Tips Menggunakan Warna Pastel untuk Desain Brand

Dalam menciptakan desain visual menarik, pemilihan style elemen harus mengikuti tren dan preferensi audiens. Elemen visual yang sesuai preferensi audiens serta trendy akan efektif meningkatkan daya tarik seperti penggunaan warna pastel. Untuk menggunakan warna pastel yang menarik dalam desain, perlu memerhatikan beberapa tips sehingga tampil harmonis. 

Warna pastel adalah warna yang lembut dan kalem, karena warna ini diciptakan dengan mencampurkan warna asli dengan warna putih. Tampilan visual yang lembut akan membuat desain terkesan tenang, elegan dan mewah. Warna pastel bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan desain termasuk logo, poster hingga kemasan. 

TIPS MENGGUNAKAN WARNA PASTEL DALAM DESAIN GRAFIS

Untuk menciptakan desain grafis yang menarik, seringkali penggunaan warna pastel harus diperhatikan dengan baik karena terkadang bisa mengurangi keterbacaan. Warna pastel ini termasuk warna cerah yang kalem sehingga perlu dikombinasikan dengan warna gelap untuk menciptakan kontras. Dalam prakteknya, perhatikan beberapa tips menggunakan warna pastel yang menarik:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Pilih Warna Pastel yang Kontras

Dalam menciptakan desain grafis, penting untuk memerhatikan keterbacaan teks dan bentuk elemen gambar pada warna pastel. Jika palet warnanya hanya terdiri dari warna pastel maka bisa tidak memiliki kontras. Untuk penting mengatur saturasi yang tepat agar bisa meningkatkan keterbacaan.

Warna pastel akan tetap harmonis jika menggunakan warna kontras yang juga kalem atau tidak mencolok, seperti warna abu-abu, warna hitam dan warna gelap. Tambahkan warna gelap seperti biru gelap atau hijau gelap untuk memastikan adanya kontras dalam desain tetapi masih harmonis. Kombinasi dua warna pastel yang kontras juga bisa menciptakan visual menarik seperti warna oranye pastel dan biru pastel.

Hindari Hanya Mengkombinasikan Warna Pastel Saja

Untuk menciptakan desain visual menarik yang menggunakan warna pastel bisa mengkombinasikannya dengan warna pastel yang lembut. Desain yang ingin tampil elegan, feminim dan kalem bisa menggunakan palet warna pastel. Kombinasi warna pastel akan efektif tampil harmonis dibandingkan ketika warna pastel dikombinasikan dengan warna yang mencolok seperti neon.

Palet warna pastel seringkali digunakan untuk warna desain kemasan produk kecantikan. Dalam desain brand kecantikan warna pastel akan efektif menciptakan kesan kalem dan feminim. Kombinasi warna-warna pastel akan tampil harmonis untuk desain brand kecantikan daripada hanya menggunakan warna netral.

Baca juga: Palet Warna Desain Branding Sesuai Brand dan Makna Psikologi 

Tambahkan Warna Netral 

Dalam menyusun palet warna pastel yang menarik dan harus, perhatikan juga tips menggunakan warna pastel dengan bijak. Desain kemasan atau desain logo memiliki teks sehingga penting agar terbaca dengan jelas, terkadang saat menggunakan warna pastel akan mengurangi keterbacaan. Untuk itu tambahkan warna netral yang kontras dengan warna pastel agar teks terbaca dengan baik.

Biasanya warna pastel yang digunakan sebagai warna latar belakang, perlu memilih warna putih atau hitam untuk warna teks. Terkadang warna putih kurang terbaca dengan baik, untuk itu perlu diatur saturasi warna pastel agar cukup kontras. Warna hitam menjadi pilihan populer untuk digunakan sebagai warna netral dalam palet warna pastel. 

Sesuaikan Warna Pastel dengan Mood Desain

Ketika menggunakan warna pastel dalam desain grafis, penting untuk menggunakan warna yang juga sesuai mood atau pesan desain. Setiap variasi warna pastel juga memiliki makna dan mood yang berbeda. Pastikan variasi warna pastel yang dipilih sesuai dengan mood desain, atur juga kecerahannya agar menciptakan mood yang berbeda.

Penggunaan warna pastel juga perlu mencerminkan identitas merek, misalnya penggunaan biru dan hijau pastel untuk mencerminkan kesan fresh dan tenang. Sementara warna peach atau merah muda akan menciptakan kesan feminim dan elegan. Pilih warna pastel dengan kecerahan yang sesuai kebutuhan dan sesuai dengan mood dan pesan yang ingin diciptakan dalam desain. 

Baca juga: Kombinasi Dua Warna Pastel yang Kontras dan Elegan

CONTOH PENGGUNAAN WARNA PASTEL DALAM DESAIN

Warna pastel memiliki banyak variasi, yang mana diciptakan dari warna asli yang dicampurkan dengan warna putih agar tampil lembut. Gunakan warna memeprtimbangkan tips menggunakan warna pastel yang benar sehingga harmonis, kontras dan menciptakan mood yang sesuai.  

Peach

Tips Menggunakan Warna Pastel untuk Desain Brand

Warna pastel yang menjadi warna tahun ini adalah warna peach fuzz, tampilan visual warna yang lembut dan hangat akan menciptakan desain yang menarik. Warna pastel ini merepresentasikan warna pantai daerah tropis. Penggunaan warna pastel yang hangat ini akan menciptakan tampilan yang fresh dan elegan.

Warna peach dapat mencerminkan mood brand yang berenergi, ceria dan bahagia. Seringkali digunakan untuk kebutuhan warna desain bertema anak-anak atau brand kecantikan. Brand kecantikan dengan desain kemasan warna peach akan tampil elegan dan feminim. Gunakan warna peach ini untuk desain yang ingin mencerminkan kesan positif dengan sentuhan feminin.

Lime Green

Warna hijau pastel yang cerah ini agak mencolok dan efektif untuk menarik perhatian audiens dengan cepat. Tak hanya segar, warna hijau muda ini bisa mencerminkan brand yang ceria dan menyenangkan. Dalam desain kemasan warna hijau ini bisa membuat mencolok dan menciptakan efek segar terutama brand minuman dan skincare. 

Berbeda dengan warna hijau pucat yang gelap, warna hijau lime ini bisa mencerminkan kesan energik dan mensugestikan semangat. Penggunaan warna ini juga akan cocok untuk jenis desain sport, seringkali dikaitkan dengan olahraga tenis Dalam desain poster olahraga warna hijau lime akan menciptakan semangat dan energik. Desain kemasan dengan warna ini juga efektif tampil alami atau merepresentasikan produk organik. 

Sky Blue

Tips Menggunakan Warna Pastel untuk Desain Brand

Warna biru muda pastel biasanya banyak digunakan dalam desain brand yang ingin tampil profesional, terpercaya dan tenang. Jenis biru pastel bisa mencerminkan brand yang elegan dan mewah jika digunakan dengan bijak. Sky blue sering digunakan untuk warna brand kecantikan, fashion hingga laundry. 

Warna sky blue bisa mencerminkan brand yang tenang, damai dan fresh, warn ini kerap dipilih untuk merepresentasikan air atau langit. Diantara warna yang pastel lainnya yang ceria, warna sky blue ketika dilihat akan menciptakan sugesti yang menenangkan. Manfaatkan warna untuk mempromosikan brand yang damai dan menyegarkan seperti pada brand skincare dan laundry. 

Baca juga: Kombinasi Warna Analog yang Harmonis dalam Desain Grafis

KELEBIHAN MENGGUNAKAN WARNA PASTEL UNTUK DESAIN BRAND

Penggunaan warna yang lembut dan kalem sering dipilih karena mempertimbangkan beberapa kelebihan dan kemampuan warna menciptakan visual menarik. Berikut kelebihan menggunakan warna pastel untuk warna brand, yaitu:  

  • Menciptakan Brand yang Tenang dan Kalem
  • Membuat Brand Bergaya Elegan dan Mewah
  • Mencerminkan Visual yang Memikat
  • Cocok untuk Merepresentasikan Brand Kecantikan dan Fashion

Selain itu, perhatikan pula kemampuan warna pastel dalam meningkatkan keterbacaan dengan ditambahkan warna netral yang harmonis. Kombinasi warna pastel yang dipilih harus sesuai tujuan dan mood desain grafis. 

KESIMPULAN

Memperhatikan beberapa tips menggunakan warna pastel yang cerah dan lembut tersebut akan menciptakan desain yang harmonis. Penggunaan warna pastel dalam desain brand biasanya sering digunakan untuk jenis brand skincare, fashion hingga brand lainnya yang elegan. Warna lembut membuat warna pastel bisa menciptakan mood yang tenang, damai, elegan dan mewah. Pilih variasi warna pastel yang sesuai dengan pesan dan mood dalam desain. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.