Desain logo fashion umumnya tampil sederhana, stylish, dan mencerminkan citra brand fashion. Elemen visual yang digunakan menyesuaikan identitas dan karakter brand fashion, terkadang menyesuaikan pula jenis fashionnya. Penggunaan warna untuk desain logo fashion biasanya memiliki ciri khas warna sederhana, elegan dan tampak stylish.
Warna logo juga kerap dipilih menyesuaikan identitas yang ingin dibangun merek, apakah modern, casual atau ceria. Target audiens yang berbeda bisa memengaruhi pilihan warna logo brand fashion tersebut. Ketika menciptakan brand fashion, pastikan memilih warna logo yang dijadikan identitas brand yang menarik dan mencerminkan identitas brand dengan baik.
CIRI KHAS WARNA YANG EFEKTIF MENCERMINKAN BRAND FASHION
Bisnis yang bergerak dalam bidang fashion umumnya memiliki desain logo sederhana baik yang menggunakan jenis logo wordmark, lettermark atau logo kombinasi. Untuk warna untuk brand fashion umumnya hanya menggunakan satu atau dua warna saja. Ada beberapa ciri khas dari pemilihan warna untuk desain logo brand fashion, seperti:
Warna yang Sederhana
Bentuk logo fashion seringkali dibuat lebih sederhana agar mudah digunakan pada versi cetak baju sebagai logonya. Logo yang sederhana akan cocok jika menggunakan warna sederhana pula. Satu atau dua warna sudah cukup untuk digunakan pada brand fashion, tidak seperti logo makanan yang memiliki banyak variasi warna.
Jarang sekali ada brand fashion yang menggunakan lebih dari dua warna karena dua warna saja sudah paling maksimal. Satu warna akan cukup untuk mewakili citra dan identitas merek. Contohnya perhatikan brand merek dunia yang menggunakan satu warna saja seperti Gucci, Chanel hingga Zara. Warna netral biasanya termasuk yang paling banyak dipilih seperti hitam dan putih.
Memiliki Tampilan Elegan dan Mewah
Warna untuk brand fashion juga harus menciptakan tampilan yang elegan agar cocok dengan bentuk logo sederhana. Brand fashion seringkali ingin memiliki desain logo yang mencerminkan merek high-end yang berkualitas. Untuk menciptakan kesan high-end pada brand penting memiliki warna yang mendukung untuk menciptakan tampilan elegan.
Warna yang bisa menciptakan tampilan logo fashion yang elegan biasanya memiliki ciri khas warna lembut dan netral. Penggunaan warna pastel dan warna netral akan efektif menciptakan kesan logo yang high-end. Bentuk logo sederhana dan elegan akan tampil elegan dan mewah dengan warna netral atau pastel yang lembut.
Baca juga: Inspirasi Palet Empat Warna Harmonis dalam Desain Grafis
Menyesuaikan Jenis Fashion atau Target Audiens
Warna logo untuk suatu brand termasuk pakaian perlu menyesuaikan pula dengan jenis fashion dan target audiensnya. Brand fashion untuk casual wear biasanya akan tampil sederhana dengan warna netral dan earth tone. Akan berbeda lagi dengan jenis bisnis dress wedding dan pesta yang biasanya akan tampil elegan dengan font script dan warna pastel atau hitam.
Warna logo juga perlu disesuaikan dengan identitas merek seperti optimis, ceria atau strong, setiap warna bisa mewakili emosi ini. Biasanya pada desain logo warna bisa mewakili kesan mewah dengan warna royal blue atau dark purple. Bisa juga warna merah untuk merepresentasikan brand fashion sport yang energik dan strong.
Tidak Lebih dari Tiga Warna
Jarang sekali ditemui brand fashion yang menggunakan lebih dari tiga warna, bahkan dua atau tiga warna saja jarang ada. Kebanyakan brand fashion hanya menggunakan satu warna untuk menciptakan desain yang sederhana dan berkesan elegan. Satu warna solid yang dipilih akan merepresentasikan jenis fashion, identitas merek serta pesan yang ingin disampaikan.
Logo fashion dengan banyak warna akan terlihat kurang menarik karena menggunakan banyak kombinasi. Dua warna saja sudah cukup untuk membuat desain logo tampil unik. Ada beberapa brand dunia yang menggunakan dua atau tiga warna seperti Tommy Hilfiger dan Lacoste.
Menggunakan Kombinasi Warna Sederhana
Untuk logo fashion yang menggunakan dua warna seringkali mengkombinasikan warna dengan warna netral. Biasanya satu warna cerah akan dikombinasikan dengan warna netral agar tampil harmonis. Brand fashion akan kurang cocok jika menggunakan kombinasi dua warna komplementer atau dua warna cerah.
