Warna tidak hanya berguna meningkatkan estetika desain logo tetapi juga memiliki makna psikologi yang digunakan mewakili karakter brand. Dalam logo bakery ada beberapa warna yang sering digunakan seperti warna emas, coklat, hingga warna pastel. Warna dalam logo bakery memiliki peran dalam membentuk persepsi konsumen, menciptakan suasana emosional, dan menentukan kesan dalam ingatan konsumen.
Kombinasi warna dan warna yang terpilih dalam logo bakery akan disesuaikan kebutuhan dan karakter yang ingin dibangun brand. Penggunaan warna yang berkesan manis dan lembut akan lebih relevan untuk brand bakery dibandingkan warna mencolok seperti neon. Selain memerhatikan warna logo bakery, desain logonya juga memiliki banyak variasi gaya desain yang disesuaikan dengan target pasarnya.
4 Logo Bakery dengan Psikologi Warna Berbeda
Desain logo bakery umumnya akan memiliki style logo minimalis akan memberi kesan premium dan berkualitas tinggi. Logo juga seringkali menggunakan ikon gambar kue agar memudahkan identitas brand dikenali. Sementara warna logo bakery sering menggunakan warna pastel, emas, hingga warna coklat yang khas mewakili karakter brand bakery seperti pada empat logo ini:
Warna Emas dalam Logo Chherize Bake House
Visual warna emas identik dengan kemewahan, kehangatan, dan prestise ini menciptakan logo bakery yang berkesan premium. Logo bake house mewakili pesan jika produk bakery memiliki kualitas premium dan produk dibuat dengan standar tinggi.
Warna emas juga menciptakan asosiasi jika produk roti yang matang sempurna atau kulit roti yang kecoklatan ini identik dengan rasa lezat.
Kesan yang Diciptakan:
Warna emas juga akan memberikan rasa percaya konsumen pada produk yang ditawarkan berkualitas tinggi.
Emas akan menciptakan kesan brand eksklusif, ini cocok untuk brand bakery yang ingin menargetkan pasar kelas menengah ke atas.
Dampak terhadap Brand:
Warna emas akan membuat brand memiliki nilai jual emosional yang tinggi karena warna emas sering dihubungkan dengan penghargaan dan kemenangan.
Logo bakery berwarna emas juga akan membuat brand menonjol di antara pesaing yang memiliki warna pastel atau warna cerah.
Warna Pink Pastel dalam Logo Nochi Donut
Desain logo minimalis ini memiliki ikon gambar donat yang sederhana dan menggunakan warna pink pastel. Warna pink pastel dalam logo ini mengkomunikasikan kelembutan, keceriaan, dan sisi playful yang manis. Warna merah muda cocok untuk logo produk donat yang identik dengan kesenangan atau camilan santai.
Merah muda pastel juga sering diasosiasikan dengan kehangatan lembut dan keramahan karakter brand.
Kesan yang Diciptakan:
Warna pink pastel dalam logo bakery akan menarik perhatian target pasar anak muda dan remaja.
Logo bakery minimalis dengan warna pink pastel yang lembut akan memberi kesan ramah, bersahabat, dan penuh keceriaan. Ini akan membuat produk bakery donut ini akan terasa lebih mudah dijangkau.
Dampak terhadap Brand:
Dengan warna pink pastel logo bakery akan memiliki daya tarik visual yang lebih menarik di media sosial, hal ini karena pink pastel mudah dikombinasikan dengan elemen visual yang bersih dan desain minimalis.
Warna pink lembut akan menciptakan citra brand yang menyenangkan dan cocok untuk suasana santai.
Baca juga: 4 Style Logo Inisial Geometris yang Minimalis dan Modern
Warna Kuning & Coklat dalam Logo My Classic Cake
Logo bakery ini memiliki potongan kue dengan warna kuning lembut yang menandakan optimisme, kebahagiaan, dan kehangatan. Sementara warna coklat dalam logo menciptakan kesan natural, homey, dan dapat dipercaya.
Kombinasi warna kuning dan coklat tampil harmonis ini diasosiasikan dengan brand kue rumahan dan aroma panggangan yang khas.
Kesan yang Diciptakan:
Warna cokelat dan kuning dalam logo bakery ini akan menciptakan nuansa tradisional dan nyaman seperti kue buatan rumah dari resep turun-temurun.
Kombinasi warna hangat ini akan memberi kesan jika produk fokus menciptakan rasa otentik dan kualitas yang konsisten.
Dampak terhadap Brand:
Dampak warna hangat terhadap brand bakery ini menguatkan citra brand dengan nilai nostalgia dan kehangatan.
Warna ini cocok untuk menargetkan pasar keluarga dan konsumen yang mencari rasa klasik.
Warna Ungu dalam Logo Lila Backerei
Logo memiliki style ikon siluet kombinasi awan, bulan, dan perempuan memegang kue ini memiliki style warna gradasi. Warna ungu lembut sering dikaitkan dengan kreativitas, kemegahan, dan keunikan. Variasi warna pastel ini membuat ungu menciptakan kelembutan sekaligus kesan dreamy dan artistik.
Efek gradasi warna ungu dan pink pastel dalam logo bakery ini juga memberi efek menenangkan dan inspiratif.
Kesan yang Diciptakan:
Warna akan membuat logo bakery menonjol di pasar karena jarang digunakan pada logo bakery. Untuk itu ini akan menciptakan diferensiasi visual yang kuat dan menonjol, ini juga karena logo memiliki efek gradasi lembut.
Warna ungu pastel dalam logo juga memberi kesan elegan sekaligus imajinatif sehingga cocok untuk produk bakery yang memiliki sentuhan seni. Ungu akan mewakili bisnis bakery yang memiliki layanan kustom bentuk dan desain kue yang menarik dan kreatif.
Dampak Terhadap Brand:
Kombinasi gradasi ungu dan pink yang lembut akan mengundang rasa penasaran konsumen karena kombinasi unik warna dan ikon.
Warna ungu tersebut juga memperkuat identitas brand bakery yang kreatif dan memiliki kesan berkelas.
Baca juga: 7 Desain Logo Kombinasi Warna Biru yang Harmonis
Perbedaan Branding Logo Bakery: Tradisional vs Modern
Style desain logo bakery yang digunakan bukan hanya sebagai identitas visual tetapi juga cermin dari gaya dan filosofi brand. Beberapa desain logo bakery yang memilih tampil tradisional untuk menonjolkan kesan klasik dan resep turun-temurun. Untuk logo bakery modern akan menonjolkan tren minimalis dan sebagai daya tarik generasi muda. Keempat logo tersebut juga memiliki style desain yang berbeda untuk merepresentasikan karakter brand berbeda bukan hanya melalui warnanya saja.
Logo Bakery Gaya Tradisional: Chherize & My Classic Cake
Kedua logo memiliki gaya klasik agar berkesan premium dan memiliki nuansa nostalgia, kedua logo juga memiliki warna hangat.
Ikon dan Detail:
- Chherize menggunakan ikon gandum dan bentuk roti yang jelas.
- My Classic Cake menggunakan ikon potongan kue yang realistis.
Warna Hangat dan Natural:
Kedau logo didominasi warna emas, coklat, dan kuning untuk memberi kesan homey dan hangat seperti produk bakery.
Tipografi bergaya Vintage:
Chherize memiliki font script dengan huruf tebal sehingga menciptakan nuansa nostalgia dan tradisional pada brand bakery.
My Classic Cake ini menggunakan font tebal dan bulat, meski font sederhana tetapi garis luar yang tebal memberi kesan nostalgia.
Baca juga: Perbedaan Gaya Font Script dalam Logo Brand Berbeda
Logo Bakery Gaya Modern: Nochi Donut & Lila Backerei
Kedau desain logo ini memiliki style logo minimalis dan bersih dengan gaya ikon sederhana yang mudah dikenali dan diingat.
Desain Minimalis dan Ikon Sederhana:
Nochi Donut menggunakan style ikon gambar donat yang sederhana dan bersih, memiliki sedikit detail dan bentuk yang jelas.
Lila Backerei memakai siluet dan simbol bulan-bintang yang artistik, ikon siluet menciptakan desain logo yang bersih dan bergaya modern.
Warna Pastel & Tren Kontemporer:
Logo bakery ini memiliki warna pastel yang lembut yaitu ungu dan pink, variasi warna pastel akan memberi kesan lembut dan manis, warna ini juga populer di media sosial saat ini.
Tipografi Sans Serif Bersih:
Logo modern memang populer dengan penggunaan font sans serif termasuk untuk desain logo bakery. Kedua gaya font sans serif dalam logo bakery ini akan menciptakan kesan modern dan membuat nama brand mudah dibaca.
- Nochi Donut menggunakan font sans serif yang bergaya elegan dan bersih.
- Lila Backerei juga menggunakan font sans serif hanya saja memiliki gaya huruf tebal dan kesan yang lebih tajam.
Kesimpulan
Pemilihan warna mampu membangun karakter brand brand bakery dari yang mewah, kreatif, dan elegan. Warna-warna yang populer dalam logo bakery seperti warna emas, pink pastel, kuning kecoklatan, hingga ungu pastel. Warna logo bukan soal estetika, tetapi setiap warna tersebut akan merepresentasikan karakter brand yang berbeda. Pemilihan gaya desain untuk logo bakery yang tradisional atau modern juga harus disesuaikan target pasar dan citra brand yang ingin dibangun.
Cek portofolio kami di Instagram @jasalogoid, atau langsung hubungi kami via WhatsApp di 087784907560. Kamu juga bisa cek konten kreatif kami di TikTok @jasalogo.id.