Ketika mengingat suatu merek kita otomatis akan diingatkan pada desain logo mereka, jika merek berhasil membangun branding dan brand awareness yang kuat. Desain logo harus diciptakan dengan menarik agar efektif membangun identitas merek yang kuat. Ada banyak style desain logo khas modern yang bisa dijadikan inspirasi untuk identitas merek yang unik.
PENGERTIAN DESAIN LOGO
Dari yang kita pahami desain logo merupakan identitas visual dalam bentuk gambar atau teks yang mencerminkan makan atau pesan dari suatu merek atau brand1. Desain logo diciptakan dengan elemen-elemen desain yang menarik dan bisa mencerminkan nilai dan karakter merek. Biasanya logo akan memiliki gaya desain atau style logo yang disesuaikan dengan apa yang ingin disampaikan merek.
Pemilihan elemen desain logo harus menciptakan tampilan menarik dan dapat mencerminkan identitas merek dengan baik. Elemen logo seperti warna, gaya tipografi dan bentuk ikon harus mengkomunikasikan pesan merek. Selain itu, pemilihan gaya visual juga penting untuk membuat logo tampil unik dan kreatif.
Untuk menciptakan logo modern yang unik, dapat memanfaatkan elemen-elemen desain agar tampilan desain lebih menarik, seperti:
- Efek Visual
- Teknik Kreatif
- Tekstur Desain
- Pattern atau Pola
Penggunaan efek visual dan teknik kreatif akan membantu menciptakan logo modern yang unik dan mencerminkan era ini dengan baik. Manfaatkan pula berbagai fitur kreatif dalam alat desain seperti gradasi, transparansi, contour dan lain sebagainya. Dengan memilih elemen atau teknik kreatif dengan bijak akan mampu menciptakan gaya visual yang unik.
9 STYLE DESAIN LOGO YANG UNIK
Gaya desain logo yang unik akan membantu identitas merek lebih mudah untuk diingat dan dikenali oleh audiens. Untuk merek yang digunakan pada era modern sebaiknya memilih style logo yang berkesan modern. Berikut beberapa style logo modern yang menarik:
Spell Signs

Gaya desain logo satu ini memang cukup populer pada era modern karena memiliki tampilan yang sederhana. Desain logo ini memiliki bentuk inisial nama merek yang tersembunyi dalam bentuk simbol. Ini dapat mencerminkan nama merek dengan baik meski kurang terlihat jelas.
Simbol atau ikon unik yang digunakan tidak sekedar berbentuk unik tetapi memiliki makna yang mendalam. Rangkaian huruf inisial nama merek bisa dua huruf atau lebih akan digabungkan untuk membentuk ikon yang unik. Seringkali bentuk huruf kurang terlihat jelas, dan logo hanya tampak seperti ikon logo yang kreatif dan beda dari yang lain.
Spot Drag

Desain logo ini memiliki bentuk logo yang terlihat seperti elemen bentuk yang di drag dan terlihat memiliki efek gerakan. Pada logo ini ikon akan memiliki seperti efek bayangan yang berbentuk gradien atau pudar untuk menciptakan kesan pergerakan. Efek gradien yang memudar di belakang ikon akan menciptakan kesan ilusi ikon yang bergerak.
Bentuk ikon logo yang terlihat memiliki efek faded ini memiliki visual yang memikat. Elemen ikon biasanya berupa elemen geometris atau huruf yang memiliki warna solid. Sementara dibelakang diberi efek seperti ditarik dengan efek pudar, style ini memberikan kesan logo modern.
Baca juga: Tipe-tipe Gaya Desain Logo yang Umum Digunakan
Contour Stripes

Kerap kali gaya desain logo pada era modern ini identik dengan bentuk geometris atau garis-garis. Gaya logo ini memiliki bentuk garis-garis stripes yang dijadikan logo, terkadang bentuk stripes memiliki bentuk huruf. Untuk menciptakan dimensi yang lebih menarik, seringkali logo stripes akan diberi contour agar menarik.
Ikon logo dengan bentuk garis stripes yang menciptakan efek contour dan memberikan kesan modern. Garis-garis stripes dalam logo ini yang diatur sedemikian rupa dapat digunakan untuk menciptakan ilusi yang menarik. Garis-garis stripes seringkali dikaitkan dengan gaya visual modern karena tampil bersih dan futuristik.
Period atau Punctuation

