tersebut mampu membuat logo sederhana tampil bersih dan mewah sehingga mencerminkan brand luxury. Penggunaan warna hitam dan putih dalam desain logo dapat digunakan berbagai jenis bisnis termasuk makanan, minuman hingga fashion.
Warna hitam putih seringkali dikaitkan untuk membuat logo brand tampak mewah dan elegan, namun selain itu logo juga tampil lebih sederhana. Penggunaan logo memungkinkan lebih mudah beradaptasi daripada warna logo tertentu. Desain logo dengan warna hitam putih dapat digunakan untuk merepresentasikan berbagai bidang bisnis.
7 LOGO HITAM DAN PUTIH DALAM BERBAGAI BISNIS
Umumnya warna hitam dan putih adalah warna dasar ketika logo sedang dibuat untuk memudahkan menyusun bentuk logo. Namun terkadang untuk mempertahankan kesederhanaan warna logo tetap hitam dan putih. Berikut beberapa contoh desain logo warna hitam dan putih dalam berbagai jenis bisnis, yaitu:
Logo Fotografi – Kalamasa Picture
Warna hitam dan putih yang efektif menciptakan tampilan yang sederhana dan elegan ini juga banyak ditemui pada logo bisnis fotografi. Bisnis fotografi terlihat paling cocok dengan warna hitam dan putih karena menciptakan estetika fotografi yang menarik. Logo fotografi tersebut menggunakan jenis ikon inisial nama merek yang memiliki bentuk sederhana.
Desain logo yang sederhana dengan font bersih dan sederhana membuatnya relevan dengan penggunaan warna hitam dan putih. Tak hanya tampil sederhana, warna hitam putih membuat logo tampak elegan dan estetik. Bisnis fotografi yang menggunakan logo warna tersebut sangat cocok dan mencerminkan jenis bisnis dengan baik.
Logo Fashion – Seventyone
Brand terkenal dunia dalam bidang fashion, termasuk yang paling banyak menggunakan warna hitam dan putih. Logo fashion seperti chanel, prada hingga loewe memiliki warna logo hitam dan putih. Brand fashion dunia sering menggunakan warna hitam dan putih agar logo tampil mewah dan elegan.
Perhatikan logo fashion untuk seventyone tersebut yang menggunakan warna hitam dan putih juga. Bentuk kombinasi logo inisial dan warna hitam putih tersebut membuat logo terlihat luxury dan high-end. Daripada menggunakan warna pastel, penggunaan warna tersebut lebih cocok untuk membuat brand fashion tampil mewah.
Baca juga: 5 Font Mewah untuk Desain Logo Fashion
Logo Minuman – I Drink
Biasanya desain logo bisnis minuman seringkali menggunakan warna-warna yang bisa menciptakan kesan segar seperti warna hijau atau kuning. Jarang sekali ditemui yang menggunakan warna gelap seperti hitam. Namun terkadang penggunaan warna gelap atau hitam sering dikaitkan dengan minuman hangat.
Warna hitam dan putih biasanya banyak digunakan untuk logo bisnis cafe, kopi atau minuman hangat lainnya. Penggunaan warna hitam dan putih pada logo minuman segar tersebut menciptakan tampilan estetik dan unik. Logo akan tampil menarik dan estetik ketika ditempel pada berbagai kebutuhan termasuk cup minuman.
Logo Interior – Jiwa Kreatif Nusantara
Desain logo untuk bisnis interior akan lebih cocok dengan warna yang bisa merepresentasikan kesan profesional. Logo bisnis interior biasanya memiliki gaya desain sederhana dan formal agar terlihat profesional. Logo interior tersebut juga tampil sederhana dan bersih dengan menggunakan warna hitam dan putih.
Jenis logo kombinasi ikon interior dan font sederhana membuatnya lebih terlihat profesional dengan warna hitam dan putih. Logo tersebut bisa tampil terpercaya dan berkesan high-end brand berkat warna hitam putih. Bentuk ikon terlihat jelas dan teks terbaca dengan baik ketika menggunakan warna hitam dan putih.
Logo Arsitektur – Tera Architect
Tak hanya bisnis interior, logo untuk bisnis arsitektur juga perlu merepresentasikan kesan profesional, formal atau terpercaya. Penggunaan warna netral akan membantu logo tampil sederhana sehingga berkesan profesional. Logo untuk Tera Architect tersebut menggunakan warna hitam dan putih sehingga tampil sederhana.
Bentuk ikon logo yang berupa inisial nama bisnis dan bentuk geometris juga tampil sederhana. Kombinasi ikon sederhana dan font sans serif yang bersih terlihat harmonis dan profesional. Desain logo tersebut tampil sederhana dan profesional berkat penggunaan warna hitam putih yang membuat logo bersih.
Baca juga: Logo Interior dan furniture untuk Prida
Logo Kecantikan – Refined Beauty
Kemampuan warna hitam putih dalam menciptakan kesan mewah dan elegan akan juga digunakan untuk logo kecantikan. Brand kecantikan kerap kali menggunakan warna-warna lembut seperti pastel untuk tampil elegan. Namun banyak juga yang menggunakan warna hitam dan putih.
Penggunaan warna hitam putih pada desain logo kecantikan yang elegan dan sederhana akan menciptakan kesan mewah dan terpercaya. Kebanyakan logo kecantikan yang menggunakan logo wordmark akan menggunakan font sederhana dan elegan. Warna hitam dan putih akan semakin mendukung garis logo yang elegan untuk tampil mewah sehingga brand terpercaya.
Logo Bisnis Kopi – Kelana
Warna hitam dan putih juga identik dengan tampilan yang estetik sehingga banyak digunakan pada logo bisnis kopi dan cafe. Desain logo bisnis kopi akan tampil elegan dan estetik jika menggunakan warna hitam dan putih. Tak hanya membuat logo tampil sederhana dan mudah dibaca atau diingat tetapi efektif untuk relevan dengan jenis bisnis.
Warna hitam dan putih pada bisnis kopi juga kerap dipilih untuk mencerminkan jenis bisnis kopi. Logo tersebut terlihat estetik dengan bentuk ikon cup kopi dan tempat ngopi. Bentuk logo yang sederhana akan membuat warna hitam memperjelas keterbacaan ikon logo.
Baca juga: Kombinasi Warna Analog yang Harmonis dalam Desain Grafis
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WARNA HITAM PUTIH
Penggunaan warna netral ini cukup populer bahkan hampir kebanyakan logo memilih warna hitam dan putih. Kemampuan logo tampil sederhana sering menjadi alasan penggunaan warna tersebut,meski juga memiliki beberapa kekurangan. Ada beberapa pertimbangan kelebihan dan kekurangan warna hitam putih.
Kelebihan:
Logo tampil sederhana, penggunaan warna hitam putih cenderung digunakan pada bentuk logo yang sederhana. Logo yang rumit akan kurang cocok dengan warna hitam dan putih.
- Fleksibel digunakan untuk berbagai ukuran dan media, bentuk logo mudah menyesuaikan dan tetap terbaca dengan baik.
- Logo tampil mewah dan elegan. Pemilihan warna hitam dan putih pada brand besar dunia juga didasari karena mampu terlihat mewah. Brand yang mewah akan membuat merek terlihat high-end dan berkualitas.
- Tampil profesional. Desain logo akan terlihat lebih profesional dan formal pada bentuk logo perusahaan.
Kekurangan:
- Sudah terlalu mainstream sehingga logo menjadi kurang unik. Terkadang logo jadi disalahpahami sebagai logo lainnya.
- Kurang bervariasi sehingga tidak menarik atau unik, logo akan sulit untuk menonjol karena yang menggunakan warna hitam dan putih.
- Kurang menonjol karena warna hitam putih yang netral jika disandingkan logo yang cerah dan berwarna.
KESIMPULAN
Desain logo memang cukup banyak menggunakan warna hitam dan putih, bahkan dari berbagai bidang bisnis. Kedua warna tersebut bisa menciptakan logo tampil sederhana, elegan dan mewah. Banyak brand mewah dunia yang menggunakan warna hitam dan putih agar tampil luxury dan high-end. Pemilihan warna tersebut akan lebih cocok jika mempertimbangkan identitas merek serta bentuk logonya yang sederhana, sehingga efektif dan menarik.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.