Warna Hijau: Makna dan Contoh Penggunaannya dalam Desain

Spread the love

Ketika membicarakan penggunaan warna dalam desain grafis biasanya tidak lepas dari makna psikologi yang diciptakan dari warna tersebut. Sama halnya dengan warna hijau yang identik dengan warna alam yang menggambarkan kesegaran. Dalam desain grafis warna hijau dapat digunakan dalam berbagai konteks dengan berbagai tujuan sesuai makna dari warna tersebut. 

Warna hijau merupakan warna sekunder, dengan mencampurkan warna biru dan kuning akan menghasilkan warna biru. Biasanya penggunaan warna hijau ini dalam desain sering digunakan untuk memberikan kesan segar, alami dan sejuk. Selain itu juga kerap dipilih untuk desain grafis yang bertema alam dan organik. 

MAKNA PSIKOLOGI WARNA HIJAU

Warna hijau memiliki banyak variasi dari hijau gelap, hijau army, hijau terang dan lainnya. Berbagai warna hijau ini akan memiliki makna psikologi yang tercipta ketika digunakan dalam desain. Berikut beberapa makna psikologi dari warna hijau:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Pertumbuhan dan Kehidupan

Warna Hijau: Makna dan Contoh Penggunaannya dalam Desain

Warna hijau yang identik dengan warna alam ini sering dipilih untuk digunakan sebagai warna yang menggambarkan kehidupan dan pertumbuhan. Tampilan visual dari warna hijau seringkali menciptakan kesan yang menyegarkan seperti di alam bebas. Ketika membayangkan alam yang segar, pasti banyak yang teringat dengan warna hijau dengan berbagai variasinya.

Ketika desain grafis seperti logo ingin menyampaikan pesan merek yang terus bertumbuh, warna hijau ini sering dipilih. Hal ini karena warna hijau identik dengan pohon atau tumbuhan alam yang terus bertumbuh. Karena warna hijau sering menggambarkan alam maka penggunaannya juga sering digunakan untuk mencerminkan kehidupan. 

Harmoni dan Kebersamaan

Warna hijau juga memberikan tampilan yang berkesan tenang dan damai, sehingga ketika digunakan dalam desain akan memberikan kesan harmonis. Desain dengan warna hijau bisa memberikan kesan desain yang terlihat harmonis. Pada desain yang kompleks, penggunaan warna hijau yang segar dan menenangkan akan menciptakan tampilan yang harmonis. 

Baca juga: Psikologi Warna Biru dalam Desain Logo: Makna dan Penerapannya

Penggunaan warna hijau dengan berbagai variasi tingkat kecerahan dan ketajaman yang berbeda pada desain ilustrasi akan menciptakan kesan harmonis. Selain itu warna hijau untuk desain logo atau lembaga sering dipilih merek karena dapat menggambarkan harmoni dan kebersamaan. 

Keseimbangan

Warna hijau yang termasuk dalam warna dingin ini juga digunakan dalam palet warna untuk memberikan keseimbangan visual. Dalam desain grafis warna hijau juga bisa mencerminkan makna keseimbangan terutama untuk desain logo. Kerap juga warna hijau digunakan untuk mencerminkan keseimbangan alam pada logo untuk lembaga terkait lingkungan hidup. 

Kebanyakan merek yang menggunakan warna hijau ini menunjukkan keseimbangan sebagai identitas merek. Warna hijau yang dipadukan dengan desain logo simetris terlihat sangatlah cocok. Tidak heran warna hijau juga termasuk banyak digunakan dalam desain logo perusahaan dan lembaga pemerintah. 

Alam dan Kesegaran

Umumnya memang warna hijau ini dapat digunakan untuk memberikan kesan alami dari alam pada desain. Warna hijau pada berbagai desain termasuk ilustrasi dan logo akan menciptakan berkesan alami. Biasanya desain grafis yang bertema alam aan identik dan dominan dengan warna hijau. 

Desain grafis yang menggunakan warna hijau akan tampil alami, segar dan terlihat menenangkan. Begitu pula jika digunakan dalam desain logo, biasanya sering digunakan untuk merek logo makanan organik, atau logo organisasi terkait lingkungan. Warna hijau pada logo akan otomatis mengingatkan audiens pada alam terutama jika didukung oleh ikon daun.

Kesehatan atau Keamanan

Pada desain grafis warna hijau juga digunakan untuk mencerminkan kesehatan dan keamanan. Banyak logo rumah sakit atau lembaga kesehatan yang menggunakan warna hijau, beberapa perusahaan farmasi juga sering menggunakan warna hijau. Warna hijau yang memberikan kesan tenang seperti alam ini dapat menggambarkan keamanan.

Selain itu kesehatan juga erat kaitannya dengan alam, sehingga banyak rumah sakit ingin memberikan sugesti aman dan sehat menggunakan warna hijau untuk logonya. Banyak juga desain kemasan obat dan makanan sehat yang menggunakan warna hijau. Penggunaan warna hijau tidak semata-mata untuk mencerminkan alam tetapi juga dapat menggambarkan kesehatan dan keamanan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Palet Warna Sesuai Jenis Bisnis

CONTOH PENGGUNAAN WARNA HIJAU

Warna hijau yang memberikan kesan alami, ramah tenang hingga keseimbangan ini digunakan untuk berbagai jenis desain. Berikut beberapa contoh penggunaan warna hijau dalam desain grafis:

Desain Logo – Logo untuk PT NATURA BERKAH

Warna hijau yang digunakan dalam desain logo ini menunjukkan jika perusahaan terkait dengan lingkungan atau alam. Hal ini terlihat juga pada nama perusahaan dan ikon logonya, warna hijau pada logo ini ingin mencerminkan alam dan keseimbangan. Banyak perusahaan menggunakan warna hijau karena menciptakan tampilan yang terlihat tenang, damai dan alami.

Desain logo yang menggunakan warna hijau tersebut terlihat begitu alami dan seimbang. Warna hijau dipilih karena dapat mencerminkan nilai dan pesan merek dengan baik. Pada logo tersebut warna hijau bisa melambangkan kehidupan dan alam yang didukung ikon logo yang berupa tumbuhan. 

Beberapa logo terkenal yang menggunakan warna hijau adalah Starbucks, Subway, Lacoste, dan Android. Banyak merek makanan dan minuman terkenal menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan yang aman dan segar.  

Desain Kemasan Minuman

Warna Hijau: Makna dan Contoh Penggunaannya dalam Desain

Warna hijau juga sering digunakan sebagai warna utama dalam kemasan merek minuman. Penggunaan warna hijau akan memberikan kesan menyegarkan sesuai yang ingin ditampilkan minuman. Banyak merek minuman yang terbuat dari bahan alami sehingga cocok menggunakan warna hijau.

Biasanya desain kemasan minuman yang berwarna hijau ini memiliki ilustrasi atau gambar dedaunan, pemandangan alam dan buah-buahan. Warna hijau yang mendominasi akan memberikan kesan yang menyegarkan dan alami. Variasi warna yang hijau yang beragam akan menciptakan dimensi visual yang menarik pada desain kemasan. 

Konten Media Sosial Bertema Alam

Memang seringkali penggunaan warna hijau digunakan untuk kebutuhan desain grafis yang menggambarkan alam. Pada desain konten untuk media sosial, jika isi konten membahas sesuatu tentang alam biasanya menggunakan warna hijau. Warna hijau bisa dipadukan dengan warna hijau varian lebih terang untuk memberikan tampilan yang alami.

Baca juga: Jenis-Jenis Gradasi Warna yang Umum Digunakan

Biasanya untuk merek yang terkait dengan alam, secara keseluruhan layoutnya akan menggunakan warna hijau. Warna-warna hijau yang digunakan akan menggunakan beberapa variasi agar tidak terkesan membosankan. Konten yang membahas alam biasanya akan memiliki dekorasi alam seperti ranting atau pepohonan. 

Desain Infografis Tema Alam

Warna Hijau: Makna dan Contoh Penggunaannya dalam Desain

Banyak juga desain infografis yang membahas tentang lingkungan dan alam menggunakan warna hijau. Warna hijau dalam infografis dapat digunakan untuk mewakili alam yang hijau dan segar. Biasanya infografis berwarna hijau dan bertema alam akan membahas masalah kerusakan lingkungan, ekosistem hingga perubahan iklim.

Desain infografis yang membahas alam akan cocok jika menggunakan warna yang relevan dengan pembahasan. Akan aneh jika desain grafis membahas tentang alam tetapi menggunakan warna merah muda atau warna ungu. Infografis bertema alam akn memiliki elemen desain seperti daun, pohon, air dan lain sebagainya sesuai pembahasannya.

Desain Website 

Jika sebuah website membahas tentang alam atau merupakan produk organik banyak yang biasanya menggunakan warna hijau. Penggunaan warna hijau yang tepat dapat memberikan kenyamanan mata audiens saat mengunjungi situs website. Hindari menggunakan warna neon untuk desain website karena bisa mengganggu mata.

Terkadang warna hijau neon digunakan pada background gelap agar terlihat mencolok, ini biasanya untuk website yang bertema teknologi atau modern. Untuk website yang menggunakan variasi hijau alam biasanya untuk website organisasi lingkungan atau merek untuk produk organik. Warna hijau yang digunakan dengan bijak akan menciptakan nuansa alami dan segar, biasanya akan dikombinasikan dengan warna netral.

Desain Poster Papercut Tema Alam

Warna hijau juga bisa digunakan untuk poster yang menyuarakan kampanye lingkungan atau acara terkait dengan alam. Pada desain poster, warna hijau pasti langsung dikenali oleh audiens sebagai poster yang membahas tentang lingkungan dan alam. Pada desain poster tersebut warna hijau yang digunakan dari gelap ke terang menciptakan efek kedalaman visual. 

KESIMPULAN

Dalam memilih dan menggunakan warna hijau untuk desain grafis, perhatikan makna psikologi dan emosi yang diciptakan. Warna hijau memiliki makna psikologi pertumbuhan, kehidupan, keamanan dan alam. Penggunaan warna hijau dalam desain seringkali ini mencerminkan alam untuk logo, website, kemasan dan konten infografis.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.