Brand Awareness: Definisi dan Pentingnya Kesadaran Merek

Brand awareness atau yang biasa disebut juga kesadaran merek ini adalah konsep penting dalam dunia pemasaran. Kesadaran merek ini melihat bagaimana pemahaman merek dengan dan pengetahuan konsumen pada merek. Untuk dapat membangun kesadaran atau kehadiran merek yang kuat perlu memperhatikan beberapa hal.

Brand awareness tentang bagaimana konsumen melihat merek atau bagaimana mereka mengenali. Sederhananya ketika semakin banyak orang mengenali merek maka kesadaran mereknya tinggi. Jika konsumen banyak mengingat merek ini bisa menjadi fondasi yang kuat dalam membangun citra merek.

Untuk memahami lebih dalam tentang kesadaran merek, artikel ini akan membahas tentang apa itu brand awareness, serta pentingnya brand awareness untuk membangun ingatan merek yang kuat di kalangan konsumen.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

PERBEDAAN BRAND AWARENESS DENGAN BRANDING

Perlu dipahami jika brand awareness tidak sama dengan branding. Branding merupakan proses dalam menciptakan elemen visual yang mewakili identitas merek seperti logo, desain dan nilai-nilai merek.

Sementara brand awareness atau kesadaran merek, ini merupakan sejauh mana konsumen mengingat dan mengenali merek. Jadi singkatnya branding berfokus pada proses menciptakan identitas sedangkan brand awareness lebih fokus pada tingkat pengenalan merek oleh konsumen.

Dari sini bisa dipahami bahwa keduanya berbeda namun berperan penting dalam menciptakan identitas yang kuat dan meninggalkan kesan merek sehingga merek mudah diingat atau dikenali.

APA ITU BRAND AWARENESS?

Seperti yang sudah dibahas diatas, brand awareness ini berfokus pada bagaimana tingkat pengetahuan dan pengenalan merek di kalangan konsumen, intinya sejauh mana pelanggan mengingat merek. Terdapat dua dimensi yang paling utama dalam kesadaran merek, yaitu:

Unaided Awareness:

Ini mengacu pada bagaimana kemampuan konsumen dalam mengingat merek. Biasanya dilihat dari merek apa yang paling diingat pelanggan ketika ditanya suatu produk tertentu tanpa diberikan petunjuk apapun. Ini akan menunjukkan seberapa populer merek tersebut hingga terlintas pada pikiran pelanggan ketika ditanya tentang merek suatu produk.

Untuk lebih mudahnya, misalnya jika seseorang ditanya menyebutkan merek makanan ringan, merek apa yang muncul dipikiran mereka pertama kali tanpa diberi petunjuk. Ini akan memperlihatkan kesadaran konsumen terhadap merek, merek berhasil meninggalkan kesan yang kuat sehingga diingat pertama kali oleh pelanggan di antara banyaknya merek lain.

Aided Awareness:

Sementara aided awareness ini menunjukkan tingkat pengetahuan konsumen pada merek ketika diberikan pilihan. Ini akan memperlihatkan seberapa baik merek membangun suatu keunggulan dari produk sehingga ketika diberi opsi konsumen akan memikirkan merek tersebut.

Misalnya, ketika seseorang disuruh untuk menyebutkan merek ponsel dengan kamera bagus, konsumen biasanya akan menyebutkan merek tertentu ketika diberi panduan lebih terperinci.

PENTINGNYA BRAND AWARENESS

Kesadaran merek ini sama pentingnya dengan branding, keberhasilan brand awareness akan menciptakan identitas yang kuat. Dapat diukur dengan melihat seberapa baik pengetahuan konsumen terhadap merek ketika diminta menyebutkan merek dari suatu produk tertentu.

Jika brand awareness dapat dibangun dengan kuat maka ini akan meninggalkan kesan yang kuat di ingatan konsumen.

Mengidentifikasi Merek

Kesadaran merek membantu konsumen untuk mengingat dan mengenali merek. Penting bagi merek meningkatkan kesadaran merek, agar konsumen mudah mengidentifikasi merek di antara banyaknya merek lain yang ada dipasaran.

Ketika kesadaran merek dapat dibagundengan kuat, hal ini akan memudahkan pelanggan menentukan pilihan ketika akan membeli suatu produk. Meskipun ada banyak opsi terkadang merek dengan brand awareness yang kuat akan lebih dipilih.

Membangun Kepercayaan

Brand awareness juga bisa membantu dalam membangun kepercayaan. Tingkat pengenalan merek yang tinggi dapat membangun kepercayaan.

Biasanya pelanggan akan lebih memilih merek yang dikenal banyak orang daripada merek yang tak begitu dikenal. Ini karena terkadang konsumen menganggap merek yang dikenali semua orang dapat lebih dipercaya.

Pembeda dari Kompetitor

Membangun brand awareness akan membuat merek berbeda dari merek pesaing. Dalam persaingan bisnis yang ketat, penting terlihat menonjol dan unggul.

Dengan membangun kesadaran merek yang kuat akan membuat merek lebih dikenali oleh pelanggan. Konsumen biasanya akan lebih memilih produk yang sudah dikenal, maka agar merek bisa menonjol penting membangun kesadaran merek.

Membangun Loyalitas Pelanggan

Kesadaran merek memiliki peran dalam membangun kesetiaan pelanggan pada merek. Membangun kesadaran merek akan membantu pelanggan mudah mengenali merek, pelanggan cenderung memilih merek yang sudah mereka kenali.

Meskipun terkadang pelanggan dihadapkan banyak pilihan baru, banyak pelanggan tidak ingin mengambil resiko memilih merek baru yang belum dikenal.

Memudahkan Proses Pembelian

Merek yang dikenal banyak orang biasanya akan tersedia berbagai tempat bahkan penjual kecil sekalipun. Merek akan mudah ditemui dimanapun, selain itu pelanggan tidak perlu bingung memilih merek karena sudah akrab dengan merek tersebut.

Proses pembelian akan lebih cepat ketika pelanggan mengenali merek dengan baik. Sehingga tidak perlu mempertimbangkan lebih lama terkait harga kualitas ketika membeli produk atau layanan.

KESIMPULAN

Brand awareness atau kesadaran merek ini merupakan hal penting dan fondasi untuk menciptakan hubungan yang kuat antara merek dengan pelanggan. Perlu untuk memahami betapa pentingnya kesadaran merek, dan bagaimana kesadaran merek memberikan manfaat dalam membangun identitas yang kuat.

Keberhasilan dari membangun kesadaran merek akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap merek, membedakan merek dari pesaing, mudah mengenali merek dan mempercepat proses pembelian. Biasanya pelanggan akan lebih percaya dengan produk yang dikenal banyak orang daripada produk baru.

Kesadaran merek juga membantu merek berkembang dan menciptakan strategi pemasaran yang efektif, ini akan membantu merek bertahan lama. Dengan menggabungkan kampanye online dan offline akan menjadi kunci meningkatkan brand awareness.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts