Tips Memilih Warna Terbaik Untuk Desain Pemasaran Makanan

Ketika memilih warna desain untuk kebutuhan desain pemasaran akan diutamakan memilih warna yang menarik perhatian dan mencerminkan brand. Desain grafis untuk kebutuhan marketing akan cocok dengan pemilihan warna mencolok dan sesuai dengan jenis produknya. Warna terbaik yang bisa digunakan untuk desain pemasaran makanan harus mewakili pesan brand dan merepresentasikan food brand.

Funky food Instagram post template, colorful design set vector

Untuk memilih warna yang tepat untuk food brand, pahami psikologi warna yang bisa mengasosiasikan pesan brand. Setiap bidang industri dan bisnis terkadang memiliki warna khas yang bisa langsung dikenali oleh audiens. Brand makanan seringkali identik dengan warna hangat seperti merah, oranye dan kuning. Meski begitu warna lain seperti hijau dan biru juga bisa digunakan untuk brand makanan.

TIPS MEMILIH WARNA DESAIN PEMASARAN MAKANAN

Dalam desain marketing warna memiliki peran penting dalam memengaruhi minat konsumen ketika memilih produk. Berdasarkan riset, sekitar 90% konsumen menilai produk makan berdasarkan warna desain produk atau pemasaran (Oliver, 2023)1. Dengan memilih warna yang tepat dapat membantu dalam meningkatkan daya tarik desain pemasaran dimata audiens, perhatikan beberapa tips memilih warna ini:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Perhatikan Jenis Produk Makanan

Saat memilih warna untuk desain marketing bisnis makanan, perhatikan jenis produk agar warna bisa merepresentasikan brand dengan baik. Jenis produk yang berbeda akan memiliki warna asosiasi yang berbeda, produk makanan dessert akan identik dengan warna coklat. Sementara produk makanan pedas seringkali memiliki wara desain marketing merah menyala.

Ketika desain marketing menggunakan warna biru, brand makanan akan memiliki citra bersih, segar dan terpercaya. Warna biru akan menjadi warna yang cocok untuk digunakan dalam produk makanan laut atau produk susu.

Setiap jenis produk makanan bisa diwakili dengan warna yang berbeda, audiens seringkali menganggap warna merah sebagai produk strawberry atau produk makanan pedas. Dengan memahami warna-warna yang dikenali oleh audiens untuk mewakili jenis produk akan membantu menciptakan desain marketing yang relevan.

Perhatikan Desain Milik Pesaing

Memang memilih warna yang tampil mencolok dan menonjol akan efektif menarik perhatian konsumen. Penting juga untuk memilih warna yang berbeda dengan pesaing sehingga bisa menciptakan tampilan yang mencolok. Pilih warna desain marketing yang berbeda dengan pesaing tetapi masih cocok dengan jenis produk.

Membedakan warna desain dengan desain pemasaran makanan milih pesaing akan membantu desain lebih efektif menarik perhatian. Desain pemasaran dengan kombinasi yang berbeda dari kebanyakan akan tampil lebih menarik. Dari sekian banyaknya desain marketing audiens cenderung akan lebih mudah tertarik dengan desain yang tampil beda.

Baca juga: Kekurangan Desain Pemasaran yang Terlalu Sederhana

Sesuaikan Target Audiens

Ketika memilih warna untuk desain marketing makanan, perhatikan juga preferensi dan minat target audiens. Brand makanan juga perlu mempertimbangkan minat audiens untuk membuat desain pemasaran efektif. Warna yang menarik konsumen bagi tipe audiens satu dengan tipe audiens lainnya bisa berbeda.

Jika target audiens dari brand makanan anak muda dan anak kecil, desain penuh warna dan warna-warna cerah akan lebih menarik bagi mereka. Sementara jenis konsumen yang menyukai produk makanan sehat sebaiknya menggunakan warna natural atau earth tones. Bagi pecinta produk makanan pedas, kombinasi warna merah dan oranye akan menarik perhatian bagi mereka.

Pertimbangakan Bahan Desain Kemasan

Warna untuk desain marketing makanan juga perlu disesuaikan dengan jenis bahan print kemasan atau desain poster. Terkadang bahan material tertentu akan mengubah warna desain ketika sudah dicetak. Misalnya desain kemasan yang matte akan lebih cocok dengan pemilihan warna yang lembut seperti pastel.

Untuk packaging yang berbahan ramah lingkungan seringkali lebih cocok dengan warna hijau atau coklat. Sementara jika desain kemasan menggunakan bahan yang glossy akan lebih menggunakan warna cerah dengan hue yang vibrant.

Pastikan Warna Mempertahankan Kesederhanaan

Warna-warna yang digunakan dalam desain pemasaran makanan bisa terlihat berlebihan juga jika menggunakan terlalu banyak pilihan warna. Desain pemasaran yang terlalu kompleks dan penuh warna bisa membingungkan konsumen karena akan sulit fokus dengan pesan utama desain. Kesederhanaan dalam memilih warna untuk brand makanan juga perlu dipertimbangkan.

Dalam menciptakan desain pemasaran batasi warna sesuai konten yang ingin dibuat, agar audiens bisa lebih fokus pada pesan gunakan dua atau tiga kombinasi warna saja. Meskipun desain kemasan terkadang menggunakan banyak warna, sebaik gunakan satu atau dua warna yang menjadi warna dominan. Terutama dalam desain iklan penting membatasi jumlah warna tidak lebih dari tiga, sehingga audiens bisa fokus pada pesan utama dalam iklan tersebut.

Baca juga: 7 Kombinasi Warna Cerah Untuk Desain Grafis

6 WARNA TERBAIK UNTUK DESAIN PEMASARAN MAKANAN

Pemilihan warna untuk desain brand makanan untuk kemasan atau materi pemasaran dapat menciptakan tampilan berbeda. Warna yang tepat dapat menarik perhatian konsumen pada produk makanan, berikut beberapa warna terbaik untuk desain brand makanan:

Merah untuk Menggugah Selera

Tips Memilih Warna Terbaik Untuk Desain Pemasaran Makanan

Desain pemasaran untuk produk makanan seringkali menggunakan warna merah karena efektif menggugah selera. Warna merah dikenal efektif untuk meningkatkan selera makan dan membangkitkan energi. Pada brand makanan, warna merah banyak digunakan untuk desain logo restoran atau warung makan.

Tidak hanya logo, warna merah juga banyak dipilih untuk sebagai warna desain kemasan dan pemasaran. Desain pemasaran yang berwarna merah akan efektif untuk membuat konsumen memesan atau membeli produk makanan. Warna merah juga bisa menggugah selera pada desain kemasan untuk makanan pedas.

Hijau yang Segar dan Alami

Tips Memilih Warna Terbaik Untuk Desain Pemasaran Makanan

Brand makanan juga bisa memiliki warna hijau yang tampil segar, biasanya ini untuk produk makanan organik dan sehat. Desain bisnis makanan dengan warna hijau bisa merepresentasikan jika produk merupakan makanan sehat yang terpercaya. Sering juga warna hijau digunakan pada desain pemasaran makanan yang mengandung bahan warna hijau seperti rumput laut.

Penggunaan warna hijau dalam bisnis makanan dapat mencerminkan perasaan tenang dan damai. Terkadang dalam desain logo atau bisnis restoran warna hijau bisa memberikan perasaan yang nyaman ketika makan. Ketika melihat desain brand makanan berwarna hijau umumnya konsumen akan menganggap produk alami dan segar.

Baca juga: Inspirasi Palet Warna Alam untuk Desain yang Menyegarkan

Hitam yang Elegan dan Canggih

Warna hitam juga bisa digunakan dalam desain pemasaran untuk bisnis makanan terutama jika brand ingin memiliki citra premium atau mewah. Tidak hanya warna cerah yang mencolok, seringkali brand makanan juga menggunakan warna hitam yang netral dan tampak sederhana. Beberapa bisnis makanan memiliki citra produk premium dan elegan sehingga cocok memiliki warna desain makanan berwarna hitam.

Agar terlihat menarik tetap kombinasikan warna hitam dengan warna lain yang harmonis. Warna hitam dengan warna emas bisa menciptakan tampilan desain pemasaran yang semakin elegan. Terkadang warna hitam juga dikombinasikan dengan warna merah untuk meningkatkan daya tarik visual.

Kuning yang Hangat dan Ceria

Tips Memilih Warna Terbaik Untuk Desain Pemasaran Makanan

Warna hangat seperti warna kuning juga termasuk paling banyak ditemui dalam desain marketing makanan. Penggunaan warna kuning untuk desain makanan dapat merepresentasikan kehangatan dan keceriaan.

Warna kuning akan cocok untuk menonjolkan jenis produk makanan tertentu seperti jagung dan keju. Terkadang warna kuning sering digunakan untuk menunjukkan restoran cepat saji yang ramah.

Coklat yang Kaya dan Hangat

Desain brand makanan dengan warna coklat bisa merepresentasikan brand yang hangat dan nyaman. Dalam desain pemasaran juga digunakan untuk menunjukkan sifat makanan rumahan atau sajian makanan pedesaan yang tradisional. Warna coklat juga banyak digunakan dalam desain marketing produk roti atau coklat. Kombinasi dengan warna kuning atau emas bisa menciptakan desain pemasaran yang berkesan premium.

KESIMPULAN

Desain untuk brand makanan identik dengan penggunaan warna-warna yang mudah menarik perhatian. Namun warna desain pemasaran brand makanan juga harus sesuai dengan pesan merek dan jenis produk agar mudah dikenali. Daya tarik desain makanan terletak dari pemilih warna yang tepat untuk mempresentasikan produk dengan baik. Pemilihan warna yang tepat akan meningkatkan daya beli konsumen karena desainnya berhasil memikat mereka.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Breeds, Oliver. (2023, Aug 5). What Are The Best Colors For Food Marketing?. Adflex. https://adflex.io/blog/best-colors-for-food-marketing/#:~:text=What%20are%20the%20most%20appealing,sense%20of%20freshness%20and%20healthfulness. ↩︎