Mengapa Style Logo Brand Fashion Memilih Tipografi daripada Simbol?

Tipografi adalah bahasa visual dalam desain logo, bukan hanya untuk mewakili nama brand tetapi juga meninggalkan karakter yang kuat. Brand fashion modern mulai fokus menggunakan tipografi daripada memilih simbol bergambar, sehingga nama brand lebih mudah diingat. Style logo brand fashion modern mulai beralih dari simbol ke logo inisial dan wordmark sehingga nama brand fashion akan lebih mudah dikenal.

Dapat dilihat bagaimana brand fashion dunia kebanyakan memiliki style logo inisial dan wordmark yang elegan karena mampu membangun identitas yang kuat. Style logo yang fokus pada tipografi memungkinkan nama brand akan menjadi fokus utama sehingga mudah diingat. Gaya tipografi dalam logo fashion memiliki kekuatan visual untuk menarik perhatian dengan berbagai modifikasi dan pengaturan yang menarik.

Alasan Style Logo Brand Fashion Menonjolkan Inisial dan Tipografi?

Gaya font dalam desain logo bukan sekedar untuk membuat teks lebih menarik tetapi juga mewakili karakter brand. Banyak logo brand fashion yang menggunakan nama brand secara penuh dengan logo wordmark, serta menggunakan singkatan daripada memilih simbol yang abstrak. Selain karena menciptakan logo sederhana dan membuat nama brand mudah dibaca, ada beberapa alasan mengapa style logo brand fashion menonjolkan tipografi:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Nama Brand sebagai Nilai utama

Dalam branding bisnis fashion, nama brand adalah aset berharga yang harus diingat dan dikenali oleh audiens dengan cepat. Nama brand membawa nilai yang tidak dapat digantikan dengan simbol apapun, serta bisa membangun ingatan tentang nama brand. Untuk logo fashion banyak yang menggunakan logo wordmark atau logo inisial untuk memastikan nama brand terbaca, terlihat, dan tertanam kuat dalam ingatan konsumen.

Fleksibel untuk Aplikasi Produk dan Berbagai Media

Style logo wordmark memiliki desain yang sederhana karena hanya memiliki tipografi, biasanya juga tipografi logo fashion dibuat sederhana. Untuk itu brand fashion yang menggunakan style logo ini akan fleksibel diterapkan pada produk seperti emboss pada tas, bordiran topi, atau watermark digital. Jika menggunakan simbol yang unik dan rumit akan sulit diterapkan dalam ukuran kecil atau pada bordiran produk tekstil, berbeda dengan style logo wordmark atau inisial yang sederhana.

Wordmark dan Inisial Menjadi Simbol Gaya Hidup

Style logo fashion bukan hanya identitas visual tetapi juga mewakili gaya hidup dan preferensi konsumen. Bentuk inisial dan tipografi logo pada produk sudah menjadi simbol status dan selera fashion. Bahkan bentuk huruf inisial bisa berdiri sendiri dan terlihat unik seperti simbol yang mewakili identitas brand.

Simbol Lebih Cocok untuk Teknologi dan Startup

Bentuk simbol kurang cocok untuk logo brand fashion, style logo dengan simbol abstrak yang unik lebih relevan untuk sektor teknologi dan startup. Simbol dalam logo teknologi akan memberi kesan futuristik, dinamis, dan inovatif terutama dalam bentuk geometris. Ikon atau simbol berguna mencerminkan konsep produk yang tidak terlihat seperti aplikasi atau software. Sementara brand fashion menggunakan tipografi karena konsumen ingin dilihat memakai brandnya, bukan simbol yang belum tentu dipahami orang lain.

Baca juga: 6 Style Desain Logo Fashion Terbaru

Gaya Logo Wordmark dan Inisial dalam Brand Fashion

Dulu banyak juga yang menggunakan simbol atau gambar visual sebagai desain logo, tetapi kini banyak yang memilih inisial dan tipografi. Fokus utama pada brand fashion modern telah beralih untuk membuat nama brand fashion diingat dan menjadi branding. Berikut beberapa contoh logo brand fashion yang memiliki style logo wordmark dan inisial yang fokus pada tipografi.

Logo Louvie

Mengapa Style Logo Brand Fashion Memilih Tipografi daripada Simbol?

Desain logo untuk brand fashion hijab ini memiliki style logo inisial dengan gaya tipografi sans serif geometris. Ikon logo inisial memiliki garis tebal dan tajam, yang mana memiliki kombinasi huruf A dan V. Bentuk ikon terlihat sederhana, unik, tetapi hurufnya masih terbaca dengan jelas.

Sementara teks nama brand memiliki gaya tipografi sans serif modern yang tebal dan tajam, sehingga memberikan kesan tegas dan kaku. Gaya font tebal tidak lantas membuat brand fashion berkesan kaku saja tetapi juga menciptakan kesan elegan. Jarak antar huruf yang lebar menciptakan kesan brand fashion yang elegan, ditambah warna hitam yang membuat logo terlihat bersih.

