Media sosial berperan penting dalam membangun merek, meperkenalkan merek hingga mempromosikan produk. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan konten media sosial yang efektif. Umumnya konten dalam media sosial cukup beragam bergantung tujuan dan pesan yang ingin disampaikan. Berikut 4 jenis konten yang efektif di media sosial untuk membangun branding.
EDUCATION ATAU PENDIDIKAN
Sosial media kerap kali menjadi platform yang dipilih untuk memberikan edukasi tentang banyak hal. Konten pada media sosial banyak yang digunakan untuk mengedukasi mulai dari kesehatan, lingkungan hingga sejarah.
Bagaimana cara atau Tutorial
Konten untuk pendidikan atau mengedukasi terkadang berisi cara melakukan sesuatu dengan sederhana. Apa yang akan dijelaskan dalam konten edukasi yang mengajari audiens sesuatu akan berupa tips penting hingga tutorial sederhana. Desain akan dibuat menarik terkadang juga berupa infografis ilustrasi.
Tutorial harus dijelaskan dengan cara sederhana menggunakan ilustrasi yang menarik, serta teks singkat. Pastikan desain konten edukasi mudah dipahami.
Langkah-langkah
Konten yang digunakan untuk mengedukasi audiens juga bisa menjelaskan langkah-langkah. Ini bisa menyangkut apapun bergantung jenis akunnya. Misal akun bisnis makanan, bisa memberikan langkah-langkah mengkreasikan makanan tersebut.
Konten yang berisi angkah-langkah ini kebanyakan juga digunakan menjelaskan pada audiens tentang cara pembelian produk atau berlangganan.
List, Alat atau Fitur, Sumber riset
Konten pendidikan juga bisa diisi dengan memberikan list seperti film, buku, fashion hingga website desain. Banyak pengguna media sosial yang tertarik dengan list seperti ini untuk dijadikan kuburan. Jenis listnya bisa disesuaikan dengan akun atau merek.
Selain list, konten juga bisa berisi list peralatan atau fitur menarik dari sebuah aplikasi. Biasanya beberapa mungkin tidak fitur menarik dari sebuah aplikasi desain. Konten yang mengedukasi juga bisa memberikan list sumber riset untuk jurnal atau inspirasi desain.
Membagikan Proses Sesuatu
Konten edukasi seringkali juga membagikan informasi tentang proses-proses sesuatu. Jelaskan proses yang sesuai dengan yang dibutuhkan audiens agar bisa menarik perhatian mereka. Jangan lupa sesuaikan pula konten proses ini dengan merek.
Proses ini bukanlah tutorial melainkan cara sesuatu bisa tercipta. Proses ini lebih kelangkah konsep bukan teknisnya.
Bagaimana Mendapatkan Hasil From This To This
Konten edukasi juga bisa membuat konten yang relevan dengan audiens, misalnya from this to this. Jenis konten ini cukup populer dan masih banyak digemari karena menunjukkan adanya perubahan sesuatu. Konten seperti ini bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk.
Misalnya untuk produk skincare menunjukkan perubahan sebelum pemakaian dan sesudah. Ini akan meningkatkan daya tarik konsumen pada produk skincare. Jenis konten yang menunjukkan perubahan seperti ini akan efektif untuk memperkenalkan produk atau layanan tertentu.
Baca juga: Membangun Branding untuk Bisnis Digital: Tips dan Strategi
INSPIRASI
Media sosial tidak hanya digunakan memposting produk, layanan, diskon atau tips tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk memotivasi pengguna. Orang cenderung menggunakan media sosial dalam waktu yang lama. Menggunakan konten yang bisa memotivasi pengguna sosial media juga bakal dilakukan oleh akun bisnis atau usaha.
Konten tetap harus terkait dengan merek, ajak pengguna atau audiens untuk bergabung dengan merek. Motivasi mereka dengan konten cerita pelanggan merek. Hal seperti ini bisa menginspirasi audiens mengikuti jejak pelanggan lain.
Untuk Meningkatkan Sesuatu
Buatlah konten yang berisi inspirasi untuk audiens meningkatkan sesuatu. Misalnya meningkatkan kepercayaan diri, kenyamanan keseharian hingga kenyamanan perjalanan. Motivasi audiens untuk berlangganan dengan merek atau membeli produk merek sehingga bisa meningkatkan sesuatu misalnya kepercayaan diri wajah yang bersih.
