Popularitas bisnis kopi masih cukup populer, persaingan cukup ketat sehingga penting membangun branding yang kuat. Salah satunya dengan menciptakan gaya desain logo yang unik tetapi sederhana. Style logo untuk bisnis kopi banyak yang tampil minimalis dengan menggunakan ikon biji kopi, warna coklat dan kombinasi tipografi minimalis.
KARAKTERISTIK LOGO BISNIS KOPI
Kebanyakan logo bisnis kopi yang baru menggunakan elemen khas seperti biji kopi, daun atau cangkir agar mudah dikenal. Berbeda dengan brand besar yang menggunakan desain sederhana tanpa simbol tersebut karena sudah memiliki nama yang besar. Bisnis kopi yang baru biasanya akan memiliki penggunaan elemen-elemen yang khas seperti:
Menggunakan Simbol Biji Kopi dan Cangkir
Logo biasanya akan menggunakan simbol seperti biji kopi, daun dan cangkir, terkadang kombinasi ketiganya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan konsumen mengenali jenis bisnis tersebut. Simbol yang sederhana akan efektif menciptakan logo kopi yang mudah dikenali dan diingat.
Memiliki Tipografi Minimalis
Sama halnya dengan gaya tipografi yang digunakan akan menggunakan style tipografi minimalis dan sederhana. Gaya huruf sederhana akan menciptakan logo minimalis dan memudahkan nama brand untuk dibaca. Biasanya jenis font sans serif dan serif populer untuk logo bisnis kopi, terkadang juga menggunakan font script dan handwritten.
Kombinasi Warna Coklat, Hitam atau Hijau
Untuk warna brandnya banyak yang menggunakan kombinasi warna coklat, hitam dan hijau. Kombinasi warna coklat gelap dan coklat muda juga sering digunakan karena relevan dengan bisnis kopi. Warna hitam dan hijau juga populer, biasanya hitam untuk menciptakan kesan modern, sementara hijau untuk brand kopi organik.
Menggunakan Jenis Logo Wordmark atau Inisial
Banyak desain logo bisnis kopi yang menggunakan style logo wordmark dan lettermark agar nama brand mudah diingat. Biasanya tipografi sederhana akan diberi dekorasi berupa biji kopi atau daun agar mencerminkan bisnis kopi. Dengan menggunakan jenis logo ini maka nama brand akan mudah diingat dan bisa membangun identitas yang kuat.
Baca juga: 6 Warna dalam Desain Logo Wordmark yang Menarik
STYLE LOGO BISNIS KOPI
Gaya desain untuk bisnis kopi banyak didominasi style desain minimalis, bersih dan bergaya modern. Style desain minimalis akan memiliki logo yang bersih dan mudah diingat. Penggunaan simbol biji kopi, daun dan cangkir cukup populer dan efektif mencerminkan jenis bisnis dengan baik.
Logo Kopi Beneran
Jenis logo lettermark atau inisial yang mengambil huruf nama bisnis yang dijadikan ikon ini cocok untuk branding bisnis kopi. Style logo inisial tersebut menciptakan desain yang minimalis. Bentuk huruf memiliki kombinasi garis-garis sehingga tampil estetik dan tampil bersih.
Garis tebal dalam ikon logo memiliki kombinasi bentuk huruf K dan daun-daun kecil. Gambar daun digunakan untuk merepresentasikan brand kopi yang organik. Kombinasi warna hijau dan simbol daun relevan merepresentasikan style logo bisnis kopi yang organik.
Logo M.Y Isnaini Kilang Kopi
Style logo untuk bisnis kilang kopi ini tampil bergaya klasik dengan kombinasi simbol yang unik. Desain logo memiliki kombinasi simbol biji kopi, lingkaran dan sayap. Simbol logo tampak lebih unik dan masih mencerminkan bisnis kopi dengan penggunaan simbol biji kopi.
Gaya unik pada desain simbolnya bisa membuat desain logo lebih menonjol. Kombinasi warna putih coklat juga cukup kontras membedakan bentuk simbol dan mewakili warna kopi. Gaya desain yang sederhana tersebut memiliki style yang terlihat seperti logo emblem karena memiliki bentuk lingkaran yang mengelilingi.
Logo Saerah Warung Kopi
Bisnis warung kopi juga akan relevan menggunakan simbol logo berupa biji kopi sederhana. Desain logo untuk warung kopi tersebut fokus menonjolkan tipografi daripada simbol logonya. Gaya desain ini bertujuan agar nama bisnis mudah diingat dan dibaca dengan cepat.
Biji kopi dalam desain logo digunakan sebagai dekorasi aksen yang berguna merepresentasikan jenis bisnis. Desain logo juga memiliki kombinasi dua warna coklat untuk mencerminkan bisnis kopi. Gaya font handwritten yang sederhana tersebut juga mudah dibaca dan menciptakan kesan brand yang ramah.
Baca juga: 5 Logo Warna Coklat Untuk Jenis Brand Berbeda
Logo Kopi Korot
Gambar cangkir sebagai ikon logo dalam desain logo bisnis kopi tersebut merepresentasikan bisnis dengan baik. Simbol cangkir sederhana dengan style garis luar saja menciptakan logo minimalis. Style logo bisnis kopi dengan ikon logo cangkir tersebut akan mudah dikenali.
Gaya font script yang digunakan memiliki style huruf bergaya klasik dan retro. Cocok digunakan merepresentasikan bisnis kopi klasik atau tradisional. Warna coklat gelap yang solid harmonis dengan logo cangkir dan mencerminkan identitas brand dengan baik.
Logo Intimate Coffee
Gaya desain logo minimalis populer untuk bisnis kopi karena akan memudahkan logo diingat dan tampil lebih estetik. Logo minimalis akan memiliki ruang negatif yang luas sehingga menciptakan desain yang bersih seperti pada logo tersebut. Biji kopi menjadi elemen penting dalam logo tersebut agar merepresentasikan bisnis kopi.
Style logo minimalis membuat bisnis kopi memiliki simbol yang berupa garis outline saja. Biji kopi tampil sederhana dan memiliki garis yang elegan sehingga menciptakan desain logo elegan. Font sans serif yang digunakan juga mendukung desain untuk tampil minimalis.
Logo Intimate Coffee 2
Jika logo Intimate Coffee sebelumnya menggunakan simbol biji kopi saja, desain logo ini memiliki kombinasi cangkir dan biji kopi. Bentuk simbol dibuat bergaya geometris sehingga menciptakan kesan brand modern. Warna gelap yang digunakan membuat logo kopi memiliki kesan premium dan terpercaya.
Kombinasi warna hitam dan coklat gelap relevan merepresentasikan bisnis kopi dengan jelas. Gaya font sans serif geometris membuat nama brand mudah dibaca dan harmonis dengan ikon logo. Gaya huruf kapital membuat logo tampil lebih tegas dan profesional.
Baca juga: 5 Rekomendasi Kombinasi Dua Warna Mewah untuk Logo Brand
TIPS MENCIPTAKAN DESAIN LOGO KOPI YANG BEDA
Untuk menciptakan desain logo kopi menarik, perhatikan untuk menggunakan elemen desain yang relevan. Biasanya bisni kopi akan memiliki style desain sederhana dan fokus menonjolkan nama brandnya.
Hindari Menggunakan Simbol Umum
Simbol logo seperti biji kopi, cangkir dan daun cukup efektif membuat logo untuk bisnis kopi mudah dikenali konsumen. Tetapi sudah terlalu banyak bisnis kopi yang menggunakan style logo ini. Untuk itu hindari penggunaan logo biji kopi dan daun dengan berlebihan.
Modifikasi Tipografi dengan Unik
Banyak logo kopi yang ingin menonjolkan nama brand sehingga dibuat lebih besar dan menarik. Biasanya tipografi akan dimodifikasi agar menciptakan bentuk tipografi yang lebih unik dan beda. Tipografi juga bisa dikombinasikan dengan elemen seperti biji kopi dan daun yang kecil.
Ciptakan Desain Minimalis
Untuk brand kopi ciptakan desain yang minimalis agar memudahkan logo fleksibel dan diingat. Nama brand juga akan mudah dibaca dan diingat jika menggunakan style logo minimalis. Logo minimalis akan memiliki style elemen sederhana dan memiliki tampilan yang bersih.
Buat Nama Brand yang Unik
Tentunya penting pula untuk brand kopi memiliki nama brand yang unik sehingga mudah membangun identitas yang kuat. Buat nama brand yang merepresentasikan bisnis kopi serta unik. Nama yang unik akan mudah diingat dan dikenali sehingga membangun identitas yang kuat.
KESIMPULAN
Style logo bisnis kopi memiliki desain yang minimalis, bersih dan sederhana. Biasanya identik dengan penggunaan logo lettermark dan wordmark agar nama brand mudah diingat. Simbol biji kopi dan cangkir cukup populer dan relevan merepresentasikan bisnis kopi. Kombinasi warna coklat, tipografi sederhana dan biji kopi menjadi elemen khas logo bisnis kopi tersebut.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.