Ketika bingung ingin memvariasikan style logo untuk merek anda yang beroperasi di era modern, gunakan gaya desain ini. Logo dengan tambahan punctuation akan menciptakan kesan kreatif dan unik. Pada jenis logo yang menggunakan nama merek atau inisial nama merek bisa ditambahkan tanda baca untuk dekorasi.
Desain logo yang memiliki tambahan punctuation ini banyak ditemui dalam era modern. Tanda baca dapat memberikan tampilan logo yang berkesan modern dan menciptakan logo yang unik. Punctuation sering ditambahkan setelah huruf, diatur dua huruf dan didalam sebuah kata.
Winged Symbols

Style logo modern dapat divariasikan dengan unik agar menciptakan tampilan yang bisa memengaruhi perasaan atau emosi. Logo yang bisa memberikan kesan sugesti kepada audiens yang melihatnya, dapat membangun kehadiran merek yang kuat. Bentuk-bentuk ikon yang unik yang seperti bentuk sesuatu yang lain akan menciptakan kesan yang unik.
Misalnya bentuk ikon huruf dimodifikasi agar terlihat seperti sayap untuk terbang. Selain itu ada banyak ilusi yang bisa diciptakan lainnya untuk memberikan sugesti tertentu. Contohnya pada penggunaan efek terbakar dengan warna gradien merah-oranye, atau kesan jadul dengan efek grunge.
Baca juga: Tips Menggunakan Efek Visual dalam Desain Grafis
Established Trade Mark

Gaya desain logo ini berkesan tradisional namun bersih juga masih populer pada era modern. Logo dengan gaya visual ini bisa menciptakan kesan premium, eksklusif dan terpercaya. Ikon logo dengan bentuk lencana heritage diikuti tahun pendirian brand akan menciptakan kesan mewah.
Logo ini kerap ditemui untuk merek seperti wine, makan tradisional, merek sepatu dan produk turun temurun lainnya. Selain penggunaan bentuk lencana, terkadang desain ini memiliki elemen seperti ornamen-ornamen klasik. Untuk fontnya biasanya menggunakan jenis serif klasik atau script yang elegan.
Cut Letters

Desain logo unik lainnya pada era modern ini sering ditemui banyak menggunakan logo dengan huruf yang terpotong. Logo yang berupa nama merek pada salah satu huruf atau beberapa huruf bisa diberi efek terpotong untuk menciptakan kesan tertentu. Potongan huruf biasanya tetap memastikan teks mudah untuk dibaca.
Logo dengan gaya desain ini biasanya sangat cocok untuk desain logo pada era modern ini. Tampilan visual logo cut letters ini terlihat modern dan memiliki kesan yang futuristik, sehingga cocok untuk logo yang terkait dengan teknologi. Tipografi yang digunakan dalam gaya logo cut letters ini biasanya menggunakan font tajam dan sederhana, serif dan sans serif.
Baca juga: Jenis Tipografi untuk Identitas Merek Berdasarkan Jenis Bisnis
Interlocking Letters

Desain grafis era modern ini banyak menggunakan huruf untuk desain logo karena mencerminkan merek dengan baik. Selain bentuk logo yang tersembunyi dalam bentuk ikon yang unik. Ada juga penggunaan inisial nama merek yang hurufnya dibuat saling bertautan atau interlocking.
Huruf atau elemen bentuk yang saling bertautan ini akan menciptakan kesan kesatuan elemen dan kekuatan dari nama merek. Ikon logo dengan inisial huruf yang saling bertautan akan terlihat unik, ini juga bisa mencerminkan kesan modern. Interlocking logo tidak hanya huruf tetapi elemen shapes, seperti pada logo pegadaian.
Text in Boxes

Desain logo era modern ini juga seringkali menggunakan bentuk geometris seperti box atau square untuk menempatkan ikon logo. Bentuk logo ini akan terlihat seperti logo stempel karena bentuk kotaknya. Teks yang ditempatkan dalam box ini sering menggunakan warna transparan atau warna latar.
Sehingga tampilan yang berwarna adalah kotanya bukan teks, teks dibuat transparan untuk memberikan kesan unik. Tipografinya kebanyakan menggunakan huruf yang tebal sehingga mudah terbaca. Untuk bentuk lainnya juga bisa tidak harus kotak, bentuk lingkaran atau segitiga juga banyak ditemui. Contoh dari logo ini adalah logo untuk marvel dan prada.
KESIMPULAN
Desain logo sebagai identitas merek dibuat untuk mencerminkan nilai, pesan dan karakter merek. Untuk menciptakan desain logo yang unik, pilihlah jenis style logo yang bisa relevan dengan era modern dan tampil unik. Pastikan pemilihan gaya desain logo dapat mencerminkan identitas visual merek dengan baik dan dapat digunakan untuk membangun branding yang kuat.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.
- Logo dan Identitas Visual. (2022, Juli 5). BPPTIK. https://bpptik.kominfo.go.id/Publikasi/detail/logo-dan-identitas-visual ↩︎