Logo Eclipra

Logo Eclipra

Sekilas terlihat seolah logo fashion ini memiliki simbol gambar tetapi sebenarnya ikon juga memiliki bentuk huruf inisial. Style logo inisial pada brand fashion ini memiliki bentuk huruf inisial yang terlihat dibentuk seperti kupu-kupu. Kombinasi huruf inisial dan bentuk gambar sederhana ini menciptakan kesan brand yang elegan.

Simbol huruf inisial tampak memiliki garis yang tipis dan halus sehingga tampil lebih feminim dan elegan. Kombinasi simbol dan font serif modern membuat logo fashion juga berkesan mewah. Gaya huruf inisial dan tipografi nama brand tetap menonjol, karena bentuk ikonnya tidak berfokus pada gambar tetapi bentuk inisialnya.

Baca juga: Rekomendasi Gaya Font Serif Modern untuk Desain Grafis

Logo Auja

Mengapa Style Logo Brand Fashion Memilih Tipografi daripada Simbol?

Brand fashion hijab ini juga memiliki style logo inisial dengan modifikasi huruf inisial yang menarik dan unik. Ikon huruf inisial tersebut adalh huruf A yang mewakili nama brand fashion Auja. Style ikon tampak terlihat memiliki gaya huruf serif yang memanjang dan melengkung sehingga tampak unik.

Style logo fashion menciptakan kesan premium, mewah, dan elegan, gaya huruf membuat ikon logo terlihat seperti ornamen klasik. Meski memiliki garis melengkung, bentuk hurufnya tetap jelas dan mudah dibaca. Warna hitam membuat logo fashion tampil minimalis serta memberi kesan profesional dan mewah.

Logo Helai

Desain Logo Helai

Style desain brand fashion ini menggunakan style logo wordmark yang memiliki nama brand dengan utuh tanpa inisial. Desain logo hanya memiliki tipografi sederhana dan bersih sehingga memudahkan nama brand dibaca. Font yang digunakan dalam logo fashion ini adalah font sans serif modern yang bersih namun tidak kaku.

Gaya font tajam tetapi tidak begitu kaki menciptakan kesan brand fashion yang lebih ramah dan menyenangkan. Meski memiliki gaya huruf sederhana, logo tampil unik karena memiliki variasi style huruf. Huruf terakhir memiliki gaya huruf kecil sementara lainnya huruf kapital, serta pada huruf A juga memiliki bagian yang dihilangkan. Logo minimalis ini tetap tampil unik karena modifikasi huruf yang dilakukan.

Baca juga: 4 Style Logo Inisial Geometris yang Minimalis dan Modern

Bagaimana Tipografi Membentuk Citra Brand Fashion

Dalam style logo wordmark dan logo inisial yang digunakan dalam brand fashion, tipografi merupakan elemen penting. Desain hurufnya bisa dimodifikasi dan diatur agar font sederhana lebih menarik. Modifikasi bentuk huruf, spasi, kapitalisasi, dan ketebalan huruf adalah modifkasi langsung yang sederhana.

Huruf Kapital berkesan Modern dan Minimalis

Gaya huruf kapital semua dalam logo fashion akan membuat nama brand mudah dibaca dan memiliki kesan tegas, dominan, dan modern. Style ini cocok untuk memberi kesan brand fashion yang minimalis, maskulin, dan high-end.

Lowercase tampil Ramah

Jika menggunakan font serif dan sans serif modern namun ingin tampil ramah, maka gunakan style huruf kecil. Gaya font ini akan memberi kesan fashion yang santai, kasual dan cocok untuk target pasar anak muda.

Font Sans Serif Tipis untuk Fashion Mewah

Gaya tipografi sans serif banyak yang memiliki font geometris namun jika memiliki font tipis akan menciptakan kesan elegan dan profesional. Seringkali brand fashion dengan target pasar perempuan akan relevan menggunakan font sederhana dan tipis untuk mewakili fashion mewah.

Spasi Lebar untuk Kesan Tenang

Biasanya logo wordmark dalam brand fashion akan mengatur jarak antar huruf atau spasinya agak lebar. Selain untuk membuat nama brand lebih mudah dibaca, spasi lebar akan memberi kesan mewah, tenang, dan eksklusif.

Kesimpulan

Brand fashion masa kini tidak membutuhkan simbol yang rumit tetapi cukup menggunakan logo wordmark atau inisial yang menonjolkan nama brand. Gaya tipografi dalam logo wordmark dan inisial masih bisa dimodifikasi bentuk huruf, spasi, dan ketebalan agar tampil lebih menarik. Penggunaan style ini populer karena akan lebih efektif untuk membuat nama brand fashion lebih mudah diingat dan dikenali.

Cek portofolio kami di Instagram @jasalogoid, atau langsung hubungi kami via WhatsApp di 087784907560. Kamu juga bisa cek konten kreatif kami di TikTok @jasalogo.id.

Related posts