Inspirasi Berani Melangkah Zona Nyaman
Gunakan konten inspirasi untuk meningkatkan branding dengan memanfaatkan nilai merek. Ajak audiens untuk melangkah ke zona nyaman yang terkait dengan merek. Tunjukkan kelebihan merek dalam konten media sosial. Sehingga audiens tertarik keluar zona nyaman dan ingin menggunakan produk dari merek.
Inspirasi Memulai Rutinitas Baru, Hobby Dan Lifestyle
Manfaatkan media sosial untuk menginspirasi audiens melakukan rutinitas baru, hobby baru hingga lifestyle baru. Kaitkan konten dengan merek atau produk merek. Misalnya untuk merek agen perjalanan, buatlah konten yang menginspirasi audiens melakukan perjalanan dan keluar dari zona nyaman bersama bisnismu.
Baca juga: Ide Desain Sampul Facebook Disesuaikan Kebutuhan
HIBURAN
Untuk membangun branding di media sosial konten juga dapat berisi hiburan yang menarik. Ketika membuka sosial media pengguna cenderung mencari hiburan atau sekedar melepas penat. Konten yang menghibur cenderung akan menarik perhatian dan bisa meningkatkan jumlah like atau komentar. Buat konten yang terkait merek dengan menghibur.
Ajak Audiens Memasuki Dunia Merek
Ciptakan konten yang menghibur dengan mengambil inspirasi dari keseharian untuk meningkatkan daya tarik. Orang cenderung akan relate dengan merek ketika kontennya familiar dengan mereka. Misalnya penggunaan drama, meme, atau POV yang bisa relevan dengan audiens.
Amati audiens cari sesuatu yang sedang tren, gunakan sebagai konten namun kaitkan dengan merek. Mengajak audiens untuk memasuki dunia merek bisa dilakukan dengan memberikan konten terkait masalah yang dihadapi audiens. Lalu merek bisa memberikan solusinya dengan produk atau layanan merek.
Pemanfaatan Voiceover Reels
Konten reels pada instagram pada media sosial juga kerap kali memberikan inspirasi konten yang menghibur. Ada banyak jenis konten yang bisa diikuti untuk relevan dengan yang lain misalnya dengan voiceover reels. Audio pada reels seringkali bisa digunakan untuk membuat konten menjangkau lebih banyak audiens.
Relevan Dengan Tren Hiburan

Untuk membuat konten media sosial yang bisa menarik perhatian agar berguna membangun branding merek. Pantai tren di media sosial dan manfaatkan tren tersebut untuk meningkatkan daya tarik audiens pada merek. Ketika ada meme yang populer dalam media sosial, ikutlah bergabung membuat meme tersebut sesuaikan dengan merek atau jenis akun bisnis.
Baca juga: Ide Konten Media Sosial untuk Membangun Branding Merek
PERCAKAPAN
Dalam membangun branding pada media sosial yang efektif jangan lewatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Setiap ada kesempatan gunakan hal itu menanggapi audiens. Misalnya dengan menjawab pertanyaan, voting hingga respon pada setiap keluhan dan saran.
Tunjukan Klien Testimoni
Untuk meningkatkan kepercayaan audiens pada merek, selalu tunjukkan testimoni klien di media sosial. Jika perlu buat sorotan atau folder tersendiri tentang testimoni agar mudah ditemukan oleh audiens. Gunakan watermark pada testimoni agar tidak dicuri, pastikan testimoni terlihat jelas.
Freebies Merek
Bagi merek atau bisnis yang sudah terkenal menjual freebies bisa meningkatkan daya tarik konsumen. Freebies bisa didapatkan klien dengan membeli produk atau layanan. Desain freebies yang dibuat lucu akan menarik perhatian dan minat pelanggan.
Interaksi Aktif dengan Pelanggan
Untuk menunjukkan profesionalitas merek, selalu tanggapi setiap pertanyaan dan keluhan dengan bahasa yang sopan. Jawab pertanyaan audiens terkait merek sesering mungkin. Selain itu gunakan konten tanya jawab untuk berinteraksi dengan audiens.
Baca juga: Perbedaan Marketing dan Branding untuk Membangun Merek
KESIMPULAN
Media sosial menjadi platform online yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk membangun branding merek yang kuat dan efektif melalui konten menarik. Dengan merancang berbagai konten menarik yang masih relevan dengan merek dan tren akan menarik perhatian audiens dan efektif mengenalkan merek. Maka dari itu rancang konten yang relevan dengan audiens agar bisa meningkatkan branding merek.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.