Alasan Desain Kemasan Lebih dari Sekadar  Visual yang Menarik

Dalam memikat audiens dan konsumen, desain visual memiliki peran penting sehingga desainnya harus menarik. Banyak orang yang tertarik untuk membeli barang berkat desain packagingnya yang menarik dan unik. Alasan inilah yang membuat desain kemasan harus memiliki desain visual yang menarik, karena memiliki banyak peran penting. 

Alasan Desain Kemasan Lebih dari Sekadar  Visual yang Menarik

Penting bagi suatu brand yang menghasilkan produk untuk memiliki desain kemasan yang menarik, efektif dan fungsional. Visual kemasan harus bisa merepresentasikan produk hingga identitas merek dengan desain visual yang menarik. Ada beberapa alasan yang membuat desain visual kemasan harus menarik dan efektif untuk memikat konsumen. 

ALASAN KEMASAN LEBIH DARI DESAIN VISUAL YANG MENARIK

Perlu diingat jika desain kemasan bukan deket bungkus atau wadah cantik produk, tetapi juga bagian penting dari desain branding. Untuk itu kemasan perlu dirancang dengan menarik dan bijak agar menciptakan visual yang memikat. Beberapa hal ini menjadi alasan mengapa kemasan lebih dari desain visual yang indah tetapi juga wajah produk. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Kesan Pertama Brand

Ketika melihat-lihat produk pada rak toko dan marketplace online, audiens akan pertama fokus pada bungkus kemasannya. Desain visual yang menarik akan efektif memikat mata konsumen dengan cepat terutama diantara banyaknya produk di rak toko tersebut. Untuk itu penting menciptakan desain menarik agar brand memiliki kesan pertama yang baik. 

Jika kesan pertama brand tampil kurang menarik, ini akan meningkatkan daya tarik produk sehingga meningkatkan pembelian. Kualitas produk memang penting, tapi sebelum itu penting untuk memiliki desain kemasan dengan visual yang memikat. Kemasan sebagai kesan pertama brand sudah seperti kertas pembungkus produk sehingga harus tampil menarik. Desainnya perlu dirancang untuk memikat konsumen dari pertama kali melihatnya.

Pembeda di Pasar yang Sibuk

Dari sekian banyaknya produk dipasaran yang sama, termasuk dari bisnis yang sama ini kemasan memiliki peran penting untuk membedakan diri. Kemasan adalah wajah dari produk yang bertugas memikat audiens dengan tampil unik dan beda. Biasanya ini dilakukan agar kemasan mampu tampil mencolok dan memikat perhatian konsumen. 

Ditengah pasar yang sibuk, jika desain kemasannya tampil sederhana dan memiliki gaya desain umum ini akan membuat produk terlihat mirip. Sulit bagi audiens membedakan antara produk, brand juga akan kesulitan memikat konsumen karena desain visual kemasan kurang menarik. Penting untuk menciptakan desain kemasan yang tampil beda dan menonjol agar kemasan efektif memikat konsumen. 

Mengkomunikasikan Nilai Value

Desain kemasan produk juga harus memiliki visual yang bisa menciptakan kesan yang long-lasting atau bertahan lama. Kemasan bisa memiliki desain yang menjadi ciri khas brand dan bisa merepresentasikan nilai merek. Desain kemasan dalam hal ini tampil seperti pakaian yang digunakan karena bisa memengaruhi kesan pertama terhadap brand dan produk. 

Kesan pertama yang terlihat biasanya akan menjadi kesan dalam waktu yang lama, untuk perlu memiliki desain menarik. Karena desain kemasan bisa menjadi nilai yang mewakili brand melalui gaya visualnya. Ibaratnya jika desain memiliki gaya desain mewah atau premium ini akan menciptakan kesan jika produk tersebut mahal. Jika desain kemasan tidak berhasil dilirik dan mencerminkan value brand, maka saatnya untuk melakukan rebranding kemasan.

Baca juga: Gaya Desain Kemasan Berdasarkan Jenis Produk

Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas

Visual dari kemasan juga berperan dalam  membangun kepercayaan dan kredibilitas produk dan merek. Bayangkan jika kemasan tapi tidak profesional dan terlihat buruk, konsumen bisa meragukan kualitas dari produknya. Konsumen kebanyakan akan menilai kualitas produk dari tampilan kemasannya, untuk brand biasanya fokus menbangun kepercayaan juga melalui kemasan. 

Jika desain kemasan memiliki desain yang terlihat terpercaya ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan serta menbangun brand yang tepercaya. Dalam membangun kepercayaan, desain kemasan perlu memiliki visual yang mencerminkan identitas dan karakter brand. Pastikan untuk membuat desain kemasan menarik sekaligus mampu membangun kepercayaan pada produk. 

Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Visual menarik tidak hanya efektif memikat perhatian konsumen untuk membeli tetapi juga bisa menciptakan pengalaman pengguna yang menyenangkan. Desain kemasan bisa diciptakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, beberapa diantaranya dengan desain dan bentuk unik. Misalnya bagaimana dengan menciptakan pengalaman unboxing kemasan yang menarik. 

Ini bisa diwujudkan dengan mendesain bentuk kemasan yang unik, misalnya dibuat seperti kotak hadiah atau slide box. Bisa juga desain visualnya yang dibuat unik dengan menggunakan gambar ilustrasi yang lucu atau berbentuk sesuatu. Pengalaman membuka kemasan yang unik ini bisa meningkatkan daya tarik produk. 

Baca juga: Tips Memilih Tipografi Desain Kemasan

TIPS MEMBUAT KEMASAN TAMPIL BEDA

Desain kemasan bisa dibuat untuk memiliki visual menarik dengan menggunakan gaya visual yang berbeda. Ada beberapa tips yang bisa digunakan ketika ingin menciptakan desain kemasan yang tampil beda:

Menggunakan Bentuk Kemasan Unik

Alasan Desain Kemasan Lebih dari Sekadar  Visual yang Menarik

Tidak hanya desain visualnya, untuk membuat kemasan tampil beda, bentuk dari kemasan juga bisa dibuat unik. Bentuk kemasan terkadang menyesuaikan dari bentuk produknya, tetapi jika produk fleksibel seperti minuman, kemasan bisa dimodifikasi dengan unik. Misalnya bentuk kemasan minuman tidak harus berbentuk botol tabung bisa juga dibentuk mirip hewan atau bentuk yang lucu. 

Bentuk kemasan yang unik akan efektif membuat brand tampil beda dan menonjol. Diantara bentuk minuman yang kebanyakan berbentuk botol tabung, bentuk kemasan yang berbentuk hewan bisa tampak unik. Biasanya ini akan diikuti desain visual yang bergambar ilustrasi seperti bentuk kemasan. 

Memiliki Gaya Visual yang Beda dari Produk Sejenis

Perhatikan bagaimana kemasan skincare kebanyakan tampil minimalis dan sederhana sehingga banyak produk yang terlihat mirip bahkan yang dari merek berbeda. Hal ini perlu dihindari dengan menciptakan gaya visual yang berbeda dari populer. Untuk membuat desain kemasan tampil beda, salah satu caranya dengan menggunakan gaya desain yang berbeda. 

Jika kebanyakan menggunakan gaya visual minimalis, beranilah menggunakan kemasan yang penuh warna dan ilustrasi. Bisa juga jika desain kemasan untuk produk makanan khas menggunakan desain tradisional, kemasan bisa menggunakan gaya visual modern. Ciptakan style kemasan yang tidak mirip dengan jenis produk lainnya dengan mengamati tren desain kemasan pada bisnis tersebut. 

Baca juga: Tipe-tipe Gaya Desain Logo yang Umum Digunakan

Gunakan Palet Warna yang Unik

Alasan Desain Kemasan Lebih dari Sekadar  Visual yang Menarik

Warna menjadi elemen visual yang bisa memikat perhatian audiens, sehingga pemilihan warna untuk kemasan perlu dipilih dengan bijak. Biasanya desain kemasan seringkali menggunakan warna yang bisa merefleksikan jenis produk. Namun hal ini bukanlah keharusan, gunakan warna sebaliknya yang tidak sesuai jenis produk untuk memikat audiens. 

Palet warna yang unik bisa membuat konsumen penasaran dan lebih memerhatikan detail kemasan. Misalnya menggunakan warna ungu untuk rasa coklat, ini mungkin disalahpahami konsumen tetapi bisa membuat konsumen meluangkan waktu memerhatikan kemasan lebih lama. Warna bisa dibuat lebih menarik tanpa fokus menunjukkan jenis produknya untuk menciptakan keunikan seperti warna brand Coca-Cola yang merah. 

Tidak Mengikuti Tren

Biasanya dalam desain kemasan juga terdapat tren gaya desain yang populer dalam jangka waktu tertentu. Misalnya pada era ini gaya minimalis dan holografik kemasan cukup populer, selain itu juga ada gaya retro yang populer. Mengikuti gaya desain ini memang membuat brand tampil relevan, namun apa iya tidak membosankan. 

Untuk tampil menarik bisa menggunakan tren desain secukupnya, tetapi jika ingin tampil beda jangan berpatokan pada tren. Buatlah desain kemasan dengan gaya baru, misalnya menggabungkan beberapa gaya atau menciptakan kreativitas baru. Gunakan elemen visual yang sekiranya jarang digunakan untuk mencerminkan produk tersebut agar kemasan tampil menonjol. 

KESIMPULAN

Desain kemasan bukanlah hanya sebatas pembungkus produk atau bagian luar produk saja tetapi juga bagian penting dari desain branding. Ada banyak alasan penting mengapa desain kemasan sebagai wajah produk harus memiliki visual yang memikat. Desain kemasan bisa menjadi alat untuk membangun kesan pertama pada konsumen. Untuk itu penting memiliki desain grafis kemasan yang unik untuk mencerminkan brand dan membangun loyalitas. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.