Bisnis Populer pada Era Digital

Dalam dunia bisnis khususnya pada era digital ini telah banyak dipengaruhi oleh teknologi digital. Ada beberapa bisnis yang mengalami kenaikan popularitas dalam era digital ini. Selain itu banyak juga banyak bisnis baru bermunculan dalam era digital dan menjadi populer.

Dunia bisnis terus dikembangkan dan disesuaikan dengan keadaan era digital, mulai dari menyediakan sistem pelayanan online. Era digital bisnis harus bisa menyesuaikan diri agar bisa terus relevan. Selain penyediaan sistem online juga penting untuk menggunakan teknologi dalam sistem produksi dan distribusi produk.

Bisnis yang populer pada era digital ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa alasan. Biasanya bisnis era digital bisa menyesuaikan keadaan, dan berhasil menyediakan kebutuhan konsumen. Sehingga tidak heran dapat meraih popularitas dengan cepat dan berkembang pesat.

Read More

Bisnis pada era digital ini tidak muncul begitu saja, melainkan karena pengusaha berhasil melihat peluang yang menjanjikan. Jika ingin memulai bisnis era digital ini pastikan memahami betul keadaan pasar, kebutuhan konsumen hingga sistem bisnis era digital.

Artikel ini akan membahas beberapa jenis bisnis yang populer pada era digital yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Namun perlu dipahami jika ingin berhasil berarti memahami dengan baik tentang kebutuhan mendesak dalam era digital.

Beberapa Bisnis Populer pada Era Digital

Dengan mengetahui beberapa bisnis yang populer pada era digital bisa dijadikan pertimbangan ide bisnis. Entah ide bisnis baru yang belum ada, atau membuat bisnis yang sama tetapi dengan inovasi baru yang berbeda. Berikut beberapa bisnis populer populer pada era digital:

Aplikasi Streaming Digital

Salah satu bisnis yang meraih popularitas akhir-akhir ini adalah platform streaming digital untuk film maupun series. Melihat popularitas beberapa streaming digital besar membuat banyak pengusaha ingin mengikuti jejak mereka. Aplikasi ini memudahkan bagi penggemar film untuk dapat menonton dimana dan kapan saja.

Ditambah lagi aplikasi ini mudah diakses pada berbagai perangkat dan cukup fleksibel. Tidak hanya untuk menayangkan film, aplikasi streaming ini berhasil meraih popularitas karena menyediakan streaming untuk berbagai acara lainnya. Terkadang juga menyediakan tayangan live olahraga seperti aplikasi vidio.

E-Commerce (Perdagangan Daring)

Aplikasi satu ini sangat berguna untuk melakukan belanja online dari mana saja, dan hanya tinggal menunggu barang datang. Beragam pilihan barang dan harga memudahkan pelanggan memilih barang sekaligus menghemat transport.

Pada era digital aplikasi e-commerce sangatlah populer karena bisa menyesuaikan kebutuhan konsumen akan pembelian dan penjualan barang. Aplikasi seperti amazon, shopee, tokopedia dan lainnya telah membantu banyak orang termasuk sebagai penjual barang atau pembeli barang.

Popularitas platform e-commerce ini karena berhasil memberikan manfaat dalam kecepatan proses belanja. Termasuk kenyamanan belanja online dari rumah, bahkan penjual pun bisa menjual barang secara online hanya dari rumah.

Aplikasi Layanan Pengiriman

Dibarengi dengan popularitas platform e-commerce, kemunculan bisnis aplikasi layanan pengiriman barang juga meningkat. Banyaknya orang belanja online ini kemudian membutuhkan semakin banyak pula layanan untuk melakukan pengiriman agar pesanan bisa segera sampai.

Tidak hanya untuk aplikasi layanan untuk mengantar paket belanja, era digital semua orang suka hal instan bahkan pada makanan. Sehingga mulai muncullah aplikasi yang bisa mengantarkan banyak hal, mulai dari sebagai kendaraan, makanan hingga barang apapun dalam waktu singkat. Aplikasi Gojek dan Grab berhasil meraih popularitas bukan hanya mengantarkan orang tetapi juga makanan dari restoran dan barang pribadi ke tempat lain.

Teknologi Keuangan (Fintech)

Ada banyak juga aplikasi yang memudahkan dalam layanan keuangan yang populer pada era digital. Kemudahan bertransaksi uang secara online memudahkan dalam transaksi jual-beli, pinjaman hingga investasi. Melihat fenomena ini banyak aplikasi yang bergerak dalam fintech bermunculan.

Layanan keuangan secara global seperti paypal, untuk indonesia seperti Brimo, BCA mobile, Dana hingga Bibit. Aplikasi tersebut menyediakan berbagai keperluan tentang keuangan seperti pembayaran digital, pinjaman online dan untuk transaksi keuangan. Bahkan banyak aplikasi pengiriman dan e-commerce memiliki sistem keuangan atau aplikasi pembayaran digital tersendiri seperti Grab yang memiliki OVO.

Media Sosial dan Konten Digital

Platform sosial media pada era ini bukan hanya untuk mengunggah foto atau video hiburan, sekarang sudah banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis juga. Aplikasi Facebook misalnya memiliki tempat untuk marketplace bertransaksi secara jual beli dengan mudah.

Sementara Tiktok dan Instagram banyak digunakan untuk mempromosikan bisnis melalui konten yang menarik. Banyak bisnis berhasil meraih popularitas berkat berpromosi melalui sosial media, dengan membuat konten menarik.


Teknologi Kesehatan (Healthtech)

Pada era digital ini layanan digital banyak dikembangkan pada berbagai bidang termasuk kesehatan. Layanan berbasis kesehatan ini biasanya digunakan untuk berkonsultasi dengan dokter melalui online. Ini memberikan kemudahan termasuk untuk mendapatkan obat resep dari dokter. Konsultasi kesehatan ini juga termasuk konsultasi kesehatan psikologis.

Teknologi Pendidikan (Edtech)

Dalam era digital sistem pembelajaran dan les banyak yang dilakukan secara online. Ini memudahkan siswa belajar les dari rumah dengan nyaman. Banyak aplikasi yang menyediakan jasa akademi dan kursus online, untuk siapapun yang ingin belajar secara online.

Keamanan dan Privasi Digital

Pada era digital ini banyak hal dilakukan secara online sehingga penyalahgunaan informasi dan masalah keamanan data semakin rawan. Ini memunculkan banyak bisnis yang menyediakan layanan keamanan cyber dan privasi data. Bisnis layanan ini biasanya menyediakan keamanan digital untuk berbagai perusahaan dan individu.

KESIMPULAN

Dalam era digital yang mana segala kegiatan baik bekerja, bepergian hingga belajar pun ditunjang oleh teknologi. Kemudahan ini membantu masyarakat melakukan melakukan berbagai kegiatan secara online. Banyak bisnis digital bermunculan ini dipengaruhi oleh tingginya minat masyarakat pada teknologi online. Hal Ini karena aplikasi digital memudahkan dalam belanja, bertransaksi hingga berinvestasi.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts