Tantangan Menciptakan Logo yang Diterima Secara Global

Ketika suatu merek ingin memasuki pasar global penting untuk memiliki desain logo yang bisa diterima secara global. Untuk memasuki pasar global suatu brand terkadang perlu menyesuaikan kembali desain logo agar terus relevan. Dalam menciptakan desain logo yang diterima secara global ada beberapa tantangan yang sering dihadapi.

Tantangan Menciptakan Logo yang Diterima Secara Global

Perlu dipahami jika memasuki pasar global berarti menyesuaikan merek dengan kebutuhan konsumen secara global. Setiap negara mungkin akan memiliki budaya dan preferensi berbeda ada desain logo. Menciptakan logo yang bisa diterima secara global sangatlah penting jika merek ingin memasuki pasar global.

MENGAPA MENYESUAIKAN LOGO DENGAN PASAR GLOBAL PENTING?

Jika desain logo memiliki bentuk yang sangat kental dengan budaya tertentu ini bisa membuat logo menjadi kurang relevan. Audiens global bisa bingung dengan identitas merek tersebut. Umumnya logo yang bisa diterima secara global harus sederhana, responsif dan fleksibel. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Desain logo yang digunakan secara global harus memiliki bentuk sederhana yang mudah dipahami dan dibaca oleh orang secara global. Sehingga logo bisa cepat membangun kesadaran merek yang kuat. Mungkin menggunakan bahasa daerah akan terlihat autentik, tetapi bisa membingungkan audiens global untuk membaca nama merek. 

Logo merek yang memasuki pasar global akan digunakan dalam berbagai media dan platform sehingga perlu memiliki bentuk sederhana, mudah dibaca dan mudah dipahami. Terkadang bahasa dan simbol yang digunakan dalam logo akan memiliki makna berbeda disetiap negara.

TANTANGAN DALAM MENCIPTAKAN LOGO GLOBAL

Untuk menciptakan desain logo merek yang ingin memasuki pasar global1, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ada beberapa tantangan yang perlu diperhatikan agar menciptakan logo yang efektif. Berikut beberapa tantangan dalam menciptakan desain logo yang diterima secara global: 

Perbedaan Budaya

Salah satu tantangan yang perlu diperhatikan saat ingin menciptakan desain logo yang bisa diterima secara global adalah masalah perbedaan budaya. Ini bisa menjadi masalah yang serius, karena jika tidak memerhatikan hal ini logo bisa menyinggung budaya dari negara lain. Perbedaan budaya ini menjadi tantangan karena setiap tempat akan memiliki makna yang berbeda pada simbol dan warna tertentu.

Pemilihan elemen desain logo harus mempertimbangkan masalah ini agar logo bisa diterima secara global. Elemen logo seperti warna, ikon dan nama merek dapat memiliki makna berbeda pada setiap negara. Amati perbedaan budaya ini menggunakan elemen yang memiliki makna yang sama secara global. Pertimbangkan perbedaan nilai dan budaya ketika memilih logo merek yang digunakan untuk global.

Linguistik

Selain perbedaan budaya masalah linguistik pemilihan kata, makna dan cara pengucapan juga menjadi tantangan tersendiri ketika menciptakan logo merek global. Kata-kata dalam logo harus dipilih dengan bijak dan hati-hati sehingga nama merek mudah diucapkan oleh audiens. Mengambil nama merek dari bahasa tertentu bisa membingungkan audiens dalam mengucapkannya. 

Jika pengucapan nama merek sulit, ini akan menyulitkan merek untuk diingat dan dikenali oleh audiens. Hati-hati juga dengan memilih kata-kata yang bermakna ganda, terkadang makna suatu kata memilih konotasi berbeda pada negara yang berbeda. Ketika ingin menggabungkan dua kata menjadi satu kata untuk nama merek hindari juga kesalahan penulisan karena bisa menyebabkan makna menjadi berbeda. 

Simbolisme

Dalam menciptakan logo yang bisa diterima oleh global, simbol atau ikon yang digunakan dalam desain logo bisa menjadi masalah. Simbol-simbol yang digunakan dalam desain logo bisa memiliki makna berbeda pada berbagai negara. Ketika memilih simbol tertentu untuk dijadikan logo, pastikan simbol tidak bermakna negatif atau tidak sesuai dengan pesan merek.

Suatu simbol dapat memiliki makna tertentu pada negara yang berbeda, untuk itu penting melakukan penelitian tentang makna simbol-simbol sebelum memilihnya. Perbedaan budaya menjadi salah satu faktor yang bisa membuat simbol memiliki makna yang berbeda pada tempat yang berbeda. Pastikan pemilihan bentuk simbol logo tidak menyinggung budaya tertentu. 

Baca juga: Tips Memilih Ikon atau Simbol Logo yang Mencerminkan Merek

Warna

Tantangan Menciptakan Logo yang Diterima Secara Global

Elemen desain logo seperti warna juga bisa menjadi tantangan dalam menciptakan desain logo global. Seperti yang sudah kita tahu setiap warna memiliki makna psikologi yang berbeda. Termasuk negara warna-warna dapat memiliki kesan dan makna yang berbeda. 

Pada negara satu makna bisa bermakna keberuntungan, namun di negara lainnya warna bisa bermakna negatif atau berkonotasi buruk. Jika memilih logo tidak memerhatikan perbedaan makna warna di setiap negara, ini bisa menyebabkan masalah. 

Beberapa negara mungkin memaknai warna berbeda dengan orang-orang secara global. Sebagai contoh warna merah di negara china dianggap sebagai simbol keberuntungan, sementara beberapa negara barat menganggap warna merah sebagai simbol bahaya. 

Sederhana dan Serbaguna

Merek yang berniat memasuki pasar global sebaiknya memiliki desain logo yang sederhana dan serbaguna. Ini bisa menjadi tantangan terutama jika merek ingin memiliki logo yang unik. Logo yang sederhana cenderung lebih mudah beradaptasi pada berbagai media dan perangkat.

Merek yang memasuki global akan digunakan dalam berbagai media dan platform, jika bentuknya rumit ini akan kurang efektif. Jika diperhatikan beberapa logo global terkenal seperti amazon, prada hingga apple memiliki jenis logo yang sederhana. Bentuknya yang sederhana membuat logo tersebut mudah untuk digunakan.

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Membuat Desain Logo yang Sederhana

Logo tersebut berfokus dengan bentuk ikon yang sederhana namun terlihat unggul. Desain logo adalah salah satu contoh logo sederhana terbaik karena unik namun sederhana. 

STRATEGI UNTUK MENCIPTAKAN LOGO GLOBAL

Untuk mengembangkan merek secara global, selain menghadapi tantang dalam menciptakan logo global, penting memahami strategi terbaik dalam menciptakan logo global. Berikut beberapa strategi untuk menciptakan logo global: 

Riset yang Mendalam

Ketika ingin membangun merek global yang kuat, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu dengan mendalam. Pahami hal penting dalam menciptakan logo global agar membangun merek yang kuat2, seperti:

  • Apa prinsip dan nilai inti dari merek?
  • Gaya visual seperti apa yang ingin diciptakan?
  • Apa jenis industri atau bisnis dari merek?
  • Bagaimana gaya karakter dan komunikasi merek yang ingin dibangun?
  • Apa yang anda harapkan dari audiens ketika melihat mereka anda? 

Hal-hal tersebut akan membantu anda dalam menemukan gaya desain atau bentuk logo yang paling sesuai dengan identitas merek. Pertimbangkan jawaban dari pertanyaan tersebut ketika memilih elemen desain logo. Selain itu lakukan riset pula tentang budaya, nilai-nilai dan preferensi masyarakat secara global.

Pastikan Identitas Merek Konsisten

Ketika ingin menciptakan desain identitas merek global yang kuat, konsistensi logo juga merupakan hal penting. Penggunaan elemen-elemen seperti warna, ikon, tipografi dan gaya visual harus dipilih yang bisa konsisten. Jika warna tidak konsisten dalam media cetak dan digital ini bisa membingungkan audiens dan menyulitkan pengenalan merek. 

Baca juga: Jenis Tipografi untuk Identitas Merek Berdasarkan Jenis Bisnis

Terkadang bentuk logo yang rumit bisa membuat bentuk logo tidak konsisten pada berbagai ukuran dan media. Logo yang memiliki bentuk rumit akan sulit dikenali oleh audiens jika bentuknya berubah-ubah. Desain logo global harus terlihat sama pada semua platform dan ukuran untuk membangun branding global yang kuat.

Menggunakan Simbol Universal

Tantangan Menciptakan Logo yang Diterima Secara Global

Untuk ikon logo, gunakan simbol-simbol yang universal, bentuk simbol yang tidak familiar dikenali secara global bisa membingungkan. Pilih simbol yang sekiranya bentuknya dikenali secara global. Simbol-simbol yang umum biasanya seperti simbol air, daun, api atau petir. 

Terkadang ada merek yang menggunakan simbol dari kebudayaan lokal, yang mana ini bisa membingungkan audiens global. Pastikan juga simbol yang dipilih memiliki makna yang sama secara global seperti simbol air. 

Jika menggunakan simbol yang terkait dengan budaya tertentu maknanya bisa berbeda di negara yang berbeda dan dapat menyebabkan kebingungan. Pilih simbol yang tidak memandang latar belakang dan budaya tertentu, agar cocok untuk merek global. 

KESIMPULAN

Bagi brand yang ingin memasuki pasar global penting untuk menciptakan desain identitas merek diterima secara universal. Ada beberapa tantangan dan strategi yang perlu diperhatikan agar desain logo bisa diterima secara global. Beberapa diantaranya seperti pemahaman perbedaan budaya dan preferensi setiap negara seperti dalam pembahasan tersebut.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. 11 Contoh Desain Logo Hebat di Berbagai Pasar Global. (2017, October 16). https://www.logodesignteam.com/blog/11-examples-great-logo-designs-different-global-markets/ ↩︎
  2. Acclaro. (2024). Global brand strategy: How to develop an appealing international brand.  https://www.acclaro.com/blog/global-brand-strategy-how-to-develop-an-appealing-international-brand/  ↩︎