Ide Desain Sampul Facebook Disesuaikan Kebutuhan

0
(0)

Facebook Pada era ini masih menjadi platform yang digemari banyak orang. Meskipun semakin aplikasi media sosial, nyatanya berkat facebook yang terus berinovasi masih digemari banyak orang. Terutama untuk kebutuhan promosi bisnis, untuk itu penting menggunakan ide desain sampul facebook yang menarik agar bisnis bersaing.

Ketika ingin mendesain sampul untuk facebook pastikan memperhatikan tujuan akun apakah bisnis atau pribadi. Jika pribadi maka sampul bisa disesuaikan dengan karakter pribadi, termasuk menonjolkan prestasi. Namun untuk akun bisnis penting untuk menyesuaikan dengan identitas merek, atau sesuatu yang terkait merek, misalkan sesuatu yang sedang dipromosikan. Hal ini termasuk produk baru, atau informasi penting terkait bisnis.

Ada juga desain sampul yang berisi informasi penting tentang cara pemesanan produk atau layanan. Sampul juga bisa berisi info jam operasional atau harga produk. Hal ini karena sampul yang pertama kali dilihat audiens ketika mengunjungi akun facebook.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Untuk ukuran sampul facebook sendiri adalah rasio 16:9, penting menyesuaikan ukurannya agar desainnya tidak ada yang terpotong. Desain dengan ukuran tepat dapat membuat pesan di sampul terlihat jelas. Simak artikel ini untuk mendapatkan beberapa inspirasi sampul facebook yang berguna membangun branding.

Ide Kreatif Desain Sampul Facebook

Desain sampul berperan penting dalam membangun karakter dan branding baik personal atau pribadi. Sampul facebook adalah elemen pertama yang akan dilihat oleh audiens akun, yang bisa memberikan kesan pertama pada audiens. Untuk itu penting untuk mendesain sampul dengan memikat. Berikut beberapa idenya:

Sampul Berisi Informasi Penting

Desain sampul untuk bisnis maupun personal terkadang bisa digunakan untuk memberikan informasi dalam tampilan visual menarik. Untuk bisnis sampul dapat didesain untuk menunjukkan informasi seperti jam operasional, cara pemesanan hingga produk informasi produk unggulan.

Penggunaan informasi penting pada sampul bisa efektif untuk memberikan informasi pada audiens tentang merek atau bisnis. Selain untuk bisnis sampul juga bisa memberikan informasi tentang pemilik akun. Misalnya informasi tentang hal-hal yang digemari atau kutipan kata-kata motivasi.

Foto Pribadi yang Menarik

Biasanya untuk akun pribadi banyak juga yang menggunakan foto pribadi sebagai foto sampul. Ini akan memudahkan orang lain melihat dengan jelas siapa pemilik akunnya. Meskipun menggunakan foto pribadi pastikan desainnya menarik tidak hanya sekedar foto saja.

Gunakan teknik manipulasi foto untuk mendesain sampul facebook dengan foto pribadi. Misalnya kolase foto pribadi, sampul tema scrapbook atau penggunaan filter tertentu. Jika foto profil fokus menunjukkan wajah pemilik akun maka sampul bisa dijadikan untuk branding personal, Misalnya foto pribadi saat berkegiatan dan lain-lain.

Pastikan foto berkualitas tinggi dan ekspresif untuk digunakan pada sampul agar terlihat jelas. Sehingga foto sampul bisa menunjukkan karakter dan kepribadian pribadi.

Portofolio Karya

Sampul biasanya terletak paling atas, sehingga ini menjadi hal pertama yang dilihat oleh orang lain. Untuk itu sampul bisa dijadikan tempat untuk menunjukkan portofolio secara singkat, baik untuk pribadi maupun bisnis. Hal ini akan memudahkan audiens mengetahui apa yang ditawarkan akun dari pertama kali melihatnya.

Misalnya untuk para seniman, fotografer, desainer, pengrajin dan lainnya menggunakan sampul untuk menunjukkan portofolio pada audiens. Portofolio pada sampul dapat dibuat dengan desain menarik, dengan memanfaatkan kolase dan teks yang mendukung. Gunakan karya-karya terbaik atau proyek-proyek terbaru untuk ditampilkan pada sampul facebook.

Kutipan Inspiratif atau Slogan

Desain sampul facebook terkadang juga berisi kutipan inspiratif yang ingin disampaikan pemilik akun atau bisnis. Untuk bisnis biasanya berupa slogan atau tagline merek, ini akan menunjukkan konsistensi untuk membangun identitas merek yang kuat. Penggunaan kata-kata motivasi dan slogan dapat mencerminkan karakter dan kepribadian merek.

Peta atau Tempat Favorit

Terkadang juga ada yang menggunakan sampul facebook berupa gambar peta atau tempat favorit. Foto tempat favorit ini menunjukkan hal-hal yang disukai oleh pemilik terkadang juga tempat tinggal. Untuk peta biasanya digunakan untuk orang suka travelling untuk menunjukkan destinasi yang mereka inginkan.

Terkadang penggunaan peta pada foto sampul akun bisnis untuk menunjukkan lokasi bisnis berada atau cabang-cabangnya. Hal ini akan memudahkan orang menemukan lokasi bisnis. Terkadang sampul juga digunakan untuk menampilkan foto tempat bisnis untuk menarik perhatian pengunjung.

Gradients dan Efek Visual

Untuk orang yang gemar dengan hal-hal estetika terkadang sampul gradien bisa menjadi pilihan yang unik. Penggunaan tampilan sampul gradien akan memberikan kesan sederhana dan unik. Ini juga bisa menggambarkan kepribadian pengguna akun tersebut.

Selain gradien ada beberapa efek visual lainnya yang menarik untuk menunjukkan kesan artistik. Misalnya penggunaan gambar 3D, distorsi, dan efek filter dapat menciptakan desain sampul unik dan berbeda dari yang lain.

Foto Tim atau Keluarga

Untuk akun bisnis bisa juga menggunakan foto tim untuk menunjukkan pada pelanggan siapa saja orang yang terlibat pada usaha tersebut. Hal seperti ini bisa membangun citra positif, seolah bisnis menekankan kekompakan tim dalam menjalankan usaha. Untuk akun pribadi sering juga menggunakan foto keluarga dan teman terdekat.

Kolase Kegiatan atau Hobi

Sampul facebook sering digunakan untuk menunjukkan tentang kegiatan apa saja yang dilakukan bisnis atau hobi yang dilakukan pribadi. Untuk akun bisnis sampul yang didesain untuk menampilkan berbagai kegiatan yang dilakukan bisnis, akan meningkatkan ketertarikan. Sama halnya dengan akun sekolah atau universitas, penggunaan sampul yang berisi berbagai kegiatan dapat membantu meningkatkan daya tarik.

Untuk kebutuhan pribadi sampul biasanya dapat berupa kolase foto-foto kegiatan dan hobi. Ini cocok digunakan untuk menunjukkan pada publik tentang kegiatan yang dilakukan [pemilik akun. Kolase berisi berbagai kegiatan ini dapat dijadikan sebagai langkah membangun branding personal.

Ciptakan Efek Visual dengan Ilustrasi

Sampul facebook juga terkadang menggunakan gambar-gambar lucu dan unik, untuk menghias tampilan akun dengan menarik. Misalnya gambar stiker lucu, gambar ilustrasi, animasi atau doodle. Penggunaan desain abstrak dan unik juga bisa digunakan untuk memberikan kesan yang unik. Pemilihan gambar pada sampul ini dapat menunjukkan karakter pemilik akun.

Cocokkan dengan Foto Profil

Untuk memberikan kesan unik dan konsistensi visual gunakan foto sampul yang sesuai dan cocok dengan foto profil. Foto sampul yang memiliki kesinambungan dengan foto profil akan menarik perhatian. Ada yang terhubung gambarnya ada yang memiliki warna atau konsep yang sama.

KESIMPULAN

Desain sampul facebook bukan hanya sekedar untuk memberikan tampilan akun menjadi menarik. Tetapi desain sampul bisa digunakan untuk membangun branding merek atau bisnis. Dengan desain yang tepat dan bisa mencerminkan bisnis dan merek, maka desain sampul dapat menjadi alat yang kuat untuk membangun identitas pribadi dan merek.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts