Warna logo biasanya menyesuaikan dengan karakter dan kesan yang ingin dibangun, namun selain itu perlu memerhatikan efektivitasnya. Beberapa warna dan kombinasi dapat akan kurang efektif untuk digunakan dalam desain logo. Hindari memilih warna logo yang tidak efektif dan bisa membuat logo sulit digunakan dalam beragam konteks.
Untuk pemilihan logo memang harus disesuaikan dengan makna yang ingin disampaikan agar mencerminkan identitas merek dengan baik. Selain itu warna logo juga harus membuat logo terlihat menarik perhatian audiens. Warna logo terkadang juga berupa gabungan beberapa warna, dimana kombinasi warna harus seimbang.
Dalam memilih warna untuk logo pertimbangkan juga konteks penggunaan warna, termasuk pada media cetak dan digital. Warna desain logo umumnya harus bisa membuat logo tetap terlihat jelas dan terbaca dengan baik pada berbagai ukuran dan media. Untuk itu perlu menghindari memilih warna yang tidak efektif untuk desain logo.
WARNA YANG PERLU DIHINDARI PADA DESAIN LOGO
Dalam menciptakan desain logo yang menarik perhatian penting memilih warna yang tepat, warna harus mencerminkan identitas merek dan efektif dalam berbagai konteks penggunaan. Meskipun setiap warna memiliki makna dan kesan tertentu, namun ada beberapa warna yang bisa membuat logo tidak terlihat jelas pada semua penggunaan. Berikut beberapa warna yang perlu dihindari pada logo karne tidak efektif:
Warna yang Terlalu Cerah atau Terlalu Terang
Menggunakan warna yang terlalu cerah untuk logo bisa membuat bentuk logo kurang jelas. Ketika logo menggunakan warna yang terlalu cerah logo bisa sulit dikenali karena bentuk logonya jadi kurang jelas. Meskipun warna terang pada logo akan membuat logo menclok pada latar gelap, namun logo malah bisa sulit dibaca.
Hindari penggunaan warna yang terlalu cerah karena bisa membuat desain menjadi kurang menarik. Warna yang cerah juga bisa membuat mata audiens lelah karena memandang warna yang terlalu cerah. Untuk itu gunakan warna yang lebih netral agar desain bisa tampak lebih jelas dan mudah dibaca.
Warna yang Terlalu Gelap
Penggunaan warna yang terlalu gelap juga bisa membuat desain logo jadi kurang jelas. Terutama pada latar dengan warna gelap, logo yang menggunakan warna gelap bisa kurang terlihat. Untuk penggunaan logo pada media digital, jika ponsel atau komputer menggunakan mode gelap akan sulit melihat bentuk logo.
Selain itu logo yang berwarna gelap akan kurang efektif untuk menarik perhatian karena warna yang mencolok. Hindari penggunaan warna gelap pada latar belakang yang gelap juga. Meskipun fleksibel mungkin warna gelap akan tidak efektif untuk jenis bisnis yang sesuai yang ingin menciptakan kesan ramah dan ceria. Penggunaan warna gelap pada desain logo juga terkesan klise.
Baca juga: 7 Kombinasi Warna untuk Desain Memiliki Tampilan Mewah
Warna Neon atau Neon-like
Hindari juga untuk menggunakan warna neon untuk desain logo karena dapat memberikan kesan kurang profesional. Meskipun warna neon yang bercahaya dapat menciptakan tampilan mencolok tapi akan kurang efektif untuk berbagai konteks. Pada latar belakang yang cerah warna neon juga akan sulit terbaca dengan jelas.
Logo dengan warna neon akan kurang efektif untuk media cetak dan ukuran yang kecil. Untuk itu hindari menggunakan warna neon yang bercahaya karena bisa memberikan kesan kurang serius dan tidak profesional. Ketika akan menggunakan jenis logo ini pertimbangkan dengan hati-hati agar logo tidak memiliki tampilan visual yang mengganggu.
Warna yang Tidak Sesuai dengan Merek
Penting untuk memilih warna logo yang sesuai dengan karakter atau kesan yang ingin diciptakan merek. Hindari menggunakan warna yang tidak sesuai dengan jenis industri, produk dan karakter merek. Jika merek terkait dengan industri air, penggunaan warna biru adalah yang paling tepat bukan warna merah atau kuning.
Berbeda lagi jika merek terkait rasa maka warna kuning masih bisa. Tetapi pada desain logo, warna harus umum bukan spesifik pada jenis produk tetapi karakter dan pesan yang ingin disampaikan merek. Gunakan warna yang paling cocok untuk menggambarkan identitas merek tau industrinya.
Warna yang tidak sesuai dengan nilai merek, target audiens bisa salah tangkap makna dari logo. Untuk itu pilih warna yang bisa menciptakan asosiasi akan yang sesuai dengan karakter merek, seperti elegan, ceria atau tenang.
Baca juga: Beragam Penggunaan Warna Netral untuk Desain Grafis
Warna yang Terlalu Monoton
Menggunakan warna desain yang terlalu monoton dapat membuat desain menjadi membosankan dan kurang menarik. Penggunaan satu warna tunggal dapat memberikan kesan merek yang datar dan tidak kurang unik. Jika memungkinkan gunakan minimal dua warna agar logo terlihat lebih menarik.
Meskipun warna tunggal bisa fleksibel dan membuatnya mudah beradaptasi tetapi menjadi kurang menarik. Gunakan kombinasi warna untuk memberikan dimensi dan meningkatkan daya tarik. Pastikan untuk memilih kombinasi warna yang terlihat harmonis dan memiliki keseimbngan visual. Sesuaikan juga warna yang dikombinasikan dengan pesan dan karakter merek.
Warna yang Berlawanan dengan Psikologi Warna
Ketika ingin mengkombinasikan dua warna atau lebih dalam desain logo, berhati-hatilah dalam memilih warnanya. Beberapa warna mungkin terlalu kontras dan tidak cocok untuk dipadukan dalam desain logo. Untuk itu hindari menggunakan kombinasi warna yang berlawanan dalam roda warna.
Warna tersebut sering disebut warna komplementer, tidak disarankan untuk logo karena tampilannya terlalu kontras satu sama lain. Tidak tidak cocok untuk dipadukan warna ini juga memiliki makan yang terllau berbeda, seperti warna merah yang berkesan energi, sementara biru memiliki kesan tenang. Hindari penggunaang warna yang bertentangan tersebut, karena kombinasinya maknanya saling bertentangan.
Baca juga: Warna-warna yang Harus Dihindari agar Desain Terlihat Harmonis
Warna yang Tidak Kontras
Selain menghindari memilih warna yang terlalu bertentangan, hindari juga memilih warna yang tidak memiliki kontras yang cukup dengan latar belakang. Pilih warna logo memiliki kontras yang cukup dengan latar belakang agar desain logo terlihat dan terbaca dengan jelas. Hal ini penting agar logo bisa mudah dibaca dan dikenali dalam beragam penggunaan.
KESIMPULAN
Dalam desain logo pemilihan warna sangatlah penting sehingga perlu mempertimbangkan beberapa hal, termasuk kesesuaian dengan merek dan pesan yang ingin disampaikan. Ketika memilih ada juga warna-warna yang perlu dihindari karena terlalu kontras satu sama lain. Dengan menghindari beberapa warna tersebut yang disesuaikan dengan alasan merek akan membantu menciptakan logo yang efektif. Untuk membangun identitas merek yang kuat penting untuk memilih warna yang tepat dan sesuai pesanan merek
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.