Tips Menggabungkan Warna Desain untuk Menciptakan Harmoni

Ketika merancang desain grafis memilih palet warna yang tepat akan menciptakan desain yang harmoni. Memilih dan menggabungkan warna untuk memperindah tampilan desain tidak bisa asal. Ada beberapa tips yang perlu dipahami agar bisa menggabungkan palet warna menarik dalam desain grafis.

Dalam desain warna berperan penting dalam banyak hal termasuk menarik perhatian, memperindah estetika, hingga memberikan kesan tertentu. Ketika akan memilih dua atau lebih warna untuk dipadukan penting mengetahui teori dalam memadukan warna seperti komplementer, triadic dan lainnya. Selain itu penting juga untuk mengetahui tips yang perlu diperhatikan dalam memadukan warna dari roda ke dalam desain.

Jika desain memiliki perpaduan warna yang tepat ini akan membantu untuk menciptakan keseimbangn visual dan harmoni. Dalam merancang desain memadukan warna yang tepat adalah salah satu keterampilan penting untuk menghasilkan karya desain yang menarik. Simak pembahasan artikel ini dengan baik untuk bisa memadukan warna yang estetis.

Read More

TIPS UNTUK MENGGABUNGKAN WARNA DALAM DESAIN

Desain terkadang menggunakan dua atau lebih warna untuk memperindah tampilan visualnya, sehingga penting untuk memilih dan menggabungkan warna dengan bijak. Berikut beberapa tips dalam menggabungkan warna dalam desain yang efektif:

Gunakan Roda Warna

Tips Menggabungkan Warna Desain untuk Menciptakan Harmoni

Roda warna adalah cara mudah untuk melihat warna yang saling bersebrangan ataupun berdampingan. Dalam beberapa teori warna, roda warna memudahkan untuk menentukan warna-warna dalam teori warna. Roda warna juga memudahkan dalam memilih warna yang saling melengkapi satu sama lain.

Dengan menggunakan roda warna ini bisa memudahkan untuk melihat skema warna, seperti analog, komplementer, triadic, tetradic dan lainnya. Setiap skema warna dapat menciptakan kesan tampilan yang berbeda. Pahami penggunaan dan tampilan yang dihasilkan dari skema warna untuk memilih paling tepat.

Menggunakan skema warna dalam memilih warna yang dipadukan akan membantu untuk menciptakan desain yang harmonis. Selain itu perpaduan warna dengan skema warna dapat memudahkan dalam memilih gabungan warna yang harmonis.

Baca juga: Prinsip Dasar dalam Memilih Warna yang Memikat

Perhatikan Kontras

Tips Menggabungkan Warna Desain untuk Menciptakan Harmoni

Menggabungkan dua warna atau lebih terkadang juga digunakan untuk menciptakan kontras. Hal ini digunakan untuk memberikan pada elemen yang penting entah itu gambar, teks, atau simbol tertentu. Biasanya elemen yang ingin diberikan kontras merupakan elemen kunci yang membawa pesan penting desa.

Untuk menciptakan kontras dengan warna, biasanya menggunakan warna komplementer atau warna yang sangat berbeda. Warna yang berseberangan dalam roda warna biasanya cukup kontras satu sama lain. Selain itu tingkat kecerahan dan kegelapan warna dapat memengaruhi kontras dalam desain.

Kontras juga digunakan untuk meningkatkan daya tarik visual, desain yang memiliki kontras warna akan menarik perhatian mata audiens. Atur penempatan warna kontras dengan baik agar bisa memberikan sorotan pada elemen penting. Atur pula tingkat ketajaman warnanya agar bisa menarik perhatian.

Baca juga: Tipe-tipe Kontras dalam Desain Grafis Untuk Menciptakan Hirarki

Pertimbangkan Menciptakan Emosional

Desain terkadang ingin menyampaikan perasaan atau suasana tertentu melalui warna. Setiap warna biasanya dapat memberikan kesan tertentu, sama halnya ketika dipadukan ada beberapa kesan atau nuansa tertentu yang akan tercipta. Padukan warna yang tepat sesuai dengan kebutuhan emosional atau suasana yang ingin diciptakan dalam desain.

Warna tertentu dapat memicu perasaan tertentu jika diterapkan dengan bijak, untuk dalam memilih warna pertimbangkan pula tujuan dan pesan desain. Apakah desain ingin menciptakan suasana tenang, bersemangat atau nuansa retro. Misalnya suasana tenang bisa menggunakan palet warna lembut seperti pastel dengan memadukan warna biru dan pink, atau retro bisa memadukan warna cerah mencolok seperti merah, orange dan kuning.

Gunakan Palet Warna Minimalis

Palet Warna Minimalis

Perlu diingat jika memadukan warna jangan menggunakan terlalu banyak warna. Memadukan terlalu banyak pilihan warna dalam satu desain akan membuat desain terlihat ramai dan penuh. Ini bisa membuat audiens kesulitan dalam memahami desain dan akan membingungkan audiens.

Menempatkan terlalu banyak warna pada berbagai elemen desain akan membuat desain terlihat berantakan, gunakan warna terbatas. Padukan warna tidak lebih dari empat sampai lima saja agar desain lebih mudah untuk dipahami dan diatur tata letaknya. Warna yang terbatas akan memberikan kesan desain yang bersih dan terorganisir dengan baik.

Perhatikan Intensitas Warna

Dalam memadukan dua warna atau lebih penting juga memerhatikan intensitas kecerahan atau kegelapan warna. Hal ini berguna untuk memastikan perpaduan warna menciptakan harmoni. Biasanya dalam desain yang memiliki beberapa warna perlu mengatur tingkat kecerahan agar menghasilkan warna yang seimbang sehingga tidak mencolok semuanya.

Ada beberapa warna yang perlu diatur lebih cerah dan ada yang lebih gelap, ini berguna untuk menciptakan dimensi dalam desain. Transparansi warna dalam desain jug penting untuk membuat tampilan lebih bervariasi. Atur intensitas warna dengan baik untuk menciptakan keseimbangan visual.

Baca juga: Penggunaan Gradien dan Warna Vibrant dalam Desain

Gunakan Warna Netral

Selain memadukan warna dalam skema warna, memadukan warna dengan warna netral bisa menjadi salah satu pilihan menarik. Warna netral seperti putih, abu-abu, hitam dan coklat akan memberikan tampilan desain lebih minimalis. Biasanya perpaduan sesama warna netral dapat menciptakan desain dengan kesan sederhana dan minimalis.

Padukan warna cerah dengan warna netral juga untuk menyeimbangkan palet warna. Tampilan akan terlihat seimbang ketika warna dipadukan dengan warna netral. Selain itu warna netral juga bisa memberikan warna pada warna utama khususnya warna yang cerah.

Pahami Temperatur Warna

Tips Menggabungkan Warna Desain untuk Menciptakan Harmoni

Dalam warna selain skema warna ada juga yang namanya temperatur warna. Warna memiliki temperatur yang bisa menciptakan nuansa tertentu yaitu warm dan cool. Beberapa warna dapat memberikan nuansa hangat maupun dingin ketika digunakan dalam desain.

Ketika ingin menciptakan desain dengan nuansa tertentu bisa memanfaatkan palet warna dengan temperatur hangat atau dingin. Warna warna hangat seperti oranye, merah, coklat dan kuning, sementara warna dingin seperti warna biru, putih dan hijau. Menggunakan kombinasi warna dengan temperatur tertentu dapat menciptakan kesan hangat atau dingin sesuai yang diinginkan.

Uji Warna pada Berbagai Layar

Hasil desain yang memadukan berbagai warna juga perlu untuk diuji apakah tampilan dari perpaduan warna menarik. Lakukan uji coba pada berbagai media digital dan cetak. Cek kejelasan dan tampilan visual dari perpaduan warna pada berbagai perangkat dan ukuran layar, Hal ini karena warna dapat terlihat berbeda dengan resolusi dan pencahayaan yang berbeda.

Baca juga: Skala Warna: Definisi dan Jenis Skala Warna

KESIMPULAN

Dalam memilih dan menggabungkan warna yang tepat untuk desain memiliki harmoni visual perlu memerhatikan beberapa tips penting. Perpaduan warna yang tepat dapat menciptakan tampilan visual yang menarik perhatian dan menciptakan nuansa tertentu. Tidak hanya memilih warna yang tepat untuk dipadukan, menggabungkan warna dalam desain juga perlu memerhatikan tingkat kecerahan atau kegelapan dari warna.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts