Style desain logo perempuan juga didesain agar sesuai target pasarnya sehingga menarik perhatian mereka. Untuk target pasar perempuan identitas brand menampilkan elemen visual yang lembut, elegan, dan memiliki nilai estetika. Style logo perempuan untuk brand fashion, kosmetik dan lainnya dibuat agar mencerminkan karakteristik berbeda tetapi membentuk citra feminim.
Logo untuk target pasar perempuan sering dikaitkan dengan identitas yang feminim dan lembut, namun bukan berarti tidak bisa memiliki style logo yang tegas. Brand perempuan untuk kecantikan banyak memiliki gaya desain minimalis dengan warna lembut dan bersih. Style logo perempuan bisa memiliki banyak gaya desain bergantung jenis brand dan karakter brandnya.
Contoh Analisis dalam Logo Perempuan dalam berbagai Bidang Usaha
Kombinasi simbol, warna, dan font dalam logo perempuan harus harmonis dan mencerminkan identitas bisnis dengan baik. Desain logo yang biasanya terlihat menonjolkan identitas brand perempuan mudah terlihat dalam logo kosmetik, skincare, dan pilates. Perhatikan bagaimana perbedaan visual dan karakter desain logo perempuan berikut:
Mood Girl Fashion
Elemen Visual: Logo fashion ini menggunakan style logo wordmark dengan monogram “MG” yang disusun secara vertikal. Inisial monogram ini memiliki gaya font serif modern yang elegan dengan gaya huruf inisial M dan G tersambung secara vertikal. Font bergaya serif modern ini memiliki warna pink cerah yang dominan.
Kesan yang Diciptakan:
Warna pink cerah dan dominan ini membuat logo inisial memberi kesan energik, feminim, dan penuh semangat.
Font serif modern dalam logo ini menunjukkan sisi brand yang elegan namun tetap kuat karena gaya hurufnya agak tebal.
Style fashion yang minimalis dan bersih ini cocok untuk brand fashion perempuan yang menonjolkan karakter percaya diri, stylish, dan modern.
Home Beauty Care
Elemen Visual: Logo untuk beauty care juga memiliki gaya desain inisial dengan dekorasi siluet wajah perempuan. Kombinasi huruf HB dengan ilustrasi wajah perempuan menyatu dengan huruf B.
Font dalam logo ini menggunakan jenis font serif elegan dengan gaya huruf lebih tipis dan garis yang halus. Warna pink yang digunakan dalam logo skincare ini memiliki variasi pink yang lebih lembut.
Kesan yang Diciptakan:
Siluet wajah perempuan yang memiliki desain sederhana dan garis lembut akan menciptakan kesan feminim dan anggun.
Tipografi logo dengan gaya huruf serif tipis menciptakan kesan eksklusif dan elegan, ini mencerminkan brand yang merawat tubuh dengan elegan.
Kombinasi font serif elegan dan warna pink pastel menciptakan nuansa brand perawatan, kecantikan, dan kelembutan.
Evo Cosmetindo Pratama
Elemen Visual: Style logo ini menggunakan logo wordmark sehingga hanya memiliki tipografi nama brand tanpa huruf inisial dan ikon. Tipografi utama nama brand EVO lebih dibuat mencolok daripada nama lengkapnya.
Logo kosmetik ini memiliki gaya font sans serif dengan font modern yang tebal dan rounded. Sementara logo memiliki warna soft peach-pink untuk menciptakan nuansa lembut dan feminim.
Kesan yang diciptakan:
Style logo wordmark ini tampak sederhana karena menggunakan font sederhana, font menciptakan logo berkesan modern dan bersih.
Gaya huruf sans serif dalam logo ini digunakan dalam style lowercase dengan lengkungan atau sudut yang halus sehingga memberi kesan ramah, mudah didekati, dan futuristik.
Warna peach-pink dalam logo kosmetik menciptakan kesan brand dengan karakter lembut, elegan, dan anggun.
Style logo ini cocok untuk brand kosmetik yang menampilkan kesan praktis, mudah dikenali, dan mengikuti tren kekinian.
Baca juga: Mengapa Style Logo Brand Fashion Memilih Tipografi daripada Simbol?
Sesotya Wedding Rias Pengantin
Elemen Visual: Style logo untuk bisnis rias pengantin ini menggunakan gaya desain kombinasi simbol siluet line art dan gaya font artistik. Ilustrasi kepala pengantin adat jawa memiliki warna emas ini digambar dari kombinasi garis tipis dan tampak seperti line art yang bersih.
Font tulisan tangan ini pada tipografi nama bisnis memiliki gaya huruf bersambung dan kontras dengan tagline yang menggunakan font sans serif tipis. Warna emas pada latar berwarna hitam menciptakan logo rias pengantin berkesan premium dan elegan.
Kesan yang Diciptakan:
Simbol ilustrasi pengantin jawa dengan style garis tipis mencerminkan nuansa tradisional, eksklusif, dan elegan.
Penggunaan simbol pengantin ingin menekankan identitas bisnis khusus untuk layanan rias pengantin jawa.
Warna emas dalam logo rias pengantin ini menciptakan kesan mewah, terhormat, dan ilustrasi budaya yang menunjukkan akar tradisi.
Font script tipis dalam logo mencerminkan kesan tradisional dan elegan, sementara font sans serif modern mewakili identitas bisnis yang profesional.
Baca juga: Logo dengan Font Script Tipis: Kesan Manis, Halus, dan Profesional
Cara Menentukan Gaya Logo untuk Brand Perempuan
Untuk brand yang memiliki target pasar khusus seperti perempuan maka pemilihan elemen visualnya bisa lebih mendetail atau khusus sesuai karakter brand. Elemen visual seperti warna, ikon, dan font harus dipilih yang mencerminkan karakter brand perempuan yang biasanya tampil feminim, elegan, dan lembut. Perhatikan beberapa hal ini untuk menciptakan logo brand perempuan yang menarik:
Kenali Bidang Bisnis dan Kesan yang Ingin Diciptakan
Sebelum menciptakan desain logo kenali secara mendetail tentang identitas brand seperti bidang usahanya. Apakah bergerak dalam bidang fashion, kosmetik, body care, lifestyle atau kesehatan? karena semuanya akan membutuhkan identitas simbol yang berbeda.
Kenali juga nilai apa yang ingin ditonjolkan brand perempuan, biasanya brand perempuan akan tampil seperti elegan, modern, tradisional, dan mewah.
Penting juga untuk memerhatikan style logo dan karakter brand kompetitor agar bisa menciptakan style desain yang berbeda. Misalnya brand fashion remaja akan tampil dengan desain yang veria, sementara brand wedding akan cocok dengan desain elegan.
Tentukan Warna yang Sesuai Karakter Brand
Warna sangat memengaruhi persepsi audiens terhadap terutama jika memiliki target pasar khusus seperti perempuan. Perhatikan karakter setiap warna dan sesuaikan bidang bisnisnya seperti:
Pink, peach, dan pastel: Warna pink dalam brand perempuan akan menciptakan kesan lembut, feminim dan manis. Cocok untuk logo brand fashion dan beauty care.
Warna emas, hitam: Kombinasi warna ini akan tampil mewah, elegan, dan eksklusif. Style logo ini cocok untuk wedding, luxury brand.
Putih, abu-abu, dan nude: Warna ini akan menciptakan desain logo yang minimalis, bersih, dan modern. Cocok untuk logo brand skincare dan kosmetik.
Ungu, biru muda, dan coral: Warna-warna cerah ini akan membuat logo tampil energik dan playful. Cocok untuk target remaja perempuan dan brand lifestyle.
Baca juga: 7 Rekomendasi Palet Warna Cerah Dan Ceria untuk Desain Brand
Pilih Gaya Tipografi sesuai Identitas dan Karakter Brand
Desain logo untuk brand perempuan akan cocok menggunakan gaya tipografi yang menciptakan kesan elegan dan sederhana. Beberapa gaya tipografi yang cocok untuk brand perempuan seperti:
Font serif elegan: Gaya huruf serif elegan memiliki garis halus yang memberi kesan eksklusif, klasik, dan premium.
Sans serif modern: Gaya huruf yang sederhana dan modern ini akan menciptakan logo perempuan yang sederhana, bersih, dan ramah, cocok brand perempuan yang ingin terlihat kekinian.
Script: Font yang seperti tulisan tangan ini akan membuat brand berkesan romantis, personal, dan feminim. Cocok untuk bisnis terkait wedding atau brand kosmetik.
Tipografi lowercase minimalis: Daripada font kapital, logo perempuan cocok dengan gaya huruf kecil atau lowercase, untuk menciptakan kesan santai, mudah dijangkau, dan cocok untuk brand kosmetik remaja.
Tentukan Simbol yang Relevan
Pada logo brand perempuan, simbol yang digunakan harus sesuai bidang usaha dan mencerminkan karakter brand. Biasanya logo perempuan menggunakan simbol atau ikon seperti:
Monogram huruf: Jika memiliki logo inisial biasanya ikonnya berupa huruf inisial yang dibentuk elegan dan unik. Style logo inisial akan menciptakan kesan modern dan elegan untuk brand fashion dan kosmetik dan menonjolkan nama brand.
Siluet Wajah Perempuan: Brand perempuan sering menggunakan siluet wajah perempuan dengan desain bersih dan sederhana, ini untuk menguatkan kesan perawatan kecantikan dan identitas brand perempuan.
Simbol Mahkota, Pengantin, dan Bunga: Logo perempuan juga banyak yang menggunakan simbol mahkota atau bunga yang mewakili kesan feminim. Ini juga menonjolkan kesan budaya dan nilai lokal.
Bentuk Abstrak: Gaya desain logo yang minimalis dan tampil modern, ini akan menciptakan fleksibilitas untuk rebranding di masa depan.
Kesimpulan
Dalam menciptakan gaya logo untuk brand perempuan ini tidak hanya menggunakan warna pink atau siluet wajah perempuan tetapi tentang bagaimana logo itu bisa mewakili karakter brand dan menyentuh audiens yang dituju. Penggunaan elemen visual seperti warna pink, tipografi manis, dan simbol perempuan sering digunakan dalam logo perempuan. Selain itu, penting untuk menyesuaikan elemen visual tersebut agar mewakili bidang usaha seperti kosmetik, fashion, atau lifestyle.
Cek portofolio kami di Instagram @jasalogoid, atau langsung hubungi kami via WhatsApp di 087784907560. Kamu juga bisa cek konten kreatif kami di TikTok @jasalogo.id.