Desain Logo Era Digital: Ciri Khas dan Hal Penting

Desain identitas merek diciptakan untuk bisa mencerminkan nilai dan karakter merek dengan baik. Logo umumnya tersusun dari teks dan ikon, yang mana gaya visualnya menyesuaikan identitas merek dan industri. Pada era modern dan digital ini desain logo  diciptakan dengan memerhatikan fleksibilitas logo dalam berbagai media digital.

Desain Logo Era Digital: Ciri Khas dan Hal Penting

Logo sebagai identitas visual merek juga harus relevan dengan pasar, industri dan preferensi audiens dan zaman. Penting untuk menciptakan logo yang bisa relevan maupun timeless, sehingga merek tidak perlu terlalu sering melakukan rebranding. Termasuk untuk era modern ini logo perlu menyesuaikan dengan tren atau keadaan pasar.

Ketika menciptakan desain logo pada era ini perhatikan beberapa tren desain yang menjadi favorit banyak orang. Selain ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan seperti berikut ini:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Responsif pada Semua Perangkat

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan pada era ini adalah desain logo harus responsif pada semua perangkat dan media digital. Era modern ini sebagian besar kegiatan dilakukan secara online termasuk dalam pemasaran merek dan membangun branding. Untuk itu logo harus dibuat agar ramah pada perangkat lunak digital sehingga logo dapat membangun identitas merek yang kuat

Desain Logo Era Digital: Ciri Khas dan Hal Penting

Buat logo yang bisa terlihat jelas pada semua perangkat digital, biasanya logo akan digunakan pada media sosial, aplikasi dan website. Sehingga pada era serba digital ini desain logo harus memiliki tampilan logo yang bisa mempertahankan kualitas dan bentuk logo pada semua media digital. 

Setiap media digital memiliki ukuran dan format yang berbeda, jika logo ini membangun kehadiran online yang kuat, logo harus responsif. Desain logo yang responsif harus bisa menyesuaikan dalam berbagai format dan ukuran media digital yang berbeda. 

Fleksibel 

Selain responsif, desain logo era digital juga harus fleksibel, logo yang akan digunakan dalam berbagai media digital harus memiliki bentuk yang fleksibel. Dimana logo harus tetap memiliki ukuran dan bentuk logo yang sama dalam berbagai ukuran. Termasuk untuk kebutuhan media cetak logo harus tetap terlihat sama.

Baca juga: 8 Tren Desain Logo yang Populer Tahun 2024

Desain logo pada era digital ini akan digunakan pada media digital sekaligus cetak, dalam penggunaan keduanya desain logo harus tetap terlihat jelas. Logo yang fleksibel akan tetap memiliki kualitas yang sama serta bentuk logo yang tidak berubah pada berbagai jenis media. Umumnya logo yang fleksibel adalah logo yang memiliki bentuk sederhana dan jelas. 

Mencerminkan Teknologi

Pada era digital banyak logo yang dibuat agar mencerminkan era teknologi canggih agar terlihat relevan. Era ini sangat identik dengan kemajuan teknologi dan futuristik, beberapa merek terkadang menyesuaikan dengan gaya modern atau futuristik. Logo yang mencerminkan teknologi biasanya memiliki bentuk geometri dan efek visual futuristik.

Desain logo era modern seringkali menggunakan gaya 3D, memiliki efek bayangan, hingga efek holographic pada logo. Sebenarnya penggunaan efek tersebut bisa membuat logo kurang fleksibel untuk media cetak. Desain logo yang ingin mencerminkan era bisa dibuat lebih sederhana dengan bentuk geometris sederhana atau dekorasi garis-garis putus.

Tahan Terhadap Perubahan

Pada era digital perubahan tren begitu cepat karena dipengaruhi oleh teknologi yang semakin canggih. Untuk itu desain logo juga perlu diciptakan agar bisa tahan terhadap perubahan dan tren yang terus berubah. Logo yang bisa tahan akan perubahan akan membantu merek mempertahankan branding merek dalam waktu yang lama.

Desain logo yang tahan akan perubahan biasanya tidak menggunakan elemen atau gaya visual yang sedang tren. Hal ini karena elemen tidak akan bertahan lama, meskipun dapat membuat merek terlihat lebih menarik. Pastikan untuk membuat desain logo yang tahan akan perubahan, tren dan kondisi pasar.

CIRI-CIRI DESAIN LOGO MODERN

Jika desain logo era digital ini digunakan dalam berbagai media digital, maka penting untuk memiliki logo yang fleksibel dan responsif. Berbicara soal desain logo modern ini ada beberapa ciri-ciri logo yang khas era digital seperti:

Logo Sederhana

Logo yang menjadi ciri khas era digital ini adalah kesederhanaan bentuk logo dan warna yang digunakan. Hal ini karena agar logo dapat digunakan dalam berbagai media dan platform namun kualitas logo masih sama. Desain logo dengan bentuk yang sederhana akan lebih mudah beradaptasi dan konsisten.

Desain Logo Ecommerce

Baca juga: 4 Contoh Desain Logo dengan Warna Monokrom

Biasanya, logo yang sederhana akan menggunakan bentuk ikon sederhana, seperti berupa outline saja. Tipografi yang digunakan serif modern dan sans serif modern karena mudah dibaca, dan fleksibel dalam berbagai ukuran. 

Untuk mempertahankan kesederhanaan logo bisanya juga menggunakan warna yang minimalis, biasanya tidak lebih dari dua warna, banyak yang menggunakan satu warna. Seringkali banyak logo yang menggunakan warna hitam.

Menggunakan Bentuk Geometri

Beberapa logo pada era digital seringkali menggunakan elemen desain modern seperti bentuk geometris. Bentuk geometris pada logo era digital bisa digunakan sebagai ikon atau tambahan dekorasi. Contohnya pada logo pegadaian yang menggunakan tiga lingkaran, atau contoh lainnya logo Pertamina yang menggunakan bentuk jajar genjang.

Bentuk geometris yang biasa digunakan adalah lingkaran, segitiga, atau kotak. Logo dengan bentuk geometris terlihat modern dan bersih. Terkadang jenis logo inisial dimodifikasi bentuknya agar menciptakan logo yang berbentuk seperti bentuk geometris. 

Tampilan Bersih dan Jelas

Desain logo pada era modern ini kebanyakan pasti sederhana sehingga tampilan logo akan terlihat bersih. Logo yang terlihat bersih akan memperlihatkan bentuk logo yang jelas sehingga fleksibel. Tampilan yang bersih akan tercipta dengan menghindari penggunaan dekorasi dan efek visual yang berlebihan.

Bentuk geometris umumnya akan membuat logo terlihat bersih dan jelas. Penggunaan desain logo yang bersih dapat membuat logo tetap konsisten dalam berbagai ukuran dan media. Jika logo menggunakan dekorasi yang berlebihan ini bisa membuat logo terlihat rumit dan kurang fleksibel. 

Warna Neon dan Biru ELektrik

Desain Logo Era Digital: Ciri Khas dan Hal Penting

Pada era digital ini sebagian besar ciri logo modern dipengaruhi oleh tren. Desain pada era modern seringkali menggunakan warna-warna yang mencerminkan teknologi dan inovasi. Seringkali ditemui ada banyak merek yang menggunakan warna neon dan biru elektrik. 

Baca juga: Tujuan Menggunakan Warna Neon Untuk Desain Grafis 

Warna-warna cerah banyak juga digunakan pada era digital agar logo terlihat mencolok. Pada beberapa kasus banyak desain logo yang menggunakan warna biru terutama untuk merek teknologi dan logo perusahaan. Meskipun banyak pula yang menggunakan warna gelap, beberapa merek cukup berani menggunakan warna cerah seperti neon.

Timeless

Desain logo era ini juga harus timeless atau bisa bertahan alam sehingga merek tidak perlu sering melakukan rebranding. Logo yang timeless akan menunjukkan kesan profesional dan dipercaya. Melakukan rebranding berarti perlu mengenalkan logo baru ini bisa sulit terutama jika logo lama sudah melekat.

Untuk itu biasanya logo yang timeless akan bertahan diera modern yang mana perubahan tren berjalan cepat. Agar logo timeless, biasanya desain logo pada era ini akan menghindari menambahkan efek visual dan dekorasi yang kurang penting. Gunakan ikon yang familiar dan unik namun fleksibel dalam berbagai penggunaan, termasuk media digital.

Font Bersih, Elegan dan Kaku

Untuk font yang digunakan dalam desain logo era ini sering menggunakan gaya tipografi yang bersih, kaku dan elegan. Secara umum tipografi yang populer pada era digital adalah font yang bersih sehingga mudah terbaca dan fleksibel. Font yang bersih akan mudah dibaca pada berbagai ukuran dan media berbeda dengan yang memiliki dekorasi berlebihan atau bentuk yang rumit.

Beberapa font yang seringkali digunakan dalam desain modern biasanya sans serif modern, slab serif, hingga serif modern. Terkadang ada juga merek yang menggunakan tipografi rounded sans serif karena memberikan tampilan ramah dan bersih. Untuk merek yang ingin memberikan kesan kaku dan profesional sering menngguunakan sans serif modern yang tebal. 

KESIMPULAN

Desain logo dibuat untuk mencerminkan identitas visual merek yang akan digunakan pada berbagai konteks termasuk media digital. Untuk desain logo pada era digital ini bisa perlu memerhatikan apakah logo sederhana, berkesan modern dan bisa fleksibel pada semua media dan perangkat. Ketika ingin menciptakan logo yang efektif untuk era digital perhatikan beberapa ciri dan hal yang perlu diperhatikan dalam membuat logo pada era modern.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.