Cara Menciptakan Desain Logo yang Bertahan Lama

Perubahan teknologi semakin pesat dan cepat ini dipengaruhi teknologi yang juga berkembang cepat. Ada banyak hal yang bisa memengaruhi perubahan tren desain bahkan tren desain bisa berubah dalam waktu cukup singkat, untuk itu terkadang penting untuk menciptakan desain logo yang bertahan lama dan tahan dengan perubahan tren.

Desain logo sebagai identitas penting harus bisa mencerminkan identitas merek dalam jangka panjang. Ini akan menciptakan desain logo yang konsisten dan dapat membangun kesadaran merek yang kuat. Desain identitas merek yang bertahan lama akan memberikan banyak keuntungan seperti tidak perlu melakukan rebranding dan khawatir terlihat ketinggalan jaman.

Desain logo biasanya mencerminkan kehidupan sosial masyarakat, sehingga desainnya bisa mencerminkan keadaan yang relevan. Untuk itu terkadang menciptakan desain logo yang bisa bertahan lama di tengah perubahan tren yang pesat bisa menjadi tantangan sendiri.

Read More

Sebagai contoh desain pada modern ini kebanyakan minimalis dan mencerminkan kehidupan orang modern yang minimalis atau sederhana. Tetapi desain yang minimalis ini bisa bertahan dalam waktu lama karena sederhana sehingga bisa dijadikan pilihan. Hindari penggunaan elemen yang sedang tren karena kita tidak tahu berapa lama elemen tersebut menjadi tren.

Untuk mengetahui cara menciptakan desain logo yang bisa terus relevan seiring berjalannya waktu, perhatikan penjelasan artikel ini yang akan membahas ciri-ciri desain logo bertahan lama.

CIRI-CIRI DESAIN LOGO YANG BISA BERTAHAN DALAM WAKTU LAMA

Terdapat beberapa ciri desain logo yang bisa bertahan dan relevan seiring perubahan tren dan zaman. Berikut beberapa ciri-cirinya:

Sederhana dan Bersifat Timeless

Desain yang sederhana cenderung bisa bertahan dalam waktu yang lama karena bentuknya sederhana mudah diingat. Bentuk logo sederhana akan tetap cocok digunakan meski banyak tren bermunculan.

Penggunaan elemen yang rumit akan membuat desain logo mungkin tidak akan relevan jika tren berubah. Hindari menciptakan logo yang rumit karena dapat membuat logo sulit dikenali seiring waktu dan bisa tergeser oleh tren.

Jangan gunakan pula elemen yang sedang tren dalam penciptaan desain logo ini bisa membuat logo tidak relevan, jika tren sudah berubah. Agar membangun identitas yang kuat, logo yang sederhana akan tetap sesuai dengan berbagai konteks dalam jangka panjang.

Fleksibel dan Memiliki Skala yang Luas

Logo yang memiliki desain fleksibel akan mudah beradaptasi seiring berjalannya waktu. Fleksibel disini jika ukurannya mudah diubah dan tetap berkualitas tinggi pada berbagai media dan perangkat.

Desain logo yang mudah pula digunakan pada skala terbatas yang mana logonya masih terlihat sama, juga bisa bertahan dalam waktu lama. Kemampuan desain logo untuk beradaptasi dan fleksibel pada berbagai media dan perangkat memungkinkan untuk tetap relevan dalam waktu yang lama.

Tipografi Klasik

Tipografi pada desain logo juga bisa memengaruhi ketahanan desain pada waktu. Penggunaan tipografi yang sederhana atau umum digunakan akan membuat desainnya bisa mudah beradaptasi pada perubahan zaman.

Tipografi yang rumit dan terkait dengan tren atau zaman tertentu dapat membuat desain mungkin tidak akan relevan setelah beberapa saat. Gunakan tipografi dengan model sederhana dan jelas agar bisa mudah beradaptasi meskipun tren terus berubah. Tipografi yang rumit mungkin tidak akan cocok dengan dunia yang semakin modern.

Warna yang Netral

Dalam dunia desain terkadang ada tren warna yang dipakai pada suatu era, misalnya era awal 2000-an atau Y2K dimana warna cerah, neon dan kerlap-kerlip menjadi tren. Namun jika warna ini diterapkan pada logo ada kemungkinan seiring berjalannya waktu akan jadi tidak relevan.

Untuk itu penggunaan warna netral untuk menciptakan desain yang tahan dengan waktu bisa menjadi pilihan. Warna-warna netral cenderung aman untuk logo karena juga memberikan logo kemudahan untuk adaptasi.

Penggunaan warna netral pada desain logo sering menggunakan warna seperti hitam, putih, abu-abu dan biru. Warna ini tidak akan memberikan logo kesan musiman dan dapat mempertahankan daya tarik visual seiring perubahan waktu.

Elemen Geometris dan Simbolik

Penggunaan elemen geometris atau simbolis akan lebih bertahan lama untuk desain logo, daripada memilih elemen desain yang sedang tren atau berdasarkan peristiwa tertentu. Gunakan elemen simbolik yang sederhana tetapi bisa mencerminkan identitas merek dengan baik.

Biasanya bentuk sederhana dan simbolik bisa tetap relevan dan diterima oleh banyak orang secara universal. Penggunaan elemen yang sedang tren terkadang tidak relevan dengan banyak orang.

Kontinuitas dan Konsistensi

Desain logo yang konsisten juga dapat membuat desainnya bisa tahan dengan perubahan tren. Gunakan elemen yang memungkinkan terus dipakai seiring waktu, penggunaan elemen ini memungkinkan logo bertahan lama.

Mudah Diingat

Salah satu ciri penting dalam desain logo yang bisa bertahan dalam jangka yang panjang adalah desain yang mudah diingat. Ketika desain mudah diingat, bentuk logo akan tertanam dalam pikiran audiens sehingga meski waktu perubahan desain akan tetap diingat.

Biasanya desain yang mudah diingat jika bentuk logonya sederhana dan minimalis. Kesederhanaan pada logo akan membangun kesadaran merek yang kuat pada waktu yang lama.

Universal dan Timeless

Logo yang bisa tahan dengan waktu jika memiliki elemen yang universal, penggunaan elemen yang bisa dikenal secara universal memungkinkan mudah diterima meski waktu terus berjalan.

Gunakan elemen atau simbol yang tidak terbatas dengan suatu tren atau berdasarkan suatu peristiwa. Elemen yang dikenal oleh universal dan selalu dipakai seiring berjalannya waktu akan lebih tahan dengan perubahan.

Adaptasi Terhadap Perkembangan Merek

Desain logo yang menyesuaikan dengan perkembangan perusahaan atau merek dalam proses perancangannya akan lebih tahan lama. Logo yang bisa mencerminkan identitas dalam jangka panjang akan mudah beradaptasi dengan perubahan.

KESIMPULAN

Desain logo cukup krusial karena mencerminkan identitas merek, ini dapat memengaruhi persepsi audiens. Pada era ini perubahan tren dak waktu terasa begitu cepat, ini juga membuat perubahan desain menjadi begitu cepat pula. Untuk itu jika ingin membuat logo pastikan logo sederhana dan memiliki ciri-ciri tersebut, agar tetap relevan perubahan.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts