Dalam era digital ini bisnis dalam bidang digital terus menarik banyak peminat. Perkembangan teknologi telah membawa bisnis banyak dikembangkan dalam bentuk digital. Banyaknya bisnis digital yang muncul harus diimbangi dengan branding bisnis yang kuat untuk merek bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan.
Bisnis digital semakin digemari karena melihat pula fenomena orang saat ini yang menggunakan smartphone untuk aktivitas keseharian. Bahkan bisnis non digital pun melakukan promosi dan pemasaran melalui berbagai platform digital. Jenis bisnis digital pada era ini umumnya terkait dengan layanan yang memudahkan manusia.
Ada banyak jenis layanan yang mulai beralih ke dalam aplikasi digital karena dinilai lebih praktis. Layanan digital juga menghemat biaya dan efisiensi waktu, ini memungkinkan pengguna bisa menghemat waktu dengan memanfaatkan layanan digital. Beberapa layanan digital yang banyak seperti e-commerce, kursus online, media sosial, e-money hingga berbagai aplikasi digital lainnya.
Perlu dipahami bagi yang ingin mulai berbisnis digital jika bersaing pada era digital sangatlah sengit. Saat ini banyak orang berlomba-lomba menciptakan layanan digital untuk memudahkan berbagai aktivitas banyak orang. Ada beberapa strategi dan tips dalam membangun branding untuk bisnis digital utamanya seperti aplikasi layanan digital.
Tips Membangun Branding Bisnis Digital
Branding untuk bisnis digital dapat membantu untuk bisnis membedakan diri, membangun citra positif dan menarik perhatian audiens. Penting untuk membangun branding yang kuat di tengah ketatnya persaingan bisnis digital. Berikut beberapa tips yang efektif membangun branding bisnis digital:
Mengutamakan Kebutuhan Target Audiens
Dalam bisnis digital yang menyediakan layanan digital untuk pelanggan, penting untuk mengetahui kebutuhan audiens. Bisnis digital bisa menyediakan apa yang dibutuhkan untuk membangun citra yang positif. Sebelum menentukan target audiens penting untuk mengetahui apa saja karakteristik, preferensi hingga kebutuhan utama audiens pada layanan bisnis digital tersebut.
Misalnya layanan digital untuk kesehatan, penting untuk mengetahui dalam aplikasi digital tentang kesehatan apa saja biasanya dibutuhkan audiens. Termasuk juga mengetahui bagaimana mereka menggunakan aplikasi digital. Mengutamakan kebutuhan audiens dalam bisnis digital sangat penting untuk membangun kepercayaan dan citra positif.
Baca juga: Bisnis Populer pada Era Digital
Ciptakan Keunikan pada Bisnis Digital
Untuk membangun branding merek digital yang kuat penting untuk menciptakan keunikan dalam layanan digitalnya. Banyaknya pesaing pada era ini mengharuskan bisnis digital untuk menciptakan ciri unik yang membedakan dari yang lain. Keunikan ini bisa menjadi kelebihan dari bisnis digital dan bisa dijadikan pertimbangan audiens dalam memilih bisnis digital yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Untuk menciptakan keunikan, perhatikan layanan serupa dari bisnis digital atau pesaing lainnya untuk menemukan celah yang bisa diisi. Manfaatkan kekurangan pesaing dalam layanan digital, dan terapkan pada bisnis digital milikmu. Sampaikan hal ini dalam materi pemasaran tentang keunikan bisnis yang membedakan dari bisnis yang serupa. Ini berguna untuk membangun fondasi yang kuat.
Pastikan Bisnis Digital Memiliki Konsistensi Visual
Dalam bisnis digital tampilan visual dari aplikasi atau website memiliki peran penting untuk membangun citra yang positif. Untuk itu penting memastikan desain tampilan visual menarik perhatian dan memberikan kenyamanan. Penting untuk mengoptimalkan desain UI/UX pada aplikasi digital.
Ketika desain menarik secara visual dan memudahkan penggunaan, pelanggan akan setia dan terus menggunakan layanan digital tersebut. Desainnya juga harus konsisten pada logo, warna, tipografi dan elemen visual lainnya. Penggunaan elemen visual identitas merek berperan penting dalam membangun kesadaran merek yang kuat.
Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi
Pada era digital ini untuk mempromosikan bisnis digital paling efektif dengan memanfaatkan media digital seperti media sosial. Tunjukkan kelebihan dari bisnis digital dalam bentuk konten yang menarik baik itu poster ataupun video singkat. Pastikan desain konten menarik perhatian dan bisa menunjukkan keunggulan layanan digital yang disediakan bisnis.
Mempromosikan layanan digital bisa dengan melalui postingan feeds, atau layanan ads yang disediakan dari media sosial atau platform. Agar efektif pastikan konten promosi dipasang pada jam yang tepat agar menjangkau banyak audiens.
Pastikan juga konten untuk promosi relevan dengan tren atau kebutuhan audiens. Selain itu, media sosial memungkinkan untuk konten promosi berinteraksi dengan audiens ini bisa digunakan untuk membangun citra positif.
Fokus Memberikan Pengalaman Pengguna yang Positif
Penting untuk bisnis digital bisa memberikan pengalaman pengguna yang positif dengan memfokuskan dalam pelayanan. Salah satu kunci kesuksesan dari bisnis digital adalah dengan memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan ketika mengakses aplikasi digital. Untuk menciptakan pengalaman pengguna yang positif pastikan desainnya mudah dimengerti, memudahkan navigasi dan menggunakan warna yang nyaman.
Kecepatan muat aplikasi juga memengaruhi kenyamanan pengguna dalam menggunakan layanan digital. Mengoptimalkan tampilan dan kecepatan muat akan membangu kesan positif dari bisnis digital pada audiens.
Sediakan Konten yang Relevan
Dalam layanan digital penting untuk memastikan konten dalam aplikasi relevan dengan pengguna. Konten yang relevan akan sesuai dengan kebutuhan, minat dan tren, pengguna bisa merasa puas karena konten menarik. Penggunaan analisis data pencarian pengguna akan membantu bisnis digital menyediakan konten yang relevan dengan pengguna.
Pilihan Nama dan Tagline yang Efektif
Nama bisnis dan tagline juga membantu audiens untuk mengenali bisnis dengan mudah. Penggunaan nama bisnis harus bisa mencerminkan layanan digital yang disediakan dengan menggunakan bahasa yang mudah.
Tagline yang menarik juga berperan penting dalam menarik perhatian audiens. Penggunaan tagline yang singkat, mudah diingat dan mencerminkan produk akan berguna untuk membangun branding bisnis digital.
Mudah Diakses dan Responsif

Untuk bisnis digital penting untuk memastikan jika aplikasi atau website mudah diakses menggunakan berbagai jenis perangkat dan ukuran yang berbeda. Jika tampilan desainnya bisa responsif ini akan memberikan kemudahan pengguna mengakses layanan digital menggunakan apapun. Pengguna akan merasa puas desain aplikasi atau website nyaman dilihat dan terlihat jelas pada berbagai ukuran layar.
Baca juga: Ide Konten Media Sosial untuk Membangun Branding Merek
KESIMPULAN
Dalam membangun branding bisnis digital yang berupa aplikasi digital ataupun website penting untuk membangun branding yang kuat. Dengan menerapkan beberapa tips branding tersebut dengan bijak, akan membantu bisnis membangun branding yang kuat. Untuk membangun bisnis digital di tengah persaingan yang sengit, butuh strategi yang unik dan akan memerlukan waktu.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.