Kombinasi warna yang tampil harmonis biasanya menggunakan warna hitam dan putih, biru dan merah, atau merah dan putih. Kombinasi warna harus tampil sederhana untuk menciptakan kesan brand yang elegan dan profesional. Hindari menggunakan warna yang terlalu kontras atau mencolok untuk brand fashion. Gunakan warna solid untuk menciptakan tampilan desain yang sederhana.
Baca juga: 7 Kombinasi Warna untuk Desain Logo Bisnis Makanan
REKOMENDASI WARNA UNTUK BRAND FASHION
Untuk menciptakan brand fashion yang tampil menarik dan merepresentasikan citra fashion yang stylish dan elegan, gunakan warna yang relevan. Umumnya brand fashion seringkali memilih warna yang sederhana yang bisa menciptakan kesan high-end. Berikut beberapa warna yang direkomendasikan yang cocok untuk brand fashion, berdasarkan ciri khas bisnis fashion.
Warna Pink untuk Fashion Perempuan
Jika bisnis fashion menargetkan perempuan, penggunaan warna merah muda sering menjadi pilihan. Biasanya warna merah muda pastel akan efektif merepresentasikan kesan logo yang elegan dan feminim. Warna pink akan cocok dengan citra brand untuk fashion perempuan, penggunaan warna ini cocok dengan target konsumen.
Warna Earth Tone untuk Brand Casual Wear
Untuk jenis fashion yang menjual pakaian keseharian, kenyamanan menjadi pesan utama yang ingin disampaikan oleh brand ini sehingga kerap menggunakan warna tone bumi dan alam. Desain logo dengan warna alam seperti coklat, krem, kuning dan hijau akan mencerminkan brand yang nyaman. Penggunaan warna earth tone bisa digunakan untuk mencerminkan fashion casual wear yang nyaman.
Logo bisa menggunakan warna coklat, warna hijau kalem atau krem untuk membuat tampilan logo yang sederhana. Kombinasi warna bumi dengan warna netral agar menciptakan desain yang sederhana dan alami. Logo dengan warna ini bisa mengkombinasikan warna coklat dan hitam, atau warna hijau dan coklat untuk menciptakan kesan alami dan tenang.
Warna Hitam dan Putih untuk Fashion Stylish
Kombinasi dua warna sebagai latar belakang dan warna logo termasuk yang populer untuk bisnis fashion. Brand fashion dunia sebagian besar menggunakan warna hitam dan putih untuk warna logonya. Beberapa brand terkenal dengan kombinasi warna ini seperti, YSL, Miu Miu, Chanel dan Prada.
Kedua warna memiliki kontras yang baik sehingga logo dapat terlihat jelas dan terbaca dengan baik. Penggunaan warna ini efektif untuk menciptakan logo tampil elegan dan high-end. Seringkali brand fashion memilih ini karena memiliki ciri khas yang bisa menciptakan kesan merek yang mewah.
Baca juga: Efektivitas Penggunaan Warna Hitam Putih untuk Desain Logo
Warna Emas dan Hitam untuk Kesan Mewah
Selain warna netral seperti hitam dan putih penggunaan warna emas untuk logo fashion juga banyak digunakan. Brand fashion yang menggunakan warna gold akan tampil mewah dan elegan. Biasanya bentuk logo harus sederhana, bersih dan elegan akan tampil menarik jika menggunakan warna emas.
Agar tampil semakin mewah, warna gold biasanya akan digunakan pada desain logo dengan latar belakang hitam. Penggunaan warna emas sering ditemui untuk brand fashion hijab atau fashion untuk dress wedding. Penggunaan font serif atau script untuk desain logo akan paling cocok jika dikombinasikan dengan warna emas.
Biru Muda untuk menciptakan Kesan Stylish
Desain logo dengan warna biru juga akan tampil menarik pada logo fashion, jika digunakan dalam variasi yang lembut atau warna biru muda. Penggunaan warna biru untuk logo fashion akan menciptakan brand yang tampil stylish dan terpercaya. Warna biru muda akan menciptakan kesan yang tenang dan nyaman.
Warna biru muda banyak digunakan untuk mencerminkan brand fashion untuk jaket atau jeans agar menciptakan kesan nyaman. Brand fashion dengan warna biru juga bisa menciptakan kesan elegan, terkadang digunakan dalam bentuk gradasi warna. Warna biru yang kalem dan bulat sering digunakan untuk logo fashion karena mencerminkan identitas fashion dengan baik.
KESIMPULAN
Warna brand fashion akan tampil mencerminkan citra fashion sesuai jenis bisnis dan identitas merek yang ingin dibangun. Brand fashion bisa memiliki citra fashion sporty, casual, elegan dan mewah bergantung desain logo dan warnanya. Ciri khas warna logo fashion secara umum memiliki tampilan sederhana, elegan dan mewah. Penting memilih warna brand yang sesuai dengan target audiens, jenis fashion dan identitas merek agar warna relevan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.