Bidang bisnis dalam bidang transportasi dan otomotif memiliki ciri khas elemen visual dengan simbol kendaraan atau terkait kendaraan yang melambangkan gerakan. Simbol kendaraan dalam desain logo akan mewakili transportasi, kecepatan, dan gerakan. Makna visual yang diciptakan simbol kendaraan dengan style sederhana akan cocok ditemui dalam desain logo bisnis transportasi, otomotif, dan teknologi.
Kesan yang Diciptakan Logo Ikon Kendaraan
Simbol kendaraan seperti mobil, bus, motor atau elemen otomotif seperti speedometer relevan untuk bisnis transportasi dan otomotif. Style logo harus sederhana agar bentuk kendaraan tetap jelas dalam berbagai ukuran dan media. Jika desain logo untuk perusahaan tertentu memiliki ikon kendaraan, maka akan menciptakan kesan seperti:
Mobilitas dan Kecepatan
Simbol kendaraan dalam style logo minimalis akan identik dengan kesan pergerakan sehingga logo memberi citra dinamis, cepat, dan efisien. Kesan ini cocok untuk logo servis kendaraan atau bisnis travel dan perjalanan.
Kekuatan dan Performa
Simbol logo yang memiliki garis tegas, roda, dan speedometer untuk logo servis kendaraan akan menonjolkan kesan kekuatan mesin serta daya tahan. Logo servis kendaraan dan toko otomotif cocok menggunakan simbol kendaraan dengan kesan kuat.
Modern dan Teknologi
Logo dengan ikon kendaraan yang jelas akan mencerminkan kemajuan teknologi, sehingga logo akan membuat brand terasa up-to-date. Untuk logo perusahaan yang memproduksi kendaraan, ikon kendaraan akan mencerminkan kemajuan teknologi otomotif.
Koneksi dan Perjalanan
Simbol kendaraan juga berguna merepresentasikan simbol transportasi dan perjalanan, maka dari itu cocok untuk logo travel. Ikon kendaraan dalam logo transportasi umum akan memberi gambaran tentang perjalanan, layanan antar jemput, serta hubungan transportasi antar tempat.
Kekhasan Identitas Brand
Desain logo transportasi yang menggunakan kendaraan secara khusus seperti motor atau mobil akan mewakili identitas bisnis. Pilihan simbol kendaraan tertentu akan langsung menunjukkan fokus bisnis yang ditawarkan apakah motor, mobil, atau bus.
Baca juga: Mengapa Simbol Makanan penting dalam Logo Usaha Kuliner?
Bisnis yang Menggunakan Ikon Kendaraan
Simbol kendaraan dengan gambar mobil, motor, atau bus akan langsung dikenali dalam desain logo sederhana. Penggunaan simbol kendaraan akan disesuaikan kebutuhan brand agar mencerminkan layanan bisnis dengan baik. Ikon kendaraan dalam desain logo sering digunakan dalam berbagai sektor bisnis seperti:
Komunitas dan Klub Motor atau Mobil, contoh simbol motor vespa untuk logo komunitas pengguna vespa.
Jasa Transportasi Umum, logo dengan ikon bus akan memiliki layanan bus antara kota atau daerah. Bisnis travel, taksi online, atau ojek online juga banyak yang menggunakan simbol kendaraan.
Rental dan Penyewaan Kendaraan, untuk bisnis yang menyewakan kendaraan juga cocok dengan simbol mobil, motor, dan bus pariwisata.
Bengkel dan Auto Service, Logo minimalis dengan ikon kendaraan relevan untuk mencerminkan layanan tune-up, perbaikan, dan cuci mobil.
Dealer atau Showroom, logo untuk bisnis yang menjual kendaraan mobil atau motor baik yang baru atau bekas akan cocok dengan simbol kendaraan.
Ekspedisi dan Logistik, Logo logistik atau pengiriman barang melalui darat atau laut sering memiliki simbol kendaraan seperti pesawat, kapal, motor, hingga mobil boks.
Baca juga: Mengapa Style Logo Brand Fashion Memilih Tipografi daripada Simbol?
Contoh Makna Visual pada Logo Ikon Kendaraan
Setiap simbol kendaraan motor, mobil atau bus akan mewakili identitas bisnis atau layanan bisnis yang berbeda. Gaya desain kendaraan yang tegas atau memiliki garis melengkung akan menciptakan kesan berbeda pada brand. Perhatikan kesan yang diciptakan oleh simbol kendaraan dalam berbagai desain logo ini:
Logo Stylo160 Sangatta
Desain logo ini memiliki ikon motor vespa dengan warna merah yang mencolok, style desain logo vespa dibuat sederhana tetapi masih memiliki detail yang memperjelas bentuk kendaraan. Ikon motor vespa klasik identik dengan gaya hidup yang santai, komunitas, dan kebersamaan. Pemilihan ikon motor vespa memberi kesan retro, stylish, dan sekaligus kekeluargaan.
Warna Merah: Variasi merah gelap dalam logo ini mendominasi desain logo yang mana memberi kesan berani, penuh energi, dan mencerminkan passion. Merah dalam logo vespa ini juga menekankan semangat komunitas yang kuat.
Font Tebal dan Hitam: Tipografi dalam logo ini memiliki gaya font tebal dan memiliki gaya huruf geometris, warna hitam membuat tipografi tebal memberi kesan komunitas terlihat tegas dan solid.
Kombinasi elemen visual motor vespa, warna merah, dan font tebal dalam logo sederhana ini menciptakan suasana komunitas yang energik, penuh semangat, dan memiliki gaya klasik yang bersahabat.
Logo ThreeZ Car Wash
Logo ini memiliki style logo minimalis dan sederhana dengan ikon mobil berupa garis luarnya saja. Outline simbol mobil modern yang sleek dan minimalis memiliki warna emas yang mencolok. Ikon mobil dengan garis melengkung menciptakan kesan bersih, licin, dan elegan, cocok mencerminkan layanan cuci mobil.
Warna Emas dan Hitam: Logo cuci mobil ini memiliki simbol kendaraan mobil dengan warna emas untuk melambangkan kualitas layanan premium dan terbaik. Warna hitam dalam logo menciptakan kontras dan kesan profesional.
Tipografi Tebal dan Unik: Pada tipografi “ThreeZ” memiliki gaya huruf tebal dan miring dengan warna emas gradasi sehingga terlihat mewah. Huruf “e” tampak seperti roda sehingga bisa menekankan bisnis otomotif.
Desain logo ini memberi citra modern, profesional, dan premium dengan style logo minimalis dan warna emas yang mencolok. Kombinasi elemen menekankan pada kualitas layanan bisnis yang tinggi bukan sekedar cuci mobil biasa.
Baca juga: 7 Desain Logo Warna Emas dalam Berbagai Jenis Brand
Logo Barokah Auto Service
Ikon kendaraan mobil pada gaya desain minimalis dan modern ini memiliki kombinasi simbol mobil dan speedometer. Simbol mobil dengan tambahan speedometer memiliki bentuk jarum yang mengarah pada kecepatan tinggi. Simbol dalam logo modern ini akan mencerminkan kecepatan, performa, dan ketelitian dalam servis kendaraan.
Warna Merah dan Hitam: Warna merah dalam logo ini digunakan sebagai aksen yang kontras untuk melambangkan energi, keberanian, dan kecepatan. Sementara warna hitam membuat logo memiliki kesan kokoh dan profesional. Kombinasi warna untuk logo otomotif untuk menekankan performa kendaraan yang tinggi.
Font Tebal dan Miring: Huruf inisial memiliki font tebal dan dibuat miring kedepan agar mencerminkan kecepatan dan performa tinggi. Font tebal dalam logo alan memberi kesan profesional dan mewakili gerakan cepat karena memiliki gaya huruf miring dan geometris.
Kombinasi simbol mobil outline, speedometer, dan warna merah hitam menciptakan kesan bisnis yang tangguh, cepat, dan handal dalam layanan bengkel. Style logo modern ini menyampaikan pesan jika kendaraan pelanggan bisa kembali prima dan bertenaga.
Logo PT GBT Trans Utama
Desain logo memiliki ikon bus dan simbol pin lokasi dengan style desain ikon sederhana dan minimalis. Siluet bus dengan tambahan simbol pin lokasi di tengah akan mencerminkan bisnis layanan perjalanan atau travel dengan bus. Simbol bus dalam logo minimalis ioni akan melambangkan transportasi umum yang aman dan nyaman, sementara pin lokasi menegaskan fokus pada layanan perjalanan dan rute yang jelas.
Warna Kuning dan Hitam: Warna kuning yang dominan dalam logo ini akan memberi kesan ramah, mudah diingat, dan identik dengan transportasi umum. Kesan warna hitam pada logo ini memberi kesan kokoh, formal, dan profesional.
Font Tegas Kapital: Desain logo memiliki gaya tipografi sederhana dan tebal dengan font sans serif yang tebal. Font tebal dengan gaya huruf kapital menciptakan kesan perusahaan transportasi yang solid dan terpercaya.
Kombinasi simbol siluet bus dan pin lokasi yang sederhana dengan warna kuning menciptakan nuansa yang aman, terpercaya, ramah, dan profesional. Elemen visual simbol bus dan lainnya akan menunjukkan layanan transportasi yang tidak sekedar antar-jemput tetapi mengutamakan kenyamanan pelanggan.
Kesimpulan
Simbol-simbol kendaraan dalam berbagai desain logo tersebut memiliki style sederhana dan sebagian besar berkesan tegas dan kokoh. Style desain minimalis memperjelas bentuk kendaraan dan mencerminkan identitas bisnis dengan baik. Simbol kendaraan dalam desain logo banyak digunakan untuk logo komunitas kendaraan, jasa otomotif, dan transportasi umum.
Cek portofolio kami di Instagram @jasalogoid, atau langsung hubungi kami via WhatsApp di 087784907560. Kamu juga bisa cek konten kreatif kami di TikTok @jasalogo.id.