Ketika memilih warna untuk digunakan dalam ada banyak variasi warna hingga skala warna yang bisa dipilih. Diantaranya seperti warna pastel yang lembut memiliki hue yang cerah tetapi lembut sehingga menciptakan tampilan desain yang soft. Warna pastel pada desain logo bisa merepresentasikan elegan, feminim dan ramah.
Warna ini menjadi populer pada era modern ini karena menciptakan tampilan yang menarik. Desain grafis dengan warna pastel seringkali digunakan untuk desain logo, kemasan hingga konten media sosial. Warna pastel umumnya terdiri dari warna merah muda pastel, ungu pastel, hijau pastel, biru pastel hingga kuning pastel.
MAKNA WARNA PASTEL DALAM DESAIN LOGO
Warna pastel dalam penggunaan untuk jenis desain yang berbeda akan memiliki makna dan asosiasi yang berbeda. Brand-brand yang bisa menggunakan warna pastel biasanya adalah brand fashion, kosmetik dan dessert. Berikut beberapa makna dan tujuan pemilihan warna pastel dalam desain logo:
Untuk Mencerminkan Logo Elegan
Warna pastel yang soft daripada variasi warna cerah mencolok ini membuat tampilan visual desain terlihat lebih elegan1. Desain logo yang elegan akan menciptakan brand yang terlihat mewah dan eksklusif. Warna ini juga bisa cocok untuk digunakan high end brand untuk menciptakan kesan elegan.
Desain logo dengan warna pastel dapat digunakan menciptakan brand elegan untuk fashion dan beauty. Tidak hanya untuk brand fashion beauty desain untuk brand apapun bisa memiliki kesan elegan. Brand yang elegan akan efektif memikat audien seperti perempuan contohnya untuk brand kosmetik dan skincare.
Baca juga: 5 Rekomendasi Palet Warna Untuk Brand Fashion yang Elegan
Mengkomunikasikan Kecantikan dan Kemurnian
Desain dengan warna pastel seperti biru dan pink juga bisa merepresentasikan kecantikan dan kemurnian. Warna yang lembut akan membuat tampilan desain terlihat cantik dan indah. Biasanya jika logo menggunakan ikon bunga atau font serif yang elegan warna pink akan menciptakan tampilan yang cantik.
Desain brand kosmetik dan skincare perempuan dengan warna pastel akan terlihat elegan dan merepresentasikan keindahan. Brand kecantikan dengan warna pastel terlihat sangat cocok sehingga banyak digunakan. Terkadang sering menggunakan kombinasi sesama warna pastel.
Untuk Merepresentasikan Brand Manis
Desain logo untuk brand dessert juga banyak yang menggunakan warna pastel. Warna merah muda pastel dan warna biru pastel biasanya sering digunakan untuk brand dessert. Kombinasi kedua warna ini juga banyak ditemui dalam brand dessert. Warna pastel yang lembut dapat merepresentasikan brand yang berkesan manis.
Menciptakan Brand dengan Kesan Romantis dan Musim Semi
Warna pastel juga bisa digunakan untuk merepresentasikan kesan romantis pada merek. Biasanya brand yang ingin menciptakan kesan romantis ini sepert parfum, dessert, atau desain logo cafe. Warna yang digunakan untuk merepresentasikan kesan romantis biasanya warna merah muda yang lembut.
Brand kecantikan juga banyak yang menggunakan warna pastel untuk menciptakan brand yang romantis. Warna-warna pastel juga bisa digunakan untuk mencitrakan brand yang bertema musim semi. Penggunaan warna kuning pastel, merah muda, biru pastel dan lainnya bisa mewakili warna bunga musim semi.
7 DESAIN LOGO WARNA PASTEL
Dalam penggunaanya brand dengan warna pastel seringkali memiliki warna merah muda, biru muda, ungu, krem, dan kuning. Ada juga variasi hijau pastel, biasanya warna pastel akan memiliki variasi warna yang pesat sehingga terlihat lembut. Berikut beberapa desain logo dengan warna pastel:
Desain Logo Als Beauty BAR
Logo untuk brand kecantikan ini memiliki kombinasi warna pastel merah muda dan ungu pastel. Kombinasi tersebut terlihat harmonis, indah dan elegan sehingga cocok dengan brand kecantikan. Logo dengan bentuk gabungan inisial huruf dibuat terlihat elegan sehingga cocok untuk menciptakan brand yang elegan.
