Tren Desain Konten Media Sosial untuk Branding Terkini

Konten media sosial untuk membangun branding dan promosi harus memiliki desain visual yang menarik. Berbagai gaya desain konten akan memiliki banyak variasi berdasarkan tren desain dan identitas merek. Tren desain konten media sosial yang digunakan untuk branding dan promosi bisa memiliki style modern, minimalis, kontras dan unik.

Tren desain konten akan banyak dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan budaya populer. Elemen-elemen visual yang digunakan dalam desain konten akan memiliki warna, gambar, ilustrasi dan tipografi yang bervariasi. Style desain konten akan menyesuaikan jenis brand, karakter merek dan citra yang ingin dibangun merek.

TUJUAN DESAIN KONTEN

Desain konten adalah desain grafis yang digunakan untuk mempromosikan brand atau sesuatu pada media sosial. Desain ini akan memiliki elemen visual seperti teks, gambar, warna hingga efek visual. Elemen visual akan disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Style dan format desain konten untuk setiap platform akan berbeda, terutama untuk gambar dan video. Beberapa tujuan desain konten pada media sosial adalah:

Mempromosikan Acara

Selain mempromosikan produk, desain konten dalam media sosial juga digunakan untuk mempromosikan acara. Biasanya konten media sosial untuk organisasi atau kampus akan banyak memposting konten promosi acara. Termasuk juga mempromosikan konten acara di mall. Acara akan lebih efektif menjangkau banyak orang melalui sosial media bahkan dari berbagai tempat.

Membangun Branding

Berbagai konten dengan isi pesan yang menarik berguna juga untuk membangun branding sehingga membangun kehadiran yang kuat. Biasanya style desain suatu brand akan memiliki desain yang konsisten. Beberapa elemen utama akan memiliki elemen yang mencerminkan identitas merek. Gaya desain dan isi konten akan berperan merepresentasikan brand.

Mempromosikan Produk

Konten media sosial juga diciptakan untuk mempromosikan produk dari brand agar menarik perhatian konsumen. Promosi produk dapat melalui desain konten postingan gambar atau video yang menarik. Sekarang konten promosi produk banyak difokuskan melalui media sosial karena lebih efektif.

Membangun Base Komunitas yang Kuat

Penting bagi suatu brand untuk memiliki media sosial dan aktif mengunggah konten yang menarik. Beberapa brand bahkan ada yang harus mengunggah kontens etiap hari, ada juga yang dijadwalkan untuk hari tertentu. Hal ini akan membangun hubungan dengan audiens dan konsumen. Melalui konten yang menarik, brand dapat berkomunikasi dan membangun hubungan yang kuat dengan audiensnya.

Baca juga: 5 Style Palet Warna Desain yang Trendy

TREN DESAIN KONTEN MEDIA SOSIAL TERKINI

Gaya desain yang menarik akan membuat pesan branding menarik perhatian audiens dan menyampaikan pesan brand dengan baik. Desain konten biasanya akan difokuskan agar pesan utama tersampaikan dengan baik. Tren desain konten media sosial akan terus berubah menyesuaikan dengan tren dan preferensi audiens, seperti beberapa gaya desain yang populer:

Gaya Visual yang Minimalis

Desain konten dengan style minimalis akan memiliki tampilan yang gambar sederhana, font sederhana dan latar yang bersih. Visual yang minimalis tak hanya membatasi penggunaan elemen atau memilih bentuk yang sederhana. Tetapi juga memilih style sederhana dan bersih.

Biasanya style logo minimalis akan memiliki ruang yang bersih, ruang kosong yang luas, bentuk gambar sederhana dan font sederhana. Teks dalam desain ini juga akan lebih sedikit dan fokus pada penggunaan pesan yang penting saja. Gaya desain ini akan memberikan kesan profesional, modern dan elegan, contohnya pada penggunaan warna latar belakang netral dan tipografi yang besar.

Warna Berani dan Kontras

Tren Desain Konten Media Sosial untuk Branding Terkini

Ada juga tren desain konten yang mengkombinasikan warna-warna berani dan kontras. Selain kombinasi warna netral yang bersih dan sederhana, beberapa desain modern akan memilih kombinasi warna yang berani. Biasanya kombinasi warna ini akan mengkombinasikan warna seperti neon, merah, oranye hingga kuning.

Warna yang bisa menciptakan kesan berani akan memiliki lebih banyak elemen, beberapa diantaranya memiliki kombinasi elemen yang agak abstrak. Kombinasi warna neon seperti hijau neon, pink neon dan hitam akan tampil mencolok. Warna yang berani dan kontras ini bisa membantu desain konten tampil beda dari kompetitor.

Baca juga: Kombinasi Warna Desain Logo Perusahaan Formal

Style Desain Animasi dan Motion Grafik

Pada style desain modern, elemen visual yang diciptakan berkat teknologi yang semakin canggih membuat desain tampil lebih hidup. Penggunaan tren desain animasi dan motion grafik juga banyak merajai desain konten media sosial. Saat ini konsumsi video bergerak atau animasi cenderung lebih menarik sehingga banyak dibuat versi pendek untuk promosi.

Desain konten akan jauh lebih menonjol dan menarik perhatian jika memiliki efek animasi dan motion grafik. Pada desain konten sederhana, sering ditambahkan untuk meningkatkan daya tarik visual dan membuat elemen tertentu lebih mencolok. Contohnya pada penggunaan animasi teks dan transisi halus elemen gambar dalam desain konten promosi.

Ilustrasi Kustom dan Gambar Doodle

Biasanya agar desain konten modern lebih menarik akan ditambahkan ilustrasi kustom yang sederhana dan menarik. Gambar ilustrasi kustom akan memiliki desain sederhana dan memiliki pose sesuai pesan dalam desain. Ilustrasi vektor sederhana untuk desain konten bisa didapatkan pada website dan dikustomisasi sendiri.

Gambar ilustrasi yang digunakan harus disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan dalam konten. Ilustrasi buatan sendiri akan lebih efektif memberikan kesan personal dan autentik. Beberapa brand yang memiliki maskot akan menggunakannya untuk setiap konten agar lebih menarik dan membangun identitas yang kuat.

Baca juga: Tips Membuat Desain Konten Tema Bisnis

Tipografi Eksperimental

Tren Desain Konten Media Sosial untuk Branding Terkini

Style desain modern yang memiliki cara unik dalam menggunakan elemen visual juga banyak digunakan dalam desain konten. Tren desain konten yang menggunakan tipografi eksperimental bisa membuat desain tampil beda dan unik. Desain konten akan memiliki tipografi yang dimodifikasi bentuk huruf, ukuran, gaya huruf sehingga tata letaknya.

Tipografi tetap akan dibuat agar mudah dibaca sehingga pesan akan mudah dipahami tetapi tetap unik. Biasanya style desain ini hanya menggunakan tipografi, untuk tampil unik dapat menciptakan tipografi eksperimental. Beberapa contohnya seperti menumpuk teks, membentuk teks kedalam gambar atau membuat teks sebagian hilang dan sebagainya.

Estetika Retro dan Nostalgia

Gaya desain modern yang populer kebanyakan memiliki desain minimalis atau desain yang canggih. Diantara style desain ini penggunaan gaya retro akan efektif menciptakan konten yang unik dan tampil beda. Tren desain retro akan menciptakan nostalgia dan visual yang menarik.

Desain retro akan memiliki elemen visual dari era tertentu seperti 80-an atau 90-an hingga awal 2000-an. Gaya retro akan memiliki kombinasi warna hangat dan pudar, serta warna-warna cerah yang berani. Font retro yang populer biasanya seperti serif tebal dan font brush. Tambahan efek visual seperti grainy dan tekstur kusam akan efektif mencerminkan kesan klasik.

Gaya Kolase dan Layering

Tren Desain Konten Media Sosial untuk Branding Terkini

Ada style desain konten yang menggabungkan foto, teks dan tekstur dengan teknik layering atau menumpuk elemen visual. Jika desain memiliki beberapa foto, biasanya akan dikombinasikan dengan cara dikolase. Sementara untuk membuat teks menarik bisa ditumpuk dan diberi efek yang menarik.

Teknik layering teks akan menggunakan warna yang berbeda serta transparansi warna yang berbeda. Teks yang ditumpuk akan memiliki efek nyata dan terlihat kreatif. Desain juga bisa diberi elemen kertas sobek dan gambar ilustrasi yang menarik.

KESIMPULAN

Tren desain konten media sosial pada era modern memiliki banyak gaya seperti minimalis, retro, canggih hingga kontras. Kombinasi warna, tipografi dan gambar harus dipilih yang bisa mencerminkan isi pesan dengan menarik dan relevan. Pesan konten harus tersampaikan dengan baik melalui tipografi dan gambar, tetapi juga masih mencerminkan karakter brand.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts