Bagaimana Psikologi Warna Bekerja dalam Brand Sport?

0
(0)

Pemilihan warna brand umumnya untuk merepresentasikan pesan dan karakter brand dengan baik. Warna dipilih berdasarkan makna asosiasi dan psikologi yang diciptakan sesuai jenis brand. Untuk brand sport sendiri, warna-warna dapat memiliki makna psikologi yang berbeda pada jenis brand lainnya. 

Sport center
Sport center

Desain grafis untuk brand sport biasanya memiliki warna yang bisa merepresentasikan kekuatan, energi, semangat dan kerjasama tim1. Warna bold dan cerah kerap digunakan untuk merepresentasikan brand sportswear dan logo sport. Untuk logo klub olahraga seringkali menggunakan simbol hewan, inisial nama klub hingga simbol tertentu dengan warna yang boid dan cerah. 

PSIKOLOGI WARNA DALAM BRAND SPORT

Brand sport memang sering menggunakan warna sederhana dan netral seperti hitam atau biru yang solid. Namun penggunaan warna ini akan terlihat membosankan dan kurang menarik. Berikut beberapa makna psikologi dari warna-warna secara umum dalam yang digunakan dalam brand sport:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Merah: Emosional

Bagaimana Psikologi Warna Bekerja dalam Brand Sport?

Secara umum memang warna merah sering dikaitkan dengan emosional, semangat dan ambisi. Warna satu ini dapat mengekspresikan emosi yang kuat dan kesetiaan di antara fans. Warna ini menciptakan rasa kepemilikan dan kebanggan pada suatu team karena warnanya bold dan menarik perhatian.

Pemilihan warna merah untuk brand sport termasuk yang paling banyak dipilih karena relevan dan terlihat cocok. Warna ini juga bisa menciptakan tampilan logo brand sport terlihat agresif dan intensif. Biasanya logo dengan warna merah untuk brand sport football dan rugby. 

Biru: Identity

Selain warna merah warna biru juga banyak ditemui dalam berbagai logo sepakbola hingga brand sportswear. Warna biru yang digunakan bisa mengambil warna biru gelap, biru mudah hingga biru pastel. Pemilihan warna biru dalam banyak logo sport adalah karena merepresentasikan ketenangan, identitas yang kuat hingga profesionalitas. 

Logo sportswear dan logo klub olahraga memilih warna biru untuk dijadikan identitas yang unik dan kuat. Biru gelap kerap dipilih untuk membantu menciptakan identitas visual yang kuat karena dark blue tampil bold. Warna biru juga dipilih untuk untuk brand sportswear karena mensugestikan fokus dan konsentrasi.

Kuning: Berdampak Kuat

Penggunaan warna kuning untuk brand olahraga akan mempresentasikan dampak yang kuat karena efektif menarik perhatiaan. Penggunaan warna kuning yang tajam dan mencolok akan membantu menarik perhatian. Warna ini akan efektif untuk menarik perhatian baik digital maupun cetak. 

Sebagai logo klub, ini akan membantu membuat logo mudah terlihat dengan cepat dibandingkan yang lain. Warna kuning seringkali dikaitkan dengan energi sehingga cocok untuk merepresentasikan brand olahraga yang energik. 

Merah Muda: Mudah Dikenali

Brand sportswear juga ada yang menggunakan warna merah muda, pemilihan untuk memudahkan brand tampil beda. Jarang yang menggunakan warna merah muda sehingga brand akan mudah diingat dan dikenali oleh audiens. Brand untuk olahraga elegan seperti golf akan cocok dengan warna merah muda. 

Kombinasikan warna merah muda untuk brand sport dengan warna gelap seperti dark blue atau hitam/ Warna brand sport dengan warna merah muda yang stabil akan mudah untuk dikenali karena warnanya menarik perhatian dan beda dari orang lain. 

Baca juga: Kombinasi Warna Monokrom dalam Desain Grafis

Putih: Bersejarah

Penggunaan warna putih dalam desain brand sort dapat merepresentasikan tema yang bersejarah. Warna putih dapat merujuk tradisi,respek dan kepercayaan team. Warna putih yang bersih bisa merepresentasikan merek yang jujur dan elegan. Kombinasi warna putih dengan hitam atau kuning akan cocok untuk brand sportswear.

Logo klub olahraga juga akan tampil harmonis jika mengkombinasikan warna putih dengan warna lainnya. Warna putih akan membantu warna lainnya terlihat harmonis dan menciptakan keseimbangan visual. Pastikan memilih warna kontras atau lebih gelap untuk dikombinasikan dengan warna putih. 

Oranye: Inspirasi

Bagaimana Psikologi Warna Bekerja dalam Brand Sport?

Warna yang juga mencolok dalam brand sport kerap dipilih karena bisa menunjukkan energik dan semangat. Selain warna oranye ini juga sipilih karena merepresentasikan inspirasi. Warna ini dapat mempengaruhi, menginspirasi dan memotivasi audiens, atlet dan fansnya. 

Hampir sama dengan kuning, warna orange dapat melambangkan energik dan motivasi untuk berolahraga. Warna oranye banyak digunakan juga untuk brand suplemen olahraga. Dalam desain logo sport, warna oranye kerap dikombinasikan dengan warna merah yang bold, serta warna biru yang tenang untuk menunjukkan semangat dan energi. 

Warna Ungu: Untuk Merch

Warna yang kalem dan mencolok ini dalam desain brand olahraga sangat cocok untuk dijadikan warna desain merch. Penggunaan warna ini memberikan kesan brand olahraga yang kuat dan dapat menarik perhatian. Warna ungu bisa membantu meningkatkan penjualan karena memiliki visual yang memikat.

Untuk warna logo klub kombinasi dengan biru cerah dan warna hitam akan cocok untuk brand sport. Warna ungu juga kerap dipilih untuk merepresentasikan tampilan brand yang royal atau premium, kombinasi dengan warna gelap atau emas bisa membuat klub olahraga memiliki logo mewah

Baca juga: 7 Desain Logo Kombinasi Dua Warna yang Harmonis

TIPS MEMILIH WARNA UNTUK LOGO DAN BRAND SPORT

Setiap jenis brand akan memiliki warna-warna yang merepresentasikan jenis bisnis, menggunakan warna yang relevan akan membantu audiens mudah mengidentifikasi jenis brand. Berikut beberapa tips memilih warna untuk logo sport dan brand sportwears:

Menyesuaikan Identitas Klub Olahraga atau Branding yang Dibangun Team

Terkadang setiap klub olahraga akan memiliki sejarah dan identitas tersendiri yang ingin direpresentasikan dalam logo. Visi, misi dan pesan branding harus direpresentasikan dalam bentuk logo dan warna logo. Warna logo klub olahraga harus mencerminkan identitas klub tersebut, misalnya biru untuk mencerminkan ketenangan dan profesionalitas. 

Jika logo ingin memiliki bentuk logo kompleks seperti logo maskot pastikan ada satu atau dua warna yang dominan. Warna yang dominan akan menjadi warna yang merepresentasikan brand. 

Pilih Warna yang Merepresentasikan Harapan Atlet

Warna logo klub olahraga merupakan cermin dari apa yang ingin menjadi branding klub tersebut. Desain brand sport harus memiliki warna logo yang bisa menunjukkan harapan atau apa yang ingin dicapai para atlet dan team. Misalnya warna merah dan oranye yang bisa merepresentasikan semangat yang membara untuk mendapatkan kejuaraan. 

Baca juga: Desain Logo Warna Merah Muda yang Cerah dan Elegan

Sesuaikan Warna Brand Fashion Sport dengan Jenis Bisnis

Tidak semua brand fashion olahraga menjual kebutuhan olahraga, beberapa hanya fokus pada sepatu, jersey atau alat olahraga berat. Brand fashion jersey mungkin akan cocok dengan warna netral dan gelap seperti hitam, dark green dan dark blue. Sementara brand sepatu olahraga bisa menggunakan warna netral hingga warna cerah, warna merah atau kuning bisa merepresentasikan kecepatan. Beberapa brand olahraga mungkin ingin memiliki tampilan warna logo yang premium. 

Gunakan Warna Kontras dan Menonjol

Pemilihan warna desain untuk brand olahraga juga kerap menggunakan kombinasi merah dan kuning atau oranye dan biru. Warna logo yang kontras dan mencolok akan mencerminkan kekuatan dan semangat. Kombinasi warna bold dan tajam akan efektif untuk mensugesti audiens tentang kekuatan dan memacu adrenaline.

Pilih Warna yang Menciptakan Fokus

Selain warna mencolok yang mensugesti semangat, seorang atlet juga butuh warna yang bisa mensugesti konsentrasi dan fokus. Kombinasi warna biru dan hijau dalam saturasi gelap akan terlihat harmonis. Warna biru dan hijau dapat mensugesti perasaan tenang, damai dan fokus untuk atlet sehingga akan membantu. Brand sport atau logo klub olahraga dengan kombinasi warna yang tenang akan menciptakan keseimbangan dan mendukung performa atlet. 

KESIMPULAN

Desain grafis untuk brand sportswear dan logo sport akan memiliki ciri seperti tampilan yang tebal, kaku, dan formal. Beberapa logo sportswear tampil elegan dan ada juga yang menggunakan logo maskot. Palet warna untuk brand sport dan logo klub olahraga bisa memiliki kombinasi warna netral yang elegan maupun kombinasi warna bold dan cerah. Penting untuk memperhatikan makna psikologi warna untuk brand sport sebelum memilih warna untuk logo klub olahraga dan brand sport. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. The Psychology Of Color In Sportswear Design: Impact On Performance And Perception. (2024, July 5). FIITDESIGN. https://www.fittdesign.com/blog/the-psychology-of-color-in-sportswear-design-impact-on-performance-and-perception ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.