Identitas visual dapat diwakili dalam bentuk geometris, ikon gambar, dan tipografi, yang disusun menjadi desain logo. Ada banyak variasi style logo yang bisa digunakan mencerminkan identitas setiap merek dengan baik. Style desain logo modern memiliki banyak variasi yang menarik, namun kebanyakan akan berfokus pada desain sederhana dan minimalis.
Dalam membangun identitas yang kuat desain logo harus memilih kombinasi elemen visual yang relevan dan beda dari yang lain. Sebuah brand bisa memiliki beberapa variasi logo untuk memudahkan penggunaan. Tetapi sebaiknya hanya menggunakan satu style logo saja agar memudahkan untuk tampil konsisten dan profesional.
6 STYLE LOGO MODERN DALAM BRAND BERBEDA
Style logo desain modern sebagian besar menggunakan gaya sederhana agar mudah digunakan dan beradaptasi. Berbagai style desain logo memiliki kelebihan dan kekurangan dalam mencerminkan identitas merek. Berikut style logo modern yang sering digunakan pada berbagai jenis brand:
Monoline atau Line Art
Style logo ini hanya menggunakan satu garis yang terhubung, sehingga desain logo terlihat estetik dan sederhana. Terkadang gaya disebut juga lineart, karena menggunakan seni garis dalam menciptakan logo. Ikon logo tidak terlihat memiliki isi karena hanya menggunakan garis luar atau garis sederhana.
Logo untuk bisnis minuman tersebut memiliki desain logo dengan ikon yang tersusun dari garis-garis bersih. Desain logo terlihat bersih dan sederhana serta menciptakan kesan modern. Style logo ini sangat cocok dengan citra brand minuman yang disukai masyarakat urban karena tampil minimalis.
Negative Space
Gaya desain biasanya memiliki gambar yang terlihat terpotong atau memiliki area kosong di tengah. Area kosong tersebut diciptakan guna menunjukkan bentuk gambar tertentu. Style membuat desain terlihat dan memiliki bentuk yang mencerminkan identitas brand dengan baik.
Ruang kosong yang diciptakan pada ikon gambar pada logo tersebut berguna menunjukkan bentuk sendok, garpu hingga sepatu. Desain logo tidak terlihat rumit tetapi bisa memiliki ikon gambar yang mencerminkan produk brand. Style logo ini dipilih karena membuat desain menarik tetapi tetap sederhana dan minimalis.
Wordmark
Desain logo tidak harus selalu memiliki ikon gambar dan tagline yang panjang, cukup teks satu atau dua kata. Biasanya style logo modern yang hanya menggunakan tipografi ini digunakan pada logo yang memiliki nama bisnis yang pendek atau terdiri dari satu atau dua kaya. Banyak juga brand populer dunia menggunakan style ini seperti logo Amazon dan Coca-Cola.
Desain logo akan difokuskan untuk menciptakan style tipografi yang menarik, sehingga meski hanya teks logo tetap unik. Logo tersebut memiliki style tipografi yang berkesan menyenangkan dan ramah, sementara satunya bergaya modern dan bersih. Modifikasi beberapa huruf yang dibuat panjang, digabung dan dihilangkan tersebut membuat desain logo terlihat lebih menarik.
Baca juga: Gaya Tipografi Minuman Berdasarkan Kategori Minuman
Abstrak Icon
Biasanya desain logo ini seringkali menggunakan ikon saja sebagai logo utama karena lebih sederhana dan unik. Dalam beberapa kebutuhan akan ditambahkan teks nama merek seperti pada logo Adidas dan Nike. Terkadang teks nama brand pada desain tertentu akan ditambahkan untuk memperjelas nama merek.
Style logo modern ini berfokus pada penggunaan ikon logo yang memiliki bentuk abstrak. Terkadang berbentuk gambar tertentu yang dimodifikasi, kadang juga mengambil bentuk geometris atau simbol tertentu. Logo tersebut memiliki bentuk geometris yang lancip dan unik, terlihat juga seperti menunjukkan arah tertentu.
Maskot
Jenis logo ini menggunakan ikon logo berupa gambar karakter yang memiliki style tertentu. Gambar karakter bisa mengambil gambar manusia, hewan, kartun atau karakter yang diciptakan khusus untuk brand. Style logo maskot memiliki banyak variasi, ada yang dibuat siluet sederhana, warna-warni dan ada yang cukup mendetail.
Penggunaan logo karakter akan membantu merek mencerminkan karakter brand dengan baik. Gambar karakter akan memiliki ekspresi atau pose tertentu yang bisa merepresentasikan karakter brand. Karakter bisa tampil lucu, ramah, energik dan serius bergantung citra merek.
Monogram
Selain penggunaan ikon abstrak, desain logo termasuk paling sering menggunakan ikon berupa inisial nama merek atau bisnis. Style logo modern ini menggunakan satu huruf inisial saja agar lebih ringkas dan sederhana. Biasanya style logo ini digunakan pada brand yang hanya memiliki nama merek satu kata saja.
Desain logo tersebut terlihat lebih sederhana, bersih, minimalis serta bisa mudah digunakan dan beradaptasi dengan tren. Pada jenis logo ini bentuk huruf terbaca dengan jelas, meski dimodifikasi dengan unik. Kebanyakan style huruf akan tampil sederhana, tetapi ada yang memiliki garis tipis dan ada juga yang tebal.
Baca juga: Style Desain Logo Bisnis Teknologi yang Populer
TIPS MEMILIH STYLE LOGO MODERN
Dari beberapa style logo tersebut, ada lagi banyak variasi logo, penting untuk mempertimbangkan tujuan merek, jenis brand dan karakter merek agar memilih yang tepat. Setiap jenis style logo tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut tipis memilih style logo yang relevan:
Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangan Style Logo
Saat memilih style logo sebenarnya brand apapun bisa bebas tidak perlu mengikuti tren. Style logo modern memiliki banyak jenis, namun utamanya tampil sederhana dan minimalis sehingga timeless. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangan setiap style desain logo sehingga bisa memilih yang terbaik.
Pertimbangkan kebutuhan brand dan karakter brand, sehingga bisa memilih style logo yang tepat. Kelebihan dan kekurangan setiap style logo bisa digunakan untuk menyesuaikan tujuan dan citra merek.
Sesuaikan dengan Tujuan Brand
Pemilihan style logo untuk sebuah brand juga perlu memerhatikan tujuan brand ingin menonjolkan kesan seperti apa. Penggunaan style logo maskot akan membuat brand tampil lebih ekspresif. Ekspresi dan pose maskot visa mencerminkan karakter brand yang ramah, kuat atau energik.
Jika brand ingin membuat audiens mengingat lebih mudah mengingat nama merek maka bisa menggunakan style logo wordmark. Sementara penggunaan ikon logo saja akan membuat brand memiliki identitas visual yang ikonik. Desain logo yang memiliki tagline atau slogan akan efektif menciptakan kesan identitas yang kuat.
Baca juga: 9 Style Desain Logo Modern yang Unik
Sesuaikan Jenis Brand atau Bisnis
Dalam menciptakan identitas visual yang kuat, pertimbangkan untuk memilih style logo modern yang sesuai dengan jenis brand atau bisnis. Beberapa brand memiliki ciri khas gaya desain logo karena sesuai citra brand tersebut. Variasi desain logo tertentu bisa lebih cocok mencerminkan bisnis tertentu.
Misalnya pada jenis bisnis makanan dengan logo karakter karena bisa membuat logo terlihat menggugah selera. Sementara jenis bisnis seperti cafe akan lebih sesuai dengan logo monoline atau logo wordmark. Karena akan efektif menciptakan desain logo yang estetik dan minimalis.
Sesuaikan Dengan Kebutuhan Brand
Jika desain logo akan digunakan pada media digital dan cetak, maka perlu mempertimbangkan untuk menggunakan desain yang sederhana. Dapat pula memiliki beberapa jenis variasi desain logo, sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan. Seperti jenis logo kombinasi, favicon, atau logotype.
Favicon atau ikon saja akan digunakan sebagai ikon website, foto profil dan pada kop surat. Sementara logo kombinasi bisa digunakan pada header website hingga desain kemasan.
Baca juga: 7 Desain Logo Kombinasi Dua Warna yang Harmonis
VARIASI DESAIN LOGO
Logo Utama: desain logo ini memiliki kombinasi elemen-elemen visual yang mencerminkan identitas merek. Terdiri dari ikon logo, teks nama bisnis, bentuk geometris, tagline hingga tanggal berdiri.
Logo Secondary: desain logo tampil lebih sederhana dan hanya memiliki dua elemen utama. Desain logo memiliki kombinasi elemen utama teks nama merek dan ikon gambar yang relevan.
Logo Wordmark atau Logotype: Variasi ini hanya memiliki tipografi nama merek. Jenis logo ini bertujuan agar nama merek mudah diingat.
Favicon atau Icon: dari desain logo yang kompleks jenis logo hanya mengambil ikonnya saja untuk menyederhanakan identitas visual. Ikon logo yang sederhana akan mencerminkan identitas visual yang unik dan ikon pada ikon web kecil, foto profil hingga logo aplikasi digital.
KESIMPULAN
Ada banyak jenis style desain logo termasuk pada era modern yang sering tampil sederhana dan minimalis. Penggunaan style logo minimalis akan memudahkan logo diingat dan dikenali oleh audiens. Beberapa style logo tersebut digunakan pada berbagai jenis brand pada era modern. Setiap style logo akan menonjolkan hal berbeda bergantung pada kebutuhan merek.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.