Ikon dan tipografi elegan dikombinasikan dengan warna pastel yang lembut menciptakan visual logo yang menarik. Logo tersebut terlihat elegan dan cocok dengan brand kecantikan. Pemilihan tingkat kecerahan dan kombinasi warnanya menciptakan visual yang harmonis.
Baca juga: Penggunaan Tipografi Elegan pada Beragam Jenis Desain Grafis
Desain Logo Ameera
Logo dengan warna pastel tidak selalu dihubungkan dengan brand fashion atau kecantikan, untuk logo bisnis packaging pun terlihat menarik. Pemilihan warna merah muda pastel untuk logo tersebut bisa dikarenakan untuk menciptakan kesan brand yang tenang. Warna pastel yang dipilih membuat logo terlihat profesional dengan bentuk logo kombinasi ikon sederhana dan tipografi yang elegan.
Warna merah muda terlihat cocok dengan nama merek, meskipun warna pink tidak berhubungan dengan packaging tetapi dipilih untuk merepresentasikan identitas merek. Logo packaging akan terlihat unik dengan warna pastel dan mudah membedakan diri dari sesama bidang bisnis.
Desain Logo Njooylife
Jenis logo kombinasi untuk Njooylife tersebut terlihat unik karena menggabungkan nama merek dengan ikon burung hantu sederhana. Ikon gambar burung hantu sederhana tersebut digunakan untuk menggantikan huruf O dalam nama merek.
Kombinasi warna krem dan hijau paste terlihat harmonis dan menarik, pemilihan saturasi warna hijau membuatnya terlihat lembut. Warna krem yang digunakan untuk pada ikon burung hantu membuatnya ikon terlihat menonjol dan berbeda Kombinasi terlihat harmonis dan menunjukkan perbedaan elemen visualnya.
Desain Logo Daily Kyra
Warna hijau yang digunakan dalam shade warna yang lembut dapat digunakan untuk menciptakan kesan yang segar tetapi juga menangkan. Penggunaan warna hijau pastel tidak hanya terkait dengan lingkungan dan alam, tetapi juga bisa untuk brand fashion seperti pada logo tersebut. Shade warna hijau yang dipilih terlihat sangat harmonis dengan ikon logo inisial yang terlihat elegan.
Baca juga: 5 Rekomendasi Palet Warna Untuk Brand Fashion yang Elegan
Desain Logo Heritage
Pada logo tersebut warna pastel dikombinasikan dengan gaya visual logo yang terlihat elegan dan indah. Desain Logo Heritage memiliki font serif yang elegan dengan ikon inisial nama merek yang elegan juga. Warna pink pastel pada logo tersebut mendukung tampilan elegan dan mewah ikon logonya. Bisnis di bidang tekstil juga cocok saja menggunakan warna pink pastel karena memiliki ikon logo yang terlihat elegan.
Desain Logo Arna Sister’s
Desain logo warna sisters tersebut menggunakan warna biru laut dan pastel untuk menciptakan visual logo yang soft. Tipografi ramah dan bulat yang dipilih terlihat cocok dengan warna biru pastel. Warna monokrom yang digunakan dalam logo tersebut menciptakan tampilan yang semakin menarik. Logo dengan warna biru pastel terlihat merepresentasikan ketenangan dan tampilan yang elegan.
Desain Logo Lustery Hijab
Warna merah muda pastel yang paling sering digunakan untuk desain logo fashion. Penggunaan warna pink pastel pada brand hijab tersebut merepresentasikan kesan elegan dan feminim dari brand. Brand dengan warna pink pastel bisa digunakan untuk menarik perhatian konsumen perempuan untuk brand fashion. Logo inisial tersebut terlihat elegan dan cocok untuk brand fashion hijab, ditambah warna merah muda yang soft.
KESIMPULAN
Logo dapat memiliki warna yang bisa merepresentasikan identitas merek, ketika memilih warna tidak hanya visunnya tetapi penting untuk memilih makna yang tepat. Sama halnya ketika menggunakan warna pastel dalam desain logo, juga perlu menyesuaikan citra merek dan pesan merek. Warna pastel seperti biru, merah muda, ungu pastel hingga hijau pastel biasanya sering digunakan untuk brand fashion, kosmetik hingga logo untuk bisnis make up artist.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.
- The Power of Pastel Colors in Designing. (2023, Aug 18). Artwork Flow. https://www.artworkflowhq.com/resources/the-power-of-pastel-colors-in-designing#:~:text=Color%20psychology%20of%20pastel%20colors,-Many%20people%20equate&text=Here%20are%20some%20messages%20that,peaceful%20effect%20on%20your%20audience. ↩︎